eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Realme Buds 2 Neo, Kualitas Suara Nggak Murahan

Review Realme Buds 2 Neo, Kualitas Suara Nggak Murahan - Saat ini headset True Wireless Stereo (TWS) memang sudah menjadi primadona penikmat musik tanah air. Namun, headset berkabel masih memiliki penggemar tersendiri. Realme Buds 2 Neo adalah salah satu headset berkabel jenis IEM (In-Ear Monitor) yang menarik dengan harga terjangkau. Headset yang sudah dirilis sejak 2021 ini diklaim menawarkan kualitas suara yang memanjakan telinga saat menikmati konten multimedia.

Spesifikasi teknis headset Realme Buds 2 Neo ini cukup menarik dengan dukungan sebuag driver dinamis berukuran 11,2mm yang diklaim mampu menghasikan bass yang kuat. Tim Laptophia sendiri penasaran dan membeli headset ini untuk diulas mendalam. Selama lebih dari tiga minggu Laptophia menggunakan Realme Buds 2 Neo sebagai daily driver, penasaran seperti apa? Berikut review Realme Buds 2 Neo oleh tim Laptophia!

Review Realme Buds 2 Neo, Kualitas Suara Nggak Murahan


Paket Pembelian Realme Buds 2 Neo

Paket Pembelian Realme Buds 2 Neo

  • Unit Realme Buds 2 Neo
  • Eartips silicon (S, M, L)
  • User guide

Desain Realme Buds 2 Neo

Desain Realme Buds 2 Neo

Desain Realme Buds 2 Neo

Penampilan atau desain fisik dari headset Realme Buds 2 Neo sekilas mirip dengan Realme Buds generasi pertama dengan beberapa perubahan. Housing Realme Buds 2 Neo ini berbentuk bulat agak besar dengan bagian unjung yang mengecil. Nozzle headset murah andalan realme ini agak miring sekitar 45 derajat mengikuti bentuk telinga manusia dan menunjang kenyamanan.

Housing Realme Buds 2 Neo ini terbuat dari bahan plastik dengan finishing matte. Meski demikian, saat dipegang terasa cukup solid dan tak terasa ringkihn. Pada bagian belakang earbud Realme Buds ini terdapat finishing lingkaran yang disebut CD textured. Sementara pada bagian bawah kabelnya berwarna kuning khas Realme yang cukup mencolok.

Headset berkabel murah Realme Buds 2 Neo ini dibekali dengan kabel anti kusut dengan panjang total mencapai 1,3mm. Kualitas kabelnya tergolong baik, lentur, dan terasa cukup kuat. Sementara jack audio 3,5mm di headset ini berbentu L-shape.

Review Realme Buds 2 Neo, Kualitas Suara Nggak Murahan


Baca juga:Review Realme Buds Air 5: Suara Makin Jernih bertenaga, ANC Terbaik di Kelasnya!

Headset Realme Buds 2 Neo ini dibekali dengan microphone dan sebuah tombol. Meski hanya dibekali dengan sebuah tombol saja, tetapi satu tombol ini memiliki banyak fungsi. Jika dipencet sekali, maka tombol tersebut akan berfungsi sebagai play atau pause. 

Sedangkan dipencet dua kali akan menjadi next track dan menjadi previous track ketika dipencet tiga kali. Tombol ini juga dapat memanggil Google Assistant dengan cara tekan dan tahan beberapa detik. Sayangnya, tidak terdapat tombol untuk mengatur volume.

Review Realme Buds 2 Neo

Review Realme Buds 2 Neo

Apa yang pembaca harapkan dari sebuah headset dengan harga 60 ribuan? Awalnya Laptophia skeptis dengan kualitas audionya, setidaknya berfungsi dengan baik sudah lebih dari cukup. Ternyata Laptophia salah besar, Realme Buds 2 Neo lebih dari sekadar headset IEM murah. 

Kualitas Suara

Realme Buds 2 Neo ini dipersenjatai dengan sebuah driver dinamis berukuran 11,2mm. Saat pertama kali Laptophia menjajalnyanuntuk mendengarkan musik, ternyata kejutan! Impresi awal kualitas suaranya tergolong baik untuk headset dengan harga di bawah 100 ribuan. Karakter suaranya memang cenderung agak warm, tetapi cukup jernih.

