eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Xiaomi Redmi Note 13 4G: Layar Mengesankan dengan Kamera 108MP yang Kompeten

Review Xiaomi Redmi Note 13 4G: Layar Mengesankan dengan Kamera 108MP yang Kompeten - Xiaomi Indonesia tak tanggung-tanggung menggebrak pasar smartphone tanah air dengan meluncurkan lima smartphone Redmi Note 13 series. Tim Laptophia pun membeli varian termurahnya, Redmi Note 13 4G, untuk diulas sevara mendalam. Smartphone ini menawarkan upgrade kemampuan fotografi dengan dukungan kamera utama berkekuatan 108MP. dan kini dibekali dengan fitur speaker stereo.

Tak hanya itu, Redmi Note 13 4G ini juga memberikan pengalaman visual yang imersif dengan dukungan layar Super AMOLED dengan refresh rate 120Hz. Soal performa, smartphone ini masih seperti pendahulunya yang masih mempertahankan SoC Qualcomm Snapdragon 685 octa-core ditandemkan RAM 8GB. Lalu sehebat apakah smartphone ini? Simak review Xiaomi Redmi Note 13 4G oleh tim Laptohia kali ini!

Review Xiaomi Redmi Note 13 4G: Layar Mengesankan dengan Kamera 108MP yang Kompeten


Paket Pembelian Xiaomi Redmi Note 13 4G

Paket Pembelian Xiaomi Redmi Note 13 4G

  • Unit Xiaomi Redmi Note 13 4G Ocean Sunset
  • Kabel USB Type-C
  • SIM card ejector
  • User guide
  • Kartu garansi
  • Charger 33W
  • Silicon case

Desain Xiaomi Redmi Note 13 4G

Desain Xiaomi Redmi Note 13 4G

Desain Xiaomi Redmi Note 13 4G

Xiaomi mengusung tema desain ikonik untuk keluarga Redmi Note 13 series, termasuk Redmi Note 13 4G ini. Smartphone ini tampil menarik dan stylish dengan casing belakang yang dilengkapi dengan skema warna dinamis yang elegan dipadukan dengan dekorasi kamera minimalis tanpa housing, serta menggunakan frame flat yang modern. Kebetulan unit yang Laptophia ulas adalah varian warna Ocean Sunset.

Casing belakang Redmi Note 13 4G ini menggunakan finishing glossy yang mirip kaca, sehingga terlihat mewah. Sayangnya, finishing glossy membuat casing belakangnya ini menjadi magnet sidik jari yang membuatnya cepat kusam. Sementara jika dilihat dari depan, smartphone ini tampil dengan layar punch hole dan dibekali bezel yang lebih tipis dari generasi sebelumnya. 

Build quality Xiaomi Redmi Note 13 4G ini terbilang solid dan kuat. Ini sama sekali tak terasa murahan Ukuran smartphone ini juga tidak terlalu besar, sehingga tetap nyaman digenggam meski frame yang diusungnya flat. Bodi Redmi Note 13 4G ini cukup tangguh karena tahan terhadap debu dan cipratan air dengan sertifikasi IP54.

Desain Xiaomi Redmi Note 13 4G

Desain Xiaomi Redmi Note 13 4G

Desain Xiaomi Redmi Note 13 4G

Desain Xiaomi Redmi Note 13 4G

Baca juga:Review Vivo Y17s: Smartphone Sejutaan Tampil Mewah, Nyaman Dipakai

Pada review Xiaomi Redmi Note 13 4G oleh Laptophia kali ini, sisi depan terdapat proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, kamera depan, dan layar punch hole Super AMOLED 120Hz dengan resolusi full HD+ berukuran 6,67 inci.

Layar smartphone Redmi Note 13 4G ini cukup tangguh dengan kaca antigores dari Corning Gorilla Glass 3 yang masih diperkuat dengan screenguard yang sudah terpasang dari pabrik. Meski demikian, pemasangan tempered glass tambahan tetap Laptophia anjurkan guna meminimalisir risiko layar pecah saat terjatuh.

