eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Samsung Galaxy A54 5G, Smartphone Menengah dengan Fitur Lengkap

Review Samsung Galaxy A54 5G, Smartphone Menengah dengan Fitur Lengkap - Samsung Galaxy A54 5G adalah salah satu smartphone kelas menengah yang cukup menarik. Samsung pertama kali meluncurkan Galaxy A54 5G di Indonesia sekitar Maret 2023 dan baru bulan ini tim Laptophia berkesempatan membeli dan menjajal unitnya. Samsung Galaxy A54 5G tampil dengan desain minimalis dan elegan yang terinspirasi dari Galaxy S23 series. Tak hanya itu, smartphone menengah ini cukup tangguh karena tahan air dan debu dengan sertifikasi IP67.

Kemampuan kamera Samsung Galaxy A54 5G ini telah mengalami peningkatan pesat dengan dukungan kamera utama 50MP dengan sensor berukuran besar dan dilengkapi fitur OIS. Tak hanya itu, Samsung juga turut menghadirkan fitur  canggih Nightography untuk foto malam hari yang andal dan natural. Soal kinerja, Samsung Galaxy A54 5G cukup bersaing dengan sokongan SoC Samsung Exynos 1380 5G dan RAM 8GB, penasaran? Simak review Samsung Galaxy A54 5G oleh tim Laptophia kali ini!

Review Samsung Galaxy A54 5G, Smartphone Menengah dengan Fitur Lengkap


Paket Pembelian Samsung Galaxy A54 5G

Paket Pembelian Samsung Galaxy A54 5G

  • Unit Samsung Galaxy A54 5G 8GB/256GB Awesome Violet
  • Kabel USB Type-C
  • SIM card ejector
  • User guide
  • Kartu garansi
  • SP XL Axiata

Desain Samsung Galaxy A54 5G

Desain Samsung Galaxy A54 5G

Desain Samsung Galaxy A54 5G

Samsung Galaxy A54 5G hadir dengan desain yang minimalis yang bergaya elegan terinspirasi dari desain Galaxy S23 series yang dipadukan dengan varian warna yang menarik. Kebetulan unit Samsung Galaxy A54 5G yang Laptophia review adalah varian warna Awesome Violet. Smartphone ini tampil dengan sudut rounded dan hadir dengan layar punch hole atau yang disebut dengan Infinity-O dengan bezel yang tidak terlalu tipis.

Sementara di sisi belakang, Samsung Galaxy A54 5G menyuguhkan susunan tiga buah kamera secara vertikal dan agak menonjol tanpa housing atau sering disebut dengan contour cut yang pertama kali diterapkan di Galaxy A32. Sedangkan casing belakangnya terbuat dari bahan kaca Gorilla Glass yang cukup tangguh dengan finishing glossy berwarna polos, tanpa gradasi. Meski menggunakan finishing glossy, casing belakangnya ternyata tidak mudah meninggalkan bekas sidik jari. Namun, terasa agak licin.

Berbeda dengan kebanyakan smartphone terkini yang menggunakan frame flat, Samsung Galaxy A54 5G justru hadir dengan frame yang agak rounded dengan material plastik atau polikarbonat. Bentuk frame yang agak membulat ini membuatnya lebih nyaman digenggam. Build quality Samsung Galaxy A54 5G cukup solid dan terasa premium. Smartphone ini memiliki kemampuan tahan air dan debu dengan sertifikat IP67.

Review Samsung Galaxy A54 5G, Smartphone Menengah dengan Fitur Lengkap

Review Samsung Galaxy A54 5G, Smartphone Menengah dengan Fitur Lengkap

Review Samsung Galaxy A54 5G, Smartphone Menengah dengan Fitur Lengkap

Review Samsung Galaxy A54 5G, Smartphone Menengah dengan Fitur Lengkap

Baca juga:Review Realme 11: Desain Cantik, Performa Kencang, dan Kamera Mumpuni

Pada review Samsung Galaxy A54 5G kali ini, sisi depan smartphone ini terdapat proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, kamera depan, dan layar punch hole Super AMOLED 120Hz dengan resolusi full HD+ berukuran 6,4 inci flat.

Layar smartphone Samsung Galaxy A54 5G ini cukup tangguh dengan kaca antigores dari Corning Gorilla Glass 5 tetapi tidak dilengkapi dengan screenguard. Meski demikian, pemasangan tempered glass tambahan tetap Laptophia anjurkan guna meminimalisir risiko layar pecah saat terjatuh.

