IBX582004D475488 Review Xiaomi Mi Band 5: Layar Lebih Besar, Fitur Lebih Lengkap
ASUS VivoBook 14 K413

Review Xiaomi Mi Band 5: Layar Lebih Besar, Fitur Lebih Lengkap



Review Xiaomi Mi Band 5: Layar Lebih Besar, Fitur Lebih Lengkap – Setelah sukses dengan smartband Mi Band 4, Xiaomi melanjutkannya dengan menghadirkan generasi baru Mi Band 5. Gelang pintar ini pertama kali diperkenalkan di Indonesia 13 Agustus 2020 lalu. Smartband Xiaomi Mi Band 5 ini menawarkan sejumlah peningkatan jika dibandingkan dengan pendahulunya, yakni layar yang lebih besar, mode olahraga yang lebih banyak, dan fitur yang lebih lengkap.

Sayangnya, Xiaomi Mi Band 5 ini malah justru dibekali dengan kapasitas baterai yang sedikit lebih kecil dari Mi Band 4. Meski demikian, pabrikan asal Tiongkok ini mengklaim Xiaomi Mi Band 5 mampu bertahan hingga 14 hari atau dua minggu penggunaan normal. Selain itu, harga yang ditawarkan Mi Band 5 ini tak jauh berbeda dengan Mi Band 4. Lalu sehebat apakah gelang pintar besutan Xiaomi ini? Simak review Xiaomi Mi Band 5 oleh tim Laptophia kali ini!

Review Xiaomi Mi Band 5: Layar Lebih Besar, Fitur Lebih Lengkap

Paket Pembelian Xiaomi Mi Band 5

Paket Pembelian Xiaomi Mi Band 5
  • Unit Xiaomi Mi Band 5
  • Strap
  • Charger dock
  • Manual

Baca juga:Review Amazfit BIP Lite, Baterai Tahan Lama dengan Harga Terjangkau

Desain Xiaomi Mi Band 5

Desain Xiaomi Mi Band 5

Desain Xiaomi Mi Band 5

Tak banyak perubahan desain pada Xiaomi Mi Band 5 review kali ini jika dibandingkan dengan pendahulunya. Smartband anyar ini hadir dengan bentuk oval dengan balutan casing berbahan polikarbonat. Meski sekilas terlihat sama, tetapu ukuran layar Xiaomi Mi Band 5 ini lebih besar dari Mi Band 4 dan membuat dimansi gelang pintar ini menjadi sedikit lebih besar. Ini berarti strap milik Mi Band 4 tak dapat digunakan di Mi Band 5.

Sisi depan Xiaomi Mi Band 5 ini kita akan disuguhi layar warna yang menawan dengan balutan kaca atau reinforced glass yang melengkung 2,5D pada bagian sisinya. Bezel layar kanan dan kiri Mi Band 5 ini cukup tipis, tetapi bagian atas dan bawahnya agak tebal. Berdasarkan pengalaman Laptophia yang telah menggunakan Mi Band 5 selama hampir tiga minggu, layarnya cukup kuat menahan goresan. Meski demikian, pengguna dapat menambahkan screenguard atau tempered glass ini Mi Band 5 ini.

Meski sedikit lebih besar dari pendahulunya, Xiaomi Mi Band 5 ini tetap ringkas dan ringan. Strap bawaan Mi Band 5 ini terbuat dari karet yang cukup lentur dan nyaman digunakan dalam jangka waktu lama, tanpa ada rasa efek panas atau berkeringat. Strap Mi Band 5 ini dapat dilepas dan diganti sesuai selera. Charger Mi Band 5 ini menggunakan desain magnetik, sehingga tidak perlu melepas strap untuk mengisi daya seperti generasi Mi Band 3 atau Mi Band 4.

Desain Xiaomi Mi Band 5

Desain Xiaomi Mi Band 5

Baca juga:Review Honor Watch Magic, Smartwatch Murah yang Nyaris Sempurna

Pada sisi atas smart band Xiaomi Mi Band 5 ini terdapat layar sentuh OLED berukuran 1,1 inci dengan resolusi 120 x 294 piksel dan sebuah tombol kapasitif untuk back. Sedangkan pada sisi bawah fitness tracker Xiaomi Mi Band 5 ini terdapat sensor-sensor dan dua buah pin untuk charging. Xiaomi Mi Band 5 ini memiliki kemampuan tahan air dengan rating hingga 5 ATM yang membuatnya aman untuk berenang.

