eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Tecno Spark 20, Smartphone Sejutaan dengan Fitur Lengkap

Review Tecno Spark 20, Smartphone Sejutaan dengan Fitur Lengkap - Tecno Indonesia telah meluncurkan seri Spark 20 series yang terdiri dari Spark 20C, Spark 20, Spark 20 Pro, dan Spark 20 Pro+ di pasar Indonesia. Salah satu ciri khas Spark 20 series ini adalah dibekali dengan fitur speaker stereo yang didukung DTS Audio di semua variannya. Ini menarik mengingat fitur speaker stereo biasanya hanya dijumpai di segmen menengah. Kali ini Laptophia berkesempatan mengulas varian regular alias Tecno Spark 20.

Tecno Spark 20 ini ditenagai SoC MediaTek Helio G85 octa-core ditandemkan RAM 8GB yang memadai untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari dan juga sosial media. Smartphone ini juga dibekali dengan layar sentuh berukuran 6,6 inci HD+ dengan refresh rate 90Hz yang smooth. Tecno juga membekali smartphone ini dengan fitur NFC, serta baterai berkapasitas 5000mAh lengkap dengan fast charge 18W, penasaran? Simak review Tecno Spark 20 oleh tim Laptophia kali ini!

Review Tecno Spark 20, Smartphone Sejutaan dengan Fitur Lengkap


Paket Pembelian Tecno Spark 20

Paket Pembelian Tecno Spark 20

  • Unit Tecno Spark 20 Cyber White
  • Kabel USB Type-C
  • SIM card ejector
  • User guide
  • Kartu garansi
  • Charger 18W
  • Silicon case

Desain Tecno Spark 20

Desain Tecno Spark 20

Desain Tecno Spark 20

Sektor desain bisa menjadi daya tarik tersendiri dari smartphone Tecno Spark 20 ini menurut tim Laptophia. Smartphone murah andalan Tecno ini memang hadir dengan desain stylish dengan bentuk housing kamera yang sama dengan Spark 10C NFC yang Laptophia ulas lebih dulu. Dekorasi kamera ala boba yang diusung Spark 20 ini sekilas memang mirip dengan desain dekorasi kamera Apple iPhone. Area dekorasi dan cincin kamera dilengkapi dengan list krom yang membuatnya terkesan mewah.

Sementara casing belakang Tecno Spark 20 varian Cyber White yang Laptophia gunakan ini tampak cukup menarik karena tak hanya sekadar tampak warna putih, tetapi mampu menampilkan gradasi warna dinamis sesuai dengan pantulan cahaya sekitar. Permukaan casingnya memiliki tekstur unik yang membuatnya tidak licin dan tidak meninggalkan bekas sidik jari. 

Build quality Tecno Spark 20 ini cukup soid dan tak terkesan murahan sebagai sebuah smartphone dengan harga sejutaan. Casing belakang dan frame-nya yang flat terbuat dari bahan polikarbonat alias plastik yang terasa kokoh. Tak hanya itu, smartphone urah andalan Tecno ini juga memiliki kemampuan tahan cipratan air dan debu dengan sertifikat IP53.

Desain Tecno Spark 20

Desain Tecno Spark 20

Desain Tecno Spark 20

Desain Tecno Spark 20

Baca juga:Review Itel P55 5G, Smartphone 5G Sejutaan Terkencang!

Sisi depan smartphone Tecno Spark 20 terdapat lubang kamera depan, proximity sensor, light sensor, earpiece, layar IPS HD+ berukuran 6,6 inci dengan refresh rate 90Hz. Tak disebutkan adanya proteksi antigores seperti Gorilla Glass dan sejenisnya di smartphone ini, tetapi layarnya sudah terpasang screenguard dari pabriknya. Laptophia merekomendasikan pemasangan tempered glass untuk melindungi layar dari goresan atau benturan.

Tombol power yang terintegrasi dengan sensor sidik jari dan volume rocker ditempatkan di sisi kanan ponsel Tecno Spark 20 ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tray simcard yang berjenis triple-slot. Sisi atas ponsel dengan kamera 50MP bertenaga Helio G85 andalan Tecno ini terdapat lubang speaker.

