eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Eggel Fit 3, Speaker Bluetooth Waterproof 100 Ribuan Terbaik?

Review Eggel Fit 3, Speaker Bluetooth Waterproof 100 Ribuan Terbaik? - Eggel Fit 3 adalah sebuah speaker bluetooth waterproof murah yang kehadirannya cukup menarik perhatian konsumen tanah air. Speaker ini menawarkan kemampuan tahan air yang tak hanya sekadar percikan, tetapi dapat ditenggelamkan karena ratingnya adalah IP67. Nama Eggel sendiri merupakan merk lokal yang tak bisa dipandang sebelah mata karena telah menelurkan aneka produk speaker portabel berkualitas seperti seri Solo dan Terra XL yang pernah Laptophia ulas.

Kualitas suara yang dihasilkan oleh speaker Eggel Fit 3 ini bisa dikatakan salah satu yang terbaik di kelasnya. Jika dibandingkan dengan pendahulunya, Eggel Fit 3 ini menawarkan perubahan desain yang sangat signifikan. Harganya yang lebih murah ini ternyata membuat beberapa fiturnya harus dipangkas, seperti absennya port AUX dan slot microSD yang terdapat pada generasi sebelumnya. Menariknya, speaker ini dapat Anda bawa pulang dengan merogoh kocek Rp 100 ribuan saja, penasaran? Simak review Eggel Fit 3 oleh tim Laptophia kali ini!

Review Eggel Fit 3, Speaker Bluetooth Waterproof 100 Ribuan Terbaik?


Paket Pembelian Eggel Fit 3

Paket Pembelian Eggel Fit 3

  • Unit Eggel Fit 3
  • Kabel USB
  • Kartu garansi
  • User guide

Desain Eggel Fit 3

Desain Eggel Fit 3

Desain Eggel Fit 3

Desain bisa dikatakan daya tarik tersendiri pada review Eggel Fit 3 kali ini. Sebagai sebuah speaker bluetooth dengan harga terjangkau, Eggel memilih konsep desain yang unik dan tidak generik atau 'pasaran'. Eggel Fit 3 ini tampil dengan bentuk kotak yang jika dilihat dari samping, tampak mengerucut ke atas. Sementara pada bagian speaker gril yang membentang dari depan ke atas hingga ke belakang dibalut bahan fabric.

Speaker Eggel Fit 3 ini menggunakan frame atau chasis berbahan plastik atau polikarbonat yang cukup tebal dan kuat, meski terkesan kurang premium. Sementara pada sisi kirinya dilengkapi dengan tali gantungan yang terpasang secara paten untuk memudahkan pengguna menggantungkan speaker ini. Sementara pada bagian atas, berjejer tombol-tombol navigasi yang juga terbuat dari bahan plastik.

Salah satu keunggulan speaker bluetooth Eggel Fit 3 ini adalah kemampuan tahan air dengan sertifikat IP67. Ini artinya speaker nirkabel ini dapat ditenggelamkan ke dalam air dengan kedalaman 1 meter selama maksimal 30 menit. Ukuran speaker Eggel Fit 3 ini sangat ringkas dan ringan, sehingga cocok bagi pengguna yang memiliki mobilitas tinggi. Build quality-nya tergolong solid untuk sebuah speaker 100 ribuan.

Baca juga:Review Sony SRS-XB01: Speaker Bluetooth Mungil Bersuara Detail

Eggel Fit 3

Eggel Fit 3

Pada review Eggel Fit 3 kali ini, sisi depan terdapat speaker gril dengan logo Eggel yang cukup mencoloh berwarna krom. Sementara pada sisi belakangnya juga terdapat speaker gril tanpa logi, maupun port apapun. Sementara pada bagian bawahnya terdapat dudukan berbahan karet dan informasi singkat mengenai speaker ini.

Sisi atas peaker Eggel Fit 3 ini terdapat tombol power, volume minus, play/pause, dan volume plus yang cukuop empuk di pencet. Sisi kiri terdapat tali gantungan dan sisi kanan terdapat port USB Type-C untuk charging yang dilengkapi penutup karet kedap air. 

Video Unboxing Eggel Fit 3



Review Eggel Fit 3

Review Eggel Fit 3

Eggel Fit 3 adalah sepaker bluetooth waterproof yang sangat menarik menurut Laptophia. Tak hanya harganya yang miring dan kemampuan tahan air, tetapi juga kualitas suaranya yang bisa dikatakan salah satu yang terbaik untuk harga Rp 100 ribuan. Speaker ini juga mendukung fitur TWS (True Wireless Stereo) dengan menghubungkan dua unit Eggel Fit 3.

Kualitas Suara

Tak banyak informasi mengenai spesifikasi teknis pada review Eggel Fit 3 kali ini. Lembar spesifikasi yang ada dalam paket pembelian speaker ini hanya menyebutkan bahwa Eggel Fit 3 dibekali dengan sebuah driver dinamis yang ditemani dengan sebuah passive bass radiator. Driver speaker Eggel Fit 3 ini kabarnya diameternya sekitar 45mm dengan daya kemungkinan masih di angka 5W, sama seperti pendahulunya.

Baca juga:Review Mito MyBox S115, Speaker Bluetooth Murah dengan Suara Terbaik di Kelasnya

Jangan tertipu dengan ukurannya yang ringkas, speaker Eggel Fit 3 ini mampu menghasilkan volume suara yang cukup nyaring dan sangat memadai untuk penggunaan indoor. Sedangkan untuk outdoor, tampaknya Eggel Fit 3 ini masih kurang bertenaga karena ukurannya yang kecil. Saat volume dimaksimalkan, speaker besutan Eggel suaranya masih tetap terjaga dan tidak pecah.

