IBX582004D475488 Review Lenyes S108, Speaker Bluetooth Tangguh dan Menggelegar

Review Lenyes S108, Speaker Bluetooth Tangguh dan Menggelegar



Review Lenyes S108, Speaker Bluetooth Tangguh dan Menggelegar – Lenyes S108 merupakan salah satu speaker bluetooth portabel yang menawarkan power besar, bodi yang tangguh, dan fitur yang lengkao dalam kemasan harga yang sangat kompetitif. Lenyes memang bukan brand tenar seperti Mifa, JBL atau bahkan Sony. Pabrikan asal Tiongkok yang berlogo singa bermahkota ini menawarkan produk audio yang berkualitas baik dan tak bisa dipandang sebelah mata. Lenyes S108 merupakan salah satu produk menarik yang akan menjadi pesaing tangguh bagi kompetitornya.

Lenyes S108 ini memang dirancang khusus untuk kebutuhan outdoor atau luar ruangan. Hal ini terlihat dari desainnya yang maskulin dan dibekali dengan bodi tangguh, serta kemampuan tahan air dengan sertifikat IPX7. Tak hanya itu, speaker Lenyes S108 ini juga dibekali dengan baterai berkapasitas besar di kelasnya, yakni 5200mAh. Uniknya, Lenyes S108 juga dibekali dengan fitur atau kemampuan sebagai power bank untuk mengisi daya gadget lain. Penasaran sehebat apakah speaker ini? Simak review Lenyes S108 oleh tim Laptophia kali ini!
Review Lenyes S108, Speaker Bluetooth Tangguh dan Menggelegar

Paket Pembelian Lenyes S108

Paket Pembelian Lenyes S108
  • Unit Lenyes S108 Black
  • Kabel USB
  • Kabel aux
  • User guide
  • Tali
Baca juga:Review Ultimate Ears Wonderboom: Speaker Mantap yang Bisa Dicuci!

Desain Lenyes S108

Desain Lenyes S108

Desain Lenyes S108

Desain Lenyes S108

Penampilan fisik merupakan salah satu keunggulan pada review Lenyes S108 kali ini. Speaker andalan pabrikan asal China ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan speaker outdoor lainnya yang mengusung for factor persegi panjang. Namun, Lenyes S108 ini tampil dengan detail outdoor yang sangat kuat dan terkesan begitu maskulin. Hal ini terlihat dari lekukan yang sporty dengan beberapa lubang sekrup yang berada di sekeliling speaker gril dan disertai lapisan karet yang cukup tebal.

Bagian speaker grill Lenyes S108 ini terbuat dari bahan metal yang cukup kokoh dan dikelilingi frame berbahan polikarbonat. Sementara pada bagian sekeliling bodi Lenyes S108 ini dilapisi karet yang membuatnya lebih tahan pada benturan dan kedap air. Pada review Lenyes S108 kali ini, bagian sudut kanan atas terdapat lubang untuk menambahkan strap atau tali agar speaker ini dapat digantung sesuai kebutuhan.

Sementara pada sisi belakang speaker Lenyes S108 ini terdapat passive bass radiator yang berukuran besar yang tidak ditutupi oleh proteksi apapun. Ukuran atau dimensi speaker bluetooth portabel andalan Lenyes ini memang agak besar dan tidak memungkinkan untuk dimasukkan dalam saku. Ini sebenarnya wajar mengingat speaker Lenyes S108 ini mengusung dua buah driver dengan power besar. Bobot speaker tangguh Lenyes S108 agak berat. Meski demikian, built quality Lenyes S108 laik mendapat acungan jempol.
Desain Lenyes S108

Desain Lenyes S108
Baca juga:Review Samsung Bottle EO-SG710 Wireless Speaker: Suara Kurang Nendang
Pada review Lenyes S108 kali ini, sisi depan terdapat speaker grill yang terbuat dari bahan metal yang solid dengan logo Lenyes berukuran besar dan cukup mencolok. Sedangkan sisi kanan dan kiri speaker tidak terlihat adanya tombol atau port apapun. Sisi bawah speaker Lenyes S108 ini terdapat informasi teknis singkat.

Sedangkan pada bagian atas speaker bluetooth Lenyes S108 ini terdapat tombol power, tombol EQ, tombol mode, tombol play/pause, tombol volume plus, tombol volume minus, dan lubang untuk memasang tali gantungan. Sedangkan pada sisi belakang speaker Lenyes S108 ini terdapat passive bass radiator yang berukuran cukup besar. Sisi belakang ini juga terdapat port USB Type-C untuk mengisi daya, port aux, dan slot microSD. Secara umum, build quality Lenyes S108 kuat dan solid.

