eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Itel P55 5G, Smartphone 5G Sejutaan Terkencang!

Review Itel P55 5G, Smartphone 5G Sejutaan Terkencang! - Itel P55 5G dari lini Power adalah smartphone 5G sejutaan dengan performa terkencang di Indonesia saat ini. Kinerja kencang smartphone Itel P55 5G ini bersumber dari dapur pacunya yang ditenagai oleh SoC MediaTek Dimensity 6080 5G octa-core ditandemkan RAM 6GB. Itel sendiri akhir-akhir ini terus melakukan gebrakan dengan meluncurkan smartphne murah dengan spesifikasi ganas, seperti seri S23, S23+, dan yang belum lama ini dirilis adalah RS4.

Smartphone 5G sejutaan besutan Itel juga memiliki kemampuan fotografi yang kompeten dengan dipersenjatai kamera utama berkekuatan 50 megapiksel dan kamera selfie 8 megapiksel. layar smartphone ini berukuran 6,6 inci HD+ 90Hz. Sementara untuk sektor stamina, Itel P55 5G ini diperkuat dengan baterai berkapasitas 5000mAh lengkap dengan fitur fast charge 18W, penasaran? Simak review Itel P55 5G oleh tim Laptophia kali ini!

Review Itel P55 5G, Smartphone 5G Sejutaan Terkencang!

Paket Pembelian Itel P55 5G

Paket Pembelian Itel P55 5G

  • Unit Itel P55 5G Mint Green
  • Kabel USB Type-C
  • SIM card ejector
  • User guide
  • Kartu garansi
  • Charger 18W
  • Hardcase

Desain Itel P55 5G

Desain Itel P55 5G

Desain Itel P55 5G

Meski dijual dengan harga terjangkau, Itel P55 5G ini tetap tampil dengan desain yang stylish dan menarik. Hal yang paling menonjol dari smartphone 5G murah andalan Itek ini adalah dekorasi kameranya yang minimalis bergaya ultra large lens atau dua lensa berukuran besar dan agak menonjol. Sekilas, ini mengingatkan pada desain Asus Zenfone 10. Ada dua varian warna Itel P55 5G dan unit yang Laptophia ulas adalah varian Mint Green.

Casing belakang Itel P55 5G menggunakan material polikarbonat yang terlihat cukup unik karena sekilas tampak menggunakan finishing matte bergaya brushed metal, tetapi ketika dilihat lebih dekat ternyata terdapat tekstur vertikal. Selain itu, casing belakangnya mampu menampilkan pantulan dinamis ketika terkenda cahaya. Sementara area sekitar dekorasi kamera menggunakan finishing glossy.

Jika dilihat dari sisi depan, Itel P55 5G ini tak jauh berbeda dengan smartphone Android pada umumnya dengan layar berponi pada bagian atasnya dan bezel layarnya cukup tebal, terutama pada bagian bawahnya. Smartphone 5G sejutaan terkencang ini menggunakan frame flat dengan material plastik atau polikarbonat. Build quality smartphone ini secara umum cukup kokoh.

Desain Itel P55 5G

Desain Itel P55 5G

Desain Itel P55 5G

Desain Itel P55 5G

Pada ulasan Itel Power P55 5G kali ini, Sisi depan terdapat lubang kamera depan, proximity sensor, earpiece, layar IPS HD+ berukuran 6,6 inci 90Hz, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Itel P55 5G besutan pabrikan Tiongkok ini sudah mengadopsi on-screen button.

Tak disebutkan adanya proteksi antigores seperti Gorilla Glass dan sejenisnya di Itel P55 5G, meski demikian smartphone ini dilengkapi screenguard yang terpasang dari pabrik. Laptophia merekomendasikan pemasangan tempered glass menggantikan screen protector bawaan.

Baca juga:Review Monster XKT02, TWS Terjangkau dengan Suara Bertenaga

Tombol power yang terintegrasi dengan sensor sidik jari dan volume rocker ditempatkan di sisi kanan ponsel Itel P55 5G ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tray simcard yang berjenis triple-slot. Sisi atas ponsel dengan kamera 50MP bertenaga Dimensity 6080 5G andalan Itel ini tidak terdapat tombol atau port apapun.