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Xiaomi Redmi Note 13 4G ini. Selain itu, terdapat tray slot SIM dan microSD (triple slot) pada sisi kiri ponsel. Sisi atas ponsel Redmi Note 13 4G ini terdapat port audio 3,5mm, speaker grill, microphone, dan infrared port.

Sedangkan bagian belakang ponsel Xiaomi Redmi Note 13 4G ini terdapat tiga kamera atau triple camera, LED flash, dan logo Redmi pada bagian kiri bawah. Merek asal Tiongkok yang baru saja memperkenalkan Xiaomi Redmi A3 ini menempatkan port USB Type-C, speaker grill, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Software Xiaomi Redmi Note 13 4G

Software Xiaomi Redmi Note 13 4G

Smartphone Xiaomi Redmi Note 13 4G ini hadir dengan sistem operasi Android 13 dengan balutan antarmuka MIUI 14. Ini agak mengecewakan karena Laptophia berharap smartphone ini sudah hadir dengan antarmuka baru HyperOS yang berbasis Android 14. 

Xiaomi tak memberikan informasi mengenai dukungan update Redmi Note 13 4G ini. Berdasarkan informasi dari Xiaomi Security Center, Redmi Note 13 4G mendapat dukungan 2x OS Android (hingga Android 15) dan tiga tahun update keamanan. Sementara varian Pro-nya mendapat dukungan update yang lebih lama.

MIUI 14 yang digunakan oleh smartphone ini tampil dengan antarmuka yang cukup familiar bagi mereka yang pernah menggunakan smartphone Xiaomi atau Poco. Tampilan antarmukanya terdiri dari Lock Screen, Homescreen, tanpa kehadiran app drawer. Pengguna juga dapat menampilkan app drawer melalui menu settings jika dibutuhkan.

Salah satu kelebihan MIUI 14 di Redmi Note 13 4G ini adalah fitur yang cukup lengkap, antara lain Mi Remote, Floating Window, Child Mode, Security, one handed mode, barcode scanner, Document scanner, Screen Recorder, NFC, Always On Display, Enterprise mode, Lite mode, Quick Ball menu, Mi Mover, Reading Mode, Video Toolbox, screen gesture, Ultra Battery Saver, App Lock, dark mode, Game Turbo, Blocklist, App Vault, Hide Apps, dan banyak lagi.

Hal yang agak disayangkan adalah aplikasi bawaan dan bloatware di smartphone ini tergolong banyak. Saat selesai setup dan terhubung ke WiFi, maka smartphone akan meminta izin untuk download banyak aplikasi. 

Software Xiaomi Redmi Note 13 4G


Beberapa aplikasi bawaan di Redmi Note 13 4G ini antara lain adalah Google Apps, aplikasi proprietary Xiaomi, GetApps, Amazon Shopping, Facebook, Fitbit, Kredivo, LinkedIn, Shopee, Lazada, Snack Video, Netflix, Spotify, Tokopedia, TikTok, Tiket.com, WPS Office, WoW, dan Booking.com. 

Tak hanya itu, bloatware di Redmi Note 4G ini masih ditambah game bawaan seperti Block Puzzle Guardian, World Trip, Crazy Juicer, Bubble Shooter And Friends, Dust Settle, Jewels Blast, Snake Zone.io, Mobile Legends: Bang Bang, Last Bullet, Buuble Shooter Relaxing, dan Tile Fun. Aplikasi dan game bawaan ini sebagian besar bisa dihapus jika tidak digunakan.

Baca juga:Review iQOO Z7x 5G: Performa Kencang, Baterai Paling Awet!

Apakah MIUI 14 Menampilkan Iklan?

