IBX582004D475488 Review Oi Teno Three, Headset TWS Murah Berdesain Mewah
ASUS Zenbook Flip UX363

Review Oi Teno Three, Headset TWS Murah Berdesain Mewah



Review Oi Teno Three, Headset TWS Murah Berdesain Mewah – Tim Laptophia kali ini berkesempatan mengulas sebuah headset TWS (True Wireless Stereo) murah meriah, yakni Oi Teno Three atau Oi Teno 3. Brand Oi mungkin tidak setenar realme, Xiaomi, Haylou atau brand headset TWS lain yang beredar di Indonesia. Meski demikian, kualitas produk dan suara yang dihasilkan oleh earphone TWS Oi Teno Three tak bisa dipandang sebelah mata.

Headset TWS Oi Teno Three ini diproduksi oleh Shenzhen Oi Technology asal Tiongkok. Desain yang mewah dan unik, serta harga yang terjangkau menjadi daya tarik utama produk-produk TWS besutan Oi. Tim Laptophia sendiri sebenarnya sudah lama penasaran dengan lini produk Oi ini dan memutuskan untuk membeli Oi Teno Three untuk mengobati rasa penasaran. Lalu sehebat apakah kualitas suaranya? Simak review Oi Teno Three oleh tim Laptophia kali ini!

Review Oi Teno Three, Headset TWS Murah Berdesain Mewah


Paket Pembelian Oi Teno Three

Paket Pembelian Oi Teno Three


  • Unit TWS Oi Teno Three
  • 3 pasang rartips (S, M, L)
  • Kabel microUSB
  • Manual dan kartu garansi

Baca juga:Review Haylou GT2, Headset TWS Murah yang Mantap untuk Musik

Desain & Kontrol Oi Teno Three

Desain & Kontrol Oi Teno Three

Desain & Kontrol Oi Teno Three

Desain & Kontrol Oi Teno Three


Mewah adalah kesan pertama yang Laptophia dapat ketika review Oi Teno Three ini. Earbud TWS ini hadir dengan charging case yang mewah dengan balutan material kombinasi aluminium dengan plastik. Bagian yang menggunakan bahan aluminium berwarna silver yang menggunakan brushed finish Sedangkan bagian atas dan bawah charging case yang berwarna hitam terbuat dari bahan plastik yang cukup solid.

Engsel charging case TWS Oi Teno Three ini terasa ringan saat dibuka dan tidak terkesan ringkih. Bentuknya yang oval memanjang dengan lekukan yang cukup detail membuat Oi Teno Three kian terlihat mewah. Build quality charging case Oi Teno Three secara umum sudah cukup solid dan kuat. Bagian depannya terdapat empat buah LED indikator berwarna biru dan bagian belakangnya terdapat port microUSB untuk charging.

Sedangkan desain earbud Oi Teno Three sendiri cukup menarik dan agak berbeda dengan kebanyakan earbud TWS dengan harga yang sama. Alih-alih menggunakan desain mirip kacang dengan nozzle asimetris, Oi Teno Three malah justu hadir dengan desain balance berbentuk bulat dengan ukuran yang cukup besar. Pada bagian kontrol sentuhnya menggunakan finishing brushed yang membuatnya terasa premium.

Ukuran earbud yang agak besar ini ternyata didesain menyesuaikan bentuk telinga manusia, sehingga cukup nyaman meski digunakan oleh orang dengan ukuran telinga agak kecil. Pada review Oi Teno Three kali ini, ukuran nozzle-nya tidak terlalu besar dan masing-masing dilengkapi dengan LED berwarna biru. Meski tak dilengkapi dengan earwings, TWS Oi Teno Three terpasang cukup kuat di telinga selama menggunakan eartips yang sesuai.

