eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB

Review iQOO Z7x 5G: Performa Kencang, Baterai Paling Awet!

Review iQOO Z7x 5G: Performa Kencang, Baterai Paling Awet! - iQOO Z7x 5G adalah salah satu smartphone dengan harga 2 - 3 jutaan yang cukup menarik menurut Laptophia. iQOO pertama kali meluncurkan iQOO Z7x 5G di Indonesia sekitar April 2023. Harganya yang kadang turun pada level yang menggoda membuat Laptophia tergerak untuk membeli dan mengulasnya. Soal kinerja, iQOO Z7x 5G cukup kencang dengan sokongan SoC Qualcomm Snapdragon 695 5G ditandemkan RAM 8GB dan dibalu dengan desain stylish.

Hal yang paling menarik dari iQOO Z7x 5G justru kapasitas baterainya yang besar di kelasnya, yakni 6000mAh. Tak hanya itu, iQOO Z7x 5G juga dilengkapi dengan fitur FlashCharge 80W lengkap dengan charger dalam paket pembeliannya. Kemampuan fotografi smartphone besutan subbrand Vivo ini cukup standar dengan kamera utama berkekuatan 50 megapiksel, penasaran? Simak review iQOO Z7x 5G oleh tim Laptophia kali ini!

Review iQOO Z7x 5G: Performa Kencang, Baterai Paling Awet!


Paket Pembelian iQOO Z7x 5G

Paket Pembelian iQOO Z7x 5G

  • Unit iQOO Z7x 5G 8GB/128GB Tropical Blue
  • Adaptor charger 80W
  • Kabel USB Type-C
  • SIM card ejector
  • Screen protector (terpasang di layar)
  • User guide
  • Kartu garansi
  • Silicon case

Desain iQOO Z7x 5G

Desain iQOO Z7x 5G

Desain iQOO Z7x 5G

Desain smartphone iQOO Z7x 5G ini secara umum cukup menarik dan stylish menurut Laptophia. Smartphone 5G dengan baterai besar ini hadir dengan casing belakang dengan finishing matte yang mampu menampilkan pantulan gradasi warna yang dinamis. Kebetulan, unit iQOO Z7x 5G yang Laptophia ulas adalah varian warna Tropical Blue. Finishing matte pada casing belakangnya membuat iQOO Z7x 5G tidak mudah kusam atau meninggalkan jejak sidik jari, serta tak licin.

iQOO Z7x 5G ini dilengkapi housing kamera kamera bergaya Dual Tone dengan detail Ring Halo Ganda yang yang modern. Berbeda dengan kebanyakan smartphone masa kini yang dilengkapi frame flat, iQOO Z7x 5G ini malah mengusung frame dan pinggiran casing yang agak melemgkung. Hal ini membuat iQOO Z7x 5G lebih nyaman digenggam.

Sementara jika dilihat dari depan, iQOO Z7x 5G ini tak jauh berbeda dengan kebanyakan smartphone Android dengan layar punch hole pada bagian atasnya. Bezel layar smartphone ini memang agak tebal, tapi bukan masalah dengan harga yang ditawarkan. Frame dan casing belakangnya terbuat dari bahan pilikarbonat. Ukuran iQOO Z7x 5G ini memang agak bongsor dan tebal, tetapi build quality-nya tergolong kokoh dan solid.

Review iQOO Z7x 5G: Performa Kencang, Baterai Paling Awet!

Review iQOO Z7x 5G: Performa Kencang, Baterai Paling Awet!

Review iQOO Z7x 5G: Performa Kencang, Baterai Paling Awet!

Review iQOO Z7x 5G: Performa Kencang, Baterai Paling Awet!

Baca juga:Review ZTE Blade V50 Design: Smartphone Kencang, Stylish, dan Harga Terjangkau!

Pada review iQOO Z7x 5G kali ini, sisi depan terdapat lubang kamera depan, proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, layar IPS 120Hz full HD+ 2.5D berukuran 6,64 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Smartphone iQOO Z7x 5G besutan pabrikan Tiongkok ini sudah mengadopsi on-screen button.