Banyak pembaca laptophia yang bertanya, apakah MIUI 14 di smartphone generasi baru seperti Redmi Note 13 series ini masih menampilkan iklan? Di unit Redmi Note 13 4G yang Laptophia ulas ini masih menampilkan iklan, tetapi tidak terlalu mengganggu. Hal yang mengganggu justru spam notifikasi dari aplikasi bawaan seperti Music, Themes, GetApps, dan sebagainya.

Performa Xiaomi Redmi Note 13 4G

Performa Xiaomi Redmi Note 13 4G

Redmi Note 13 4G memang datang dengan sejumlah peningkatan di berbagai sektor. Sayangnya, performa tidak termasuk. Smartphone ini masih mempertahankan SoC yang digunakan oleh Redmi Note 12, yakni Qualcomm Snapdragon 685 (6nm) yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core Kryo 265 Gold 2,8GHz dan quad-core Kryo 265 Silver 1,9GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 8GB LPDDR4x, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 610.

Meski diklaim menawarkan peningkatan performa CPU dan GPU jika dibandingkan dengan Snapdragon 680, tetapi kinerja Snapdragon 685 yang digunakan Redmi Note 13 4G secara umum masih terbilang kurang gahar. Konsumsi dayanya memang tergolong efisien, tetapi kalah kencang jika dibandingkan pesaingnya yang rata-rata menggunakan Helio G99.

Hasil benchmark sintetis Redmi Note 13 4G yang telah Laptophia lakukan menunjukkan angka yang cukup baik, yakni mencapai 346.405 poin di AnTuTu v10. Angka ini masih lebih tinggi dibandingkan dengan Realme C67 yang juga menggunakan Snapdragon 685.

Selama dua minggu menggunakan Xiaomi Redmi Note 13 4G sebagai perangkat kedua, Laptophia merasa ada peningkatan dari Redmi Note 12 dari segi kegegasan. Berpindah antar aplikasi dan multitasking ringan terasa lebih smooth. Namun, performa kegegasan secara umum masih agak kurang dan perlu ditingkatkan. Terlebih saat menjalankan beberapa aplikasi seperti Snapseed dan CapCut, terasa agak lag ketika berpindah aplikasi.

Apakah smartphone Redmi Note 13 4G sanggup untuk gaming di 2024 ini? Jika gaming kasual, Redmi Note 13 4G ini masih memadai. Judul-judul populer seperti Mobile Legends: Bang Bang, PUBG Mobile, Free Fire, dan sebagainya masih dapat dimainkan dengan lancar di Redmi Note 13 4G. Tentunya dengan setting grafis yang disesuaikan. 

Sedangkan game lebih berat seperti Genshin Impact, tidak direkomendasikan karena kurang nyaman. Berikut ini hasil benchmark Redmi Note 13 4G oleh tim Laptophia.

Benchmark Xiaomi Redmi Note 13 4G

Benchmark Xiaomi Redmi Note 13 4G
Device Info HW

Benchmark Xiaomi Redmi Note 13 4G
Geekbench 6

Benchmark Xiaomi Redmi Note 13 4G
AnTuTu v10

Benchmark Xiaomi Redmi Note 13 4G
PCMark

Benchmark Xiaomi Redmi Note 13 4G
3DMark

Benchmark Xiaomi Redmi Note 13 4G
Basemark OS II

Benchmark Xiaomi Redmi Note 13 4G
Storage Test

Benchmark Xiaomi Redmi Note 13 4G
Sensor & Multitouch Tester

Review Kamera Xiaomi Redmi Note 13 4G

Review Kamera Xiaomi Redmi Note 13 4G

Sektor fotografi, Redmi Note 13 4G ini memang menawarkan peningkatan yang signifikan dari pendahulunya meski sama-sama dibekali dengan tiga kamera belakang. Kamera utama berkekuatan 108 megapiksel dengan lima elemen lensa 24mm aperture f/1.8 yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL HM6 1/1.67 inci 0.64um piksel yang didukung fitur phase-detection autofokus, AI, dan LED flash.

