eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Samsung Galaxy A05s: Harga Terjangkau, Performa Kurang Sat-set

Review Samsung Galaxy A05s: Harga Terjangkau, Performa Kurang Sat-set - Samsung Galaxy A05s merupakan salah satu smartphone entry-level yang cukup menarik. Keunggulan utama smartphone andalan Samsung ini yang jarang dimiliki oleh pesaingnya adalah dukungan update yang panjang, yakni 2x OS update dan 4 tahun update keamanan. Penampilan Samsung Galaxy A05s ini jauh dari kesan smartphone murah karena mengadopsi bahasa desain minimalis ala Galaxy S23 series.

Samsung membekali Samsung Galaxy A05s dengan layar berukuran 6,7 inci yang sudah mengusung resolusi full HD+ yang tajam dan refresh rate 90Hz yang smooth. Soal kinerja, smartphone ini cukup bersaing dengan dukungan SoC Qualcomm Snapdragon 680 octa-core yang ditandemkan RAM 6GB. Lalu sehebat apakah smartphone dengan harga terjangkau ini? Simak review Samsung Galaxy A05s oleh tim Laptophia kali ini!

Review Samsung Galaxy A05s: Harga Terjangkau, Performa Kurang Sat-set


Paket Pembelian Samsung Galaxy A05s

Paket Pembelian Samsung Galaxy A05s

  • Unit Samsung Galaxy A05s 6GB/128GB Violet
  • Kabel USB Type-C
  • SIM card ejector
  • User guide
  • Kartu garansi
  • Kepala charger 25W (Bonus)

Desain Samsung Galaxy A05s

Desain Samsung Galaxy A05s

Desain Samsung Galaxy A05s

Samsung Galaxy A05s membawa bahasa desain yang sama dengan Galaxy A05 yang Laptophia ulas lebih dulu. Ponsel ini mengadopsi gaya Galaxy S23 series yang terkesan elegan dan minimalis. Sisi belakangnya menampilkan tiga buah kamera yang tersusun vertikal tanpa housing atau bergaya contour cut yang minimalis. Casing belakang Samsung Galaxy A05s menggunakan finishing matte yang tidak mudah meninggalkan jejak sidik jari.

Sementara jika dilihat dari sisi depan, Samsung Galaxy A05s ini tak jauh berbeda denga kebanyakan smartphone Android lainnya yang mengusung layar berponi Infinity-U pada bagian atas layarnya. Bezel atau bingkai hitam yang mengelilingi layarnya tampak cukup tebal, terutama pada bagian bawahnya. Smartphone ini menggunakan frame berbahan plastik dan berdesain rounded untuk menunjang kenyamanan saat menggenggam.

Ukuran bodi Samsung Galaxy A05s ini memang terasa agak bongsor dan lebar. Hal ini membuat smartphone ini mungkin kurang nyaman digenggam oleh mereka yang memiliki telapak tangan kecil. Meski demikian, build quality Galaxy A05s ini cukup solid dan sama sekali tak terasa murahan.

Review Samsung Galaxy A05s: Harga Terjangkau, Performa Kurang Sat-set

Review Samsung Galaxy A05s: Harga Terjangkau, Performa Kurang Sat-set

Review Samsung Galaxy A05s: Harga Terjangkau, Performa Kurang Sat-set

Review Samsung Galaxy A05s: Harga Terjangkau, Performa Kurang Sat-set

Baca juga:Review Samsung Galaxy A15 5G: Upgrade Signifikan dengan Desain Mewah

Sisi depan smartphone Samsung Galaxy A05s terdapat lubang kamera depan, proximity sensor, light sensor, earpiece, layar TFT PLS Full HD+ berukuran 6,7 inci 90Hz, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Samsung Galaxy A05s besutan pabrikan Korea Selatan ini sudah mengadopsi on-screen button atau screen gesture untuk navigasi.

Tak disebutkan adanya proteksi antigores seperti Gorilla Glass dan sejenisnya di Samsung Galaxy A05s dan smartphone ini tidak dilengkapi screenguard secara default. Laptophia merekomendasikan pemasangan tempered glass untuk melindungi layar dari goresan atau benturan.