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Samsung Galaxy A54 5G ini. Sementara itu, pada sisi kiri smartphone tidak ada tombol atau port apapun. Sisi atas smartphone Samsung Galaxy A54 5G ini terdapat microphone dan tray SIM card (hybrid slot).

Sedangkan bagian belakang ponsel Samsung Galaxy A54 5G ini terdapat tiga kamera atau triple camera, LED flash, dan logo Samsung pada bagian bawah. Merek asal Korea Selatan yang baru saja memperkenalkan Galaxy M54 5G ini menempatkan port USB Type-C, speaker grill, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Video Review dan Unboxing Samsung Galaxy A54 5G 



Software Samsung Galaxy A54 5G

Software Samsung Galaxy A54 5G

Salah satu keunggulan pada review Samsung Galaxy A54 5G adalah dukungan update-nya yangg terbilang panjang di kelasnya, yakni 4 tahun OS update atau 4x versi Android dan 5 tahun untuk update keamanan. Samsung Galaxy A54 5G secara default menggunakan OS Android 13 dengan antarmuka One UI 5.0 dan unit yang Laptophia ulas sudah mendapat update ke Android 14 dengan antarmuka One UI 6.0.

Harus diakui, One UI besutan Samsung adalah salah satu antarmuka yang paling nyaman dan memberikan user experience yang memuaskan menurut Laptophia. Selain menawarkan kemudahan dalam pengoperasian, One UI ini juga tampil bebas iklan. 

One UI 6.0 yang digunakan oleh Samsung Galaxy A54 5G hadir dengan desain yang rapi yang terdiri dari Lockscreen, Homescreen, dan App drawer. Selain rapi, pengguna juga dapat mengkostum sesuai selera mulai dari wallpaper, theme, widget dan sebagainya. Juga tersedia Galaxy Themes untuk mengunduh theme dan wallpaper dengan menggunakan akun Samsung.

Dibaik tampilannya yang cenderung clean, One UI 6.0 ini yang digunakan Galaxy A54 5G ini juga dilengkapi fitur yang tergolong lengkap. Beberapa fitur unggulannya antara lain Always On Display, Android Auto, Gaming Hub, Samsung Pass, Secure Folder, face recognition, dark mode, adaptive brightness, One-handed mode, motion and gestures, blue light filter, dual messenger, Device Care, Video call effect, Samsung Pay, AR Zone, Digital Wellbeing, Smart pop-up view, Bixby, Ultra data saving, face recognition, dan banyak lagi.

Review Samsung Galaxy A54 5G, Smartphone Menengah dengan Fitur Lengkap


Salah satu fitur andalan Samsung Galaxy A54 5G yang menarik perhatian Laptophia adalah Photo Remaster. Fitur ini dapat diakses melalui Gallery bawaan Samsung dan berfungsi untuk meningkatkan kualitas foto secara signifikan dengan sekali klik.

Aplikasi bawaan yang terinstal di smartphone menengah tahan air Samsung Galaxy A54 5G ini cukup banyak antara lain adalah Google Apps, aplikasi proprietary Samsung, Samsung Members, Samsung Goals, Samsung Free, Samsung Gift Indonesia, S Lime, Smart Tutor, Facebook, Spotify, Galaxy Store, Netflix, Samsung Notes, ONE Esports, AppStation, Facebook, Shopee, Lazada, Microsoft 365, OneDrive, LinkedIn, TikTok, dan Outlook. Aplikasi ini dapat dihapus jika tidak diperlukan.

Secara umum, Samsung One UI 6.0 pada Galaxy A54 5G ini memberikan user experience yang memuaskan dan nyaman menurut Laptophia. Fitur yang diusung oleh One UI 6.0 ini tergolong lengkap, customizable, dan bebas iklan, serta spam notifikasi. Optimasinya juga cukup matang sehingga terasa ringan, responsif, dan animasinya pun terasa smooth. 

Performa Samsung Galaxy A54 5G

Performa Samsung Galaxy A54 5G

Hal menarik dari review Samsung Galaxy A54 5G menurut Laptophia adalah performanya. Smartphone ini ditenagai oleh SoC SoC (System on Chip) Samsung Exynos 1380 5G (5nm) yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A78 berkecepatan 2,4GHz dan quad-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 8GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G68 MP5 yang powerful.