Kamera utama yang berkekuatan 108MP yang digunakan oleh Xiaomi Redmi Note 13 4G ini mengusung sensor canggih dari Samsung ISOCELL HM6 yang juga sebelumnya disematkan di Xiaomi 12T. Kelebihan sensor ini adalah dibekali dengan teknologi Nonapixel Plus yang menggabungkan 9 piksel menjadi sebuah piksel berukuran besar, sehingga secara default, ponsel ini menghasilkan foto dengan resolusi 12,5MP. 

Sedangkan kamera kedua berkekuatan 8 megapiksel dengan sensor Samsung S5K4H7 1/4 inci 1.12um piksel didukung lensa ultra-wide 13mm aperture f/2.2 yang mampu menghasilkan foto ultra-wide dengan FoV 119 derajat. Sedangkan kamera ketiga berkekuatan 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 berfungsi sebagai dedicated macro.

Xiaomi Redmi Note 13 4G ini dibekali dukungan sebuah kamera depan dengan resolusi 16 megapiksel dengan sensor OmniVision OV16A1Q 1/3.1 inci 1.12um piksel dipadukan dengan lensa aperture f/2.4 fixed focus dan diperkuat fitur AI Portrait Selfie untuk foto selfie dan video call. Sayangnya, baik kamera depan maupun kamera belakang hanya dapat merekam video 1080p @30fps saja, tidak tersedia opsi perekaman 4K atau 1080p @60fps.

Review Xiaomi Redmi Note 13 4G: Layar Mengesankan dengan Kamera 108MP yang Kompeten

Tampilan aplikasi kamera pada review Redmi Note 13 4G ini sedikit berbeda dari smartphone Redmi atau Xiaomi yang Laptophia ulas lebih dulu. Aplikasi kameranya mudah dimengerti dan digunakan dengan dominasi viewfinder yangdipadukan dengan menu Rolodex untuk memilih mode. Deretan atas menu kameranya terdapat shortcut untuk mengatur LED flash, Google Lens, Dropdown Menu, dan HDR. Pada viewfinder-nya terdapat tombol untuk memilih lensa, yakni 0,6x (ultra wide), 1x (wide), dan 2x (digital zoom), dan 3x (losless zoom).

Beberapa mode yang tersedia di kamera smartphone Xiaomi Redmi Note 13 4G ini antara lain Documents, 108MP, Video, Photo, Portrait, Night, Panorama, Tilt-Shift, Time-lapse, Macro, Slow Motion, Short Video, dan Pro. Pada Mode Pro, Laptophia bisa atur parameter teknis seperti White Balance, EV, ISO (50 hingga 6400), Shutter Speed (1/4000s hingga 30s), dan fokus distance. 

Review Xiaomi Redmi Note 13 4G: Layar Mengesankan dengan Kamera 108MP yang Kompeten

Kualitas foto yang dihasilkan kamera utama Xiaomi Redmi Note 13 4G menawarkan lompatan yang signifikan jika dibandingkan dengan Redmi Note 12. Dukungan resolusi yang lebih tinggi dengan sensor berukuran lebih besar membantu smartphone ini menghasilkan foto yang kompeten di segmen 2 jutaan.

Saat siang hari dengan kondisi cahaya melimpah, kamera utama Redmi Note 13 4G mampu menghasilkan foto dengan tone warna yang cenderung natural atau mendekati aslinya. Detail yang dihasilkan tergolong tinggi, meski beberapa detail terlihat agak oversharpening. Dynamic range secara umum cukup memadai dengan setting HDR auto.

Salah satu fitur yang dimiliki oleh kamera utama Redmi Note 13 4G ini adalah 3x lossless zoom atau serupa dengan 3x in-sensor zoom. Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan 3x zoom dengan kualitas yang lebih baik dari digital zoom biasa. Hasil pengujian yang Laptophia lakukan, foto 3x lossless zoom memang mampu menghasilkan kualitas foto yang tajam dan tetap detail.

