eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Monster XKT12, TWS Unik dengan Kualitas Suara Baik

Review Monster XKT12, TWS Unik dengan Kualitas Suara Baik - Anda sedang membutuhkan headset TWS dengan harga terjangkau? Mungkin Monster XKT12 ini adalah salah satu kandidat yang layak dipertimbangkan. Sama seperti TWS besutan Monster lainnya, seri XKT12 ini tampil dengan desain yang tidak biasa alias unik. Headset TWS dengan harga terjangkau ini dibalut dengan casing transparan yang dilengkapi dengan ambient LED yang menarik.

Tak hanya penampilannya saja yang menarik, TWS Monster XKT12 ini juga dipersenjatai dengan spesifikasi yang cukup meyakinkan dengan dukungan driver dinamis berukuran 13mm dan dipadukan dynamic moving coil diapraghm untuk menghasilkan kualitas suara yang mantap. Lalu sehebat apakah TWS dengan harga murah meriah ini? Simak review Monster XKT12 oleh tim Laptophia kali ini!

Review Monster XKT12, TWS Unik dengan Kualitas Suara Baik


Paket Pembelian Monster XKT12

Paket Pembelian Monster XKT12

  • Unit TWS Monster Airmars XKT12 Purple
  • Kabel USB Type-C
  • Booklet manual
  • Lanyard atau gantungan

Desain Monster XKT12

Desain Monster XKT12

Desain Monster XKT12

Desain menjadi salah satu daya tarik TWS ini. Harganya yang terjangkau tampaknya tak membuat TWS ini tampil biasa saja. Monster XKT12 ini tampil dengan casing berdesain anti mainstream, unik, dan terkesan futuristik. Case Monster XKT12 ini berbentuk kotak dengan sudut rounded yang dibalut dengan perpaduan casing akrilik transparan dan plastik dengan finishing matte. Seri XKT12 ini terdiri dari lima varian warna dan unit yang Laptophia ulas adalah warna Purple.

Sayangnya, casing berbahan akrilik yang diusung TWS ini ternyata mudah meninggalkan goresan atau baret. Sementara pada bagoan bawah case-nya terdapat ambient LED yang menyala, sehingga terkesan menarik dan futuristik. Ambient LED ini juga berfungsi sebahai indikator. Monster XKT12 ini menggunakan mekanisme pop-up magnetik untuk mengambil unit earbud-nya. Tidak ada engsel dan penutup di TWS ini. 

Earbud Monster XKT12 ini menggunakan desain half in-ear yang merupakan pilihan tepat bagi mereka yang tidak suak atau kurang nyaman dengan earbud tipe IEM (In-Ear Monitor). Bentuk earbud-nya mengingatkan Laptophia pada desain Apple Airpods gen 3 dengan ukuran kepala agak besar lengkap dengan dua buah nozzle oada bagian depan dan belakang.

Desain Monster XKT12

Desain Monster XKT12

Sisi depan charging case TWS Monster XKT12 ini terdapat logo Monster dan penunjuk L R untuk earbud-nya. Sedangkan sisi bawah terdapat port USB Type-C untuk charging lengkap dengan ambient LED yang juga berfungsi sebagai LED indikator.

Baca juga:Review Realme Buds Air 5: Suara Makin Jernih bertenaga, ANC Terbaik di Kelasnya!

Kontrol Monster XKT12

Sama seperti dua TWS Monster yang sudah Laptophia ulas lebih dulu, Monster XKT12 juga dilengkapi kontrol sentuh pada bagian belakang earbud-nya. Berikut ini daftar kontrol sentuh pada earbud andalan Monster ini:

  • Sentuh sekali pada earbud kiri untuk volume minus
  • Sentuh sekali pada earbud kanan untuk volume plus
  • Sentuh tiga kali pada earbud kiri untuk previous track
  • Sentuh tiga kali pada earbud kanan untuk next track
  • Sentuh dua kali pada earbud kanan atau kiri untuk play/pause
  • Sentuh dan tahan 2 detik pada earbud kiri untuk aktivasi atau memanggil voice assistant
  • Sentuh dan tahan 2 detik pada earbud kanan untuk aktivasi mode gaming/mode music
  • Sentuh dua kali pada earbud kanan atau kiri untuk untuk menjawab panggilan masuk
  • Sentuh dan tahan 2 detik pada earbud kanan atau kiri untuk untuk menolak panggilan

Selama dua minggu menggunakan TWS Monster XKT12 ini, Laptophia menilai kontrol sentuhnya cukup responsif dan dapat diandalkan.

