IBX582004D475488 Review Asus ROG Zephyrus Duo 15 GX550: Idaman Gamer dan Kreator Konten Profesional
ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE GX551

Review Asus ROG Zephyrus Duo 15 GX550: Idaman Gamer dan Kreator Konten Profesional



Review Asus ROG Zephyrus Duo 15 GX550: Idaman Gamer dan Kreator Konten Profesional – Agustus 2020 lalu Asus telah mengumumkan jajaran laptop gaming ROG (Republic of Gamers) terbarunya di Indonesia. Salah satu seri yang cukup menarik perhatian Laptophia adalah Asus ROG Zephyrus Duo 15 GX550 karena mengusung konsep dua layar yang unik guna mendukung pengalaman gaming dan produktivitas. Semua orang mendambakan sebuah laptop yang sempurna. Meski demikian, mustahil untuk mendefinisikan sebuah laptop yang sempurna untuk semua orang karena masing-masing memiliki kebutuhan yang berbeda.

Gamer dan content creator profesional misalnya, mereka lebih membutuhkan laptop dengan performa yang kencang serta memiliki spesifikasi terbaik. Mereka juga cenderung lebih toleran terhadap bobot dan dimensi laptop karena mereka tahu laptop yang sangat tipis tidak akan bisa memenuhi kebutuhannya.

Review Asus ROG Zephyrus Duo 15 GX550: Idaman Gamer dan Kreator Konten Profesional


Selain performa, fitur di dalam laptop itu sendiri selalu menjadi pertimbangan yang serius. Gamer dan content creator tentu saja menginginkan layar berkualitas, konektivitas lengkap, dan sistem pendingin terbaik. Banyak gamer dan content cretor juga menggunakan layar tambahan ketika bermain atau bekerja. Hal tersebut dikarenakan layar ekstra membuat mereka lebih produktif. Gamer dapat bermain dengan nyaman sekaligus mengontrol aplikasi live stream-nya, sementara content creator dapat menempatkan antarmuka tambahan pada aplikasinya sehingga tidak perlu lagi mengakses banyak menu saat bekerja.

ASUS telah menyadari kebutuhan akan layar ekstra di berbagai skenario penggunaan. Sebelumnya, ASUS telah meluncurkan ZenBook Duo dan ZenBook Pro Duo yang ditargetkan khusus untuk para content creator. Dua laptop tersebut mendapat sambutan yang sangat baik, bahkan mereka yang bukan merupakan content creator pun merasa sangat terbantu dengan fitur layar ganda ScreenPad Plus yang ada di kedua laptop tersebut.

ScreenPad Plus berhasil membuat pengguna ZenBook Duo dan ZenBook Pro Duo lebih produktif di berbagai hal. Bagaimana jika konsep yang sama diterapkan di laptop gaming? Review ASUS ROG Zephyrus Duo 15 GX550 kali ini akan membuktikan bahwa laptop pertama di dunia yang hadi dengan layar ganda ROG ScreenPad Plus tak hanya cocok untuk gamer, tetapi juga kreator konten profesional.

Baca juga:Review Asus ROG Phone 3 ZS661KS, Smartphone Gaming Terbaik Idaman Gamer Sejati

Dua layar yang Inovatif

Review Asus ROG Zephyrus Duo 15 GX550: Idaman Gamer dan Kreator Konten Profesional


Sesuai dengan namanya, Asus ROG Zephyrus Duo 15 GX550 merupakan laptop gaming dan bagian dari keluarga Zephyrus, lini laptop gaming super ringkas dan premium dari ASUS ROG. Sementara kata "Duo" di laptop ini menandakan bahwa ia mengadopsi layar ganda. Meski demikian, cara kerja ROG ScreenPad Plus di ROG Zephyrus Duo 15 GX550 sangat berbeda dengan yang digunakan di ZenBook Duo atau ZenBook Pro Duo.

ROG ScreenPad Plus menggunakan mekanisme unik yang belum pernah ada sebelumnya. Saat ROG Zephyrus Duo 15 GX550 digunakan dan layarnya dibuka, layar kedua ROG ScreenPad Plus akan terangkat dari posisi tidurnya dan membentuk sudut 13 derajat. Mekanisme ini sangat berbeda dengan yang digunakan di ZenBook Duo dan ZenBook Pro Duo dimana keduanya bergantung pada mekanisme ErgoLift Hinge untuk mengangkat layar dan bodi utama laptopnya secara keseluruhan.

