eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB

Review Realme C51 NFC, Smartphone Sejutaan Tampil Trendi dengan Fast Charge Tercepat

Review Realme C51 NFC, Smartphone Sejutaan Tampil Trendi dengan Fast Charge Tercepat - Realme C51 NFC adalah salah satu smartphone sejutaan yang cukup menarik dengan dukungan desain yang trendi dengan konsep Stylish Glittering Design. Keunggulan utama Realme C51 NFC adalah dilengkapi fitur fast charge tercepat di kelasnya, yakni SuperVOOC 33W lengkap dengan kepala charger dalam paket pembeliannya. Sedangkan pesaing terdekatnya rata-rata hanya dibekali fast charge 18W atau 25W saja.

Tak hanya mengandalkan penampilan yang trendi, smartphone Realme C51 NFC ini juga menawarkan performa bersaing di kelasnya berkat dukungan SoC Unisoc Tiger T612 octa-core ditandemkan RAM 4GB. Smartphone ini juga memiliki kemampuan fotografi yang kompeten dengan dipersenjatai kamera utama berkekuatan 50 megapiksel. Tak lupa, fitur NFC juga turut disematkan di smartphone sejutaan ini, penasaran? Simak review Realme C51 NFC oleh tim Laptophia kali ini!

Review Realme C51 NFC, Smartphone Sejutaan Tampil Trendi dengan Fast Charge Tercepat


Paket Pembelian Realme C51 NFC

Paket Pembelian Realme C51 NFC

  • Unit Realme C51 NFC 4GB/64GB Mint Green
  • Kepala charger 33W SuperVOOC
  • Kabel USB Type-C
  • SIM card ejector
  • User guide
  • Kartu garansi
  • Silicon Case

Desain Realme C51 NFC

Desain Realme C51 NFC

Desain Realme C51 NFC

Desain yang trendi dan stylish adalah salah satu keunggulan dari review Realme C51 NFC kali ini menurut Laptophia. Casing belakang smartphone sejutaan ini terlihat trendi dengan konsep Stylish Glittering Design yang menampilkan dual tekstur pada casing belakangnya dengan finishing glossy pada bagian atas dan bawahnya menampilkan tekstur matte, serta dipadukan efek glitter yang mewah. Ada dua varian Realme C51 NFC ini dan unit yang Laptophia ulas adalah varian warna Mint Green,

Housing kamera Realme C51 NFC ini agak menonjol dan area dekat kamera yang menggunakan finishing glossy ini mudah meninggalkan jejak sidik jari. Smartphone ini menggunakan frame berdesain flat yang terasa cukup kokoh. Baik frame maupun casing belakang smartphone ini teruat dari bahan plastik yang terasa cukup kokoh, meski tak terkesan premium.

Sementara jika dilihat dari depan, Realme C51 NFC ini tak jauh berbeda dengan kebayakan smartphone Android harga terjangkau dengan layar berponi atau waterdrop pada bagian atasnya. Bezel sekitar layarnya cukup tebal dan ini dapat dimaklumi mengingat harganya yang terjangkau. Ukuran Realme C51 NFC ini memang agak besar dan lebar, sehingga mungkin kurang nyaman bagi yang memiliki telapak tangan kecil. Build quality smartphone ini secara umum solid dan tidak terkesan ringkih.

Review Realme C51 NFC, Smartphone Sejutaan Tampil Trendi dengan Fitur Lengkap

Review Realme C51 NFC, Smartphone Sejutaan Tampil Trendi dengan Fitur Lengkap

Review Realme C51 NFC, Smartphone Sejutaan Tampil Trendi dengan Fitur Lengkap

Review Realme C51 NFC, Smartphone Sejutaan Tampil Trendi dengan Fitur Lengkap

Baca juga:Review ZTE Blade V50 Design: Smartphone Kencang, Stylish, dan Harga Terjangkau!

Pada review Realme C51 NFC kali ini, sisi depan smartphone ini terdapat proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, kamera depan, dan layar berponi dengan teknologi IPS dengan resolusi HD+ berukuran 6,74 inci.

Layar smartphone Realme C51 NFC ini tak disebutkan adanya proteksi antigores seperti Gorilla Glass dan sejnisnya, juga tak dilengkapi dengan screenguard bawaan pabrik. Oleh karena itu, Laptophia menganjurkan pemasangan tempered glass tambahan guna meminimalisir risiko layar pecah saat terjatuh.