Review Monster XKT12

Review Monster XKT12


Kualitas Suara

Awalnya tim Laptophia tidak berharap banyak dengan kualitas suara yang dihasilkan TWS Monster XKT12 ini karena harganya yang terjangkau. Namun saat pertama kali mencoba mendengarkan musik, ternyata kualitas suaranya melebihi harapan! Dukungan driver berukuran 13mm dengan teknologi dynamic moving coil diapraghm membuat kualitas suaranya tergolong baik di segmennya.

Bagi penggemar bass atau basshead, tampaknya Monster XKT12 ini bukan TWS yang tepat untuk dipilih. Bass yang dihasilkan cenderung agak tipis dan kuantitasnya tergolong agak kurang. Saat memainkan lagu Dedicated (demo) milik Linkin Park, dentuman bass terasa kurang nendang. Respon bass cukup cepat dan rapi, ini terlihat saat memainkan lagu dengan dobel kick drum intensif seperti Throes of Predition milik Trivium atau Nemesis milik Arch Enemy.

Suara vokal tampak cukup menonjol dan menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari Monster XKT12 ini menurut tim Laptophia. Suara vokal pria maupun wanita dapat disajikan dengan detail dan menarik. Saat memainkan lagu Hello milik Evanescence, suara Amy Lee terdengar menyenangkan. Sementara saat memainkan lagu The Satanist milik Behemoth, suara vokal growl terdengar gahar dan bertesktur.

Sementara untuk treble, Monster XKT12 ini cukup menarik karena mampu menghadirkan detail yang memadai dan karakter yang nyaman, serta tidak menusuk atau membuat mudah lelah di telinga. Saat memainkan lagu dengan genre pop yang rata-rata karakternya bright, Monster XKT12 ini dapat diandalkan.

Sementara dari segi teknikalitas, Monster XKT12 ini tergolong lumayan dengan soundstage yang cenderung lebih megah dibandingkan dengan TWS sekelas. Tingkat detailnya memang cukup tinggi, tetapi karakter suaranya secara umum memang agak 'tipis'. Selain itu, separasi antar instrumen dapat disajikan dengan baik oleh Monster XKT12 dan bisa dikatakan di atas rata-rata di kelasnya.

Baca juga:Review Baseus Encok WM01, TWS Murah dengan Suara Ngebass!

Kualitas Telepon & Delay

Ketika digunakan untuk berkomunikasi melalui telepon dengan aplikasi WhatsApp, Monster XKT12 ternyata mampu menghasilkan suara yang cukup jelas, meski kadang suara terdengar agak jauh oleh lawan bicara. Saat Laptophia menjajalnya di outdoor dengan kondisi agak berisik, background noise tetap terdengar oleh lawan bicara, tetapi tidak terlalu mengganggu.

Ketika digunakan untuk menonton movie secara offline maupun streaming melalui YouTube, delay tidak terasa. Namun saat bermain game, delay yang dihasilkan TWS Monster XKT12 mulai terasa. Saat mode game diaktifkan, delay memang mengalami penurunan. Meski demikian, masih belum sesuai ekspektasi Laptophia.

Kenyamanan & Kompatibilitas

Review Monster XKT12, TWS Unik dengan Kualitas Suara Baik


Mirip dengan Monster XKT10 yang telah Laptophia ulas lebih dulu, TWS Monster XKT12 ini hadir dengan earbud berdesain half in-ear. Selama dua minggu menjajal TWS dengan desain unik ini, Laptophia merasa cukup nyaman menggunakannya untuk mendengarkan musik dalam waktu 1 - 1,5 jam tanpa ada keluhan panas atau lelah.

Ukuran earbud yang agak besar membuat Monster XKT12 ini tidak mudah jatuh meski digunakan untuk olahraga ringan seperti jogging atau senam aerobik. Meski telinga agak lembab dan berkeringat, earbud TWS ini masih mantap terpasang di telinga.