Sedangkan bagian belakang ponsel Itel P55 5G ini terdapat dua buah kamera yang tersusun dengan dekorasi lingkaran yang menonjol, LED flash, dan logo Power. Merek asal Tiongkok yang baru saja meluncurkan Itel P55 NFC ini menempatkan port audio 3,5mm, port USB Type-C, speaker grill, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Software Itel P55 5G

Software Itel P55 5G

Sisi perangkat lunak, Itel P55 5G menggunakan sistem operasi Android 13 dengan antarmuka Itel OS 13 yang kaya fitur. Sayangnya, tidak ada informasi apakah smartphone andalan Itel ini akan mendapat upgrade ke Android 14 atau tidak. 

Informasi yang Laptophia himpun, Itel Power P55 5G ini akan mendapat dukungan update keamanan selama 1,5 tahun. Sementara dua pesaing terdekatnyaada memberikan jaminan upgrade 2x versi OS Android 3 tahun update keamanan.

Tampilan antarmuka Itel OS 13 yang digunakan smartphone 5G sejutaan cukup rapi dan mudah digunakan, serta terdiri dari Lockscreen, Homescreen, dan App Drawer yang dapat diakses dengan cara swipe up. Opsi kostumisasi yang disediakan di Itel OS 13 ini cukup lengkap dan pengguna dapat mengganti theme, wallpaper, widget, page effect, text color, fonts, ukuran icon, dan banyak lagi.

Meski harganya tergolong murah, fitur yang diusung oleh Itel P55 5G ini tergolong lengkap. Beberapa fitur andalannya antara lain adalah MemFusion, Eye Care, auto-switch refresh rate, Aivana, Kids Mode, Smart Scenes, Smart Accelerator, Smart Touch, Social Turbo, Game Mode, Smart Panel, i-Smart, Video Assistant, Dynamic Bar, Phone Clone, Peek Proof, Micro Intelligence, Phone Master, Dual App, Freezer, dan banyak lagi.

Software Itel P55 5G


Salah satu fitur unggulan Itel P55 5G adalah hadirnya Dynamic Bar yang menyerupai Dynamic Island mirip iPhone yang mampu menampilkan berbagai notifikasi seperti face unlock, background call, charging animation, status pengisian daya, dan sebagainya. Fitur ini diharapkan dapat dikembangkan lebih lanjut agar lebih banyak manfaatnya.

Aplikasi bawaan Itel P55 5G ini cukup banyak dan dapat di-uninstall jika tidak dibutuhkan. Aplikasi pre-installed di smartphone sejutaan terkencang ini antara lain adalah Google Apps, aplikasi proprietary Itel, AHA Games, Carlcare, Etalase Apps, Facebook, Hi Translate, Hola Browser, Instagram, My Health, Palm Store, Facebook Messenger, Visha Player, Welife, WOW FM, WPS Office, Shopee, TikTok, dan beberapa aplikasi lainnya.

Apakah Itel OS Menampilkan Iklan?

Banyak pembaca laptophia yang bertanya, apakah Itel OS 13 di smartphone Itel P55 5G menampilkan iklan? Di beberapa aplikasi bawan memang terlihat adanya iklan berupa suggestion dan sejenisnya, tetapi tidak terlalu mengganggu

Performa Itel P55 5G

Performa Itel P55 5G

Kineja menjadi salah satu daya tarik utama dari Itel P55 5G. Smartphone andalan Itel ini adalah salah satu yang terkencang di segmen sejutaan berkat dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 6080 5G yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 berkecepatan 2,4GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2GHz dengan dukungan memori RAM berkapasitas 6GB. Sedangkan sektor grafis, Itel P55 5G ini mempercayakannya pada GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57 MC2.

MediaTek Dimensity 6080 5G adalah SoC generasi baru yang pertama kali diperkenalkan Juni 2023. Awalnya, Dimensity 6080 5G ini disebut-sebut sebagai rebranding dari Dimensity 810 5G. Namun ini kurang tepat menurut Laptophia. Berdasarkan informasi yang Laptophia himpun, Dimensity 6080 5G ini menawarkan keunggulan pada dukungan kamera hingga 108MP. Sedangkan Dimensity 810 5G hanya mendukung kamera hingga 64MP saja.

MediaTek Dimensity 6080 5G Setara Apa?