Bass yang dihasilkan headset Realme Buds 2 Neo ini cukup menghentak, tebal, responsif, dan kuantitasnya pas, sehingga tidak mengganggu suara instrumen lainnya. Saat Laptophia memainkan lagu Demonic Science dari Arch Enemy yang kaya akan dobel kick drum, Realme Buds 2 Neo ini tampak mampu menyajikannya dengan rapi dan detail yang baik.

Suara vokal yang dihasilkan Realme Buds 2 Neo ini cukup lugas dan tepat di tengah. Detailnya tergolong lumayan untuk sebuah headset dengan harga di bawah 100 ribuan. Saat memainkan lagu Struggle Within milik Metallica, suara James Hetfield terdangar gahar dan galak. Begitu juga dengan suara vokal wanita saat memainkan lagu Chasing The Dragon milik Epica, terdengar merdu dan menyenangkan.

Treble yang dihasilkan Realme Buds 2 Neo ini memang tidak terlalu dominan, tetapi kuantitasnya masih memadai dan tingkat detailnya cukup. Karakternya agal soft, sehingga tidak menusuk dan tidak membuat telinga lekas capek. 

Baca juga:Review Oraimo FreePods 4: TWS dengan Fitur ANC Termurah

Dari segi teknikalitas, headset Realme Buds 2 Neo ini bisa dikatakan baik untuk harga di bawah 100 ribu. Soundstage tidak terlalalu megah, imaging memikat, dan separasi antar instrumen masih lumayan oke.

Kompatibilitas & Kenyamanan

Review Realme Buds 2 Neo, Kualitas Suara Nggak Murahan


Laptophia menggunakan headset IEM terjangkau Realme Buds 2 Neo ini dengan dua smartphone, yakni Xiaomi 12 dan Realme 11. Headset murah ini kompatibel dan dapat berfungsi dengan baik di kedua smartphone yang beda kelas ini.

Soal kenyamanan dan fitting, tim Laptophia menilai Realme Buds 2 Neo nyaman untuk mendengarkan musik dengan durasi lebih dari 2 jam menggunakan eartips yang sesuai. Bobotnya juga sangat ringan, jadi tidak menjadi beban. Namun, Realme Buds 2 Neo ini adalah headset berkabel, sehingga tidak menawarkan 'kebebasan' layaknya headset wireless atau TWS.

Kesimpulan

Secara umum, Realme Buds 2 Neo ini merupakan headset berkabel murah dengan kualitas suara yang tidak murahan. Tak hanya menawarkan kualitas suara yang jernih dan bertenaga, tetapi juga hadir dengan build quality yang solid dan kabel anti kusut. Jelas, Realme Buds 2 Neo layak dipilih bagi yang membutuhkan headset berkabel berkualitas dengan harga yang tak menguras kantong.

Kelebihan Realme Buds 2 Neo

  • Kualitas suara baik di kelasnya
  • Build quality solid
  • Harga murah

Kekurangan Realme Buds 2 Neo

  • Tidak ada tombol kontrol volume

Harga Realme Buds 2 Neo

Harga headset IEM Realme Buds 2 Neo terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun saat artikel ini adalah Rp 69.000. Berdasarkan hasil review Realme Buds 2 Neo oleh tim Laptophia, headset jenis IEM ini menawarkan kualitas suara dan build quality yang tidak murahan.

Anda dapat cek harga dan promo headset Realme Buds 2 Neo di Shopee (Klik) atau di BliBli (Klik)

Spesifikasi Realme Buds 2 Neo

  • Nama: Realme Buds 2 Neo 
  • Model: RMA2016
  • Jenis headset: In-Ear Monitor (IEM)
  • Driver dinamis berdiameter 11,2 mm
  • Speaker Impedansi: 32 Ohm
  • Sensitivitas 104±3dB
  • Output maksimal 5 mW
  • Berat: 13,5 gram
  • Panjang kabel: 1,3 m
  • Jenis Plug: standard 3,5mm
  • Rentang frekuensi: 20Hz – 20kHz
  • Dilengkapi microphone
  • Kabel berkualitas baik, anti kusut
  • Warna Hitam dan Biru
Anda mungkin suka:Review Philips TX2, Headset IEM Hi Res dengan Detail Luar Biasa
2 komentar

2 komentar

  • Yuwan Agista
    Yuwan Agista
    19 Mei 2024 pukul 11.42
    Berarti lumayan ya kualutas suaranya
    Reply
  • Anonim
    Anonim
    16 Mei 2024 pukul 16.05
    Nggak bisa dipungkiri sih, emang sebagian orang masih ada yang lebih suka pake headset kabel drpd TWS.
    Reply