Review Lenyes S108

Review Lenyes S108
Setelah sebelumnya sempat melakukan review seri Lenyes S105, Laptophia berharap cukup tinggi pada review Lenyes S108. Seri sebelumnya hanya mengusung power 5W saja dan mampu menghasilkan suara yang berkualitas dan kencang. Sedangkan Lenyes S108 ini tampil mentereng dengan power total mencapai 40W! Angka yang sangat besar untuk sebuah speaker bluetooth portabel dengan harga kisaran Rp 500 ribu-an.

Setelah menggunakannya selama kurang lebih sebulan, Tim Laptophia melihat speaker Lenyes S108 ini tak hanya mengandalkan kualitas suara yang baik di kelasnya. Speaker ini memiliki fitur yang tergolong lengkap dan dipadukan dengan fisik yang tangguh. Jika dibandingkan dengan Mifa A20 yang telah Laptophia review sebelumnya, Lenyes S108 tampak jauh lebih menarik. Penasaran? Berikut ulasan atau review Lenyes S108 lengkapnya.

Kualitas Suara

Spesidikasi teknis speaker bluetooth portabel Lenyes S108 ini sudah sangat menggoda Laptophia dengan mengandalkan dukungan 2 buah driver masing-masing berdaya 20W. Tak hanya itu, Lenyes S108 ini juga masih diperkuat passive bass radiator pada sisi belakang untuk memperkuat dentuman bass-nya. Power yang besar membuat Lenyes S108 mampu menghasilkan volume suara yang kencang dan minim distorsi saat volume diset maksimal.

Hal yang paling menarik pada review Lenyes S108 kali ini adalah sektor low atau bass. Speaker ini mampu menghasilkan dentuman bass yang cukup kuat, enerjik, dan cukup punchy. Dukungan passive bass radiatornya membuat suara bass begitu kuat dan ini terbukti saat memainkan lagu Linkin Park – Dedicated. Bahkan saat memainkan musik dengan dobel pedal drum yang cepat seperti lagu AxeWound – Burn Alive, Trivium – Kirisute Gomen, dan Epica – Mother Of Light masih terdengar cukup rapi.
Baca juga:Eggel Solo Review: Speaker Bluetooth Terbaik di Bawah 200 Ribu!
Kualitas bass yang dihasilkan Lenyes S108 memang cukup baik di kelasnya. Namun, sub bass pada speaker ini memang kurang terdengar dan agak tertutup oleh dentuman bass yang mendalam. Bahkan di beberapa lagu tertentu, suara Lenyes S108 sedikit agak muddy. Suara mid cukup jelas dan menonjol di speaker Lenyes S108, terutama untukl vokal. Laptophia cukup menikmati lengkingan vokal Tarja Turunen di lagu yang berjudul Supremacy. Suara vokal laki-laki dan screaming/growl dapat dipresentasikan dengan baik dan tekstur yang cukup oke.

Sayangnya, suara instrumen gitar terasa kurang bertekstur atau kurang galak. Hal ini cukup terasa saat memainkan lagu dengan gitar yang cukuo menonjol seperti Master of Puppets milik Metallica. Treble yang dihasilkan oleh Lenyes S108 ini memang terdengar agak malu-malu dan harus diakui kurang menonjol. Hal ini membuat speaker Lenyes S108 kurang cocok untuk memainkan lagu dengan karakter bright. Separasi antar instrumen yang dihasilkan oleh Lenyes S108 agak kurang. Sedangkan soundstage yang dihasilkan Lenyes S108 ini jauh lebih baik ketimbang seri S105.

Salah satu keunggulan pada review Lenyes S108 yang tak dimiliki oleh pesaingnya adalah dilengkapi dengan tiga buah preset EQ yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Preset tersebut adalah Normal, Medium, dan Extra Bass. Pada review kali ini, Laptophia menggunakan mode normal. Bagi basshead, boleh mencoba mode Extra Bass meski suaranya menjadi agak muddy.