Banyak pertanyaan muncul dari pembaca Laptophia, SoC MediaTek Dimensity 6080 5G ini setara apa? Berdasarkan hasil benchmark yang Laptophia lakukan, chipset ini mampu mencetak skor AnTuTu v10 menncapai 424 ribu poin. Ini artinya, chipset ini sedikit lebih kencang dari MediaTek Helio G99 dan sekelas dengan Qualcomm Snapdragon 695 5G.

Selama proses pengujian, Laptophia menggunakan Itel P55 5G sebagai smartphone dan mengangani berbagai aktivitas seperti sosial media, editing ringan menggunakan CapCut, komunikasi sehari-hari, editing foto menggunakan Canva, kamera, dan sebagainya. Kinerja smartphone 5G sejutaan ini tergolong gegas, nyaman, dan tidak terasa ada lag.

Baca juga:Review Asus Zenbook 14 OLED UX3405MA: Laptop Premium AI-Powered yang Kencang dan Portabel

Apakah Itel P55 5G dapat memainkan game terkini? Jelas bisa! Game-game populer seperti Mobile Legends: Bang Bang, PUBG Mobile, Fortnite atau Call of Duty Mobile. Sedangkan untuk game berat seperti Genshin Impact, Itel P55 5G ini masih dapat memainkannya dengan lancar dan nyaman dengan setting grafis Low. 

Tak heran, Itel P55 5G menjadi salah satu smartphone 5G sejutaan terkencang saat ini dan mengalahkan pesaingnya di segmen yang sama seperti Samsung Galaxy A05, Vivo V17s, Redmi 13C atau ZTE Blade V50 Design. Suhu ponsel saat digunakan bermain game intensif memang agak hangat, tetapi tidak terlalu mengganggu. Berikut hasil benchmark Itel P55 5G oleh tim Laptophia.

Benchmark Itel P55 5G

Benchmark Itel P55 5G
Device Info HW

Benchmark Itel P55 5G
Geekbench 6

Benchmark Itel P55 5G
AnTuTu v10

Benchmark Itel P55 5G
PCMark

Benchmark Itel P55 5G
3DMark

Benchmark Itel P55 5G
Basemark OS II

Benchmark Itel P55 5G
Storage Test

Benchmark Itel P55 5G
Sensor dan Multitouch Tester

Review Kamera Itel P55 5G

Review Kamera Itel P55 5G

Kemampuan fotografi Itel P55 5G ini memang tergolong biasa saja. Ini bisa dimaklumi mengingat smartphone ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Smartphone sejutaan tercepat andalan Itel ini dipersenjatai dengan dua buah kamera belakang dengan kamera utama berkekuatan 50 megapiksel dengan lensa aperture f/1.8 yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel yang didukung fitur phase-detection autofokus, dan dual LED flash.

Kamera utama Itel P55 5G yang berkekuatan 50MP menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 ini menggunakan teknologi Tetrapixel yang menggabungkan empat piksel menjadi sebuah piksel berukuran besar, sehinggga secara default, ponsel ini menghasilkan foto dengan resolusi 12,5MP.

Sedangkan kamera kedua berkekuatan QVGA sebagai depth sensor dan AI Lens. Kombinasi dua kamera belakang ponsel pintar ini mampu menghasilkan portrait atau efek bokeh melalui mode portrait. Itel juga membekali kameranya dengan fitur AI scene detection.

Kamera depan Itel P55 5G ini cukup memadai dengan dukungan kamera depan berkekuatan 8 megapiksel dengan sensor BSI CMOS yang ditandemkan lensa aperture f/2.0 fixed focus. Baik kamera depan maupun kamera belakangnya mampu merekam video dengan resolusi 2K @30fps. Ini tergolong keren untuk sebuah smartphone sejutaan yang rata-rata mentok di full HD saja.

Review Itel P55 5G, Smartphone 5G Sejutaan Terkencang!

Itel P55 5G ini dibekali dengan aplikasi kamera bawaan dengan antarmuka yang cukup mudah dimengerti dan menunya cukup to the point. Laptophia dapat mengakses pengaturan, filter, AI, LED flash, aspek rasio, dan mode 50M melalui deretan ikon pada bagian atas. 

Sementara pada bagian bawah terdapat beberapa mode yang dapat dipilih dengan cara swipe ke kanan atau ke kiri (rolodex). Kamera smartphone ini ini juga dilemgkapi dengan tombol zoom digital 2x dan shortcut untuk mengakses Google Lens.