Mekanisme unik pada review Asus ROG Zephyrus Duo 15 GX550 kali ini diciptakan bukan tanpa alasan. Karena layar keduanya terangkat dan membentuk sudut 13 derajat terhadap bodi utama laptop ini, layar kedua tersebut menjadi lebih nyaman saat digunakan. Selain itu, ROG ScreenPad plus juga membantu mengoptimalkan sistem pendingin yang digunakan di ROG Zephyrus Duo 15 GX550 secara keseluruhan.

Karena saat digunakan posisi ROG ScreenPad Plus terangkat dan membentuk sudut 13 derajat terhadap bodi utamanya, layar kedua tersebut membuka ventilasi tambahan untuk sistem pendingin ROG Zephyrus Duo 15 GX550. Setidaknya dua alasan tersebut yang membuat ASUS berani menghadirkan fitur layar ganda di lini laptop gaming terbarunya kali ini, selain memang layar kedua ScreenPad Plus telah terbukti mampu membuat penggunanya lebih produktif dalam berbagai hal.

Keunggulan Asus ROG ScreenPad Plus

Review Asus ROG Zephyrus Duo 15 GX550: Idaman Gamer dan Kreator Konten Profesional


ROG ScreenPad Plus hadir pada review Asus ROG Zephyrus Duo 15 GX550 kali ini dengan fokus untuk penggunaan gaming dan content creation. Dalam hal gaming, ROG ScreenPad Plus tidak hanya sekadar tampil sebagai layar kedua bagi gamer. Ia juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang akan membuat para gamer dapat lebih menikmati game-nya.

Bekerjasama dengan developer game AAA, ASUS menghadirkan fitur integrasi game dengan ROG ScreenPad Plus. Game seperti Dying Light 2 yang dikembangkan oleh Techland kini dapat menampilkan chat, inventory, dan tampilan side quest di ROG ScreenPad Plus. Dengan integrasi tersebut, gamer akan tetap fokus pada gameplay di layar utama sambil melihat chat dan status inventory di layar kedua.

Selain bekerjasama dengan developer game, ASUS juga bekerjasama dengan pengembang aplikasi Overwolf sehingga aplikasi tersebut dapat diintegrasikan dengan ROG ScreenPad Plus. Overworlf merupakan aplikasi yang menghadirkan infrmasi tambahan ketika bermain game seperti informasi status dan rekomendasi item yang harus digunakan. Overwolf telah terintagrasi dengan berbagai game esport ternama seperti League of Legends, CS:GO, dan Fortnite. Selain game, aplikasi pendukung untuk laptop ROG seperti GPUTweak II dan Armoury Crate juga dapat diintegrasikan ke ROG ScreenPad Plus.

Sementara untuk para content creator, ROG ScreenPad Plus di Asus ROG Zephyrus Duo 15 GX550 memungkinkan mereka untuk mengintegrasikan tampilan aplikasi profesional sehingga bekreasi menjadi lebih mudah serta produktif. Aplikasi video editing seperti DaVinci Resolve 16 atau Adobe Premiere Pro CC dapat memanfaatkan ROG ScreenPad Plus untuk menempatkan antarmuka ekstra, seperti timeline atau media pool. Hal yang sama juga dapat dilakukan pada aplikasi photo editing seperti Adobe Photoshop CC, dimana pengguna dapat menempatkan antarmuka seperti color wheel, layer, color channel, histogram, dan lain-lain ke ROG ScreenPad Plus.

Baca juga:Review Asus Vivobook 14 A416, Laptop Semua Kalangan yang Ideal untuk Work From Home

Didukung dengan layar beresolusi tinggi, yaitu 4K UHD untuk layar utamanya dan 4K untuk ROG ScreenPad Plus, ROG Zephyrus Duo 15 GX550 akan sangat memanjakan para content creator apalagi saat ini content creator profesional juga dituntut untuk dapat bekerja secara mobile dan lebih fleksibel. Kedua layar Asus ROG Zephyrus Duo 15 GX550 juga memiliki color gamut 100% sRGB dan 100% Adobe RGB, serta telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display.

Port Konektivitas Lengkap

Review Asus ROG Zephyrus Duo 15 GX550: Idaman Gamer dan Kreator Konten Profesional

Review Asus ROG Zephyrus Duo 15 GX550: Idaman Gamer dan Kreator Konten Profesional

Review Asus ROG Zephyrus Duo 15 GX550: Idaman Gamer dan Kreator Konten Profesional


Meski memiliki bodi yang tergolong tipis, Asus ROG Zephyrus Duo 15 GX550 tetap hadir dengan port yang sangat lengkap. Tidak hanya USB Type-A dan Type-C, laptop ini tetap tampil dengan port HDMI, bahkan memiliki dua port audio 3.5mm serta ethernet. Dengan demikian, penggunanya dapat menghubungkan berbagai macam perangkat legacy sekaligus perangkat modern menggunakan laptop ini.