Kompatibilitas TWS andalan Monster ini cukup baik. Selama proses review, Laptophia menggunakan smartphone Xiaomi 12 dan Samsung Galaxy A15 5G secara bergantian. Monster XKT12 ini berfungsi dengan baik di kedua smartphone tersebut.

Baterai

TWS Monster XKT12 diperkuat baterai berkapasitas 33Amh untuk setiap earbud-nya dan diklaim mampu bertahan hingga 5 jam penggunaan. Sedangkan charging case-nya didukung baterai berkapasitas 300mAh yang mampu menghasilkan total waktu pemutaran musik hingga 24 jam.

Selama dua minggu proses review, Tim Laptophia menggunakan TWS dengan desain unik untuk memutar musik dengan codec AAC dan volume 60 - 70%. Daya tahan baterainya rata-rata mampu bertahan antara 3,5 - 4 jam. Ini cukup baik dan tidak terlalu jauh dari klaimnya. 

Kesimpulan

Secara umum, Monster XKT12 ini merupakan salah satu TWS murah yang menarik dengan desain case transparan yang unik dipadukan dengan ambient LED yang menarik. Kualitas suara yang dihasilkan juga tergolong baik dengan tingkat detail yang memuaskan untuk segmen entry-level. 

Selain untuk gaming, TWS andalan Monster ini dapat diandalkan. Jelas, Monster XKT12 layak dipertimbangkan bagi yang membutuhkan TWS dengan budget terbatas. 

Kelebihan Monster XKT12

  • Desain transparan yang unik
  • Kualitas suara baik
  • Harga terjangkau

Kekurangan Monster XKT12

  • Performa untuk gaming kurang oke
  • Bass kurang bertenaga

Harga Monster XKT12

Harga headset TWS Monster XKT12 terbaru saat artikel review ini ditulis berdasarkan informasi dari e-commerce terkemuka adalah Rp 189.000. Berdasarkan hasil review oleh tim Laptophia di atas, TWS Monster XKT12 menarik dan layak dipertimbangkan bagi mereka yang membutuhkan TWS dengan harga di bawah Rp 200 ribuan.

Anda dapat membeli atau cek promo terbaru headset TWS Monster XKT12 di Shopee (Klik) atau di BliBli (Klik)

Spesifikasi Monster XKT12

  • Merk Monster
  • Model: Monster Airmars XKT12
  • Jenis headset: Half In-Ear headphone TWS
  • Chipset -
  • Tipe driver 13 mm dinamis (dynamic moving coil diapraghm)
  • Speaker Impedansi: 32 Ohm
  • Sensitivitas 109±3dB
  • Rentang frekuensi: 20 Hz – 20 kHz
  • Versi Bluetooth 5.3
  • Bluetooth protocol HFP/HSP/AVRCP/A2DP
  • Dukungan codec SBC dan AAC
  • Sensitivitas microphone -42dB
  • Input maksimal 5V/500mA
  • Waterproofing: IPX54
  • Baterai Earbuds: 33 mAh; Charging case: 300 mAh
  • Berat Earbud: -
  • Dimensi Earbud: -
  • Warna White, Purple, Beige, Pink, dan Black
*review ini menggunakan unit yang dibeli sendiri oleh tim Laptophia, bukan sponsor/seeding
Anda mungkin suka:Review Realme Buds 2 Neo, Kualitas Suara Nggak Murahan
4 komentar

4 komentar

  • Anonim
    Anonim
    10 Juni 2024 pukul 10.43
    Kalau buat main game gitu, delay parah sampai ganggu gitu gak sih?
    • Anonim
      Ditya Pandu
      10 Juni 2024 pukul 10.47
      Untuk game2 yang kompetitif mungkin aga mengganggu
    Reply
  • Tya Swan
    Tya Swan
    21 Mei 2024 pukul 08.40
    Lumayan menarik ini 😍 saingan sama anker soundcore R50i
    • Tya Swan
      Ditya Pandu
      10 Juni 2024 pukul 10.42
      Mahalan Soundcpre harganya hehe
    Reply