Tak disebutkan adanya proteksi antigores seperti Gorilla Glass dan sejenisnya di iQOO Z7x 5G, meski demikian smartphone ini dilengkapi screen protector yang terpasang dari pabrik. Laptophia merekomendasikan pemasangan tempered glass menggantikan screen protector bawaan.

Tombol power yang terintegrasi dengan sensor sidik jari dan volume rocker ditempatkan di sisi kanan ponsel iQOO Z7x 5G ini. Sedangkan sisi kiri tidak terdapat tombol atau port apapun. Sisi atas ponsel dengan 5G bertenaga Snapdragon 695 ini terdapat microphone dan tray SIM (hybrid slot).

Sedangkan bagian belakang ponsel iQOO Z7x 5G ini terdapat dua buah kamera yang tersusun vertikal, dual LED flash, dan logo iQOO. Merek asal Tiongkok yang baru saja meluncurkan iQOO 12 ini menempatkan port USB Type-C, speaker grill, port audio 3,5mm, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Software iQOO Z7x 5G

Software iQOO Z7x 5G

Smartphone dengan baterai awet iQOO Z7x 5G sudah menggunakan sistem operasi Android 13 terbaru dengan balutan antarmuka FunTouch OS 13 saat pertama kali dirilis. Berdasarkan informasi yang Laptophia himpun, iQOO Z7x 5G akan mendapat dukungan upgrade OS selama dua tahun (2x OS update) dan update keamanan hingga tiga tahun. Ini berarti iQOO Z7x 5G akan mendapat upgrade hingga Android 15. Ini cukup baik untuk sebuah smartphone dengan harga 2 - 3 jutaan.

Funtouch OS 13 yang diusung oleh iQOO Z7x 5G menawarkan tampilan antarmuka yang sama seperti smartphone Vivo yang cukup menarik, simpel, dan dipadukan dengan susunan ikon bergaya rounded. Selain itu, susunan menunya lebih simpel dan mirip Android stock yang terdiri dari Lockscreen, Homescreen, dan App drawer. Cara mengakses App drawer pun sama seperti Android stock, yakni swipe up.

Opsi customize tampilan antarmuka di FunTouch OS 13 ini juga terbilang lengkap karena memungkinkan pengguna untuk mengatur widget, wallpaper, theme, fonts, mendukung Global Theme Color, dan efek animasi melalui menu dynamic effect. iQOO Z7x 5G menyediakan opsi untuk menampilkan Google Discover atau Jovi Home saat swipe layar ke kiri. 

Fitur yang dimiliki oleh FunTouch OS 13 pada review iQOO Z7x 5G ini cukup lengkap. Beberapa fitur unggulannya antara lain Extended RAM (hingga 8GB), iManager, Dark Mode, App Encryption, Jovi Home, Ultra Game Mode yang dilengkapi eSports Mode, Multi Turbo, Easy Touch, Smart Motion, Smart Split, Face beauty for video call, Parental Control, Face unlock, Eye Protection, One-handed Mode, S-Capture, App Clone, EasyShare, Smart Mirroring, scrren capture protection, dan banyak lagi.

Software iQOO Z7x 5G


Sebagai salah satu smartphone terjangkau yang mengunggulkan performa, mode Ultra Game Mode di iQOO Z7x 5G ini menyediakan fasilitas yang cukup lengkap seperti eSports mode, autoplay with screen off, 4D Game Vibration, frame-rate priority, dan banyak lagi. 

Sedangkan aplikasi bawaan di smartphone dengann kamera mantap iQOO Z7x 5G cukup banyak, antara lain adalah Google Apps, V-Appstore, Agoda, Lazada, Tokopedia, LinkedIn, Truecaller, Helo, Facebook, NovelToon, Netflix, Shopee, Snack Video, Spotify, TikTok, Viu, iQOO.com, dan iQOOCloud. Sebagian besar aplikasi bawaan di iQOO Z7x 5G dapat dihapus atau di-uninstall jika tidak diperlukan. 