Tombol volume rocker dan tombol power yang terintegrasi dengan fingerprint sensor ditempatkan di sisi kanan ponsel Realme C51 NFC ini. Selain itu, terdapat tray slot SIM dan microSD (triple slot) pada sisi kiri ponsel. Sisi atas ponsel Realme C51 NFC ini tidak terdapat tombol atau port apapun.

Sedangkan bagian belakang ponsel Realme C51 NFC ini terdapat tiga kamera atau triple camera, LED flash, dan logo Realme pada bagian kiri bawah. Merek asal Tiongkok yang baru saja memperkenalkan Realme C67 ini menempatkan port USB Type-C, port audio 3,5mm, speaker grill, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Software Realme C51 NFC

Software Realme C51 NFC

Sisi perangkat lunak atau software, pada review Realme C51 NFC kali ini sudah menggunakan sistem operasi Android 13 dengan antarmuka Realme UI T Edition. Ini berbeda dengan Realme UI reguler karena hadir dengan tampilan antarmuka yang lebih sederhana, lebih ringan, dan lebih mendekati tampilan pure Android.

Selama hampir tiga minggu lebih menggunakan smartphone Realme C51 NFC, tim Laptophia telah menerima satu kali update melalui menu System Update. Sampai saat ini belum ada informasi yang jelas dari Realme mengenai dukungan update untuk seri C51 ini. Laptophia memperkirakan, setidaknya Realme C51 NFC ini mendapat minimal 1x OS upgrade di masa mendatang.

Tampilan Realme UI T Edition pada pembahasan Realme C51 NFC ini terdiri dari Lockscreen, Homescreen, dan App drawer. Opsi kostumisasi yang disediakan memang tidak terlalu lengkap, yakni hanya memungkinkan pengguna mengganti wallpaper, themed icon, color palette, dan widget saja. Meski demikian, antarmukanya cenderung simpel dan mudah dimengerti.

Fitur yang dimiliki Realme UI T Edition ini memang tak selengkap Realme UI regular. Beberapa fitur unggulannya antara lain Phone Manager, Mini Capsule, Night Light, Video display enhancement, Smart controls, Smart motion, Scheduled power on/off, Pocket mode, Gestures, Digital Wellbeing, parental control, face unlock, Super power saving Mode, dan sebagainya.

Review Realme C51 NFC, Smartphone Sejutaan Tampil Trendi dengan Fast Charge Tercepat


Mini Capsule adalah salah satu fitur andalan smartphone Realme C series, termasuk Realme C51 NFC ini. Fitur Mini Capsule yang pertama kali diperkenalkan di seri Realme C55 NFC ini menghadirkan notifikasi mirip dynamic island milik iPhone untuk menampilkan status baterai, penggunaan data, dan jumlah langkah. Ini cukup menarik dan Laptophia berharap agar Realme dapat mengembangkan fitur ini lebih jauh agar lebih banyak manfaatnya.

Aplikasi bawaan yang terinstal di smartphone murah berdesain cantik Realme C51 NFC ini cukup banyak, antara lain Google Apps, Agoda, Fineasy, Finmart, Lazada, Facebook, J&T Express, J&T Cargo, LinkedIn, Netflix, TikTok, Shopee, Snack Video, Spotify, Tomoro Coffee, Tokopedia, dan WPS Office. Sebagian aplikasi bawaan yang tidak digunakan dapat di-uninstall atau dihapus.

Secara umum, Realme UI T Edition yang digunakan oleh Realme C51 NFC menawarkan tampilan lebih simpel, performa yang lebih ringan, dan fitur yang cukup memadai untuk sebuah smartphone dengan harga terjangkau. Tak hanya itu, Laptophia juga tidak menemui spam notifikasi atau iklan yang mengganggu.

Performa Realme C51 NFC

Performa Realme C51 NFC

Sebagai smartphone dengan harga sejutaan, performa Realme C51 NFC ini tak bisa dianggap remeh karena didukung dapur pacu dari SoC (System on Chip) Unisoc Tiger T612 (12nm) yang mengusung prosesor octa-core 64-bit yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 1,8GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 1,8GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 4GB LPDDR4x, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57.