Sejauh ini hanya smartphone Samsung yang menggunakan SoC Exynos series. Seri Samsung Exynos 1380 5G ini menggunakan teknologi fabrikasi 5nm berteknologi EUV dan merupakan penerus dari Exynos 1280 5G yang digunakan oleh Galaxy A53 5G. Exynos 1380 5G menawarkan peningkatan performa CPU maupun GPU jika dibandingkan dengan pendahulunya,

Samsung Exynos 1380 5G, Setara Apa?

Banyak pembaca Laptophia bertanya, setara apa chipset Samsung Exynos 1380 5G ini? Berdasarkan hasil benchmark yang tim Laptophia lakukan, Samsung Exynos 1380 5G mampu mencetak skor AnTuTu v10 setara dengan Snappdragon 778G 5G. Selain itu, Exynos 1380 5G ini dilengkapi NPU untuk menunjang performa tigas berbasis AI seperti editing foto berbasis AI, dan sebagainya.

Tim Laptophia menggunakan Samsung Galaxy A54 5G sebagai smartphone kedua selama kurang lebih seminggu. Smartphone andalan Samsun ini kami gunakan untuk komunikasi sehari-hari, editing foto, editing video ringan, streaming, dan sebagainya. Performanya untuk penggunaan sehari-hari relatif responsif, nyaman, dan tidak terjadi lag. Meski harus diakui, performanya mungkin bukan yang tercepat di kelasnya.

Bagaimana performa gaming Samsung Galaxy A54 5G yang ditenagai Exynos 1380 5G ini? Performa gamingnya cukup kompeten. Game MOBA seperti Mobile Legends dapat dimainkan dengan lancar di smartphone ini. Sedangkan game berat seperti Genshin Impact, dapat dimainkan dengan setting Medium atau High. Namun, Laptophia menyarankan untuk set ke Medium saja agar performanya lebih smooth.

Baca juga:Review ZTE Blade V50 Design: Smartphone Kencang, Stylish, dan Harga Terjangkau!

Panas yang dihasilkan Samsung Galaxy A54 5G tergolong lumayan ketika digunakan bermain game selama 1 jam lebih. Area paling panas adalah samping kamera. meski demikian, selama proses review, Laptophia tidak menemui gejala overheat.

Benchmark Samsung Galaxy A54 5G

Benchmark Samsung Galaxy A54 5G
Device Info HW

Benchmark Samsung Galaxy A54 5G
Geekbench 6

Benchmark Samsung Galaxy A54 5G
AnTuTu v10

Benchmark Samsung Galaxy A54 5G
PCMark

Benchmark Samsung Galaxy A54 5G
3DMark

Benchmark Samsung Galaxy A54 5G
Storage Test

Benchmark Samsung Galaxy A54 5G
Sensor & Multitouch Tester

Review Kamera Samsung Galaxy A54 5G

Review Kamera Samsung Galaxy A54 5G

Kemampuan fotografi smartphone Samsung Galaxy A54 5G ini tergolong kompeten untuk kelas harganya. Samsung membekalinya dengan tiga buah kamera belakang dengan kamera utama 50 megapiksel dengan sensor Sony IMX766 1/1.56 inci 1um piksel dengan fitur phase-detection autofokus ditandemkan lensa aperture f/1.8 lengkap dengan OIS (Optical Image Stabilization) dan LED flash yang mampu menangkap gambar lebih jernih dan detail.

Kamera utama Samsung Galaxy A54 5G yang berkekuatan 50MP yang kemungkinan menggunakan sensor Sony IMX766 yang merupakan keluarga sensor Sony Exmor RS ini menggunakan teknologi Quad bayer Filter yang menggabungkan empat piksel menjadi sebuah piksel berukuran besar, sehinggga secara default, smartphone bergaya balap terjangkau ini menghasilkan foto dengan resolusi 12,5MP. Kabarnya, ada unit Samsung Galaxy A54 5G yang menggunakan kamera dengan sensor Samsung ISOCELL GN5 dengan spesifikasi yang mirip Sony IMX766.

Kamera kedua Galaxy A54 5G ini mengusung resolusi 12 megapiksel sensor BSI CMOS yang ditandemkan dengan lensa ultra-wide dengan aperture f/2.2 untuk mengambil foto super wide dengan field of view (FoV) 123 derajat. Sedangkan kamera ketiga berkekuatan 5 megapiksel dengan lensa aperture f/2.4 berfungsi sebagai kamera dedicated macro.