Sedangkan bagian belakang ponsel Tecno Spark 20 ini terdapat dua buah kamera yang tersusun dengan dekorasi ala boba, LED flash, dan logo Tecno Spark. Merek asal Tiongkok yang baru saja meluncurkan seri Spark 20 Pro+ ini menempatkan port audio 3,5mm, port USB Type-C, lubang speaker, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Software Tecno Spark 20

Software Tecno Spark 20

Sisi perangkat lunak, Tecno Spark 20 ini menggunakan sistem operasi Android 13 dengan balutan antarmuka HiOS 13. Selama dua minggu proses review, Laptophia telah mendapat beberapa kali update melalui OTA. Sayangnya, tak ada informasi apakah Spark 20 ini akan mendapat upgrade ke Android 14 atau tidak. Belum ada informasi yang jelas mengenai dukungan updtae smartphone ini.

Tampilan antarmuka Tecno Spark 20 cukup rapi dan clean jika dibandingkan dengan saudaranya sepetrti Itel atau Infinix. Antarmukanya terdiri dari Lockscreen, Homescreen, dan App Drawer yang dapat diakses dengan cara swipe up. Opsi kostumisasi yang disediakan di HiOS 13 pada Spark 20 kali ini cukup lengkap dan pengguna dapat mengganti theme, wallpaper, widget, page effect, fonts, ukuran icon, dan banyak lagi.

Apakah HiOS Menampilkan Iklan?

Hal yang menarik dari HiOS 13 ini adalah relatif minim iklan. Selama tiga minggu menggunakan smartphone ini, Laptophia tidak menemui iklan yang mengganggu. Hanya aja, spam notifikasi dari aplikasi bawaan memang masih ada.

Fitur yang diusung oleh Tecno Spark 20 ini cukup lengkap, antara lain Ultra Power Saving mode, Dynamic Port, Lightning Multi-Window, Ella, Kids Mode, Smart Panel, Social Turbo, Game Mode, i-Smart, Video Assistant, Mobile Clone, Peek Proof, Micro Intelligence, Phone Master, App Twin, Freezer, Phone Master, dan banyak lagi.

Software Tecno Spark 20


Social Turbo adalah salah satu favorit tim Laptophia di smartphone besutan Transsion Group, termasuk Tecno Spark 20 ini. Fitur Social Turbo sangat berguna bagi yang sering menggunakan sosial media dan WhatsApp. Di dalamnya terdapat fungsi unik seperti Video retouching, Voice recorder (untuk merekam panggilan WhatsApp), Peek Mode, Sticker Maker, dan membersihkan file sampah dari WhatsApp.

Aplikasi bawaan atau bloatware pada review Tecno Spark 20 tidak terlalu banyak dan sebagian dapat dihapus jika tidak diperlukan. Aplikasi pre-installed di smartphone sejutaan ini antara lain adalah Google Apps, aplikasi proprietary Tecno, AHA Games, Block Blast!, Carlcare, Etalase Apps, Facebook, Hi Browser, My Health, Palm Store, Shopee, Visha Player, T-Spot, TikTok, WOW FM, dan beberapa aplikasi lainnya.

Secara umum, HiOS 13 yang digunakan oleh Tecno Spark 20 ini menawarkan antarmuka yang cukup nyaman, fitur lengkap, dan bebas dari iklan yang mengganggu. Sayangnya, Tecno tidak menawarkan dukungan update yang memadai.

Performa Tecno Spark 20

Performa Tecno Spark 20

Kinerja smartphone Tecno Spark 20 ini bisa dikatakan standar dan tak jauh berbeda jika dibandingkan pesaingnya dengan dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G85 yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 berkecepatan 2GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 1,8GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 8GB LPDDR4x, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G52 2EEMC2 1GHz.

MediaTek Helio G85 yang digunakan Spark 20 ini memang merupakan SoC 'sejuta umat' yang sudah cukup tua. Meski umurnya sudah 4 tahun, Helio G85 ini masih cukup memadai untuk kebutuhan komunikasi sehar-hari dan gaming kasual. Berdasarkan benchmark yang Laptophia lakukan, Helio G85 yang digunakan Tecno Spark 20 ini mencetak skor 273 ribuan di AnTuTu v10.