SoC Unisoc Tiger T612 yang digunakan Realme C51 NFC memang sudah agak ketinggalan karena masih menggunakan teknologi fabrikasi 12nm. Meski demikian, performanya masih sangat memadai untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari dan bahkan gaming kasual. Kinerjanya bersaing dengan smartphone kompetitor yang rata-rata ditenagai oleh Helio G85 seperti Samsung Galaxy A05 misalnya.

Selama dua minggu proses review, Laptophia menggunakan smartphone Realme C51 NFC ini untuk komunikasi sehari-hari, sosial media, editing foto ringan menggunakan Snapseed atau Canva, editing video menggunakan CapCut, dan streaming. Performa smartphone ini untuyk penggunaan harian cukup nyaman dan gegas. Kapasitas RAM yang hanya 4GB mungkin agak membatasi mereka yang sering menjalankan banyak aplikasi atau multitasking.

Baca juga:Review Infinix Hot 30: Smartphone Sejutaan Tampil Mewah dengan Fitur Lengkap

Meski harganya hanya sejutaan, Realme C51 NFC ini masih mampu menangani game terkini. Game MOBA seperti Mobile Legends: Bang Bang mampu dimainkan tanpa kendala dengan setting grafis Ultra. 

Sedangkan untuk game yang lebih berat seperti Genshin Impact, dapat dimainkan dengan setting Lowest, meski kadang terasa kurang nyaman saat scene battle. Berikut ini hasil benchmark Realme C51 NFC oleh tim Laptophia!

Benchmark Realme C51 NFC

Benchmark Realme C51 NFC
Device Info HW

Benchmark Realme C51 NFC
Geekbench 6

Benchmark Realme C51 NFC
AnTuTu v10

Benchmark Realme C51 NFC
PCMark

Benchmark Realme C51 NFC
3DMark

Benchmark Realme C51 NFC
Basemark OS II

Benchmark Realme C51 NFC
Storage Test

Benchmark Realme C51 NFC
Sensor dan Multitouch Tester

Review Kamera Realme C51 NFC

Review Kamera Realme C51 NFC

Sebagai smartphone dengan harga terjangkau, tentunya kemampuan fotografi bukan keunggulan utama pada review Realme C51 NFC kali ini menurut tim Laptophia. Smartphone trendi dengan harga sejutaan ini dipersenjatai dua buah kamera belakang dengan kamera utama berkekuatan 50 megapiksel dengan lensa aperture f/1.8 yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel yang diperkuat fitur phase-detection autofokus, AI, dan LED flash.

Kamera utama Realme C51 NFC yang berkekuatan 50MP menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 ini menggunakan teknologi Tetrapixel yang menggabungkan empat piksel menjadi sebuah piksel berukuran besar untuk menyerap lebih banyak cahaya. Teknologi ini membuat kamera utama realme C51 menghasilkan foto dengan resolusi 12,5MP.

Sedangkan kamera kedua smartphone Realme C51 NFC berkekuatan 0,3 megapiksel berfungsi sebagai depth sensor untuk menghasilkan efek bokeh yang artistik saat memotret dengan mode portrait.

Sedangkan untuk selfie dan vlogging, Realme C51 NFC cukup memadai dengan dukungan kamera resolusi 5 megapiksel dengan sensor BSI CMOS dengan lensa aperture f/2.0 guna memuaskan hasrat selfie pengguna. Kamera belakang Realme C51 NFC ini dapat merekam video hingga resolusi full HD @30 fps dan HD 720p @30fps untuk kamera depannya.

Review Kamera Realme C51 NFC

Pada review Realme C51 NFC kali ini menggunakan aplikasi kamera default yang tampil dengan antarmuuka yang lebih sederhana dari aplikasi kamera Realme di perangkat yang lebih mahal. Aplikasi kameranya menyediakan beberapa mode dengan menu rolodex. Kamera Realme C51 NFC ini juga mendukung fitur AI (Artificial Intelligence) untuk mengoptimalkan hasil foto sesuai dengan skenario yang terdeteksi yang dapat diaktifkan melalui menu Settings.

Mode yang tersedia pada review kamera Realme C51 NFC ini juga relatif tidak terlalu banyak tetapi cukup lengkap untuk smartphone dengan harga terjangkau, sebut saja Video, Photo, Portrait, Time-Lapse, Pro, Night, Slow-Mo (720p @120fps), QR Code, 50M, dan Pano. Pada Mode Pro, kita bisa atur parameter teknis seperti White Balance, EV, ISO (hingga 1600), Shutter Speed (hingga 1/5s), dan fokus distance. Pengaturan filter, beautify, dan HDR juga sudah tersedia di menu bagian atas aplikasi kameranya.