Secara umum, Funtouch OS 13 yang digunakan iQOO Z7x 5G menawarkan tampilan yang cukup simpel, menarik, dan customizable. Fitur yang disediakan lengkap dan tidak tampak ada iklan yang mengganggu. Sayangnya, beberapa aplikasi bawaan iQOO Z7x 5G menampilkan spam notifikasi yang agak mengganggu.

Performa iQOO Z7x 5G

Performa iQOO Z7x 5G

Performa yang tergolong kencang menjadi salah satu daya tarik pada review iQOO Z7x 5G kali ini menurut Laptophia. Smartphone ini ditenagai SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 695 5G SM6375 (6nm) yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core Kryo 660 Gold yang berlari dengan kecepatan 2,2GHz dan hexa-core Kryo 660 Silver dengan kecepatan 1,7GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 8GB didukung fitur extended RAM sebesar 8GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 619.

SoC Snapdragon 695 5G SM6375 yang digunakan oleh iQOO Z7x 5G sebenarnya tidak terlali istimewa, tetapi cukup kencang untuk kelas harganya dan konsumsi dayanya efisienj karena sudah menggunakan teknologi fabrikasi 6nm. Ditandemkan dengan RAM 8GB membuat performa iQOO Z7x 5G sudah lebih dari cukup untuk menangani kebutuhan komunikasi sehari-hari hingga multitasking.

Smartphone iQOO Z7x 5G ini Laptophia gunakan sebagai smartphone kedua selama kurang lebih seminggu. Selama itu, Laptophia biasa menggunakan beberapa aplikasi standar seperti Snapseed dan Canva untuk editing, sosial media, streaming, foto - video, dan sebagainya dengan lancar dan responsif. Buka tutup aplikasi berjalan lancar tanpa lag. Bahkan saat menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan pun, iQOO Z7x 5G tetap nyaman dan tak terasa lag.

Baca juga:Review Samsung Galaxy A05: Smartphone Murah dengan Desain Stylish

Apakah iQOO Z7x 5G cocok untuk gaming? Smartphone andalan subbrand Vivo ini cukup untuk gaming kasual. Performanya kompeten untuk memainkan game mainstream seperti Mobile Legends: Bang Bang, Call of Duty Mobile, PUBG Mobile, dan sebagainya. Bahkan, game berat seperti Genshin Impact masih sanggup dimainkan dengan lancar oleh iQOO Z7x 5G dengan setting grafis Low.

iQOO Z7x 5G menyediakan Monster Mode untuk memaksimalkan performa gamingnya. Selain itu, smartphone iQOO Z7x 5G ini relatif hangat saja ketika digunakan bermain game dalam waktu lebih dari 1 jam. Ini menunjukkan performa pendinginannya cukup baik. Berikut hasil benchmark iQOO Z7x 5G oleh tim Laptophia.

Benchmark iQOO Z7x 5G

Benchmark iQOO Z7x 5G
Device Info HW

Benchmark iQOO Z7x 5G
Geekbench 6

Benchmark iQOO Z7x 5G
AnTuTu v10

Benchmark iQOO Z7x 5G
PCMark

Benchmark iQOO Z7x 5G
3DMark

Benchmark iQOO Z7x 5G
Basemark OS II

Benchmark iQOO Z7x 5G
Storage Test

Benchmark iQOO Z7x 5G
Sensor dan Multitouch Tester

Review Kamera iQOO Z7x 5G

Review Kamera iQOO Z7x 5G

Kamera memang bukan sektor yang ditonjolkan pada review iQOO Z7x 5G kali ini, meski tidak dibekali dengan spesifikasi yang menonjol. Smartphone berdesain cantik andalan iQOO ini dibekali dengan tiga kamera belakang dengan Kamera utama berkekuatan 50 megapiksel dengan lensa aperture f/1.8 yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel yang diperkuat fitur phase-detection autofokus, AI, dan LED flash.

Kamera utama iQOO Z7x 5G yang berkekuatan 50MP menggunakan sensor 'sejuta umat' Samsung ISOCELL JN1 ini menggunakan teknologi Tetrapixel yang menggabungkan empat piksel menjadi sebuah piksel berukuran besar, sehinggga secara default, ponsel ini menghasilkan foto dengan resolusi 12,5MP. Namun, pengguna juga dapat memotret dengan mode native 50 megapiksel.

