IBX582004D475488 Review Amazfit BIP Lite, Baterai Tahan Lama dengan Harga Terjangkau
ASUS VivoBook 14 K413

Review Amazfit BIP Lite, Baterai Tahan Lama dengan Harga Terjangkau



Review Amazfit BIP Lite, Baterai Tahan Lama dengan Harga Terjangkau – Amazfit BIP adalah salah satu smartwatch yang cukup legendaris di Indonesia karena harganya yang terjangkau, baterai tahan lama, andal, dan fitur yang terbilang lengkap di kelasnya. Faktor ini membuat Amazfit BIP sukses menarik perhatian pasar yang saat itu belum banyak dibanjiri smartwatch seperti sekarang. Seakan ingin mengulang kesuksesan, kini hadir Amazfit BIP Lite yang mirip dengan versi reguler.

Amazfit BIP Lite ini bisa dikatakan sebagai versi murah dari Amazfit BIP untuk menjangkau segmen entry-level yang lebih luas. Meski dijual dengan harga yang lebih murah, Amazfit BIP Lite masih mewarisi sebagian besar keunggulan yang dimiliki oleh BIP versi standar. Perbedaan yang paling mencolok antara Amazfit BIP Lite dengan versi BIP reguler adalah absennya fitur GPS (Global Positioning System). Lalu sehebat apakah smartwatch murah ini? Simak review Amazfit BIP Lite oleh tim Laptophia kali ini!

Review Amazfit BIP Lite, Baterai Tahan Lama dengan Harga Terjangkau

Paket Pembelian Amazfit BIP Lite

Paket Pembelian Amazfit BIP Lite
  • Unit smartwatch Amazfit BIP Lite
  • Strap
  • Charger dock
  • Manual
  • Kartu garansi

Baca juga:Review Northedge E101 Smartwatch, Desain Cantik Fitur Lengkap

Desain Amazfit BIP Lite

Desain Amazfit BIP Lite

Desain Amazfit BIP Lite

Sisi desain mungkin bukan keunggulan utama pada review Amazfit BIP Lite oleh tim Laptophia kali ini. Kesan pertama saat melihat jam tangan pintar Amazfit BIP Lite ini adalah simpel atau sederhana, tidak banyak ornamen. Penampilan fisik Amazfit BIP Lite ini sama persis dengan Amazfit BIP reguler dengan layar berbentuk segi empat dengan bezel yang cukup tebal. Tak lupa, pada bagian bawah layarnya terdapat logo Amazfit dibalik kaca pelindung Gorilla Glass 3-nya yang melengkung 2,5D.

Harus diakui bahwa jam tangan pintar Amazfit BIP Lite ini jauh dari kesan mewah. Seluruh bodi smartwatch ini menggunakan material polikarbonat berwarna hitam. Meski demikian, bodi smartwatch murah ini terasa cukup kuat dan solid. Ukuran dial smatwatch Amazfit BIP Lite ini 43mm, sehinga dirasa tidak terlalu kecil.

Amazfit BIP Lite ini bobornya nsangat ringan dan nyaris tidak terasa membebani pegelangan tangan saat dikenakan. Jam tangan pintar ini dibekali dengan strap silikon atau karet yang cukup lentur dan kuat. Pengguna dapat melepas dan mengganti strap-nya sesuai selera. Ketangguhan Amazfit BIP Lite tak perlu diragukan lagi karena mengusung rating tahan air atau water resistant 3ATM.

Desain Amazfit BIP Lite

Pada sisi atas, jam tangan pintar Amazfit BIP Lite ini terdapat layar sentuh berbentuk kotak berukuran 1,28 inci Reflective 8 Color TFT dengan resolusi 176 x 176 piksel. Sedangkan pada sisi kanan terdapat sebuah buah tombol yang digunakan untuk mengoperasikan smartwatch. Sedangkan pada sisi kiri Amazfit BIP Lite tidak terdapat port atau tombol apapun. Sedangkan pada sisi bawah terdapat port magnetik untuk charging dan aneka sensor.

Baca juga:Review Microwear L7 Smartwatch, Desain Mewah Kaya Fitur

Review Amazfit BIP Lite

Review Amazfit BIP Lite

Smartwatch kini tak lagi identik dengan sebuah gadget dengan harga yang mahal. Banyak vendor yang telah menghadirkan solusi jam tangan pintar dengan harga yang terjangkau dan fitur yang cukup memadai. Salah satunya adalah Huami melalui lini Amazfit yang mengawalinya dengan merilis seri BIP beberapa tahun lalu. Melalui Amazfit BIP Lite, Huami ingin menjangkau segmen pasar yang lebih luas sekaligus memasyarakatkan penggunaan jam tangan pintar.

Jika ditilik secara konsep dan fitur, Amazfit BIP Lite ini sebenarnya tidak benar-benar ‘pintar’ seperti smartwatch berbasis Google Wear OS atau Apple iWatch. Amazfit BIP Lite ini sebenarnya tak ada ubahnya sebuah fitness tracker seperti Mi Band yang berwujud jam tangan. Meski demikian, banyak perangkat sejenis yang tetap disebut sebagai sebuah smartwatch.