Beberapa mode yang disediakan antara lain Film, Video, AI Cam, Beauty, Portrait, Short Video, Super Night, AR Shot, Panorama, Dual Video, Document, Sky Shop, Time Lapse, dan Pro. Pada Mode Pro, kita bisa atur parameter teknis seperti White Balance, EV, ISO (100 hingga 6400), Shutter Speed (1/1500s hingga 30s), fokus distance, dan Metering Exposure.

Baca juga:Review Realme C67: Smartphone Terjangkau yang Stylish dengan Kamera 108MP

Review Kamera Itel P55 5G

Lalu sehbat apa kemampuan kamera Itel P55 5G? Setelah menggunakannya selama hampir sebulan, Laptophia cukup terkejut dengan kemampuan kamera smartphone 5G andalan Itel ini. Spesifikasi kameranya memang sama seperti Itel S23 yang Laptophia ulas sebelumnya, tetapi hasil jepretan fotonya jauh lebih baik kualitasnya.

Saat siang hari dengan cahaya yang melimpah, kamera utama Itel P55 5G mampu menghasilkan foto yang menyenangkan dengan warna yang sedikit 'pop out' dan tingkat detailnya pun tergolong bagus untuk segmen sejutaan. Sayangnya, dynamic range agak terbatas dan kurang konsisten. Beberapa sampel foto menampilkan langit yang overekspos atau bayangan yang terlalu gelap.

Mode portrait yang disediakan oleh smartphone 5G terjangkau ini mengalami peningkatan pesat jika dibandingkan dengan Itel S23. Separasi subyek dan background lebih rapi, tetapi kadang masih belum sempurna.

Kecepatan fokus kamera utama Itel Power P55 5G ini cukup cepat dan akurat. Laptophia dapat dengan mudah menghasilkan foto macro berkualitas dengan detail yang tinggi dan fokus yang akurat dengan smartphone andalan Itel ini.

Hal yang cukup mengejutkan tim Laptophia adalah performa kamera utamanya saat malam hari, lebih baik dari yang kami perkirakan. Foto malam yang dihasilkan Itel P55 5G ini menghasilkan noise yang terkontrol, saturasi warna yang cukup baik, dan tidak terkesan soft. Algoritma pengurangan noise di smartphone ini memang agak agresif, sehingga detail yang dihasilkan agak kurang.

Mode Super Night di smartphone 5G sejutaan ini mampu memberikan peningkatan kualitas foto malam yang sangat signifikan. Mode ini memberikan peningkatan detail, dynamic range, dan eksposure yang signifikan jika dibandingkan mode AI atau auto. LED flash bawaan smartphone ini juga cukup terang dan dapat diandalkan.

Kamera depan Itel P55 5G dapat menghasilkan foto selfie yang kaya detail dengan kondisi cahaya yang memadai. Sayangnya, tone warna kulit kadang kurang konsisten. Sedangkan untuk perekaman video, kualitas video yang dihasilkan tergolong standar dan tidak memiliki stabilizer untuk menahan guncangan.