Kamera depan Samsung Galaxy A54 5G ini berkekuatan 32 megapiksel dengan sensor BSI CMOS 1/2.8 inci 0.8um piksel dengan lensa aperture f/2.2 fixed focus yang cukup mumpuni untuk foto selfie dan video call. Resolusi tinggi yang diusungnya membuat Galaxy A54 5G ini laik mendampingi pengguna yang menyukai swafoto atau foto selfie. Kamera ponsel ini dapat merekam video dengan resolusi hingga 4K @ 30fps baik kamera belakang maupun kamera depan.

Review Kamera Samsung Galaxy A54 5G

Samsung Galaxy A54 5G ini dibekali dengan aplikasi kamera dengan antarmuka yang mudah digunakan. Laptophia dapat mengakses pengaturan filter, motion photo, mode resolusi (12M/50M), aspek rasio, timer, LED flash, dan setting lainnya melalui deretan ikon pada bagian atas. Sementara di tengahnya terdapat toggle untuk memilih lensa ultra wide (0.5x), lensa wide (1x), dan telephoto (3x).

Sementara pada bagian bawah terdapat beberapa mode yang dapat dipilih dengan cara swipe ke kanan atau ke kiri, serta tap More untuk mengkses semua mode yang tersedia. Beberapa mode yang disediakan antara lain Fun, Portrait, Photo, Video, Pro, Panorama, Food, Night, Macro, Slow Motion, Super Slow Motion, Portrait Video, Pro Video, Single Take, dan Hyperlapse.

Hal yang menarik adalah mode Pro tersedia di kamera Samsung Galaxy A54 5G menawarkan opsi untuk mengatur parameter yang cukup lengkap, yakni white balance, fokus, ISO (hingga 3200), dan shutter speed dari 1/6000 detik hingga maksimal 10 detik. Sayangnya, smartphone ini tidak mendukung RAW.

Review Kamera Samsung Galaxy A54 5G

Lalu sehebat apakah kemampuan kamera smartphone Samsung Galaxy A54 5G ini? Hal yang agak aneh saat Laptophia mengulas Samsung Galaxy A54 5G ini adalah performa shutternya. Biasanya smartphone dengan rentang harga 5 jutaan relatif cepat shutternya. Namun, Samsung Galaxy A54 5G ini sedikit ada jeda atau lag saat tombol shutter di pencet. Setelah update ke Android 14, hal ini masih Laptophia rasakan.

Selama seminggu lebih menjajal Samsung Galaxy A54 5G, performa kameranya cukup memuaskan menurut Laptophia. Kamera utamanya saat siang hari mampu menghasilkan foto dengan tingkat detail yang tinggi, dynamic range yang cukup wide, dan kontras yang pas. Detail dedaunan terlihat cukup natural dan tidak terlihat oversharpening. Kadang tone warnanya cenderung agak cool atau bluish.

Saturasi warnanya memang secara default terlihat punchy atau bahkan oversaturated bagi beberapa orang. Hal ini memang membuat foto menarik, tetapi kadang warnanya tidak sesuai aslinya. Mode HDR secara default sudah aktif dikamera Samsung Galaxy A54 5G ini dan ketika dinonaktifkan, perbedaan dynamic range yang dihasilkan tidak terlalu signifikan.

Moder portrait atau Live Focus pada review Samsung Galaxy A54 5G juga memuaskan dengan separasi yang rapi dan konsisten, serta efek blur yang terlihat lebih alami. Tak hanya itu, Laptophia menyukai kamera utama Samsung Galaxy A54 5G ini untuk memotret macro karena performa autofokusnya cepat dan akurat. Hasil foto macro-nya juga memuaskan, terlebih jika bereksperimen dengan 2x zoom yang diusungnya mampu menghasilkan efek bokeh yang lebih artistik.

Saat malam hari atau kondisi cahaya low-light, kamera utama smartphone Samsung Galaxy A54 5G ini masih cukup kompeten dan bisa diandalkan menurut Laptophia. Foto malam harinya mampu menghasilkan tingkat detail yang memuaskan dan saturasi warnanya tetap terjaga. Tingkat detailnya memang mengalami penurunan jika dibandingkan saat siang hari dan noise yang muncul tergolong lumayan.