Review Kamera Realme C51 NFC

Lalu sehebat apa performa kamera Realme C51 NFC ini? Spesifikasi kamera yang diusung smartphone andalan Realme ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan pesaing terdekatnya. Saat siang hari, kamera utama Realme C51 NFC ini mampu menghasilkan foto dengan kualitas yang memuaskan untuk harga sejutaan. Detail yang ditangkap cukup tinggi dipadukan dengan saturasi warna yang sedikit punchy, serta kontras yang pas membuat hasil fotonya sedap dipandang.

Performa dynamic range-nya cukup wide, tetapi kadang kurang konsisten, Tim Laptophia mengaktifkan mode HDR untuk mendapatkan dynamic range yang lebih luas, terutama bayangan atau shadow yang bisa lebih terang dan detail. Sedangkan untuk subyek manusia, tone warnanya cukup baik dengan karakter agak warm.

Baca juga:Review Xiaomi 12, Apakah Masih Layak Beli Sekarang?

Realme C51 NFC menyediakan mode portrait, baik kamera belakang maupun kamera depannya. Sayangnya, performanya masih perlu ditingkatkan lagi menurut Laptophia. Beberapa sampel foto mode portrair yang Laptophia ambil, separasinya kurang rapi. Bahkan pada subyek wanita berhijab yang tidak terlalu rumit pun kadang kurang rapi. Performa mode portrait kamera depannya pun tak jauh berbeda.

Kecepatan autofokus kamera utama Realme C51 NFC ini tergolong lumayan, bukan yang paling cepat tapi cukup akurat. Saat Laptophia menjajalnya untuk memotret macro, hasilnya memuaskan dengan tingkat detail yang baik, fokus akurat, dan efek bokeh yang artistik.

Saat malam hari, kinerja kamera Realme C51 NFC ini tak jauh berbeda dengan smartphone lain di kelas harga yang sama. Performa autofokus kameranya mengalami penurunan dan tangan harus benar-benar steady saat memotret agar fokus sempurna dan bebas blur. Beberapa sampel foto yang Laptophia ambil ada yang blur karena kurang steady.

Kualitas foto saat malam hari bisa dikatakan lumayan dan memadai untuk sekadar dibagikan di sosial media. Detail yang dihasilkan masih cukup baik dan saturasi warnanya tidak pudar. Hanya saja sumber cahaya tampak pecah atau blown out. Saat mode Night diaktifkan, dynamic range mengalami peningkatan signifikan dan sumber cahaya seperti lampu menjadi lebih jelas. LED flash bawaan Realme C51 NFC juga cukup terang.

Sedangkan kamera depan pada review Realme C51 NFC kali ini bisa diandalkan untuk foto selfie dalam segala kondisi cahaya. Foto selfie yang dihasilkan cukup baik dengan tingkat detail yang pas, tone warna yang memuaskan untuk kelas harganya, dan dynamic range yang cukup wide. 