Tombol power yang terintegrasi dengan sensor sidik jari dan volume rocker ditempatkan di sisi kanan ponsel Samsung Galaxy A05s ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tray simcard yang berjenis triple-slot. Sisi atas ponsel dengan kamera 50MP bertenaga Snapdragon 680 andalan Samsung ini terdapat sebuah microphone.

Sedangkan bagian belakang ponsel Samsung Galaxy A05s ini terdapat tiga buah kamera yang tersusun vertikal dengan dekorasi tanpa housing yang simpel, LED flash, dan logo Samsung. Merek asal Korea Selatan yang baru saja meluncurkan tablet Galaxy Tab S6 Lite 2024 ini menempatkan port audio 3,5mm, port USB Type-C, speaker grill, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Software Samsung Galaxy A05s

Software Samsung Galaxy A05s

Smartphone Samsung Galaxy A05s ini menggunakan sistem operasi Android 13 dengan balutan antarmuka One UI Core 5.1. Namun, unit yang Laptophia beli ternyata sudah ter-update dan menggunakan sistem operasi Android 14 dengan antarmuka One UI 6.0.

Kelebihan utama Samsung Galaxy A05s adalah dukungan update yang cukup panjang, yakni 2x OS update dan 4 tahun update keamanan. Bandingkan dengan beberapa pesaing terdekatnya yang mungkin hanya 1x OS update atau bahkan tidak mendapat update sama sekali.

Antarmuka One UI Core 6.0 yang di smartphone Galaxy A05s antarmukanya rapi yang terdiri dari Lockscreen, Homescreen, dan App drawer. Opsi kostumisasi yang disediakan cukup lengkap. Pengguna dapat dengan mudah mengganti wallpaper, theme, widget dan sebagainya. Juga tersedia Galaxy Themes untuk mengunduh theme dan wallpaper dengan menggunakan akun Samsung.

Beberapa fitur andalan One UI 6.0 yang digunakan Galaxy A05s ini antara lain Quick Share, SmartThings, Samsung Smart Switch, Game Launcher, Modes and Routines, Private Share, Secure Folder, Android Auto, dark mode, SOS Messages, One-handed mode, motion and gestures, Eye Comfort Shiled, Device Care, Dual Messenger, Digital Wellbeing, Smart pop-up view, Ultra data saving, face recognition, dan sebagainya.

Software Samsung Galaxy A05s

Aplikasi bawaan yang terinstal di smartphone Samsung Galaxy A05s ini cukup banyak antara lain adalah Google Apps, AppStation, Samsung Members, Samsung Global Goals, Samsung Free, Samsung Pay, Samsung Gift Indonesia, S Lime, Smart Tutor, Facebook, Spotify, Galaxy Shop, Galaxy Store, Netflix, Samsung Notes, TikTok, ONE Esports, LinkedIn, Lazada, Shopee, Microsoft Office 365, OneDrive, LinkedIn, dan Outlook.

Apakah One UI di Samsung Galaxy A05s menampilkan iklan? Sejauh ini tidak ada iklan yang tampil. Bahkan, spam notifikasi yang biasa muncul di brand pesaingnya, tidak ada di smartphone ini. Tak heran, One UI di smartphone Samsung merupakan antarmuka yang paling nyaman digunakan.

Performa Samsung Galaxy A05s

Performa Samsung Galaxy A05s

Soal performa, Samsung Galaxy A05s ini ditenagai  SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 680 SM6225 (6nm) yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core Kryo 265 Gold 2,4GHz dan quad-core Kryo 265 Silver 1,9GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 6GB yang didukung teknologi RAM Plus 6GB, serta diperkuat grafis dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 610.

Meski bukan yang paling kencang di kelasnya, SoC Snapdragon 680 yang digunakan oleh Galaxy A05s ini cukup populer dan terkenal efisien konsumsi dayanya karena sudah menggunakan teknologi fabrikasi 6nm. Namun entah kenapa, performa Snapdragon 680 ini terasa kurang sat-set atau kurang responsif. 