Mode Night yang disediakan mampu mendongkrak detail dan dynamic range secara signifikan, serta tetap terlihat natural dengan dukungan teknologi Nightography. Mode Night ini otomatis aktif saat kondisi gelap dan opsi ini dapat dinonaktifkan. LED flash yang diusung smartphone Samsung Galaxy A54 5G juga sangat terang dan bisa diandalkan. 

Baca juga:Review Vivo V27 5G: Desain Stylish dengan Layar Lengkung, Kamera Mantap!

Sedangkan kamera ultra wide angle yang pada Samsung Galaxy A54 5G juga mampu menghasilkan foto dengan kualitas baik dan detail bauik, meski tak sedetail kamera utama. Hanya saja bagian pinggir atau sudutnya terlihat ada distorsi dan cenderung soft. Selain itu, saat malam hari kamera ultra wide angle Galaxy A54 5G ini mengalami penurunan detail yang cukup signifikan, tetapi hasilnya masih bisa digunakan untuk sekadar di-post di sosial media.

Kamera depan Samsung Galaxy A54 5G yang berkekuatan 32MP ini secara default menghasilkan foto dengan resolusi 8MP dengan teknologi quad-bayer. Foto yang dihasilkan kamera depan ponsel ini memuaskan dengan tingkat detail tinggi, dynamic range luas, skin tone yang cukup matang, dan tajam. Mode Portrait di kamera depan juga rapi dan tak jauh beda dengan kamera belakang.

Adapun kamera macro di Samsung Galaxy A54 5G yang berkekuatan 5 megapiksel dan memiliki jarak fokus 4 cm. Sayangnya, kualitas foto kamera dedicated macro-nya memang kurang oke menurut Laptophia. Warnanya agak pudar, detailnya kurang, dan noise yang cukup tinggi.

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A54 5G

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A54 5G

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A54 5G

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A54 5G

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A54 5G

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A54 5G

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A54 5G

Foto siang hari

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A54 5G

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A54 5G

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A54 5G

Foto mode portrait

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A54 5G

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A54 5G

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A54 5G

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A54 5G

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A54 5G

Foto macro

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A54 5G

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A54 5G

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A54 5G

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A54 5G

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A54 5G

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A54 5G

Foto malam hari

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A54 5G
Night mode off

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A54 5G
Night mode on

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A54 5G

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A54 5G

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A54 5G

Foto dengan LED flash

Hasil Foto Kamera Depan Samsung Galaxy A54 5G

Hasil Foto Kamera Depan Samsung Galaxy A54 5G

Hasil Foto Kamera Depan Samsung Galaxy A54 5G

Foto selfie

Hasil Foto Kamera Depan Samsung Galaxy A54 5G

Hasil Foto Kamera Depan Samsung Galaxy A54 5G

Foto selfie mode portrait

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Samsung Galaxy A54 5G

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Samsung Galaxy A54 5G

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Samsung Galaxy A54 5G

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Samsung Galaxy A54 5G

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Samsung Galaxy A54 5G

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Samsung Galaxy A54 5G

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Samsung Galaxy A54 5G

Hasil Foto Kamera Dedicated Macro Samsung Galaxy A54 5G

Hasil Foto Kamera Dedicated Macro Samsung Galaxy A54 5G

Hasil Foto Kamera Dedicated Macro Samsung Galaxy A54 5G


Review Samsung Galaxy A54 5G

Review Samsung Galaxy A54 5G


Layar

Sebagai smartphone kelas menengah, Samsung Galaxy A54 5G dipersenjatai dengan layar infinity-O Super AMOLED dengan resolusi full HD+. Kualitas layar smartphone ini tergolong mantap untuk kelas harganya dengan warna yang vibrant, kontras yang tinggi, tajam, dan menampilkan warna hitam yang pekat. Performa touchscreen tergolong gegas dan terasa tanpa jeda. Sayangnya, bezel layar ponsel ini agak tebal.

Refresh rate 120Hz yang diusung layar Samsung Galaxy A54 5G membuat animasi terlihat lebih smooth dan nyaman di mata. Saat digunakan di luar ruangan atau outdoor, layar Samsung Galaxy A54 5G sangat bisa diandalkan karena mampu menghasilkan kecerahan yang tinggi di kelasnya, yakni mencapai 1000 nits. Layar Galaxy A54 5G ini diproteksi Gorilla Glass 5 dan mendukung HDR/HDR+.