Hasil Foto Kamera Realme C51 NFC

Hasil Foto Kamera Realme C51 NFC

Hasil Foto Kamera Realme C51 NFC

Hasil Foto Kamera Realme C51 NFC

Hasil Foto Kamera Realme C51 NFC

Hasil Foto Kamera Realme C51 NFC

Hasil Foto Kamera Realme C51 NFC

Foto siang hari

Hasil Foto Kamera Realme C51 NFC

Hasil Foto Kamera Realme C51 NFC

Foto mode portrait

Hasil Foto Kamera Realme C51 NFC

Hasil Foto Kamera Realme C51 NFC

Hasil Foto Kamera Realme C51 NFC

Hasil Foto Kamera Realme C51 NFC

Hasil Foto Kamera Realme C51 NFC

Foto macro

Hasil Foto Kamera Realme C51 NFC

Hasil Foto Kamera Realme C51 NFC

Hasil Foto Kamera Realme C51 NFC

Hasil Foto Kamera Realme C51 NFC

Hasil Foto Kamera Realme C51 NFC

Hasil Foto Kamera Realme C51 NFC

Foto malam hari

Hasil Foto Kamera Realme C51 NFC
Night mode off

Hasil Foto Kamera Realme C51 NFC
Night mode on

Hasil Foto Kamera Realme C51 NFC

Hasil Foto Kamera Realme C51 NFC

Hasil Foto Kamera Realme C51 NFC

Foto malam hari dengan LED flash

Hasil Foto Kamera Depan Realme C51 NFC

Hasil Foto Kamera Depan Realme C51 NFC

Hasil Foto Kamera Depan Realme C51 NFC

Hasil Foto Kamera Depan Realme C51 NFC

Foto selfie

Hasil Foto Kamera Depan Realme C51 NFC

Hasil Foto Kamera Depan Realme C51 NFC

Hasil Foto Kamera Depan Realme C51 NFC

Foto selfie mode portrait

Review Realme C51 NFC

Review Realme C51 NFC


Layar

Realme C51 NFC dibekali dengan layar sentuh berukuran 6,74 inci IPS dengan resolusi HD+.  Kualitas layarnya mampu menghasilkan saturasi warna yang cukup baik untuk kelas harga sejutaan. Salah satu keunggulan layar smartphone terjangkau ini adalah menawarkan refresh rate 90Hz yang membuat pengalaman scrolling lebih smooth.

Respon touchscreen layar pada review Realme C51 NFC terbilang responsif dan relatif gegas untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari maupun bermain game. Sayangnya, performa layar Realme C51 NFC ini kurang memuaskan di luar ruangan dengan sinar matahari yang terik. Tak disebutkan adanya proteksi antigores atau screenguard terpasang di smartphone murah berdesain trendi ini.

Baca juga:Review Monster Airmars XKT10: Suara Bertenaga, Desain Futuristik

Audio

Smartphone Realme C51 NFC ini dibekali dengan sebuah speaker yang berada di sisi bawah yang mampu menghasilkan volume suara yang cukup nyaring dengan teknologi yang disebut sebagai UltraBoom. Sayangnya, suaranya agak pecah atau muncul distorsi ketika volume mendekati maksimal.

Kualitas suara speaker Realme C51 didominasi oleh treble dan mid, sedangkan bass nyaris tak terdengar. Saat digunakan untuk sekadar mendengarkan musik atau menonton konten multimedia, sudah cukup memadai. Jika menginginkan kualitas audio yang lebih baik, dapat menggunakan headset dengan memanfaatkan port audio 3,5mm yang diusungnya.

Memori

Review Realme C51 NFC

Smartphone treandi Realme C51 NFC tersedia dalam dua varian dan unit yang Laptophia ulas adalah varian RAM 4GB dan memori internal 64GB eMMC 5.1. Unit yang Laptophia ulas ini menyisakan memori internal sekitar 46.51GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 1,7GB – 1,9GB. Smartphone murah besutan Realme ini telah mendukung fitur USB OTG melalui port USB Type-C yang diusungnya, serta dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal.

Fitur

Realme C51 NFC dilengkapi fitur keamanan sensor sidik jari yang berada di sisi samping dan terintegrasi dengan tombol power. Saat Laptophia menjajalnya, performa sensor sidik jari di Realme C51 NFC, performanya kurang konsisten. Kadang harus beberapa kali sentuh dulu baru bisa. 

Smartphone sejutaan ini juga dilengkapi dengan fitur NFC yang bermanfaat untuk transaksi digital, pairing dengan perangkat eksternal, top up atau cek saldo e-money, dan sebagainya. Saat laptophia gunakan untuk cek saldo e-money, NFC di Realme C51 ini bekerja dengan baik. Sayangnya, Realme C51 NFC ini masih mendukung sertifikasi widevine L3 yang artinya belum menikmati streaming konten resolusi HD di beberapa layanan seperti Netflix dan sejenisnya.

Baterai

Sama seperti Realme 11 yang Laptophia ulas sebelumnya, Realme C51 NFC ini juga dibekali dengan baterai berkapasitas 5000mAh sebagai sumber daya utamanya. Berdasarkan pengalaman tim Laptophia setelah seminggu penggunaan, baterai Realme C51 NFC bisa dikatakan cukup awet dengan penggunaan intensif non gaming seperti sosial media dan komunikasi sehari-hari mampu bertahan seharian lebih.