Sedangkan kamera kedua iQOO Z7x 5G berkekuatan 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 berfungsi sebagai depth sensor atau portrait. Kombinasi kedua kamera ini mampu menghasilkan foto dengan efek bokeh yang artistik melalui mode Portrait. 

Kamera depan iQOO Z7x 5G cukup bersaing di kelasnya dengan dukungan kamera resolusi resolusi 8 megapiksel dengan sensor BSI CMOS 1/4 inc dengan lensa aperture f/2.0 guna memuaskan hasrat selfie pengguna. Baik kamera depannya mampu merekam video hingga full HD 1080p @30fps dan kamera belakangnya mampu merekam video full HD 1080p @60fps.

Review iQOO Z7x 5G: Performa Kencang, Baterai Paling Awet!

Smartphone kencang dengan baterai awet iQOO Z7x 5G menggunakan aplikasi kamera bawaan iQOO yang mirip atau sam seperti lini smartphone Vivo yang tampil dengan antarmuka yang mudah digunakan menurut Laptophia. Aplikasi kameranya menyediakan beberapa mode dengan menu rolodex. Kamera iQOO Z7x 5G ini juga dilengkapi dengan tombol zoom digital 2x.

Mode yang tersedia pada review kamera iQOO Z7x 5G ini juga cukup lengkap, sebut saja Night, Portrait, Video, Photo, 50 MP, Micro Movie, Time-Lapse, Dual View, Double Exposure, AR Sticker, Slo-Mo (720p @120fps), Document, Live Photo, Pro, dan Pano. Pada Mode Pro, Laptophia bisa atur parameter teknis seperti White Balance, EV, ISO (hingga 3200), Shutter Speed (hingga 32s), dan fokus distance. Hebatnya lagi, iQOO Z7x 5G juga mendukung mode pengambilan gambar RAW.

Review Kamera iQOO Z7x 5G

Sehebat apakah kemampuan kamera smartphone iQOO Z7x 5G ini? Sejak awal iQOO Z7x 5G ini fokus pada performanya yang kencang. Namun, sisi kamera tampaknya tetap mendapatka perhatian. Selama seminggu uji pakai iQOO Z7x 5G, performa kameranya cukup baik dan bisa diandalkan. Meski tak istimewa untuk kelas harganya.

Saat kondisi siang hari dengan cahaya yang melimpah, kamera utama iQOO Z7x 5G yang berkekuatan 50MP mampu menghasilkan foto yang cukup memuaskan untuk kelas harganya. Tingkat detail yang dihasilkan fotonya cukup tinggi, kontras yang pas, warna yang cenderung natural meski kadang-kadang agak punchy, dan relatif tajam. Karakter warnanya agak warm dan membuat skon tone juga menjadi agak warm.

Dynamic range secara default agak kurang wide, terutama pada bagian bayangan atau shadow yang biasanya terlalu gelap. Saat mode HDR iQOO Z7x 5G diaktifkan, dynamic range memang mengalami peningkatan signifikan. Namun, kadang foto terlihat kurang alami menurut Laptophia.

Mode portrait yang dihasilkan kamera belakang smartphone iQOO Z7x 5G ini separasinya masih kurang rapi, dynamic range masih tergolong oke, dan efek bokeh-nya terlihat lebih natural. Pada subyek yang sebenarnya tidak terlalu rumit, iQOO Z7x 5G masih kesulitan memberikan separasi yang lebih akurat dengan background-nya.

Baca juga:Review Infinix Hot 30: Smartphone Sejutaan Tampil Mewah dengan Fitur Lengkap

Kecepatan autofokus kamera utama iQOO Z7x 5G ini bisa dikatakan agak kurang responsif, terutama saat memotret macro. Meski kadang fokusnya kurang responsif, tetapi hasil foto macro dari kamera utama iQOO Z7x 5G cukup memuaskan dengan detail yang tinggi, serta efek bokeh yang artistik.