Selama hampir tiga minggu menggunakan Tecno Spark 20, performanya untuk komunikasi dan sosial media masih cukup nyaman. Laptophia menggunakan Spark 20 ini untuk menjalankan aplikasi sosial media seperti Facebook, Twitter, WhatsApp, editor foto Snapseed, dan bahkan mengedit video ringan menggunakan CapCut masih cukup oke. Buka tutup aplikasi dan perpindahan menu terasa gegas dan jarang lag.

Baca juga:Review Realme C67: Smartphone Terjangkau yang Stylish dengan Kamera 108MP

Apakah Tecno Spark 20 ini bisa digunakan untuk bermain game? Jawabannya adalah bisa. Beberapa game mainstream seperti Mobile Legends: Bang Bang atau Free Fire masih dapat dimainkan dengan lancar. Sedangkan game lebih berat seperti COD Mobile dan PUBG Mobile, masih cukup lancar dengan setting grafis yang disesuaikan.

Sedangkan game berat seperti Genshin Impact, mungkin tidak direkomendasikan. Selama menggunakan Tecno Spark 20, panas yang dihasilkan relatif terkendali dan tidak ada tanda-tanda overheat. Penasaran? Berikut hasil benchmark Tecno Spark 20 oleh tim Laptophia.

Benchmark Tecno Spark 20

Benchmark Tecno Spark 20
Device Info HW

Benchmark Tecno Spark 20
Geekbench 6

Benchmark Tecno Spark 20
AnTuTu v10

Benchmark Tecno Spark 20
PCMark

Benchmark Tecno Spark 20
3DMark

Benchmark Tecno Spark 20
Basemark OS II

Benchmark Tecno Spark 20
Storage Test

Benchmark Tecno Spark 20
Multitouch Tester dan Sensor

Review Kamera Tecno Spark 20

Review Kamera Tecno Spark 20

Sektor fotografi, Tecno Spark 20 ini cukup bersaing di segmen sejutaan dengan dukungan dua buah kamera belakang. Kamera utamanya berkekuatan 50 megapiksel dengan lensa aperture f/1.9 yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel yang didukung fitur phase-detection autofokus, dan dual LED flash.

Sedangkan kamera kedua berkekuatan QVGA sebagai depth sensor dan AI Lens. Kombinasi dua kamera belakang ponsel pintar ini mampu menghasilkan portrait atau efek bokeh melalui mode portrait. Tecno juga membekali kameranya dengan fitur AI.

Kamera depan Tecno Spark 20 cukup kompeten di kelasnya dengan dukungan dengan dukungan resolusi 32 megapiksel dengan sensor BSI CMOS yang ditandemkan lensa aperture f/2.2 fixed focus lengkap dengan dual LED Flash guna memuaskan hasrat foto selfie atau melakukan video call. Kamera depan maupun belakang smartphone andalan Tecno ini dapat merekam video hingga resolusi full HD 2K @30fps.

Review Kamera Tecno Spark 20

Tecno Spark 20 dibekali aplikasi kamera bawaan yang cuku mudah digunakan. Laptophia dapat mengakses pengaturan, filter, aspek rasio, Mode 50M, LED flash, dan Settings melalui deretan ikon pada bagian atas. Sedangkan pada bagian bawah terdapat shortcut Gallery, tombol shutter, tombol switch kamera, dan Google Lens. Bagian bawah terdapat beberapa mode yang dapat dipilih dengan cara swipe ke kanan atau ke kiri (rolodex). Pada viewfinder-nya terdapat tombol untuk memilih mode 1x (wide) dan 2x (digital zoom).

Beberapa mode yang disediakan kamera Tecno Spark 20 antara lain Short Video, Slow Motion, Video, AI Cam, Portrait, Super Night, AR Shot, Panorama, Beauty, Documents, Time Lapse, dan Pro. Pada Mode Pro, kita bisa atur parameter teknis seperti White Balance, EV, ISO (100 hingga 6400), Shutter Speed (1/1500s hingga 30s), fokus distance, dan Metering Exposure.

Review Kamera Tecno Spark 20

Lalu sehebat apakah kemampuan kamera smartphone Tecno Spark 20 ini? Selama hampir tiga minggu, Laptophia menggunakan smartphone ini untuk memotret dan merekam video. Namun, performa autofokusnya kadang terasa kurang gegas dan kadang terjadi shutter lag. Meski tidak terlalu sering, ini agak mengganggu saat membutuhkan performa kamera cepat untuk mengabadikan momen.