Hal yang Laptophia sukai dari kamera utama Redmi Note 13 4G ini adalah kecepatan fokusnya yang tergolong cepat dan akurat. Foto subyek kecil atau macro dapat dengan mudah dilakukan dengan smartphone ini dan foto yang dihasilkan pun bukan kaleng-kaleng. Mode portrait di Redmi Note 13 4G juga cukup rapi dengan efek bokeh yang cukup alami.

Baca juga:Review ZTE Blade V50 Design: Smartphone Kencang, Stylish, dan Harga Terjangkau!

Saat malam hari,biasanya smartphone dengan rentang harga 2 jutaan agak kesulitan untuk menghasilkan foto yang baik. Namun, ini tak berlaku bagi Redmi Note 13 4G. Foto saat malam hari bisa diandalkan dengan detail di atas rata-rata, saturasi warna yang punchy, dan noise yang relatif terkontrol. 

Performa autofokusnya saat malam hari hanya sedikit mengalami penurunan dan sampel foto yang Laptophia tak banyak yang mengalami blur. Mode Night yang tersedia dapat meningkatkan dynamic range dan detail yang cukup signifikan. LED flash bawaannya juga bisa diandalkan untuk memotret kondisi gelap.

Hal yang mengejutkan adalah performa kamera depan dari Redmi Note 13 4G yang ternyata lebih baik dari ekspektasi tim Laptophia. Foto selfie yang dihasilkan mampu menampilkan tone warna yang alami, detail yang tetap tajam, tidak soft seperti kebanyakan kamera depan di segmen ini. Selain itu, dynamic range-nya juga luas.

Sedangkan untuk kamera ultra wide angle yang diusung Redmi Note 13 4G kali ini kurang kompeten dan masih di bawah harapan tim Laptophia. Saat kondisi cahaya melimpah atau siang hari, menghasilkan foto dengan karakter warna agak warm dengan detail yang tergoling kurang. Saat malam hari, kamera 0.6x ini kurang bisa diandalkan. 

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 13 4G

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 13 4G
1x zoom

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 13 4G
3x lossless zoom

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 13 4G

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 13 4G

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 13 4G

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 13 4G

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 13 4G

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 13 4G

Foto siang hari

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 13 4G

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 13 4G

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 13 4G

Foto mode portrait

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 13 4G

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 13 4G

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 13 4G

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 13 4G

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 13 4G

Foto macro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 13 4G

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 13 4G

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 13 4G

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 13 4G

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 13 4G

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 13 4G

Foto malam hari

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 13 4G
Night mode off

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 13 4G
Night mode on

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 13 4G

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 13 4G

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 13 4G

Foto dengan LED Flash

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Redmi Note 13 4G

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Redmi Note 13 4G

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Redmi Note 13 4G

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Redmi Note 13 4G

Foto selfie

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Redmi Note 13 4G

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Redmi Note 13 4G

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Redmi Note 13 4G

Foto selfie mode portrait

Hasil Foto Kamera 0.6x Ultra Wide Angle Xiaomi Redmi Note 13 4G

Hasil Foto Kamera 0.6x Ultra Wide Angle Xiaomi Redmi Note 13 4G

Hasil Foto Kamera 0.6x Ultra Wide Angle Xiaomi Redmi Note 13 4G

Hasil Foto Kamera 0.6x Ultra Wide Angle Xiaomi Redmi Note 13 4G

Hasil Foto Kamera 0.6x Ultra Wide Angle Xiaomi Redmi Note 13 4G

Hasil Foto Kamera 0.6x Ultra Wide Angle Xiaomi Redmi Note 13 4G

Hasil Foto Kamera 0.6x Ultra Wide Angle Xiaomi Redmi Note 13 4G

Hasil Foto Kamera 0.6x Ultra Wide Angle Xiaomi Redmi Note 13 4G

Hasil Rekaman Video Xiaomi Redmi Note 13 4G


Review Xiaomi Redmi Note 13 4G

Review Xiaomi Redmi Note 13 4G


Layar

Salah satu kelebihan dari review Xiaomi Redmi Note 13 4G kali ini adalah sektor layar. Redmi Note 13 4G ini bisa dikatakan salah satu smartphone 2 jutaan dengan layar terbaik. Layarnya berukuran 6,67 inci punch hole dengan resolusi Full HD+ Super AMOLED yang mampu menampilkan warna yang memuaskan mata, tajam, dan viewig angle luas.