Layar

Layar dapat menjadi kelebihan sekaligus kekurangan dari review Amazfit BIP Lite smartwatch kali ini. Amazfit membekali jam tangan murah meriah ini dengan layar sentuh berukuran 1,28 inci Reflective 8 Color TFT dengan resolusi 176 x 176 piksel. Spesifikasi yang terbatas membuat tampilan menu dan antarmukanya agak kasar dan warna yang ditampilkan relatif terbatas.

Meski demikian, informasi atau notifikasi yang tampil cukup jelas dan dapat dibaca dengan baik. Respon touchscreennya memang agak lambat, tetapi masih dalam batas nyaman menurut Laptophia. Salah satu kelebihan layar reflective pada Amazfit BIP Lite ini adalah mampu menghadirkan fitur Always On Display tanpa banyak menguras daya baterainya.

Fitur Amazfit BIP Lite

Fitur Amazfit BIP Lite

Fitur yang terbilang cukup lengkap menjadi salah satu daya tarik Amazfit BIP Lite review kali ini. Dimulai dari tampilan antarmukanya, Amazfit BIP Lite menawarkan banyak pilihan watchface atau face dial yang dapat dipilih sesuai selera. Secara default, Amazfit BIP Lite dapat menyimpan hingga 11 buah watchface, tetapi pengguna dapat mudah menggantinya melalui aplikasi Amazfit atau langsung dari smartwatch tersebut.

Tampilan antarmuka jam tangan pintar Amazfit BIP Lite ini cukup intuitif dan mudah dimengerti. Performa atau respon perpindahan antar menunya memang tak senyaman Amazfit GTR karena respon layarnya kadang agak lambat. Pengguna dapat melakukan navigasi dengan cara swipe dan sentuh layar, serta menyentuh tombol yang berada di sisi kanan layar smartwatch Amazfit BIP Lite ini. Tombol tersebut terlihat cukup mewah dan saat ditekan beberapa kali terasa cukup nyaman, serta empuk menurut Laptophia.

Fitur yang disediakan smatwatch Amazfit BIP Lite besutan Huami cukup lengkap untuk kelas entry-level, sebut saja heartrate monitor, jumlah kalori yang terbakar, jumlah langkah, sleep monitor atau pemantau tidur, Find My Phone, menampilkan notifikasi dari ponsel, weather, pemantauan aktivitas olahraga, 4 mode olahraga, countdown timer, stopwatch, Always on Display, alarm, dan sebagainya. Absennya fitur GPS tampaknya tidak menjadi masalahkarena Amazfit BIP Lite ini akan memanfaatkan GPS yang ada di smartphone.

Fitur Amazfit BIP Lite

Selama dua bulan penggunaan, tim Laptophia menggunakan mode automatic heart rate detection & sleep assistant di jam tangan pintar Amazfit BIP Lite dan hasilnya cukup akurat. Tak hanya itu, fitur penghitung langkahnya juga cukup akurat dan saat naik kendaraan, fitur ini tidak turut menghitungnya secara masif seperti kebanyakan smartwatch entry-level lainnya. Pada Amazfit BIP Lite review kali ini, smartwatch ini juga memiliki fitur mengingatkan kita untuk melakukan olahraga ringan setelah duduk atau diam terlalu lama agar peredaran darah lancar.

Amazfit BIP Lite ini dapat menampilkan notifikasi dari aplikasi yang terinstal di ponsel dan dapat diatur melalui Amazfit App. Notifikasi berupa pesan WhatsApp, Twitter, Facebook, dan aplikasi lainnya dapat tampil cukup jelas, tetapi kurang nyaman dibaca karena keterbatasan kemampuan layarnya. Sayangnya, pengguna tidak dapat membalas pesan yang masuk melalui Amazfit BIP Lite ini. Jam tangan pintar murah ini tidak dilengkapi remote kontrol musik seperti kakaknya seri GTR.

Baca juga:Review Honor Watch Magic, Smartwatch Murah yang Nyaris Sempurna

Aplikasi Amazfit

Aplikasi Amazfit

Huami Amazfit BIP Lite ini menggunakan aplikasi tambahan Amazfit untuk menyimpan data dan melakukan sinkronisasi. Aplikasi Amazfit ini dikembangkan oleh Huami dan telah mengalmi update, sehingga antarmukanya lebih intuitif. Minimal menggunakan sistem operasi Android 4.4 KitKat atau iOS 9 untuk menjalankan aplikasi Amazfit ini. Pada review Amazfit BIP Lite kali ini, Laptophia menggunakan smartphone Xiaomi Note 10 Pro. Salah satu keunggulan aplikasi Amazfit ini adalah dapat terhubung atau sinkronisasi ke Google Fit, Strava, dan WeChat.