Desain & Kontrol Oi Teno Three

Desain & Kontrol Oi Teno Three


Baca juga:Review Choetech Fast Wireless Charging Stand T555-S, Cepat dan Berkualitas

Pada review Oi Teno Three TWS kali ini, menggunakan kontrol sentuh yang terdapat pada bagian belakang masing-masing earbud. Berikut ini adalah daftar kontrol pada headset TWS andalan Oi yang telah Laptophia himpun:

  • Sentuh sekali pada earbud kanan atau kiri untuk play, pause, atau mengangkat telepon
  • Sentuh dua kali pada earbud kiri untuk previous track dan earbud kanan untuk next track
  • Sentuh dan tahan earbud kiri untuk mengurangi volume dan sentuh dan tahan pada earbud kanan untuk meningkatkan volume
  • Sentuh tiga kali pada earbud kanan atau kiri untuk memanggil Google Assistant
  • Sentuh dan tahan selama 3 detik pada earbud kanan atau kiri untuk menolak panggilan

Selama satu minggu lebih proses review, performa kontrol sentuh yang dimiliki oleh headset TWS Oi Teno Three ini terbilang konsisten dan cukup akurat. Selama proses review, Laptophia tidak mengalami masalah dengan kontrol di TWS murah Oi Teno Three ini.

Video Unboxing Oi Teno Three

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)


Review Oi Teno Three

Review Oi Teno Three


Harga yang terjangkau tak membuat earbud TWS Oi Teno Three ini tampil seadanya. Pabrikan asal Tiongkok ini malah justru hadir dengan desain dan material yang cukup mewah. Kualitas suara yang dihasilkan Oi Teno Three pu  tak bisa diremehkan, meski hanya mendukung codec SBC saja.

Kualitas Suara

Pada review Oi Teno Three, spesifikasi di atas kertas cukup menarik dengan dukungan sebuah driver dinamis berukuran 9mm berteknologi N42 neodymium magnet dengan graphene coating diaphragm. Impresi awal saat menjajal Oi Teno Three, ternyata tak butuh volume yang terlalu tinggi untuk menghasilkan suara yang kencang. Karakter suara atau sound signature Oi Teno Three menurut Laptophia adal V-shape dengan bass yang cukup mendominasi.

Penyuka bass atau basshead tampaknya akan menyukai suara yang dihasilkan oleh TWS Oi Teno Three ini. Frekuensi rendah atau bass yang dihasilkan cukup kuat, mendalam, dan dengan kuantitas yang proporsional. Laptophia sangat menikmati dentuman bass di lagu-lagu rock bergaya mainstream seperti Over It milik Bullet For My Valentine atau musik hiphop seperti Dedicated (Demo) milik Linkin Park. Sayangnya, bass Oi Teno Three ini kurang responsif dan ini membuatnya keteteran ketika bertemu dengan dobel kick drum yang ngebut seperti lagu Nemesis milik Arch Enemy atau Moth Into Flame milik Metallica.

Suara vokal terdengar agak mundur di headset TWS Oi Teno Three ini, baik vokal pria maupun wanita. Hal ini cukup terasa ketika lagu memiliki instrumen yang cukup banyak, sehingga karakter suara sang vokalis tampak kurang keluar. Saat menjajal track Deter The Tyrant milik Epica, suara vokal Simone Simone terdengar agak jauh dan kurang intim. Begitu juga di lagu Nemesis milik Arch Enemy, suara growl dari Angela Gossow tampak kurang garang dan kurang bertekstur. Suara instrumen seperti distorsi gitar juga terasa kurang menggigit.

Baca juga:Review Haylou T19 TWS: Suara Jernih dan Detail, Fitur Lengkap

Sedangkan untuk treble, Oi Teno Three ini mampu menyajikanm karakter yang soft dan tidak membuat telinga lelah atau sakit. Meski demikian, detail treble yang dihasilkan oleh Oi Teno Three memang tidak terlalu baik dan terkesan kurang tegas. Separasi antar instrumen yang dihasilkan Oi Teno Three terbilang baik. Namun ketika bertemu lagu dengan instrumen yang rumit, Oi Teno Three masih agak berantakan dan terdengar crowded di tengah. Sound stage yang dihasilkan cukup lega, meski belum bisa dikatakan megah.

Kualitas Telepon & Delay

Oi Teno Three saat digunakan untuk berkomunikasi melalui telepon dalam ruangan cukup nyaring, jernih, dan jelas. Saat digunakan di luar ruangan, performanya juga bisa dikatakan standar di kelasnya. Suara kita harus sedikit lebih keras karena noise atau suara di sekitar akan terdengar lawan bicara dan kadang cukup mengganggu.