Review Xiaomi Mi Band 5

Review Xiaomi Mi Band 5


Mi Band 5 adalah wujud konsistensi Xiaomi dalam menggarap pasar IoT (Internet of Things) atau wearable device. Kehadiran Xiaomi Mi Band 5 ini membawa sejumlah peningkatan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan pendahulunya, seperti layar berukuran

Layar

Layar masih menjadi daya tarik pada review Xiaomi Mi Band 5 kali ini. Smartband Xiaomi Mi Band 4 ini dipersenjatai dengan layar AMOLED (Active Matrix Organic Light Emiting Diode) berukuran 1,1 inci dengan resolusi 120 x 294 piksel dengan kecerahan hingga 450 nits. Teknologi AMOLED yang diusung oleh gelang pintar Mi Band 5 ini menawarkan gambar yang sangat colorful, tajam, dan sangat memanjakan mata.

Respon touchscreen Xiaomi Mi Band 5 relatif gegas dan sensitif, sehingga Laptophia merasa nyaman saat menjelajahi menu dan fitur yang dimilikinya. Viewing angle layarnya cukup luas dan saat mumpuni saat digunakan di bawah sinar matahari sekalipun. Tak hanya itu, Xiaomi Mi Band 5 menyediakan pengaturan manual brightness dengan lima tingkat kecerahan. Selain itu juga disediakan fitur lockscreen dan pengaturan screen time out.

Fitur Xiaomi Mi Band 5

Fitur Xiaomi Mi Band 5


Fitur yang semakin lengkap menjadi salah satu daya tarik review Xiaomi Mi Band 5 kali ini. Dimulai dari tampilan antarmukanya, Mi Band 5 menawarkan banyak pilihan watchface atau band display yang dapat dipilih sesuai selera selera melalui Mi Fit. Watchface ini terbagi dalam 10 kategori seperti Workout, Art, Simplicity, Science and Technology, Business, Fashion, Y-Nuts, Ali, Liukanshan, dan Uchuchu.

Tak hanya itu, juga disediakan lima buah custom watchface yang dapat diganti background-nya dengan foto sendiri. Secara default, Xiaomi Mi Band 5 hanya dapat menyimpan lima buah watchface, tetapi pengguna dapat mudah menggantinya melalui aplikasi Xiaomi Mi Fit.

Baca juga:Amazfit GTR Review: Smartwatch Mewah dengan Baterai Tahan Lama

Tampilan antarmuka fitness tracker Xiaomi Mi Band 5 ini cukup intuitif dan mudah dimengerti. Performa atau respon perpindahan antar menunya cukup responsif dan nyaman digunakan. Pengguna dapat melakukan navigasi dengan cara swipe dan sentuh layar, serta menyentuh tombol kapasitif di bawah layarnya.

Fitur yang disediakan Xiaomi Mi Band 5 ini cukup lengkap, sebut saja heartrate monitor, jumlah kalori yang terbakar, jumlah langkah, sleep monitor atau pemantau tidur, Find My Phone, menampilkan notifikasi dari ponsel, weather, pemantauan aktivitas aneka macam olah raga, barometer, PAI (Personal Activity Intelligence), Breathing, Stress Monitoring stopwatch, World Clock, remote kontrol musik dan kamera, timer, alarm, dan sebagainya.

Fitur Xiaomi Mi Band 5

Fitur Xiaomi Mi Band 5


Selama tiga minggu penggunaan, tim Laptophia menggunakan mode automatic heart rate detection & sleep assistant di gelang pintar Mi Band 5 dan hasilnya cukup akurat. Tak hanya itu, fitur penghitung langkahnya juga cukup akurat dan saat naik kendaraan, fitur ini tidak turut menghitungnya secara masif seperti kebanyakan smartwatch dan smartband entry-level.

Fitur stress monitoring juga bermanfaat untuk mengetahui tingkat stres pengguna, sehingga dapat mengambil tindakan preventif agar stres dapat dikelola. Pada ulasan Xiaomi Mi Band 5 kali ini, smart band ini juga memiliki fitur mengingatkan kita untuk melakukan olahraga ringan setelah duduk atau diam terlalu lama agar peredaran darah lancar.