Pengujian sintetis melalui benchmark, Samsung Galaxy A05s masih mampu mencetak skor yang cukup kompetitif. Pada bencmark populer AnTuTu v10 misalnya, smartphone ini berhasil membukukan skor 261.116 poin.

Baca juga:Review Xiaomi Redmi Note 13 4G: Layar Mengesankan dengan Kamera 108MP yang Kompeten

Laptophia menggunakan Galaxy A05s selama lebih dari dua minggu sebagai smartphone kedua. Kami menggunakannya untuk komunikasi sehari-hari seperti telepon, WhatsApp, interaksi dengan sosial media, editing foto ringan di Snapseed, dan kadang edit video menggunakan CapCut. Performa smartphone ini terasa kurang gegas. Bahkan buka tutup aplikasi saja terasa kurang sat-set.

Meski penggunaan sehari-hari kurang sat-set, Samsung Galaxy A05s ini masih sanggup untuk memainkan game terkini seperti League of Legends: Wild Rift, PUBG Mobile, Mobile Legends, Call of Duty Mobile, dan sebagainya. Tentunya perlu pengaturan atau penyesuaian pengaturan grafis agar permainan berjalan lancar. Game berat seperti Genshin Impact tidak Laptophia rekomendasikan untuk dimainkan di smartphone ini.

Panas yang dihasilkan oleh smartphone Samsung Galaxy A05s ini masih terkendali dan tidak ada gejala overheat. Berikut ini hasil benchmark Samsung Galaxy A05s oleh tim Laptophia.

Benchmark Samsung Galaxy A05s

Benchmark Samsung Galaxy A05s
Device Info HW

Benchmark Samsung Galaxy A05s
Geekbench 6

Benchmark Samsung Galaxy A05s
AnTuTu v10

Benchmark Samsung Galaxy A05s
PCMark

Benchmark Samsung Galaxy A05s
3DMark

Benchmark Samsung Galaxy A05s
Storage Test

Benchmark Samsung Galaxy A05s
Sensorbox for Android & Multitouch Tester

Review Kamera Samsung Galaxy A05s

Review Kamera Samsung Galaxy A05s

Sisi fotografi, Samsung Galaxy A05s diperkuat dengan tiga buah kamera belakang dengan kamera utama 50 megapiksel dengan lensa aperture f/1.8 yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel dengan fitur phase-detection autofokus ditandemkan lensa aperture f/1.8 dan LED flash.

Kamera utama Samsung Galaxy A05s yang berkekuatan 50MP ini menggunakan sensor 'sejuta umat' Samsung ISOCELL JN1 ini menggunakan teknologi Tetrapixel atau Quad bayer yang menggabungkan empat piksel menjadi sebuah piksel berukuran besar, sehinggga secara default kamera utama Galaxy A05s ini menghasilkan foto dengan resolusi 12,5MP.

Sedangkan kamera kedua di smartphone Samsung Galaxy A05s berkekuatan 2 megapiksel dengan lensa aperture f/2.4 berfungsi sebagai dedicated macro. Sedangkan kamera ketiga berkekuatan 2 megapiksel dengan lensa aperture f/2.4 berfungsi sebagai depth sensor untuk menghasilkan efek bokeh dengan mode portrait melalui fitur Live Focus. 

Kamera depan Samsung Galaxy A05s ini berkekuatan 13 megapiksel dengan sensor BSI CMOS 1/3 inci 1.12um piksel dengan lensa aperture f/2.0 fixed focus yang cukup mumpuni untuk foto selfie dan video call. Kamera ponsel ini dapat merekam video dengan resolusi hingga Full HD 1080p @60fps untuk kamera belakang dan kamera depan.

Review Kamera Samsung Galaxy A05s

Galaxy A05s menggunakan aplikasi kamera yang sama dengan smartphone Samsung lainnya, hanya saja mode yang tersedia tidak terlalu lengkap. Laptophia dapat mengakses pengaturan filter, resolusi 13M/50M, aspek rasio, timer, LED flash, dan setting lainnya melalui deretan ikon pada bagian atas. Kamera Galaxy A05s ini dibekali dengan opsi untuk berganti lensa dari 1x (wide) dan 2x (digital zoom).