Asus ROG Zephyrus Duo 15 GX550 juga mengusung teknologi Thunderbolt 3 yang diintegrasikan ke dalam port USB Type-C. Kehadiran Thunderbolt-3 pada laptop ini memungkinkan pengguna profesional untuk menghubungkan berbagai perangkat mulai dari monitor 4K, perangkat penyimpanan data berkecepatan tinggi, bahkan hingga kartu grafis eksternal yang khusus dirancang untuk para content creator profesional seperti NVIDIA Quadro atau Radeon Pro.

Tidak hanya itu, port USB Type-C di Asus ROG Zephyrus Duo 15 GX550 juga mendukung fitur power delivery yang memungkinkan pengguna untuk mengisi ulang daya laptop ini menggunakan adapter charger USB Type-C yang jauh lebih ringkas. Dengan demikian, Asus ROG Zephyrus Duo 15 GX550 juga dapat digunakan sebagai laptop untuk menunjang kegiatan bekerja secara mobile, apalagi ROG Zephyrus Duo 15 GX550 sudah dilengkapi dengan WiFi 6 (802.11ax) yang merupakan modul WiFi generasi terbaru.

Performa Super Cepat untuk Gaming dan Konten Kreator

Review Asus ROG Zephyrus Duo 15 GX550: Idaman Gamer dan Kreator Konten Profesional


Asus ROG Zephyrus Duo 15 GX550 merupakan laptop gaming flagship dari ASUS untuk tahun 2020, tidak heran jika laptop gaming ini hadir dengan spesifikasi premium. Pada review Asus ROG Zephyrus Duo 15 GX550 kali ini, laptop ini ditenagai oleh prosesor hingga 10th Gen Intel Core i9-10980HK yang memiliki konfigurasi 8 core serta 16 thread. Dengan jumlah core serta thread yang melimpah tersebut, ROG Zephyrus Duo 15 GX550 sangat cocok untuk digunakan sebagai mesin untuk multitasking serta content creation. Tentu saja prosesor mobile terbaru dan terbaik dari Intel tersebut juga sangat bisa diandalkan untuk bermain game.

Dari sisi grafis juga menjadi keunggulan pada review Asus ROG Zephyrus Duo 15 GX550 dengan menggunakan GPU NVIDIA GeForce RTX 2080 SUPER terbaru. Chip grafis tersebut tidak hanya memiliki performa terbaik yang ada saat ini, tetapi juga dilengkapi dengan berbagai teknologi gragis terkini. Teknologi seperti real-time ray tracing dan NVIDIA DLSS 2.0 sudah dapat didukung oleh chip grafis ini. Teknologi tersebut tidak hanya berguna untuk gamer ketika bermain game, tetapi juga para content creator yang ingin memanfaatkan teknologi grafis tersebut untuk rendering juga dapat menggunakan ROG Zephyrus Duo 15 GX550.

Dari sisi penyimpanan dan memori, Asus ROG Zephyrus Duo 15 GX550 dilengkapi dengan penyimpanan menggunakan dua NVMe PCIe SSD sebesar 1TB. Kedua SSD tersebut juga dapat dikonfigurasikan secara RAID 0 untuk performa terbaik. Sementara untuk memori, ROG Zephyrus Duo 15 GX550 hadir dengan RAM DDR4 3200MHz sebesar 32GB yang dapat ditingkatkan kapasitasnya hingga 48GB.

Baca juga:Harga dan Spesifikasi Asus Zephyrus G14 GA401IVC ACRNM RMT01 Terbaru di Indonesia

Benchmark Asus ROG Zephyrus Duo 15 GX550

Bagaimana performa ROG Zephyrus Duo 15 GX550 secara keseluruhan? Berikut adalah hasil benchmark untuk varian tertinggi yang menggunakan prosesor Intel Core i9-10980HK dan GPU NVIDIA GeForce RTX 2080 SUPER:

Benchmark Sintetis








Benchmark Game





Solusi Pendinginan Andal




Untuk mendinginkan seluruh komponen hardware premium yang diadopsi, ROG Zephyrus Duo 15 GX550 hadir dengan sistem pendingin baru bernama Active Aerodynamic System (AAS) Plus. Sempat disebutkan sebelumnya bahwa sistem pendingin di pada review Asus ROG Zephyrus Duo 15 GX550 melibatkan mekanisme khusus ROG ScreenPad Plus, dimana layar kedua di laptop ini akan terangkat secara otomatis dan membentuk sudut 13 derajat.