Saat siang hari dengan kondisi cahaya melimpah, kamera utama Spark 20 in ternyata sangat bisa diandalkan. Smartphone sejutaan ini mampu menghasilkan foto siang hari dengan tingkat detail yang tinggi untuk harga sejutaan, kontras yang pas, dan white balance yang seringnya akurat. Karakter warnanya memang cenderung natural, tetapi agak warm.

Berdasarkan pengamatan Laptophia, performa dynamic range masih kurang konsisten. Beberapa foto tampak dynamic range cukup wide dan bayangan mampu 'dikeluarkan' detailnya. Namun, sebagian tampak menghasilkan bayangan yang sangat gelap. Selama menjajal kamera Spark 20 ini, Laptophia selalu menggunakan setting HDR auto.

Sedangkan untuk foto mode portrait, kualitas yang dihasilkan kamera Tecno Spark 20 bisa dikatakan di atas rata-rata untuk segmen sejutaan. Foto portrait-nya mampu menampilkan separasi yang rapi, detail tinggi, dan dynamic range yang oke ketika cahaya memadai.

Bagi penggemar foto macro menggunakan smartphone, kamera Spark 20 ini sedikit menguji kesabaran. Performa autofokus-mnya kadang agak lambat dan kadang kurang akurat. Hasil foto macro-nya sendiri sebenarnya tidak mengecewakan karena detailnya mantap dan warnanya natural.

Sedangkan saat malam hari atau kondisi low-light, performa kamera utama Tecno Spark 20 ini cukup baik untuk segmen sejutaan. Kecepatan autofokusnya memang mengalami penurunan, tetapi masih bisa dimaklumi. Tangan kita harus benar-benar steady agar foto yang dihasilkan tidak blurr.

Foto malam hari yang Laptophia jepret menggunakan kamera utama Spark 20 ini mampu menghasilkan saturasi warna yang baik dan detail yang masih memadai. Noise tampak cukup terlihat mengganggu, tetapi ini bisa dimaklumi dan smartphone lain dengan harga sejutaan juga mengalami hal yang sama.

Baca juga:Review Samsung Galaxy A15 5G: Upgrade Signifikan dengan Desain Mewah

Hal yang mengejutkan Laptophia adalah Mode Super Night yang dimiliki kamera Spark 20 ini, ternyata memberikan peningkatan kualitas yang signifikan. Mode ini tak hanya membuat foto malam lebih terang, tetapi warna lebih punchy, dynamic range yang lebih wide, dan peningkatan detail. Sayangnya, kadang foto terlihat jadi kurang alami.

Kamera depan Tecno Spark 20 yang berkekuatan 32MP ini memang di atas rata-rata dan bisa diandalkan di segala kondisi cahaya. Foto selfie-nya tampak detail, tone warna yang mendekati aslinya, dan dynamic range yang wide. Mode portrait kamera depan juga sangat memuaskan dengan separasi yang rapi dan tampak cukup natural.

Sedangkan untuk perekaman video, kamera depan maupun belakang dari seri Spark 20 dapat merekam video hingga 2K @30fps. Kualitasnya bisa dikatakan biasa saja dan tidak tersedia fitur peredam guncangan atau EIS.