Kompatibilitas

Selama menggunakan dan menguji speaker Lenyes S108 ini, Laptophia tidak menemui kendala kompatibilitas. Perangkat yang pernah terhubung dengan speaker andalan Lenyes ini seperti Realme 3 Pro, Pocophone F1, Xiaomi Mi 9T, DAP Fiio M3k (via kabel aux), dan sebuah laptop Asus Vivobook Ultra A412FA dapat terhubung dengan speaker tanpa masalah

Baterai

Pada review Lenyes S108 oleh tim Laptophia kali ini, speaker dengan power besar nan tangguh ini dibekali baterai berkapasitas 5200mAh yang diklaim mampu bertahan hingga 8 jam penggunaan dengan volume medium. Berdasarkan pengalaman tim Laptophia yang sering menggunakannya dengan volume di atas 60%, baterai hanya tahan 4 – 5 jam saja.

Kesimpulan

Sebagai sebuah speaker bluetooth outdoor dengan harga 500 ribu-an, apa yang ditawarkan oleh speaker Lenyes S108 ini relatif memuaskan. Speaker ini mampu menghasilkan kualitas suara yang baik dengan bass yang kuat dan dilengkapi tiga preset. Tak hanya itu, speaker ini juga mampu menghasilkan suara yang cukup kencang. Lenyes S108 ini juga cukup tangguh dengan kemampuan tahan air dan debu, serta build quality yang relatif solid di kelasnya.
Baca juga:Anker SoundCore Nano Review: Si Kecil Bersuara Jernih!
Lenyes S108 juga didukung fitur yang lengkap di kelasnya seperti adanya port aux, slot microSD, fungsi power bank, fitur TWS, dan sebagainya. Melihat harga yang ditawarkan, tim Laptophia menilai speaker Lenyes S108 ini tak banyak kekurangan. Mungkin ukuran yang agak besar dan berat membuatnya harus dipertimbangkan bagi yang mengutamakan mobilitas.

Kelebihan Lenyes S108

  • Kualitas suara baik dan kencang
  • Bass kuat dan mendalam
  • Tangguh dan tahan air
  • Fitur lengkap

Kekurangan Lenyes S108

  • Dimensi agak besar dan berat

Harga Lenyes S108

Lenyes S108 merupakan sebuah speaker bluetooth portabel yang tangguh dan menawarkan power yang besar, tak heran suara yang dihasilkan cukup menggelegar. Harga speaker bluetooth tangguh Lenyes S108 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun dari toko online terkemuka tanah air adalah Rp 599.000. Tentunya harga ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi pasar atau kebijakan masing-masing penjual. Berdasarkan hasil review Lenyes S108 yang dilakukan tim Laptophia, speaker ini sangat sepadan dengan harganya.

Dukungan body yang tangguh dan tahan air dengan sertifikat IPX7, kualitas suara yang baik dengan power besar, volume suara yang kencang, bass yang mantap, dan fitur yang lengkap menjadi daya tarik utama speaker bluetooth portabel Lenyes S108 ini menurut Laptophia. Lenyes S108 ini cocok bagi konsumen yang membutuhkan speaker yang bertenaga besar dengan suara yang kencang, serta bodi yang tangguh untuk outdoor.
Anda dapat membeli atau cek promo Lenyes S108 di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Spesifikasi Lenyes S108

  • Tipe speaker: Portable bluetooth speaker
  • Sistem speaker: Stereo
  • Passive/Active: Active
  • Mode operasi: Tombol
  • Loudspeaker: 53mm x 2 + Passive Bass Radiator
  • RMS: 4Ω 20W x 2 THD=1%
  • Frequency Response: 80Hz - 18KHz
  • Signal to noise ratio 65dB
  • Versi Bluetooth: Bluetooth 4.2 + EDR
  • Jangkauan Bluetooth hingga 10 meter
  • Spesifikasi USB: USB 2.0 kompatibel dengan USB 1.1
  • Dukungan format file: APE, MP3, WMA, WAV, FLAC
  • Slot microSD tersedia
  • Waterproof dengan sertifikat IPX7
  • Mendukung fitur TWS
  • Baterai built-in 5200mAh lithium battery, hingga 8 jam penggunaan (bervariasi)
  • Dimensi (W x D x H) 20.5 cm x 6.5 cm x 8 cm
  • Berat 331,7 gram
  • Kompatibel dengan tablet PC, smartphone, iPod, iPhone, Laptop
  • Warna Hitam, Biru, Abu-abu, Hijau, atau Merah
Anda mungkin suka:Review JBL Charge 3: Suara Menggelegar dengan Baterai Besar!

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :

Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!