Bahkan saat digunakan sebagai portabel hotspot, daya tahan baterainya lebih awet dari Redmi 13C yang Laptophia ulas sebelumnya. Tak hanya itu, Realme C51 NFC dibekali fitur SuperVOOC 33W fast charge tercepat di kelasnya. Saat diuji Laptophia, pengisian daya dari 8% hingga penuh hanya membutuhkan waktu 1 jam 8 menit saja,

Kesimpulan

Realme C51 NFC adalah smartphone murah yang tampil dengan desain trendi dan stylish dengan fitur fast charge SuperVOOC 33W tercepat di kelasnya. Smartphone ini menawarkan performa yang memadai untuk kebutuhan sehari-hari dengan kamera 50MP yang bisa diandalkan, serta daya tahan baterai mumpuni. 

Tak hanya itu, Realme C51 NFC ini juga sudah dibekali fitur NFC. Kekurangan smartphone ini adalah fiturnya yang tak selengkap smartphone Realme UI reguler. Rasa-rasanya sulit untuk tidak merekomendasikan Realme C33 ini untuk smartphone kelas entry-level. Secara umum, Realme C51 NFC iniu menarik dan layak dipertimbangkan di segmen sejutaan.

Kelebihan Realme C51 NFC

  • Performa memadai
  • Desain trendi dan stylish
  • Fast charge tercepat di kelasnya
  • Harga terjangkau

Kekurangan Realme C51 NFC

  • Fitur tidak selengkap Realme UI reguler

Harga Realme C51 NFC

Harga Realme C51 NFC terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun telah mengalami penurunan dari harga saat pertama kali dirilis, yakni Rp 1.399.000 untuk varian dengan RAM 4GB dan ROM 64GB. Sedangkan harga Realme C51 NFC dengan RAM 4GB dan ROM 128GB adalah Rp 1.699.000.

Anda dapat cek harga dan promo terbaru smartphone Realme C51 NFC di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Realme C51 NFC

  • Sistem Operasi Android 13 dengan antarmuka Realme UI T Edition
  • Chipset Unisoc Tiger T612 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 1,8GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 1,8GHz
  • Grafis Mali-G57
  • Dua kamera belakang, kamera utama 50 megapiksel, sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel, phase-detection autofokus, lensa aperture f/1.8, phase-detection autofokus, LED flash + 0,3 megapiksel dengan lensa aperture f/3.0 (depth sensor)
  • Kamera depan 5 megapiksel, sensor BSI CMOS, lensa aperture f/2.2, fixed focus
  • Layar sentuh berponi 6,74 inci 2.5D, dengan resolusi HD+ 1600 x 720 pixels, kerapatan 260 ppi (pixel per inch), aspek rasio 20:9, 16 juta warna, refresh rate 90Hz, panel IPS LCD
  • Memori RAM 4GB LPDDR4x, ROM 64GB atau 128GB eMMC 5.1, dilengkapi slot microSD maksimal 2TB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, USB OTG, fingerprint sensor (side mounted), NFC
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 167.2 x 76.7 x 8 mm dengan berat 186 gram
  • Baterai 5000mAh non-removable, fast charging SuperVOOC 33W
  • Warna Mint Green dan Carbon Black
*review ini menggunakan unit yang dibeli sendiri oleh tim Laptophia, bukan sponsor/seeding
Anda mungkin suka:Review Samsung Galaxy A54 5G, Smartphone Menengah dengan Fitur Lengkap
Related Posts
Ditya Pandu
Penikmat teknologi.

Related Posts

8 komentar

  1. Menarik nih, superVOOC nya beneran 😁 merk sebelah ngakunya fast charge 25W, tapi butuh 2 jam, 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya gimana yha... SuperVOOC di Realme ini beneran kenceng, nggak ngaku2 kayak merk sebelah hehhe

      Hapus
  2. Lah desain kameranya mirip iPhone wkwkwkw... Tinggal beliin casing terus kasih logo apel krowak 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Solusi cerdas dan hemat untuk tampil penuh gaya wkwkw

      Hapus
  3. Hasil fotonya lumayan ya... Sama Redmi 13C bagus mana ya kameranya? 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya sih secara umum, lebih suka karakter hasil foto Realme C51 NFC ini kak

      Hapus
  4. Mayan cakep desain hape realme ini, tapi ya nggak 100 persen original, ya nggak sih?

    BalasHapus