Tak hanya itu, layar smartphone ini didukung refresh rate 120Hz yang dapat menyajikan animasi game dan scrolling dengan lebih mulus. Untuk penggunaan luar ruangan dengan sinar matahari yang terik, layar Redmi Note 13 4G sangat kompeten karena sangat cerah dengan peak brightness mencapai 1800 nits! Layarnya diproteksi antigores Gorilla Glass 3 dan screenguard yang terpasang dari pabrik.

Audio

Sektor audio menjadi salah satu upgrade yang diusung Redmi Note 13 4G dari pendahulunya dengan dukungan dua buah speaker stereo. Fitur ini sebelumnya sempat tersedia di Redmi Note 11 dan absen di Redmi Note 12. 

Performa speaker stereo Redmi Note 13 4G ini cukup balance dengan volume yang nyaring. Kualitas speaker-nya sendiri tergolong baik untuk segmen 2 jutaan dengan treble yang cukup menonjol, vokal yang renyah, dan bass yang mungkin kurang terdengar. Smartphone ini juga didukung Dolby Atmos untuk meningkatkan kualitas audionya saat menggunakan headset.

Memori

Review Xiaomi Redmi Note 13 4G: Layar Mengesankan dengan Kamera 108MP yang Kompeten

Smartphone berkamera 108MP andalan Xiaomi tersedia dalam satu varian memori saja, yakni RAM 8 GB dan memori internal 256 GB UFS 2.2. Unit yang Laptophia ulas ini menyisakan memori internal sekitar 226 GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 4,8 GB – 5 GB. 

Smartphone Redmi Note 13 4G ini telah mendukung fitur USB OTG melalui port USB Type-C yang diusungnya, serta dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal.

Fitur

Salah satu upgrade yang dibawa oleh Redmi Note 13 4G dari pendahulunya adalah sensor sidik jari yang kini posisinya berada di bawah layar atau under display fingerprint sensor. Performanya saat Laptophia coba cukup bagus, sensitif, dan bisa diandalkan.

Smartphone 2 jutaan ini juga dilengkapi dengan fitur NFC yang bermanfaat untuk transaksi digital, pairing dengan perangkat eksternal, top up atau cek saldo e-money, dan sebagainya. Redmi Note 13 4G ini sudah mendukung sertifikasi widevine L1 yang artinya pengguna dapat menikmati streaming konten dengan resolusi HD.

Baterai

Daya tahan baterai smartphone Redmi Note 13 4G ini mirip dengan Redmi Note 12 yang pernah Laptophia ulas sebelumnya. Selama dua minggu proses uji pakai, smartphone andalan Redmi ini rata-rata mampu bertahan 1,5 hari dan screen on time 6 - 7 jam dengan pola pengggunaan menengah non gaming. Bahkan, kadang bisa sampai dua hari.

Redmi Note 13 4G ini dibekali dengan baterai 5000mAh, sebuah kapasitas yang sudah umum diterapkan di smartphone Android masa kini. Xiaomi juga membenamkan fitur fast charge 33W. Berdasarkan pengujian Laptophia, butuh waktu 1 jam lebih untuk mengisi daya baterai Redmi Note 13 4G dari 5% hingga penuh. 