Sama seperti kebanyakan smartphone dengan harga 2 - 3 jutaan lainnya, performa kamera iQOO Z7x 5G saat malam hari masih kurang memuaskan menurut Laptophia. Performa autofokusnya menurun cukup signifikan dan Laptophia beberapa kali menghasilkan foto yang ngeblur. Selain itu, noise yang dihasilkan juga masih cukup tinggi. Guna mengura ni risiko foto blur saat malam, pengguna harus benar-benar steady saat memotret. Saturasi warnanya masih cukup baik dan tidak pudar.

Mode Night pada review kamera iQOO Z7x 5G kali ini performanya cukup baik karena mampu meningkatkan eksposure, detail, dynamic range yang lebih lebar, dan juga mereduksi noise. Hanya saja, butuh waktu beberapa detik untuk menggunakan mode ini. LED flash bawaan iQOO Z7x 5G cukup terang dan membantu saat memotret dalam kondisi gelap.

Kamera depan iQOO Z7x 5G yang berkekuatan 8 megapiksel mampu menghasilkan foto selfie yang cukup baik dengan detail yang cukup, tidak terkesan soft, dan dynamic rang yang baik. Tak hanya itu, skin tone cenderung agak cerah. Sayangnya, saat malam hari performa kamera depannya iQOO Z7x 5G kurang oke dan noise-nya lumayan.

Hasil Foto Kamera iQOO Z7x 5G

Hasil Foto Kamera iQOO Z7x 5G

Hasil Foto Kamera iQOO Z7x 5G

Hasil Foto Kamera iQOO Z7x 5G

Hasil Foto Kamera iQOO Z7x 5G

Hasil Foto Kamera iQOO Z7x 5G

Hasil Foto Kamera iQOO Z7x 5G

Foto siang hari

Hasil Foto Kamera iQOO Z7x 5G

Hasil Foto Kamera iQOO Z7x 5G

Foto mode portrait

Hasil Foto Kamera iQOO Z7x 5G

Hasil Foto Kamera iQOO Z7x 5G

Hasil Foto Kamera iQOO Z7x 5G

Hasil Foto Kamera iQOO Z7x 5G

Hasil Foto Kamera iQOO Z7x 5G

Foto macro

Hasil Foto Kamera iQOO Z7x 5G

Hasil Foto Kamera iQOO Z7x 5G

Hasil Foto Kamera iQOO Z7x 5G

Hasil Foto Kamera iQOO Z7x 5G

Hasil Foto Kamera iQOO Z7x 5G

Hasil Foto Kamera iQOO Z7x 5G

Foto malam hari

Hasil Foto Kamera iQOO Z7x 5G
Night mode off

Hasil Foto Kamera iQOO Z7x 5G
Night mode on

Hasil Foto Kamera iQOO Z7x 5G

Hasil Foto Kamera iQOO Z7x 5G

Hasil Foto Kamera iQOO Z7x 5G

Foto dengan LED flash

Hasil Foto Kamera Depan iQOO Z7x 5G

Hasil Foto Kamera Depan iQOO Z7x 5G

Hasil Foto Kamera Depan iQOO Z7x 5G

Hasil Foto Kamera Depan iQOO Z7x 5G

Foto selfie


Hasil Foto Kamera Depan iQOO Z7x 5G

Hasil Foto Kamera Depan iQOO Z7x 5G

Foto selfie mode portrait

Review iQOO Z7x 5G

Review iQOO Z7x 5G


Layar

Pada review iQOO Z7x 5G kali ini juga dibekali layar sentuh berukuran 6,64 inci panel IPS dan resolusi full HD+ dengan kualitas baik dan diklaim mampu menampilkan DCI-P3 color gamut yang cemerlang. Layar iQOO Z7x 5G mampu menghadirkan pengalaman visual yang tajam, padat, dan warna yang colorful. Viewing angle yang dihasilkan layarnya luas, sehingga lebih leluasa untuk menikmati konten multimedia.