Xiaomi Mi Band 5 dapat menampilkan notifikasi dari smartphone dengan baik, tetapi tak senyaman di smartwatch karena ukuran layarnya yang kecil dan memanjang. Saat banyak notifikasi masuk dari berbagai aplikasi, Xiaomi Mi Band 5 mampu menampilkannya dengan cukup baik, mudah dibaca, dan dilengkapi ikon untuk beberapa aplikasi.

Kita bisa mengatur notifikasi dari aplikasi apa saja yang tampil di smartwatch melalui aplikasi Xiaomi Mi Fit. Sama seperti Mi Band generasi sebelumnya, notifikasi yang muncul hanya dapat dibaca saja, pengguna tak dapat membalas notifikasi atau chat yang masuk melalui smartband andalan Xiaomi ini.

Mode olahraga atau workout pada review Xiaomi Mi Band 5 kali ini meningkat pesat dari generasi sebelumnya. Ada 11 mode olahraga pada smartband ini, antara lain Outdoor running, power walking, cycling, indoor running, pool swimming, freestyle, indoor cycling, elliptical, jump rope, yoga, dan rowing machine. Perlu diketahui, fitness tracker Xiaomi Mi Band 5 ini tidak dilengkapi dengan modul GPS terpisah. Gelang pintar besutan Xiaomi ini memanfaatkan GPS pada smartphone untuk tracking rute olahraga yang dilakukan di luar ruangan.

Aplikasi Xiaomi Mi Fit

Fitur Xiaomi Mi Band 5

Xiaomi Mi Band 5 ini menggunakan aplikasi tambahan Mi Fit yang dikembangkan oleh Huami untuk menyimpan data dan melakukan sinkronisasi. Minimal menggunakan sistem operasi Android 4.4 atau iOS 9.0 untuk menjalankan aplikasi Mi Fit ini. Pada review Xiaomi Mi Band 5 kali ini, Laptophia menggunakan smartphone Xiaomi Mi Note 10 Pro. Salah satu keunggulan aplikasi Mi Fit ini adalah dapat terhubung atau sinkronisasi ke Google Fit.

Aplikasi Xiaomi Mi Fit ini menyajikan informasi atau laporan yang lengkap mengenai aktivitas pengguna, seperti statistik jumlah langkah, kalori yang terbakar, detak jantung lengkap dengan analisanya, pelacakan olahraga yang telah dilakukan, jalur lari atau olahraga yang dilakukan pengguna secara akurat, laporan dan analisa tidur, dan banyak lagi. Melalui aplikasi Xiaomi Mi Fit ini, kita juga bisa mengatur notifikasi apa saja yang tampil di smart band Xiaomi Mi Band 5.


Mi Fit juga menyediakan aplikasi Friends yang memungkinkan pengguna menambah teman yang juga sesama pengguna Mi Band 5 atau aplikasi Mi Fit. Proses penambahan teman ini dapat dilakukan dengan cara scan QR code. Laptophia belum mengeksplorasi lebih jauh mengenai fitur ini. Berdasarkan informasi yang beredar, fitur Friends ini memungkinkan pengguna berbagi data kesehatan dan juga melakukan tantangan atau challange untuk melakukan olah raga tertentu atau mencapai goal tertentu. Ini cukup menarik.

Xiaomi menambahkan pelacakan siklus menstruasi ke Mi Band 5, yang mencatat siklus menstruasi dan fase ovulasi pengguna. Mi Fit juga akan memberikan pengingat setiap periode. Sayangnya, Laptophia tidak dapat menguji fitur ini dan tidak dapat berkomentar banyak mengenai fasilitas ini.

Tak hanya itu, aplikasi Xiaomi Mi Fit ini juga dapat digunakan untuk mengatur band display atau watch face yang digunakan di gelang pintar Mi Band 5 dan juga memungkinkan untuk melakukan custom pada beberapa watchface. Xiaomi Mi Fit juga dapat digunakan untuk mengecek ketersediaan firmware baru dan melakukan proses upgrade firmware di Xiaomi Mi Band 5.