Karakter suara atau sound signature pada review Eggel Fit 3 ini cenderung bright dengan tingkat clarity yang sangat baik untuk sebuah speaker portabel dengan harga 100 ribuan. Treble yang dihasilkan speaker ini cukup menarik dengan tingkat detail baik. Saat memainkan lagu Sever The Hands milik Trivium, suara cymbal, hi hat, crash cymbal, dan sebagainya dapat terdengar jelas.

Suara vokal yang dihasilkan oleh speaker Eggel Fit 3 cenderung natural dan mendekati aslinya, baik untuk vokal pria maupun wanita. Saat memainkan lagu Supremacy yang dinyanyikan oleh Tarja Turunen, suara lengkingan pada nada tinggi terdengar begitu jelas, intim, dan detail. Sayangnya, terkadang agak sedikit berdesis (sibilant), meski tidak mengganggu.

Begitu juga dengan scream atau harsh vokal dapat diperdengarkan dengan detail pada review Eggel Fit 3 kali ini. Laptophia menjajal lagu The Satanist milik Behemoth, suara vokalnya terdengar begitu gahar, bertekstur, dan berat. Uniknya, suara instrumen lain seperti ritem gitar, melodi, dan sebagainya juga masih dapat ditampilkan dengan baik oleh speaker 100 ribuan ini.

Sedangkan untuk bass, speaker Eggel Fit 3 ini mampu menghasilkan dentuman bass yang terbilang lumayan untuk ukuran sekecil ini. Bass yang dihasilkan cukup bertenaga, punchy, dan responsif. Lagu-lagu dengan dobel pedal drum yang cepat seperti Arch Enemy - Nemesis, speaker ini masih dapat mengimbanginya. Bagi penggemar bass atau basshead, mungkin kuantitasnya agak kurang dan memang kurang deep.

Separasi antar instumen dan sound stage yang dihasilkan oleh speaker Eggel Fit 3 ini lebih bagus dari dugaan Laptophia. Saat memainkan lagu dengan instrumen rumit seperti lagu The Poet And The Pendulum milik Nightwish terdengar menarik dan tidak terdengar mengumpul di tengah. Eggel Fit 3 ini tampaknya cocok memainkan aneka macam genre musik. 

Kompatibilitas

Selama menggunakan dan menguji speaker Eggel Fit 3 ini, tim Laptophia tidak menemui kendala kompatibilitas. Perangkat yang pernah terhubung dengan speaker besutan merk lokal Eggel ini seperti Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon, Xiaomi Mi Note 10 Pro, dan sebuah laptop Asus ExpertBook P2 P245FB dapat bekerja tanpa masalah.

Baterai

Pada review Eggel Fit 3 kali ini, speaker waterproof murah dan ringkas ini dibekali baterai berkapasitas 1200mAh yang diklaim mampu bertahan hingga 15 jam penggunaan. Berdasarkan pengalaman tim Laptophia yang sering menggunakannya dengan volume di atas 60%, baterai hanya tahan rata-rata 5 - 6 jam saja.

Baca juga:Review Anker Soundcore Ace A0, Speaker Mungil Bersuara Jernih

Kesimpulan

Secara umum, Eggel Fit 3 adalah speaker waterproof yang menawarkan kualitas suara terbaik di kelas Rp 100 ribuan. Suara yang dihasilkan tak hanya jernih, tetapi juga detail dan cukup natural. Ukurannya yang ringkas dan daya tahan baterai andal, serta kemampuan tahan air membuat Eggel Fit 3 adalah salah satu speaker terbaik di kelasnya.

Kelebihan Eggel Fit 3

  • Kualitas suara salah satu yang terbaik di kelasnya
  • Tahan air dengan sertifikat IP67
  • Harga terjangkau

Kekurangan Eggel Fit 3

  • Tidak dilengkapi port AUX
  • Tidak dilengkapi slot microSD

Harga Eggel Fit 3

Eggel Fit 3 mungkin adalah salah satu speaker bluetooth waterproof dengan harga terjangkau dengan kualitas suara terbaik. Harga speaker Eggel Fit 3 terbaru di Indonesia berdasarkan pantauan Laptophia saat artikel ini dibuat adalah Rp 159.000. 

Anda dapat membeli speaker Eggel Fit 3 dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Eggel Fit 3

  • Tipe speaker: Portable bluetooth speaker
  • Sistem speaker: mono
  • Passive/Active: Active
  • Mode operasi: Tombol
  • Loudspeaker: 45mm + Passive Bass Radiator
  • RMS: 4Ω 5W
  • Frequency Response: 60Hz - 20KHz
  • Signal to noise ratio 80dB
  • Versi Bluetooth: Bluetooth 5.0 + EDR
  • Jangkauan Bluetooth hingga 10 meter
  • Spesifikasi USB: USB 2.0 kompatibel dengan USB 1.1
  • Mendukung TWS
  • Tahan air dengan sertifikat IP67
  • Baterai built-in 3,7V/1200mAh lithium battery, hingga 15 jam penggunaan (bervariasi)
  • Dimensi (W x D x H) 97.8 x 47.4 x 81.5mm
  • Berat - gram
  • Kompatibel dengan tablet PC, smartphone, iPod, iPhone, Laptop
  • Warna Black
*review ini menggunakan unit yang dibeli sendiri oleh tim Laptophia, bukan sponsor/seeding
Anda mungkin suka:Mifa A3 Review: Speaker Portabel Unik Bersuara Kencang
Posting Komentar

Posting Komentar