Hasil Foto Kamera Itel P55 5G

Hasil Foto Kamera Itel P55 5G

Hasil Foto Kamera Itel P55 5G

Hasil Foto Kamera Itel P55 5G

Hasil Foto Kamera Itel P55 5G

Hasil Foto Kamera Itel P55 5G

Hasil Foto Kamera Itel P55 5G

Foto siang hari

Hasil Foto Kamera Itel P55 5G

Hasil Foto Kamera Itel P55 5G

Foto mode portrait

Hasil Foto Kamera Itel P55 5G

Hasil Foto Kamera Itel P55 5G

Hasil Foto Kamera Itel P55 5G

Hasil Foto Kamera Itel P55 5G

Hasil Foto Kamera Itel P55 5G

Foto macro

Hasil Foto Kamera Itel P55 5G

Hasil Foto Kamera Itel P55 5G

Hasil Foto Kamera Itel P55 5G

Hasil Foto Kamera Itel P55 5G

Hasil Foto Kamera Itel P55 5G

Foto malam hari

Hasil Foto Kamera Itel P55 5G
Night mode off

Hasil Foto Kamera Itel P55 5G
Night mode on

Hasil Foto Kamera Itel P55 5G

Hasil Foto Kamera Itel P55 5G

Hasil Foto Kamera Itel P55 5G

Foto dengan LED Flash

Hasil Foto Kamera Depan Itel P55 5G

Hasil Foto Kamera Depan Itel P55 5G

Hasil Foto Kamera Depan Itel P55 5G

Foto selfie

Hasil Foto Kamera Depan Itel P55 5G

Hasil Foto Kamera Depan Itel P55 5G

Foto selfie mode portrait

Video Test Itel P55 5G

Review Itel P55 5G

Review Itel P55 5G


Layar

Sama seperti smartphone dengan harga satu jutaan yang pernah Laptophia review, Itel P55 5G ini juga dibekali dengan layar sentuh berponi 6,6 inci dengan resolusi HD+ saja. Kualitas layar smartphone ini cukup baik karena mampu menghasilkan saturasi warna yang vivid, tajam, dan kontras yang tinggi. Refresh rate layarnya juga sudah 90Hz, sehingga scroll sosmed dan animasi terlihat lebih smooth.

Performa touchscreen smartphone Itel P55 5G ini cukup baik, tetapi tidak terlalu gegas. Saat digunakan untuk bermain game atau memainkan Real Drum, tidak ada kendala yang signifikan. Kekurangan utama layar smartphone 5G murah ini adalah tidak dilengkapi light sensor yang artinya tidak memiliki fitur adaptive brightness. Pengguna harus mengatur kecerahan layar secara manual.

Audio

Itel P55 5G dibekali dengan sebuah speaker mono yang menghadap ke bawah. Kualitas suara yang dihasilkan memang tergolong sangat standar untuk smartphone sejutaan. Karakteristik suaranya didominasi oleh treble dan vokal, serta terasa kurang berdimensi dan agak cempreng. Volume suara yang dihasilkan juga tidak terlalu nyaring. Menggunakan headset atau TWS dapat menjadi solusi untuk menikmati konten multimedia dengan lebih baik.

Baca juga:Review iQOO Z7x 5G: Performa Kencang, Baterai Paling Awet!

Memori

Review Itel P55 5G, Smartphone 5G Sejutaan Terkencang!

Smartphone 5G sejutaan terkencang andalan Itel tersedia dalam satu varian memori saja, yakni RAM 6 GB dan memori internal 128 GB UFS 2.1. Unit yang Laptophia ulas ini menyisakan memori internal sekitar 101 GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 3 GB – 3,3 GB. 

Smartphone Itel P55 5G ini telah mendukung fitur USB OTG melalui port USB Type-C yang diusungnya, serta dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal.

Fitur

Hal yang menarik dari Itel Power P55 5G ini adalah sudah mendukung sertifikasi widevine L1 yang artinya dapat menikmati streaming konten dari Netflix dan layanan lainnya dengan resolusi HD.

Sisi keamanan, smartphone 5G termurah ini sudah dibekali dengan face unlock dan fingerprint sensor yang terletak di sisi samping yang terintegrasi dengan tombol power. Sayangnya, performa sensor sidik jarinya kurang bisa diandalkan dan sering tidak mengenali sidik jari yang sudah terekam di dalamnya.

Baterai

Salah satu kelebihan Itel P55 5G ini menurut tim Laptophia adalah daya tahan baterainya yang tergolong awet. Selama hampir sebulan melakukan uji pakai, smartphone ini dapat dengan mudah bertahan seharian penuh atau kadang lebih dengan pola penggunaan non gaming. Ini tak lepas dari manajemen daya yang baik dan penggunaan SoC Dimensity 6080 5G yang cukup efisien.

Sama seperti mayoritas smartphone Android masa kini, Itel P55 5G ini dibekali dengan baterai berkapasitas 5000mAh lengkap dengan fitur fast charge 18W (charger disertakan). Sayangnya, performa fast charge di smartphone sejutaan terkencang ini terasa kurang cepat. Laptophia butuh waktu 1,5 jam lebih untuk mengisi daya baterai dari 4% hingga penuh.

Kesimpulan

Tak bisa dipungkiri, Itel P55 5G merupakan salah satu smartphone 5G termurah dengan performa terkencang dengan harga sejutaan. Duet SoC Dimensity 6080 5G dengan RAM 6GB membuat smartphone ini powerful dan bahkan sanggup melibas game-game terkini. Kameranya memang tak istimewa, tetapi bisa diandalkan.

