eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Menjajal Tecno Spark 20, Kesan Pertama Begitu Menggoda...

Menjajal Tecno Spark 20, Kesan Pertama Begitu Menggoda... - Tecno Spark 20 adalah salah satu dari empat varian lini smartphone Spark 20 series besutan Tecno. Keluarga Spark 20 series ini memiliki ciri khas, yakni hadirnya fitur speaker stereo dengan dukungan DTS Audio mulai dari varian yang termurah hingga yang termahal. Tim Laptophia sendiri cukup penasaran dan memutuskan untuk membeli salah satu varian dari keluarga Spark 20 series ini, yakni Tecno Spark 20.

Sebagai sebuah smartphone harga sejutaan, Tecno Spark 20 memang dibekali dengan dapur pacu yang tak jauh dari pesaingnya, yakni SoC MediaTek Helio G85 octa-core yang ditandemkan RAM 8GB. Meski demikian, kelengkapan fitur menjadi daya tarik utamanya dengan dukungan fitur speaker stereo, NFC, dan sebagainya yang merupakan kombinasi langka di segmen sejutaan. Berikut ini kesan Laptophia setelah tiga hari menggunakan Tecno Spark 20. Ternyata cukup menggoda...

Menjajal Tecno Spark 20, Kesan Pertama Begitu Menggoda...


Paket Penjualan Tecno Spark 20

Paket Penjualan Tecno Spark 20

  • Unit Tecno Spark 20 Cyber White
  • Kabel USB Type-C
  • SIM card ejector
  • User guide
  • Kartu garansi
  • Charger 18W
  • Silicon case

Hands On Tecno Spark 20

Hands On Tecno Spark 20

Meski tidak setenar Infinix, Tecno yang juga merupakan salah satu brand smartphone besutan Transsion tetap konsisten merilis produk smartphone andalan mereka. Sebelumnya Laptophia pernah mengulas seri Tecno Spark 10C NFC dan hasilnya mengesankan untuk segmen harganya. Berangkat dari kesan tersebut, Laptophia pensaran dengan lini Spark 20 series. Awalnya ingin menjajal seri Tecno Spark 20 Pro+, tetapi budget yang terbatas membuat kami memilih Tecno Spark 20 reguler.

Tiga hari setelah pemesanan, unit Tecno Spark 20 mendarat dengan selamat di markas Laptophia. Ritual unboxing pun dilakukan untuk mengetahui apa saja yang ada dalam paket pembeliannya dan mengecek kondisi unitnya. Ternyata paket penjualan Tecno Spark 20 cukup lengkap, serta masih menyertakan charger yang mendukung fast charge 18W.

Penampilan atau desain fisik Tecno Spark 20 ini terkesan mewah dan menarik dengan dekorasi kamera ala boba yang sekilas mirip dengan Apple iPhone. Ada tiga varian warna yang tersedia dan unit yang Laptophia terima adalah varian Cyber White. Meski mengusung nama 'Cyber White', casing ponsel ini tidak benar-benar putih, melainkan bergradasi dinamis dengan sentuhan warna biru, orange, dan merah sesuai pantulan cahaya.

Baca juga:Review Realme Buds 2 Neo, Kualitas Suara Nggak Murahan

Sisi depan smartphone Tecno Spark 20 terdapat lubang kamera depan, proximity sensor, light sensor, earpiece, layar IPS HD+ berukuran 6,6 inci dengan refresh rate 90Hz. Tak disebutkan adanya proteksi antigores seperti Gorilla Glass dan sejenisnya di smartphone ini, tetapi layarnya sudah terpasang screenguard dari pabriknya. Laptophia merekomendasikan pemasangan tempered glass untuk melindungi layar dari goresan atau benturan.

Tombol power yang terintegrasi dengan sensor sidik jari dan volume rocker ditempatkan di sisi kanan ponsel Tecno Spark 20 ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tray simcard yang berjenis triple-slot. Sisi atas ponsel dengan kamera 50MP bertenaga Helio G85 andalan Tecno ini terdapat lubang speaker.

Sedangkan bagian belakang ponsel Tecno Spark 20 ini terdapat dua buah kamera yang tersusun dengan dekorasi ala boba, LED flash, dan logo Tecno Spark. Merek asal Tiongkok yang baru saja meluncurkan seri Spark 20 Pro+ ini menempatkan port audio 3,5mm, port USB Type-C, lubang speaker, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Kesan Pertama Tecno Spark 20, Menggoda...