Audio

Hal yang mengejutkan dari review Samsung Galaxy A54 5G menurut Laptophia adalah performa speaker stereo-nya. Kualitas suara yang dihasilkan speaker stereo milik Samsung Galaxy A54 5G terbilang bagus dan jernih untuk kelas harganya. Bass-nya cukup terdengar, meski didominasi oleh treble dan mid.

Baca juga:Review Samsung Galaxy A05: Smartphone Murah dengan Desain Stylish

Volume suara yang dihasilkan memang bukan yang paling nyaring di kelasnya. Saat volume suara dimaksimalkan untuk mendengarkan musik, tidak terdengar adanya distorsi. Kualitas audio-nya masih dapat ditingkatkan lagi dengan dukungan Dolby Atmos.

Memori

Review Samsung Galaxy A54 5G

Smartphone menengah dengan fitur lengkap Samsung Galaxy A54 5G yang Laptophia ulas ini hadir dalam dua varian dan varian yang Laptophia ulas adalah 8GB/256GB. Memori internal Samsung Galaxy A54 5G yang mencapai 256GB dengan teknologi UFS 2.2 yang responsif.

Saat pertama kali dinyalakan, Samsung Galaxy A54 5G menyisakan memori internal sekitar 221,2GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 4GB – 4,4GB. Smartphone andalan Samsung ini mendukung fitur USB OTG melalui port USB Type-C yang diusungnya. Tak hanya itu, Galaxy A54 5G ini masih dibekali slot microSD untuk ekspansi memori eksternal (hybrid slot).

Fitur

Samsung Galaxy A54 5G dilengkapi fitur keamanan sensor sidik jari di bawah layarnya atau under display fingerprint. Saat Laptophia menjajalnya, performa sensor sidik jari ini berjalan baik dan dapat diandalkan.

Smartphone menengah ini juga dilengkapi dengan fitur NFC yang bermanfaat untuk transaksi digital, pairing dengan perangkat eksternal, top up atau cek saldo e-money, dan sebagainya. Samsung Galaxy A54 5G ini sudah mendukung sertifikasi widevine L1 yang artinya dapat menikmati streaming konten dengan resolusi HD.

Baterai

Daya tahan baterai bisa menjadi salah satu daya tarik dari review Samsung Galaxy A54 5G oleh tim Laptophia kali ini. Baterai berkapasitas 5000mAh yang diusungnya mampu bertahan seharian penuh atau bahkan kadang lebih dengan pola penggunaan non gaming dengan screen on time 6 - 7 jam.

Samsung Galaxy A54 5G ini sebenarnya mendukung fast charge 25W, tetapi tidak dilengkapi charger dalam paket pembeliannya. Proses pengisian daya Samsung Galaxy A54 5G dengan charger 25W adalah sekitar 1 jam lebih beberapa menit untuk terisi penuh. Kecepatan charging-nya memang tidak istimewa.

Kesimpulan

Secara umum, Samsung Galaxy A54 5G adalah smartphone kelas menengah all-rounder yang cukup kompeten dan menarik. Performanya sudah lebih dari cukup untuk penggunaan intensif non gaming, fitur lengkap, dan kameranya dapat diandalkan. Penampilan Galaxy A54 5G ini juga menarik karena terinsporasi desain Galaxy S23 series.

Kekurangan paling mencolok dari Samsung Galaxy A54 5G adalah tidak dilengkapi charger dalam paket pembeliannya. Selain itu, bagi pengguna yang membutuhkan performa gaming yang kencang tampaknya kurang cocok dengan Galaxy A54 5G ini. Jelas, Samsung Galaxy A54 5G layak dipertimbangkan bagi konsumen yang membutuhkan smartphone menengan all-rounder dengan fitur lengkap.

Kelebihan Samsung Galaxy A54 5G

  • Layar Super AMOLED 120Hz berkualitas
  • Build quality solid, tahan air dengan IP67
  • Dukungan update OS dan keamanan panjang
  • Kamera bisa diandalkan
  • Fitur lengkap

Kekurangan Samsung Galaxy A54 5G

  • Performa biasa saja untuk kelas harganya
  • Tidak dilengkapi charger
  • Fast charge hanya 25W
  • Hybrid slot

Harga Samsung Galaxy A54 5G

Harga smartphone Samsung Galaxy A54 5G RAM 8GB ROM 256GB terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 5.999.000 dan Rp 5.599.000 untuk varian RAM 8GB ROM 128GB. Berdasarkan hasil review Samsung Galaxy A54 5G yang telah tim Laptophia lakukan, smartphone ini menawarkan performa yang andal dan fitur yang lengkap, cocok untuk all-rounder.