Hasil Foto Kamera Tecno Spark 20

Hasil Foto Kamera Tecno Spark 20

Hasil Foto Kamera Tecno Spark 20

Hasil Foto Kamera Tecno Spark 20

Hasil Foto Kamera Tecno Spark 20

Hasil Foto Kamera Tecno Spark 20

Hasil Foto Kamera Tecno Spark 20

Foto siang hari

Hasil Foto Kamera Tecno Spark 20

Hasil Foto Kamera Tecno Spark 20

Foto mode portrait

Hasil Foto Kamera Tecno Spark 20

Hasil Foto Kamera Tecno Spark 20

Hasil Foto Kamera Tecno Spark 20

Hasil Foto Kamera Tecno Spark 20

Hasil Foto Kamera Tecno Spark 20

Foto macro

Hasil Foto Kamera Tecno Spark 20

Hasil Foto Kamera Tecno Spark 20

Hasil Foto Kamera Tecno Spark 20

Hasil Foto Kamera Tecno Spark 20

Hasil Foto Kamera Tecno Spark 20

Foto malam hari

Hasil Foto Kamera Tecno Spark 20
Night mode off

Hasil Foto Kamera Tecno Spark 20
Night mode on

Hasil Foto Kamera Tecno Spark 20

Hasil Foto Kamera Tecno Spark 20

Hasil Foto Kamera Tecno Spark 20

Foto malam hari dengan LED Flash

Hasil Foto Kamera Depan Tecno Spark 20

Hasil Foto Kamera Depan Tecno Spark 20

Hasil Foto Kamera Depan Tecno Spark 20

Hasil Foto Kamera Depan Tecno Spark 20

Foto selfie

Hasil Foto Kamera Depan Tecno Spark 20

Hasil Foto Kamera Depan Tecno Spark 20

Hasil Foto Kamera Depan Tecno Spark 20

Foto selfie mode portrait

Hasil Rekaman Video Tecno Spark 20



Review Tecno Spark 20

Review Tecno Spark 20


Layar

Tecno Spark 20 dibekali layar sentuh punch hole berukuran 6,6 inci dengan panel IPS dengan resolusi HD+. Kualitas layarnya tergolong baik dan mampu menghasilkan warna yang vibrant, tajam, dan kontras yang baik. Respon touchscreen juga gegas dan bisa diandalkan untuk bermain game, serta viewing angle-nya luas.

Tecno mengklaim layar Spark 20 mampu menghasilkan kecerahan puncak mencapai 500 nits dan ini bukan isapan jempol. Layar smartphone sejutaan ini dapat digunakan di luar ruangan dengan performa di atas rata-rata di segmennya, meski masih bukan yang terbaik. Selain itu, refresh rate layarnya juga sudah 90Hz, sehingga pengalaman gaming dan scrolling terasa lebih smooth.

Audio

Salah satu kelebihan Tecno Spark 20 yang tak dimiliki pesaing terdekatnya adalah dilengkapi dengan dua buah speaker stereo yang didukung fitur DTS Audio. Kedua speakernya mampu menghasilkan suara yang cukup nyaring, balance, dan tidak pecah ketika volume diset mendekati maksimal.

Kualitas suara yang dihasilkan speaker stereo Tecno Spark 20 ini cukup jernih dan menawarkan tingkat detail yang cukup baik. Sayangnya, bass memang cukup tipis dan terdengar kurang bertenaga. Ini dapat dimaklum mengingat harganya terjangkau. Setidaknya, pengguna dapat menikmati sensasi stereo yang imersif dan tidak dirasakan di speaker mono.

Baca juga:Review ZTE Blade V50 Design: Smartphone Kencang, Stylish, dan Harga Terjangkau!

Memori

Review Tecno Spark 20

Smartphone sejutaan dengan fitur lengkap Tecno Spark 20 tersedia dalam satu varian saja, yakni RAM 8GB dan memori internal 256GB eMMC 5.1. Unit yang Laptophia ulas ini menyisakan memori internal sekitar 213,6GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 4,6 GB – 4,8 GB. Smartphone andalan Tecno ini telah mendukung fitur USB OTG melalui port USB Type-C yang diusungnya, serta dilengkapi dengan slot microSD (dedicated slot).

Fitur

Smartphone Tecno Spark 20 dilengkapi dengan fitur keamanan sensor sidik jari yang terintegrasi dengan tombol power. Saat Laptophia menjajalnya, performa sensor sidik jari di smartphone sejutaan ini dapat diandalkan. Jarang terjadi error atau masalah pendeteksian sidik jari. 

Spark 20 ini juga dilengkapi dengan fitur NFC yang bermanfaat untuk transaksi digital, pairing dengan perangkat eksternal, top up atau cek saldo e-money, dan sebagainya. Selain itu, smartphone andalan Tecno ini sudah mendukung sertifikasi widevine L1 yang artinya pengguna dapat menikmati streaming konten dengan resolusi HD.

Baterai

Daya tahan baterai pada review Tecno Spark 20 kali ini tak jauh berbeda dari pesaingnya yang Laptophia ulas lebih dulu, seperti Vivo Y17s, Xiaomi Redmi 13C atau Samsung Galaxy A05. Smartphone sejutaan andalan Tecno ini dibekali dengan baterai berkapasitas standar, yakni 5000mAh. 