Ketika digunakan untuk menonton movie secara offline maupun streaming melalui YouTube, beberapa kali terlihat ada delay tapi tidak signifikan. Delay tersebut tidak mengganggu pengalaman menikmati streaming video. Hal yang berbeda terjadi saat bermain game, delay yang dihasilkan pada review Oi Teno Three ini terasa signifikan, sehinga kurang cocok sebagai partner bermain game yang membutuhkan suara akurat atau bertempo cepat.

Kenyamanan & Kompatibilitas

Review Oi Teno Three


Ukuran earbud Oi Teno Three sekilas tampak cukup besar, tetapi ternyata cukup nyaman ketika digunakan dalam waktu lama. Saat pengujian, Laptophia rata-rata menggunakan headset TWS Oi Teno Three untuk mendengarkan musik non stop selama minimal 2 jam dan tim Laptophia tidak merasa lelah atau panas. Isolasi suara dari luar bisa dikatakan cukup baik selama pemilihan eartips-nya sesuai dengan ukuran lubang telinga.

Kompatibilitas headset True Wireless Stereo pada review Oi Teno Three kali ini termasuk baik dan dapat bekerja tanpa masalah saat disandingkan dengan Xiaomi Mi Note 10 Pro, Poco F2 Pro, dan Asus ROG Phone 3. Selama seminggu lebih proses uji pakai menggunakan codec SBC, koneksi relatif stabil dan tidak pernah terjadi disconnect.

Baterai

Daya tahan baterai pada TWS Oi Teno Three ini cukup baik untuk kelas Rp 200 ribu-an. Berbekal baterai berkapasitas 65mAh untuk setiap earbud, Oi Teno Three mampu bertahan rata-rata 6 jam atau kadang lebih dengan rata-rata 50% atau lebih. Sedangkan baterai dalam case Oi Teno Three ini berkapasitas 220mAh dan diklaim memiliki daya tahan total lebih dari 15 jam memainkan musik.

Baca juga:Review Xiaomi Mi Band 5: Layar Lebih Besar, Fitur Lebih Lengkap

Kesimpulan

Oi Teno Three adalah sebuah headset TWS dengan harga terjangkau yang patut dipertimbangkan dengan kualitas suara yang cukup baik, desain mewah, dan build quality yang mantap. Karakter V-shape dan bass yang kuat, sehingga cocok untuk memainkan lagi EDM, rap, hiphop, dan musik yang tak terlalu rumit instrumennya.

Kelebihan Oi Teno Three

  • Kualitas suara baik dengan bass yang kuat
  • Harga terjangkau
  • Desain mewah dengan build quality mantap

Kekurangan Oi Teno Three

  • Kurang cocok untuk gaming

Harga Oi Teno Three

Oi Teno Three merupakan salah satu headset TWS murah yang tampil dengan desain elegan dan kualitas suara yang baik. Harga Oi Teno Three terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia terima adalah Rp 249.000. Tentunya harga ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan masing-masing penjual. Berdasarkan hasil review Oi Teno Three oleh tim Laptophia di atas, TWS ini menawarkan karakter suara v-shape dengan detail yang cukup baik.

Anda dapat membeli atau cek promo Oi Teno Three di Sini (Klik)

Spesifikasi Oi Teno Three

  • Merk: Oi
  • Model: Teno Three (Teno 3)
  • Jenis headset: In-Ear Monitor TWS
  • Tipe driver 9mm dinamis N42 neodymium magnet dengan graphene coating diaphragm
  • Chip -
  • Speaker Impedansi: 16 Ohm
  • Sensitivitas 93±3dB
  • Rentang frekuensi: 20 Hz – 20 kHz
  • Versi Bluetooth 5.0
  • Bluetooth protocol HFP/HSP/AVRCP/A2DP
  • Dukungan codec SBC dan AAC
  • Sensitivitas microphone -42dB
  • Input maksimal 5V/1000mA
  • Waterproofing: IPX6
  • Baterai Earbuds: 65 mAh; Charging case: 220 mAh
  • Berat Earbud: 4,8g; With charging case: 29g
  • Dimensi Earbud: 25 x 19 x 23,5 mm; Charging case: 64,5 x 25,5 x 30 mm

Anda mungkin suka:Review Fiil T1 XS, Headset TWS Terbaik dengan Kualitas Suara Fantastis di Kelasnya


Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :


Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!