Sementara pada bagian bawah terdapat beberapa mode yang dapat dipilih dengan cara swipe ke kanan atau ke kiri. Beberapa mode yang disediakan antara lain Portrait, Photo, Video, Pro, Panorama, Food, Slow Motion, Hyperlapse, Macro, dan Night. 

Pada Mode Pro, Galaxy A05s ini cukup lengkap dan memungkinkan untuk mengatur parameter teknis seperti White Balance, EV, ISO (hingga 800), Shutter Speed (1/4000 hingga 30s), fokus distance, dan Metering Exposure.

Review Kamera Samsung Galaxy A05s

Lalu sehebat apak performa kamera Samsung Galaxy A05s? Selama dua minggu lebih menggunakan smartphone ini untuk mengabadikan momen, Laptophia merasa performanya kurang sat-set. Kecepatan autofokusnya bagus, tetapi kadang terasa ada shutter lag. Saat malam hari atau kondisi low-light, shutter lag ini makin parah, sehingga kurang cocok untuk memotret momen yang cepat.

Berbicara mengenai kualitas foto, Galaxy A05s mampu menghasilkan foto yang cukup baik di segmen entry-level. Saat siang hari dengan kondisi cahaya melimpah, foto yang dihasilkan cukup detail dengan warna yang mendekati aslinya. Sayangnya, dynamic range terasa kurang wide sehingga sering terlihat langit overekspose atau bayangan yang terlalu gelap.

Bagi penggemar foto macro, kamera utama Samsung Galaxy A05s ini bisa diandalkan. Autofokusnya cukup gegas dan foto macro yang dihasilkan cukup estetik dengan tingkat detail yang tinggi, warna yang ciamik, dan efek bokeh yang natural. Sedangkan untuk mode portrait, separasinya sudah cukup rapi dan efek bokehnya juga terlihat natural.

Saat malam hari, kamera utama Samsung Galaxy A05s kurang bisa diandalkan. Unit yang Laptophia ulas ini mengalami shutter lag yang cukup parah saat memotret kondisi low-light. Kami harus ekstra sabar dan steady sampai foto berhasil diambil dengan fokus yang sempurna.

Hasil jepretan kamera utama Galaxy A05s saat malam hari tergolong standar saja untuk segmen entry-level. Detail yang dihasilkan mengalami penurunan signifikan dan cenderung terlihat soft, tetapi saturasi warnanya tetap natural. Noise memang terlihat, tetapi masih cukup terkontrol. 

Baca juga:Review Realme C67: Smartphone Terjangkau yang Stylish dengan Kamera 108MP

Mode Night yang disediakan Samsung Galaxy A05s ini mampu memberikan peningkatan detail, eksposure, dan dynamic range yang signifikan. Ini sangat membantu dalam kondisi yang kurang ideal saat memotret. LED flash bawaan Galaxy A05s ini cukup terang dan memadai untuk memotret dalam kondisi gelap.

Sedangkan kamera depan Galaxy A05s yang berkekuatan 13 megapiksel cukup memadai untuk sekadar foto selfie atau video call. Beberapa foto selfie yang Laptophia jepret dengan kamera depan Galaxy A05s kualitasnya cukup baik, tapi bukan yang terbaik di kelasnya. Tone warnanya cukup natural dengan detail yang cukup baik.

Sedangkan untuk perekaman video, kualitas kamera Galaxy A05s ini tidak terlalu bagus. Namun, ini bisa dimaklumi mengingat harganya pun terjangkau. 