Performa layar smartphone iQOO Z7x 5G di bawah sinar matahari atau outdoor bisa diandalkan dengan fitur adaptive brightness yang berjalan dengan baik, serta responsif. Respon touchscreen juga terasa gegas. Saat digunakan untuk navigasi, mengetik atau bermain game tidak terasa delai pada kemampuan sentuhnya/

Tak hanya itu, salah satu kelebihan yang dimiliki oleh layar iQOO Z7x 5G adalah refresh rate 120Hz yang diusungnya, sehingga scrolling dan gaming terasa lebih smooth. Refresh rate layar smartphone ini masih dapat diatur manual sesuai kebutuhan, yakni 60Hz, 90Hz atau 120Hz. Juga tersedia opsi Smart Switch yang mana ponsel akan menentukan sendiri refresh rate yang tepat.

Audio

Salah satu kekurangan dari review iQOO Z7x 5G adalah sektor audio. Smartphone 5G dengan baterai awet ini hanya dibekali satu buah speaker alias mono yang terletak di sisi bawah ponsel. Padahal beberapa pesaing dengan kisaran harga yang sama, sudah dilemgkapi speaker stereo. Speaker mono iQOO Z7x 5G ini mampu menghasilkan volume suara yang cukup nyaring, tetapi terasa kurang nyaman di telinga ketika volume dimaksimalkan. 

Kualitas speaker di smartphone iQOO Z7x 5G ini tergolong standar atau biasa saja untuk kelas harganya. Karakter suaranya didominasi oleh treble dan mid, serta terkesan agak tipis dan kurang bertenaga. Laptophia mencoba menggunakan headset dari Philips TX2 dan Senfer DT6 Pro kualitas suaranya balance dan cukup mantap, serta masih dapat ditingkatkan dnegan mengaktifkan fitur Super Audio dan Audio Super Resolution.

Baca juga:Review Vivo V27 5G: Desain Stylish dengan Layar Lengkung, Kamera Mantap!

Memori

Review iQOO Z7x 5G: Performa Kencang, Baterai Paling Awet!

Smartphone kencang dengan baterai awet iQOO Z7x 5G yang Laptophia ulas ini hadir dalam dua varian dan varian yang Laptophia ulas adalah 8GB/128GB. Memori internal iQOO Z7x 5G yang mencapai 128GB dengan teknologi UFS 2.2 yang responsif.

Saat pertama kali dinyalakan, iQOO Z7x 5G menyisakan memori internal sekitar 106,33GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 3,1GB – 3,5GB. Smartphone iQOO yang merupakan subbrand dari Vivo ini mendukung fitur USB OTG melalui port USB Type-C yang diusungnya. Tak hanya itu, iQOO Z7x 5G ini masih dibekali slot microSD untuk ekspansi memori eksternal (hybrid slot).

Fitur

iQOO Z7x 5G dilengkapi fitur keamanan sensor sidik jari yang berada di sisi samping dan terintegrasi dengan tombol power Saat Laptophia menjajalnya, performa sensor sidik jari di iQOO Z7x 5G berjalan baik dan dapat diandalkan.

Smartphone menengah ini juga dilengkapi dengan fitur NFC yang bermanfaat untuk transaksi digital, pairing dengan perangkat eksternal, top up atau cek saldo e-money, dan sebagainya. iQOO Z7x 5G ini sudah mendukung sertifikasi widevine L1 yang artinya dapat menikmati streaming konten dengan resolusi HD.

Baterai

Daya tahan baterai yang awet dan tahan lama menjadi keunggulan utama review iQOO Z7x 5G kali ini menurut Laptophia. Selama kurang lebih seminggu melakukan uji pakai, baterai iQOO Z7x 5G sanggup bertahan hingga dua hari penggunaan ala Laptophia dengan screen on time rata-rata 8 - 10 jam. Kami menggunakannya untuk komunikasi sehari-hari, sosial media intensif, editing, foto, streaming, dan penggunaan non gaming lainnya. 

Daya tahan baterai iQOO Z7x 5G tergolong luar biasa jika dibandingkan kompetitor dengan harga yang sama. Kombinasi optimasi yang matang, SoC Snapdragon 695 5G yang efisien, dan baterai berkapasitas 6000mAh menjadi rahasia stamina iQOO Z7x 5G. Smartphone iQOO Z7x 5G dibekali fitur fast charge FlashCharge 80W yang membutuhkan waktu 1 jam lebih untuk mengisi daya hingga penuh.