Aplikasi Amazfit ini menyajikan informasi atau laporan yang lengkap mengenai aktivitas pengguna, seperti PAI, statistik jumlah langkah, kalori yang terbakar, detak jantung lengkap dengan analisanya, pelacakan olahraga yang telah dilakukan, jalur lari atau olahraga yang dilakukan pengguna secara akurat, laporan dan analisa tidur, dan banyak lagi. Melalui aplikasi Amazfit ini, kita juga bisa mengatur notifikasi apa saja yang tampil di jam tangan pintar Amazfit BIP Lite.

Amazfit App juga menyediakan aplikasi Friends yang memungkinkan pengguna menambah teman yang juga sesama pengguna smartwatch Amazfit. Proses penambahan teman ini dapat dilakukan dengan casra scan QR code. Informasi yang Laptophia himpun, fitur Friends ini memungkinkan pengguna berbagi data kesehatan dan juga melakukan tantangan atau challange untuk melakukan olah raga tertentu atau mencapai goal tertentu. Ini cukup menarik.

Tak hanya itu, aplikasi Amazfit ini juga dapat digunakan untuk mengatur watchface yang digunakan di smartwatch Huami Amazfit BIP Lite. Pengguna juga dapat mengatur fungsi apa saja yang diaktifkan atau dinonaktifkan di smartwatch besutan Huami tersebut. Amazfit app juga dapat digunakan untuk mengecek ketersediaan firmware baru dan melakukan proses upgrade firmware di Amazfit BIP Lite.

Kenyamanan

Jam tangan pintar Amazfit BIP Lite ini relatif nyaman digunakan dalam waktu lama. Hal ini tak lepas dari dimensinya yang tipis dan bobot ringan. Sedangkan strap silicon yang diusung Amazfit BIP Lite juga terasa nyaman dan tidak panas atau gatal jika digunakan dalam waktu lama. Strap dapat diganti dengan mudah, sehingga pengguna dapat memakai strap sesuai selera.

Baterai

Daya tahan baterai adalah keunggulan utama dari review Amazfit BIP Lite oleh tim Laptophia. Berbekal baterai berkapasitas 200mAh, Amazfit BIP Lite diklaim mampu bertahan hingga 45 hari dengan penggunaan normal. Berdasarkan pengalaman Laptophia yang mengaktifkan hampir semua fitur Amazfit BIP Lite termasuk Always On Display, daya tahan baterainya bisa mencapai lebih dari satu bulan. Ini sangat fantastis dan mengalahkan para pesaingnya yang rata-rata hanya seminggu atau dua minggu.

Kesimpulan

Secara umum, Huami Amazfit BIP Lite ini merupakan sebuah smartwatch yang merakyat dan dapat dijangkau oleh semua kalangan. Sebagai sebuah jam tangan pintar murah, Amazfit BIP Lite ini tetap menawarkan fitur yang memadai dan kenyamanan saat digunakan. Daya tahan baterai andal dan layar Always On menjadi keunggulan Amazfit BIP Lite yang laik diapresiasi. Secara umum, Amazfit BIP Lite salah satu smartwatch terbaik di kelas entry-level dengan harga di bawah Rp 700 ribu.

Kelebihan Amazfit BIP Lite

  • Always on Display
  • Baterai tahan lama
  • Fitur lengkap
  • Harga terjangkau

Kekurangan Amazfit BIP Lite

  • Tampilan layar kurang menarik

Harga Amazfit BIP Lite

Amazfit BIP Lite memang sebuah smartwatch kelas entry-level yang menawarkan fitur lengkap dengan build quality yang andal. Harga smartwatch Amazfit BIP Lite terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun dari e-commerce terkemuka tanah air saat artikel ini dibuat (11/05/2020) adalah Rp 699.000. Melihat hasil Amazfit BIP Lite review, smartwatch ini sangat laik dipertimbangkan bagi konsumen yang membutuhkan smartwatch murah yang bisa diandalkan.

Anda dapat membeli atau cek promo Amazfit BIP Lite di Sini (Klik)

Spesifikasi Amazfit BIP Lite

  • Product Model: Amazfit BIP Lite
  • Compatible System: Android 4.4 atau lebih baru, iOS 9 atau lebih baru
  • Sensor: PPG biological tracking optical sensor, 3-axis acceleration sensor
  • Mode olahraga: Outdoor Running, Treadmill, Walking, dan Cycling
  • Aplikasi: Amazfit App
  • Screen Size: 1,28 inci 176 x 176 piksel, 326 piksel per inci, Always on Display
  • Screen Type: Reflective 8 Color TFT
  • On-cell capacitive touchscreen, Corning Gorilla Glass 3 tempered glass dengan anti-fingerprint coating
  • Bluetooth versi 4.1 BLE
  • Dia diameter 43mm
  • Kapasitas baterai: lithium polymer 200mAh
  • Manipulation Mode: touchscreen + button
  • Waterproof denga rating 3ATM
  • Dimensi 47.2 x 47.2 x 10.75 mm berat 32 gram
  • Warna Hitam

Anda mungkin suka:Review Eseed L5 Plus, Smartwatch Murah dengan Fitur Lengkap


Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :


Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!