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A05s

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A05s

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A05s

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A05s

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A05s

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A05s

Foto siang hari

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A05s

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A05s

Foto mode portrait

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A05s

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A05s

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A05s

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A05s

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A05s

Foto macro

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A05s

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A05s

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A05s

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A05s

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A05s

Foto malam hari

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A05s
Night mode off

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A05s
Night mode on

Hasil Foto Kamera Depan Samsung Galaxy A05s

Hasil Foto Kamera Depan Samsung Galaxy A05s

Hasil Foto Kamera Depan Samsung Galaxy A05s

Foto selfie

Hasil Foto Kamera Depan Samsung Galaxy A05s

Hasil Foto Kamera Depan Samsung Galaxy A05s

Foto selfie mode portrait

Hasil Rekaman Video Samsung Galaxy A05s

Review Samsung Galaxy A05s

Review Samsung Galaxy A05s


Layar

Berbeda dengan Galaxy A05 yang hanya dibekali dengan resolusi HD+, Samsung Galaxy A05s ini diperkuat dengan layar TFT PLS resolusi full HD+ dengan ukuran yang sama, yakni 6,7 inci. Kualitas layar smartphone ini cukup baik di segmennya dengan warna yang cukup vibrant, tajam, dan padat. Viewing angle-nya luas, tetapi respon touchscreen-nya terasa kurang gegas.

Refresh rate layarnya juga sudah 90Hz, sehingga scroll sosmed dan animasi terlihat lebih smooth. Saat digunakan di luar ruangan, sebenarnya layar Galaxy A05s ini masih memadai tetapi kadang terasa kurang nyaman. Layar smartphone ini tak dilengkapi antigores seperti Gorilla Glass atau sejenisnya dan tak dilengkapi screenguard.

Audio

Samsung Galaxy A05s hanya dibekali sebuah speaker atau mono yang menghadap ke bawah. Volume suara yang dihasilkan tidak terlalu nyaring dan kualitasnya tergolong pas-pasan untuk segmen entry-level sekalipun. Pengalaman mendengarkan musik akan lebih baik jika menggunakan headset atau TWS karena smartphone ini mendukung fitur Dolby Atmos untuk kualitas yang lebih imersif.

Baca juga:Review Samsung Galaxy A54 5G, Smartphone Menengah dengan Fitur Lengkap

Memori

Review Samsung Galaxy A05s: Harga Terjangkau, Performa Kurang Sat-set

Smartphone terjangkau Samsung Galaxy A05s tersedia dalam satu varian saja dengan RAM 6GB dan memori internal 128GB UFS 2.2. Unit yang Laptophia ulas ini menyisakan memori internal sekitar 112,4 GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 2,4GB – 2,7GB. 

Smartphone andalan Samsung ini telah mendukung fitur USB OTG melalui port USB Type-C yang diusungnya, serta dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal.

Fitur

Samsung Galaxy A05s dilengkapi dengan fitur keamanan sensor sidik jari di sisi samping yang terintegrasi dengan tombol power. Selama dua minggu lebih penggunaan, sensor sidik jari smartphone murah ini bisa diandalkan dan tidak pernah error atau gagal mengenali sidik jari.

Hal yang menarik dari Galaxy A05s ini adalah sudah mendukung sertifikasi widevine L1 yang artinya dapat menikmati streaming konten dari Netflix dan layanan lainnya dengan resolusi HD.

Baterai

Daya tahan baterai Samsung Galaxy A05s ini tergolong awet. Selama dua minggu lebih menggunakan smartphone ini sebagai perangkat kedua, rata-rata dapat bertahan seharian lebih dan sering sampai 1,5 hari. Pola penggunaannya adalah sosial media, komunikasi sehari-hari, dan non gaming. Screen on time sendiri rata-rata di atas 7 jam.

Samsung Galaxy A05s ini dibekali dengan baterai berkapasitas 5000mAh dan sudah mendukung fitur fast charge 25W. Butuh waktu hampir 1,5 jam untuk mengisi daya hingga penuh menggunakan charger Samsung 25W yang dibundling dalam paket pembeliannya. 

Kesimpulan

Samsung Galaxy A05s merupakan salah satu smartphone entry-level yang layak dipertimbangkan dengan dukungan update yang cukup panjang. Sdelain itu, smartphone ini menggunakan One UI yang nyaman dan bebas iklan. Desainnya minimalis dengan build quality solid, serta daya tahan baterai yang bisa diandalkan.

Sayangnya, performa Samsung Galaxy A05s ini memang terasa kurang sat-set. Snapdragon 680 yang digunakannya memang efisien, tapi kinerjanya kurang responsif. Samsung juga tak membekalinya dengan fitur NFC. Secara umum, Samsung Galaxy A05s ini masih layak menjadi pilihan bagi yang membutuhkan smartphone terjangkau dengan desain menarik dan update terjamin.