Kesan Pertama Tecno Spark 20, Menggoda...

Meski desain dekorasi kameranya bisa dikatakan tidak original, penampilan Tecno Spark 20 ini tetap stylish dan terkesan mewah. Area sekitar dekorasi kamera dan cincin kameranya dilengkapi dengan list krom. Sementara permukaan casing belakangnya dilengkapi tekstur unik yang dipadukan dengan finishing matte, sehingga tidak terasa licin dan tidak meninggalkan bekas sidik jari.

Layar Tecno Spark 20 ini resolusinya memang cuma HD+, tetapi kualitasnya cukup baik. Warna yang dihasilkan masih cukup vivid dan memadai untuk menikmati konten multimedia. Respons touchscreen juga cukup gegas untuk penggunaan sehari-hari. Saat digunakan di luar ruangan, layar Tecno Spark 20 masih lumayan bisa digunakan.

Performa smartphone andalan Tecno ini terkesan standar saja di segmen sejutaan. Selama tiga hari terakhir, Laptophia menggunakan smartphone ini sebagai perangkat kedua. Dukungan SoC 'sejuta umat' Helio G85 yang ditandemkan RAM 8GB sudah sangat memadai untuk kebutuhan sosial media, komunikasi sehari-hari, dan juga gaming kasual. Hasil benchmark AnTuTu-nya pun cukup memuaskan, yakni di angka 273 ribu-an.

Sedangkan kamera Tecno Spark 20 ini ternyata mampu menghasilkan foto yang bisa dikatakan sedikit di atas rata-rata smartphone dengan harga sejutaan. Karakter fotonya memang cenderung warm dan dynamic range masih perlu ditingkatkan. Saat kondisi low-light, kamera Spark 20 masih memadai untuk harga sejutaan. 

Penasaran? Tunggu review lengkap Tecno Spark 20 di Laptophia!

Sampel Foto Kamera Tecno Spark 20

Sampel Foto Kamera Tecno Spark 20

Sampel Foto Kamera Tecno Spark 20

Sampel Foto Kamera Tecno Spark 20

Sampel Foto Kamera Tecno Spark 20

Sampel Foto Kamera Tecno Spark 20

Review Tecno Spark 20

Harga Tecno Spark 20

Harga smartphone Tecno Spark 20 RAM 8GB ROM 256GB terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 1.699.000. Impresi awal, smartphone andalan Tecno ini begitu menggoda untuk segmen sejutaan. Fiturnya sangat lengkap dan kameranya pun tak mengecewakan.

Anda dapat cek harga dan promo terbaru smartphone Tecno Spark 20 di Shopee (Klik) atau di BliBli (Klik)

Spesifikasi Tecno Spark 20

  • Sistem Operasi Android 13 dengan antarmuka HiOS 13
  • Chipset MediaTek Helio G85 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 2GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 1,8GHz
  • Grafis Mali-G52 2EEMC2 1GHz
  • Dual kamera dengan kamera utama belakang 50 megapiksel, sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel, phase-detection autofokus, lensa aperture f/1.8 dilengkapi Dual LED flash, AI + kamera QVGA AI camera
  • Kamera depan 32 megapiksel lensa aperture f/2.0 fixed focus, sensor BSI CMOS, Dual LED Flash
  • Layar sentuh 6,6 inci 2.5D, dengan resolusi HD+ 1612 x 720 pixels, kerapatan 267 ppi (pixel per inch), 500 nits, refresh rate 90Hz, 16 juta warna, panel IPS LCD
  • Memori RAM 8GB, ROM 256GB eMMC 5.1 dilengkapi slot microSD maksimal 2TB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, USB OTG, fingerprint sensor (side mounted), NFC
  • Speaker stereo dengan DTS Audio
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 163.7 x 75.6 x 8.5 mm dengan berat 185 gram
  • Baterai 5000mAh non-removable, fast charge 18W
  • Warna Gravity Black, Cyber White, dan Magic Skin
Anda mungkin suka:Review ZTE Blade V40s: Layar AMOLED Termurah, Masih Layak Dipertimbangkan di 2024?
Posting Komentar

Posting Komentar