Anda dapat cek harga dan promo terbaru Samsung Galaxy A54 5G di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

  • Sistem Operasi Android 13 dengan antarmuka Samsung One UI 5.1
  • Chipset Samsung Exynos 1380 5G (5nm) dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A78 2,4GHz dan quad-core ARM Cortex-A55 2GHz
  • Grafis Mali-G68 MP5
  • Triple atau tiga kamera belakang dengan kamera utama resolusi 50 megapiksel sensor Sony IMX766 1/1.56 inci 1um piksel, phase-detection autofokus, OIS, lensa aperture f/1.8 dengan dilengkapi LED flash + 12 megapiksel (ultra wide) lensa aperture f/2.2 sensor BSI CMOS 1.12um piksel + 5 megapiksel (dedicated macro) lensa aperture f/2.4
  • Kamera depan 32 megapiksel fixed focus, sensor BSI CMOS 1/2.8 inci 0.8um piksel, lensa aperture f/2.2
  • Layar sentuh Infinity-O Display 6,4 inci 2.5D, dengan resolusi full HD+ 1080 x 2340 piksel, kerapatan 403 ppi (pixel per inch), 1000 nits, refresh rate 120Hz, 16 juta warna, panel Super AMOLED, Corning Gorilla Glass 5
  • Memori RAM 8GB, ROM 128GB atau 256GB, dilengkapi slot microSD maksimal 1TB (hybrid slot)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, GPS, Dual SIM, NFC, fingerprint sensor (under display, optical), face unlock
  • Stereo speaker dengan dukungan Dolby Atmos
  • Tahan air dan debu dengan sertifikat IP67
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE / 5G
  • Dimensi 158.2 x 76.7 x 8.2 mm dengan berat 202 gram
  • Baterai 5000mAh non-removable, fast charging 25W
  • Warna Lime, Black, Violet, dan White
*review ini menggunakan unit yang dibeli sendiri oleh tim Laptophia, bukan sponsor/seeding
Anda mungkin suka:Review Xiaomi 12, Apakah Masih Layak Beli Sekarang?
10 komentar

10 komentar

  • Niken
    Niken
    29 Desember 2023 pukul 05.22
    Warna ungu nya cakep banget... 😍
    • Niken
      Ditya Pandu
      14 Januari 2024 pukul 11.22
      Cakep kak... Warna ijo juga ada wkwkw
    Reply
  • Yuwan Agista
    Yuwan Agista
    25 Desember 2023 pukul 16.32
    Cakep juga kameranya... Kamerandepamnya agak aneh. Kalau buat video gimana kualitasnya ya?
    • Yuwan Agista
      Ditya Pandu
      25 Desember 2023 pukul 23.03
      Kualitas videonya lumayan oke kok, Detailnya dapat dan lumayan stabil
    Reply
  • Tya Swan
    Tya Swan
    24 Desember 2023 pukul 23.58
    Bening juga kameranya
    .. Boleh lah ya dipertimbangkan 😁
    • Tya Swan
      Ditya Pandu
      25 Desember 2023 pukul 23.03
      mayan bening kak... Gass cobain Galaxy A54, sebelum galaxy a55 keluar wkwkw
    Reply
  • Anonim
    Anonim
    24 Desember 2023 pukul 23.41
    Wah jernih juga tuh kameranya... kalau sama Xiaomi 13T mending mana ya kameranya?
    • Anonim
      Ditya Pandu
      25 Desember 2023 pukul 23.02
      Wah nggak bisa berkomentar, soalnya belum pernah pegang Xiaomi 13T hehehe
    Reply
  • Anonim
    Anonim
    24 Desember 2023 pukul 18.01
    Kenapa hp Samsung Galaxsi mahal2 mas hehehehe apakah karena pemilik Samsung tidak pro rakyat kecil
    • Anonim
      Ditya Pandu
      25 Desember 2023 pukul 23.02
      Lho ada yang murah kok, misalnya Samsung Galaxy A05 dan saya udah review juga. Boleh itu dicobain kak 😁
    Reply