Mekanisme tersebut menghasilkan rongga udara ekstra dan membuat dua kipas pendingin di ROG Zephyrus Duo 15 GX550 mendapatkan aliran udara tambahan sebesar 30% persen. Mekanisme AAS Plus ini juga membuat tingkat kebisingan dapat ditekan hingga ke angka di bawah 43dB pada mode performance.

Tentu saja mekanisme AAS Plus bukan satu-satunya upgrade pada sistem pendingin di ROG Zephyrus Duo 15 GX550. Bekerjasama dengan Thermal Grizzly, ASUS ROG menghadirkan liquid metal compound sebagai material penghantar panas di sistem pendingin Asus ROG Zephyrus Duo 15 GX550. Berkat liquid metal compound, performa pendinginan di ROG Zephyrus Duo 15 GX550 dapat ditingkatkan hingga 10 persen dibandingkan menggunakan thermal paste standar.

Baca juga:Asus ROG Zephyrus G15 GA502IV R9R6C6T, Laptop Gaming 20 Juta-an Paling Powerful dengan Layar 240Hz!

Kesimpulan Review Asus ROG Zephyrus Duo 15 GX550

Secara umum, Asus ROG Zephyrus Duo 15 GX550tak hanya cocok untuk gamer profesional, tetapi juga cocok untuk kreator konten dengan fitur lengkap dan kinerja kencang. Hal ini tak lepas dari performa tinggi yang idusungnya dan fitur inovatif untuk mendukung produktivitas yang tak diumiliki oleh para pesaingnya, seperti ROG ScreenPad Plus, NumberPad, dan layar 4K UHD dengan warna yang akurat.

Harga Asus ROG Zephyrus Duo 15 GX550

Anda dapat membeli Asus ROG Zephyrus Duo 15 GX550LXS I98SE8T dengan harga yang lebih murah di Sini (Klik)

Spesifikasi Asus ROG Zephyrus Duo 15 GX550

  • Layar IPS-Level LCD dengan LED backlight 15,6 inci resolusi 4K UHD 3840 x 2160 piksel, Anti-Glare Panel dengan 132,7% sRGB color gamut, 100% Adobe RGB color gamut, PANTONE Validated, G-Sync, Asus Splendid
  • ROG ScreenPad Plus layar sentuh IPS-Level kapasitif 14,1 inch 4K Ultra HD 3840 x 1100 piksel, 178˚ wide-view technology
  • Prosesor Intel Core i9-10980HK octa-core (16 thread) 2,4GHz TurboBoost hingga 5,3GHz
  • Prosesor Intel Core i7-10875H octa-core (16 thread) 2,3GHz TurboBoost hingga 5,1GHz
  • Chipset Intel HM470
  • Grafis Nvidia GeForce RTX 2080 Super Max-Q Design with ROG Boost VRAM 8GB GDDR6 (Core i9)
  • Grafis Nvidia GeForce RTX 2070 Super Max-Q Design with ROG Boost VRAM 8GB GDDR6 (Core i7)
  • Memori RAM 32GB DDR4 3200MHz dual-channel, upgradeable to 48GB
  • Storage SSD 1TB + 1TB M.2 NVMe PCIe 3.0 x4 HyperDrive (RAID 0)
  • Konektivitas Wifi 6 Intel 802.11AX (2x2), Gb LAN, Bluetooth 5.1, Port USB 3.2 Gen1, Port USB 3.2 Gen2, Port USB 3.2 Gen2 Type-C (support Thunderbolt 3.0, DisplayPort dan Power Delivery), Port HDMI, port combo audio
  • Aura RGB Chiclet Per-key RGB lighting, AAS Aura Sync Lighting, VR Ready
  • 1080p 60fps external webcam
  • Dual stereo 2 x 4W speaker dengan ESS Sabre DAC Hi-Res Audio, teknologi Smart AMP dan ASUS Sonic Master Technology
  • Baterai 90WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion Battery
  • Sistem Operasi Microsoft Windows 10 Home x64
  • Dimensi 36.0 x 26.8 x 2.09 ~ 2.09 cm berat 2,48Kg
  • Warna Gray
  • Sertifikat UL, TUV, CE Marking Compliance, FCC Compliance, BSMI, Australia C-TICK / NZ A-Tick Compliance, CCC, GOST-R, CB, Energy star, WEEE, RoHS
*Featured review by Asus Indonesia, disunting dan disesuaikan oleh tim Laptophia

Anda mungkin suka:Review Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue, Fitur Lengkap dan Powerful!


Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :


Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!