Baca juga:Review Zeblaze Hybrid 2: Smartwatch Keren dengan Desain Rotating Dial

Kenyamanan



Fitness tracker Xiaomi Mi Band 5 ini relatif nyaman digunakan dalam waktu lama dan tidak menimbulkan rasa panas di kulit. Sedangkan strap silicon yang diusung Xiaomi Mi Band 5 juga terasa nyaman dan tidak menimbulkan reaksi gatal atau alergi saat tim Laptophia gunakan.

Baterai

Smartband Xiaomi Mi Band 5 ini dibekali dengan baterai berkapasitas 125mAh dan diklaim mampu bertahan hingga 14 hari dalam sekali charge. Berdasarkan pengalaman menggunakan Xiaomi Mi Band 5 oleh tim Laptophia, daya tahan baterainya mampu bertahan rata-rata hingga 11 - 12 hari dengan intensitas notifikasi yang cukup sering, beberapa kali olahraga, dan kadang-kadang dilepas saat tidur.

Daya tahan baterai Xiaomi Mi Band 5 laik mendapat acungan jempol, meski tak sehebat pendahulunya. Bagi pengguna yang menginginkan daya tahan baterai yang lebih lama, dapat mematikan fitur seperti realtime heartrate sensor, raise to wake, dan sleep tracking.

Kesimpulan

Secara umum, Xiaomi Mi Band 5 merupakan sebuah smartband entry-level yang menawarkan performa memuaskan, daya tahan baterai andal, dan fitur yang lengkap di kelasnya. Selain itu, Mi Band 5 juga menawarkan peningkatan dan penyempurnaan dari pendahulunya seperti layar yang lebih besar dan proses charging yang tak perluy melepas strap-nya.

Peningkatan yang diusung oleh Xiaomi Mi Band 5 membuatnya tidak kompatibel dengan strap milik Mi Band 3 atau Mi Band 4. Selain itu, Mi band 5 versi global ini tidak dilengkapi fitur canggih seperti yang dimiliki oleh varian China, antara lain NFC, SpO2 sensor, dan XiaoAI voice assistant. Meski demikian, Xiaomi Mi Band 5 merupakan salah satu smartband terbaik dan layak beli di kelas entry-level.

Kelebihan Xiaomi Mi Band 5

  • Layar lebih besar dan berkualitas
  • Fitur semakin lengkap
  • Heart rate sensor akurat

Kekurangan Xiaomi Mi Band 5

  • Fitur NFC, SpO2 sensor, dan Voice Assistant tidak tersedia di Indonesia

Harga Xiaomi Mi Band 5

Harga resmi gelang pintar atau fitness tracker Xiaomi Mi Band 5 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun dari e-commerce terkemuka adalah Rp 449.000. Berdasarkan hasil ulasan review Xiaomi Mi Band 5 di atas, smart band satu ini menawarkan layar yang lebih besar dan fitur yang lebih lengkap. Tak heran, Mi Band 5 andalan Xiaomi ini layak dipertimbangkan.

Anda dapat membeli atau cek promo Xiaomi Mi Band 5 di Sini (Klik)

Spesifikasi Xiaomi Mi Band 5

  • Product Model: Xiaomi Mi Band 5
  • Nomor model: XMSH10HM
  • RAM 512KB dengan ROM 16MB
  • Compatible System: Android 4.4 atau lebih baru, iOS 9 atau lebih baru
  • Sensor: 3-axis accelerometer + 3-axis gyroscope, PPG heart rate sensor, Capacitive proximity sensor
  • Mode olahraga: Outdoor running, power walking, cycling, indoor running, pool swimming, freestyle, indoor cycling, elliptical, jump rope, yoga, rowing machine
  • Aplikasi: Xiaomi Mi Fit
  • Screen Size: 1,1 inci 126 x 294 piksel, warna 24 bit, 450 nits
  • Screen Type: AMOLED
  • On-cell capacitive touchscreen, 2.5D reinforced glass dengan anti-fingerprint coating
  • Bluetooth versi 5.0 BLE
  • Kapasitas baterai: lithium polymer 125mAh
  • Manipulation Mode: Single touch button (wake up, go back)
  • Waterproof denga rating 5ATM
  • Dimensi 46.95 × 18.15 × 12.45 mm berat 11,9 gram
  • Warna Black

Anda mungkin suka:Review Choetech PD6008 100W dan Mengenal Gallium Nitride (GaN)


Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :


Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!