Kelebihan Samsung Galaxy A05s

  • Desain menarik dengan build quality baik
  • Dukungan update panjang
  • One UI nyaman digunakan dan bebas iklan
  • Baterai awet

Kekurangan Samsung Galaxy A05s

  • Performa kurang sat-set
  • Kamera shutter lag parah saat low-light
  • Tidak dilengkapi NFC dan giroskop

Harga Samsung Galaxy A05s

Harga smartphone Samsung Galaxy A05s RAM 6GB ROM 128GB terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun saat artikel ini dibuat adalah Rp 1.999.000. Berdasarkan hasil review oleh tim Laptophia di atas, Galaxy A05s ini masih layak dipertimbangkan dengan harga yang cukup terjangkau.

Anda dapat cek harga dan promo terbaru Samsung Galaxy A05s di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Samsung Galaxy A05s

  • Sistem Operasi Android 14 dengan antarmuka Samsung One UI Core 6.0
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 680 SM6225 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core Kryo 265 Gold 2,4GHz dan quad-core Kryo 265 Silver 1,9GHz
  • Grafis Adreno 610
  • Triple atau tiga kamera belakang resolusi 50 megapiksel, sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel, phase-detection autofokus, lensa aperture f/1.8, dengan dilengkapi LED flash + 2 megapiksel (macro) lensa aperture f/2.4 + 2 megapiksel (depth sensor) lensa aperture f/2.4
  • Kamera depan 13 megapiksel fixed focus, sensor BSI CMOS 1/3 inci 1.12um piksel, lensa aperture f/2.0
  • Layar sentuh Infinity-U Display 6,7 inci 2.5D, dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2400 piksel, kerapatan 393 ppi (pixel per inch), refresh rate 90Hz, 16 juta warna, panel TFT PLS
  • Memori RAM 6GB, ROM 128GB UFS 2.2, dilengkapi slot microSD maksimal 1TB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, Dolby Atmos, fingerprint sensor (side mounted), face unlock
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 168 x 77.8 x 8.8 mm dengan berat 194 gram
  • Baterai 5000mAh non-removable, fast charging 25W
  • Warna Violet, Black, Silver, dan Light Green
*review ini menggunakan unit yang dibeli sendiri oleh tim Laptophia, bukan sponsor/seeding
Anda mungkin suka:Review Itel P55 5G, Smartphone 5G Sejutaan Terkencang!
8 komentar

8 komentar

  • Yuwan Agista
    Yuwan Agista
    30 April 2024 pukul 11.32
    Mending Helio G99 yak performanya 😝 Itel RS4 aja, wus2...
    • Yuwan Agista
      Ditya Pandu
      9 Mei 2024 pukul 11.34
      Itel RS4 nggak ada update yang jelas kak hahaha
    Reply
  • Dewi Rieka
    Dewi Rieka
    28 April 2024 pukul 14.30
    Aku temani temanku nih kemarin beli, warna apa yaa dapatnya, hijau sage bener ya? Cakep tampilannya yaa
    • Dewi Rieka
      Ditya Pandu
      9 Mei 2024 pukul 11.35
      Bener kak... cakep banget itu. Setelah pakai, puaskah temennya, mbak?
    Reply
  • Ditya Tuxlin
    Ditya Tuxlin
    28 April 2024 pukul 11.35
    Warnanya unik, light violet yak? Cakepppp
    • Ditya Tuxlin
      Ditya Pandu
      9 Mei 2024 pukul 11.35
      Benar, ini Light Violet
    Reply
  • Anonim
    Anonim
    28 April 2024 pukul 11.22
    kayaknya masalah performa itu dari Snapdragon 680-nya. Kebanyakan hape pakai chipset itu emang kurang sat-set. Dibandingin sama Helio G85/G88 sekalipun masih lebih enakan Helio ini... IMO 😁
    • Anonim
      Ditya Pandu
      9 Mei 2024 pukul 11.36
      Sejauh ini hampir benar. Aku kalau review hape yang pakai Snapdragon 680 kok nggak ada yang bener2 sat-set lho... Snapdragon 685 mendingan, tapi tipis bedanya
    Reply