Daya tahan baterainya cukup awet, tetapi fast charge-nya tergolong kurang gegas. Kekurangan Itel P55 5G yang cukup mencolok adalah absennya NFC dan fitur esensial seperti adaptive brightness, serta performa fingerprint sensor yang kurang andal. Secara umum, Itel P55 5G merupakan smartphone sejutaan yang sangat menarik dengan performa kencang yang layak dipertimbangkan.

Kelebihan Itel P55 5G

  • Performa terkencang di kelasnya
  • Sudah mendukung 5G
  • Kamera bisa diandalkan
  • Daya tahan baterai awet
  • Harga terjangkau

Kekurangan Itel P55 5G

  • Tidak dilengkapi fitur adaptive brightness
  • Sensor sidik jari tidak bisa diandalkan
  • Dukungan update OS tidak jelas

Harga Itel P55 5G

Harga smartphone Itel P55 5G RAM 6GB ROM 128GB terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 1.699.000. Berdasarkan hasil review di atas, Itel P55 5G merupakan salah satu smartphone 5G terkencang dengan harga sejutaan di Indonesia saat ini.

Anda dapat cek harga dan promo terbaru smartphone Itel P55 5G di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Itel P55 5G

  • Sistem Operasi Android 13 dengan antarmuka Itel OS 13
  • Chipset MediaTek Dimensity 6080 5G dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 2,4GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 2GHz
  • Grafis Mali-G57 MC2
  • Dual kamera dengan kamera utama belakang 50 megapiksel, sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel, phase-detection autofokus, lensa aperture f/1.8 dilengkapi LED flash, AI + kamera QVGA AI camera
  • Kamera depan 8 megapiksel lensa aperture f/2.0 fixed focus, sensor BSI CMOS, AI
  • Layar sentuh waterdrop Display 6,6 inci 2.5D aspek rasio 20:9, dengan resolusi HD+ 1612 x 720 pixels, kerapatan 269 ppi (pixel per inch), refresh rate 90Hz, 16 juta warna, panel IPS LCD
  • Memori RAM 6GB, ROM 128GB UFS 2.1 dilengkapi slot microSD maksimal 1TB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, USB OTG, fingerprint sensor (side mounted)
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE / 5G
  • Dimensi 165,0 x 76,3 x 8,4 mm dengan berat 185 gram
  • Baterai 5000mAh non-removable, fast charge 18W
  • Warna Galaxy Blue dan Mint Green
Anda mungkin suka:Review Samsung Galaxy A15 5G: Upgrade Signifikan dengan Desain Mewah
8 komentar

8 komentar

  • Yuwan Agista
    Yuwan Agista
    6 April 2024 pukul 21.18
    Wah cakep juga fotonya. Pemakaian jangka panjanh enak nggak ya? 😁
    • Yuwan Agista
      Ditya Pandu
      20 April 2024 pukul 22.51
      Harusnya sih aman. Cuma dukungan update doang yang kurang jelas
    Reply
  • Anonim
    Anonim
    6 April 2024 pukul 20.56
    Jujurly, kameranya lebih bagus dibandingkan dengan smartphone sekelas, bener nggak sih?
    • Anonim
      Ditya Pandu
      20 April 2024 pukul 22.52
      Bener sih, sependapat. Sedikit di atas rata-rata harga segini kualitas kameranya
    Reply
  • Anonim
    Anonim
    6 April 2024 pukul 17.18
    Mantap ini... Mending mana ya sam Itel RS4? Harga mirip2 itu
    • Anonim
      Ditya Pandu
      20 April 2024 pukul 22.53
      Performa menang P55 5G, fitur menang RS4. Saya sudah bikin artikel perbandingannya, bisa di cek
    Reply
  • Tya Swan
    Tya Swan
    6 April 2024 pukul 17.17
    Lho ternyata ada bedanya ya? Kirain dimensity 6080 itu rebrand doang dari Dimensity 810 5G 😅
    • Tya Swan
      Ditya Pandu
      20 April 2024 pukul 22.53
      Bedanya tipis. Kalau pemakaian sehari2 nggak berasa hehehe
    Reply