Smartphone ini dibekali fitur fast charge 18W dan butuh waktu 1,5 jam lebih untuk mengisi daya Spark 20 dari 6% hingga penuh dengan charger bawaan. Selama seminggu lebih menggunakan Tecno Spark 20, rata-rata smartphone ini dapat dengan mudah bertahan hingga 1,5 hari dengan penggunaan moderat. Penggunaan yang lebih berat atau lebih intensif mungkin membuat daya baterai Tecno Spark 20 lebih singkat. 

Kesimpulan

Secara umum, Tecno Spark 20 ini merupakan salah satu smartphone sejutaan yang layak dipertimbangkan dengan fitur yang lengkap di kelasnya, memori internal besar, dan desain yang cukup menarik. Kinerjanya tergolong standar dengan Helio G85 dan RAM 8GB, tetapi sudah memadai untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari.

Kelebihan Tecno Spark 20

  • Desain stylish, build quality solid
  • Fitur lengkap (speaker stereo, NFC, dll)
  • Kamera bisa diandalkan
  • Minim iklan

Kekurangan Tecno Spark 20

  • Dukungan update tidak jelas
  • Desain tidak terlalu original

Harga Tecno Spark 20

Harga smartphone Tecno Spark 20 RAM 8GB ROM 256GB terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun saat artikel ini dibuat adalah Rp 1.699.000. Berdasarkan hasil review Tecno Spark 20 di atas, smartphone ini menawarkan fitur yang sangat lengkap dan layak dipertimbangkan.

Anda dapat cek harga dan promo terbaru smartphone Tecno Spark 20 di Shopee (Klik) atau di BliBli (Klik)

Spesifikasi Tecno Spark 20

  • Sistem Operasi Android 13 dengan antarmuka HiOS 13
  • Chipset MediaTek Helio G85 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 2GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 1,8GHz
  • Grafis Mali-G52 2EEMC2 1GHz
  • Dual kamera dengan kamera utama belakang 50 megapiksel, sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel, phase-detection autofokus, lensa aperture f/1.8 dilengkapi Dual LED flash, AI + kamera QVGA AI camera
  • Kamera depan 32 megapiksel lensa aperture f/2.0 fixed focus, sensor BSI CMOS, Dual LED Flash
  • Layar sentuh 6,6 inci 2.5D, dengan resolusi HD+ 1612 x 720 pixels, kerapatan 267 ppi (pixel per inch), 500 nits, refresh rate 90Hz, 16 juta warna, panel IPS LCD
  • Memori RAM 8GB, ROM 256GB eMMC 5.1 dilengkapi slot microSD maksimal 2TB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, USB OTG, fingerprint sensor (side mounted), NFC
  • Speaker stereo dengan DTS Audio
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 163.7 x 75.6 x 8.5 mm dengan berat 185 gram
  • Baterai 5000mAh non-removable, fast charge 18W
  • Warna Gravity Black, Cyber White, dan Magic Skin

*review ini menggunakan unit yang dibeli sendiri oleh tim Laptophia, bukan sponsor/seeding

Anda mungkin suka:Review Asus ROG Zephyrus G14 GA403UV, Laptop Terbaik untuk Gamer dan Kreator Konten
4 komentar

4 komentar

  • Anonim
    Anonim
    27 Mei 2024 pukul 00.15
    Ini lumayan oke ya... Coba review yang Spark 20 Pro+ Bang... Lagi rame itu
    • Anonim
      Ditya Pandu
      10 Juni 2024 pukul 10.44
      Belum ada dana buat beli dan nggak ada yang minjemin wkwkw
    Reply
  • Tya Swan
    Tya Swan
    26 Mei 2024 pukul 19.27
    Overall, kamera lumayan oke harga segini. Desainnya aja sih ngikut arus. Padahal tecno bisa lho bikin desain keren 😎
    • Tya Swan
      Ditya Pandu
      10 Juni 2024 pukul 10.45
      Bener. Tecno kalau niat, bisa kok bikin desain hape yang cakep... Seri Camon tuh cakep2
    Reply