Kesimpulan

Secara umum, iQOO Z7x 5G ini merupakan sebuah smartphone yang sangat menarik untuk kelas harganya. Performanya cukup powerful untuk komunikasi sehari-hari maupun gaming kasual, serta fiturnya lengkap. Layar IPS 120Hz yang diusungnya kualitasnya cukup baik.

Kemampuan kameranya memang tergolong biasa saja dan tidak dilengkapi kamera ultra-wide angle. Meski demikian, iQOO Z7x 5G sangat layak dipertimbangkan bagi kosumen yang membutuhkan smartphone 5G terjangkau dengan performa kompeten, baterai tahan lama, dan fitur lengkap.

Kelebihan iQOO Z7x 5G

  • Performa kompeten
  • Daya tahan baterai awet
  • Fast charge 80W dan sudah dilengkapi charger
  • Harga bersaing

Kekurangan iQOO Z7x 5G

  • Speaker mono
  • Kemampuan kamera perlu ditingkatkan
  • Tidak dilengkapi kamera ultra-wide angle

Harga iQOO Z7x 5G

Harga smartphone iQOO Z7x 5G RAM 8GB ROM 128GB terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 2.999.000 dan Rp 3.299.000 untuk varian RAM 8GB dan ROM 256GB. Berdasarkan review iQOO Z7x 5G yang Laptophia lakukan, smartphone ini menawarkan daya tahan baterai yang menonjol dan performa kencang di kelasnya, sehingga layak dipertimbangkan.

Anda dapat cek harga dan promo terbaru smartphone iQOO Z7x 5G di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi iQOO Z7x 5G

  • Sistem Operasi Android 13 dengan antarmuka FunTouch OS 13
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 695 5G SM6375 (6nm) dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core Kryo 660 Gold 2,2GHz dan hexa-core Kryo 660 Silver 1,7GHz
  • Grafis Adreno 619
  • Dua kamera belakang dengan kamera utama 50 megapiksel, sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel, phase-detection autofokus, lensa aperture f/1.8 dilengkapi LED flash + 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 (depth sensor)
  • Kamera depan 8 megapiksel fixed focus, sensor BSI CMOS 1/4 inci 1.12um piksel, lensa aperture f/2.0
  • Layar sentuh punch hole 2.5D berukuran 6,64 inci, dengan resolusi Full HD+ 2388 x 1080 piksel, kerapatan 395 ppi (pixel per inch), 120Hz refresh rate, panel IPS
  • Memori RAM 8GB, ROM 128GB atau 256GB, dilengkapi slot microSD (hybrid slot)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, port audio 3,5mm, USB OTG, GPS, dual SIM, NFC, fingerprint sensor (Side Mounted)
  • Dimensi 164.6 x 75.8 x 9.1 mm berat 205 gram
  • GSM / 3G HSDPA / 4G LTE / 5G
  • Baterai 6000mAh lithium polymer, non-removable, FlashCharge 80W
  • Warna Metallic Grey dan Tropical Blue
Anda mungkin suka:Review Samsung Galaxy A54 5G, Smartphone Menengah dengan Fitur Lengkap
Related Posts
Ditya Pandu
Penikmat teknologi.

Related Posts

8 komentar

  1. Mas saya mau komen tapi belum baca semua. boleh ngak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ndak dibaca, langsung komen juga boleh kak 😅😅

      Hapus
  2. Salah satu hape idaman buat dijadiin portable hotspot, soalnya baterainya badak 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho buat ngegame juga lumayan lho seri iQoo ini kak 😁

      Hapus
  3. Ada patung sapi raksasa itu sampel fotonya. Lokasi di mana itu min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh sapi raksasa itu gedung pertemuan kak... Lokasinya di kompleks kantor pemerintahan Kabupaten Boyolali. Main ke sini kak 😁

      Hapus
  4. Gile... Ni baterai bisa tahan 2 hari? Langka lho untuk smartphone jaman sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak... Memang langka untuk zaman sekarang yang daya tahan baterainya kayak Iqoo Z1x ini. Paling ROG Phone series yang bisa deketin

      Hapus