Kesimpulan

Xiaomi Redmi Note 13 4G bisa dikatakan salah satu smartphone 2 jutaan yang menarik dengan desain yang simpel dan bezel layarnya tipis. Kamera depan dan belakang kompeten dan bisa diandalkan, serta dibekali dengan layar Super AMOLED 120Hz yang bisa dikatakan terbaik di kelasnya. Fiturnya pun cukup lengkap, mulai dari NFC, speaker stereo, infrared blaster, dan sebagainya.

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 13 4G yang cukup signifikan adalah performanya yang kurang gegas. Snapdragon 685 yang diusungnya tampak kurang perkasa meski sudah ditandemkan dengan RAM 8GB. Jika tidak terlalu butuh performa kencang, maka Xiaomi Redmi Note 13 4G salah satu smartphone 2 jutaan yang layak dipertimbangkan.

Kelebihan Xiaomi Redmi Note 13 4G

  • Kamera depan dan belakang bisa diandalkan
  • Layar Super AMOLED 120Hz terbaik di kelasnya
  • Fitur lengkap (NFC, stereo speaker, infrared blaster, dll)
  • Harga bersaing

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 13 4G

  • Performa kurang gegas
  • MIUI 14 masih menampilkan iklan

Harga Xiaomi Redmi Note 13 4G

Harga smartphone Xiaomi Redmi Note 13 RAM 8GB ROM 256GB terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 2.799.000. Berdasarkan review Redmi Note 13 yang Laptophia lakukan di atas, smartphone ini memang menawarkan peningkatan dari pendahulunya dan layak dipertimbangkan.

Anda dapat cek harga dan promo Xiaomi Redmi Note 13 di Shopee (Klik) atau di BliBli (Klik)

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 13 4G

  • Sistem Operasi Android 13 dengan antarmuka MIUI 14
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 685 SM6225 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core Kryo 265 Gold 2,8GHz dan quad-core Kryo 265 Silver 1,9GHz
  • Grafis Adreno 610
  • Triple kamera dengan kamera utama 108 megapiksel, sensor Samsung ISOCELL HM6 1/1.67 inci 0.64um piksel, lensa 24mm aperture f/1.8, phase-detection autofokus dilengkapi LED flash + 8 megapiksel sensor Samsung S5K4H7 1/4 inci lensa 13mm ultra wide-angle aperture f/2.2 + 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 (macro)
  • Kamera depan 16 megapiksel, sensor BSI 1/3 inci 1.12um piksel, lensa 24mm aperture f/2.4, fixed focus
  • Layar sentuh punch hole Dot Display 6,67 inci 2.5D, aspek rasio 20:9 dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2400 pixels, kerapatan 395 ppi (pixel per inch), refresh rate 120Hz, 100% DCI-P3 color gamut, 1800 nits (peak), 16 juta warna, panel Super AMOLED, Corning Gorilla Glass 3
  • Memori RAM 8GB LPDDR4X, ROM 256GB UFS 2.2, dilengkapi slot microSD max 1TB (hybrid slot)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, IR Blaster, NFC, Dual SIM, fingerprint sensor (under display), face unlock
  • Dual stereo speaker dengan sertifikasi Hi-Res Audio, Dolby Atmos
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 162.3 x 75.6 x 8 mm dengan berat 188 gram
  • Baterai 5000mAh non-removable, Fast Charging 33W
  • Warna Midnight Black, Ice Blue, dan Ocean Sunset

*review ini menggunakan unit yang dibeli sendiri oleh tim Laptophia, bukan sponsor/seeding

Anda mungkin suka:Review Realme C67: Smartphone Terjangkau yang Stylish dengan Kamera 108MP
10 komentar

10 komentar

  • Anonim
    Anonim
    29 Maret 2024 pukul 21.54
    Kalau nggak butuh kenceng, sebenarnya Redmi Note 13 ini udah cukup banget lho
    • Anonim
      Ditya Pandu
      1 April 2024 pukul 22.55
      Bener. Buat harian non gaming, Redmi Note 13 udah cukup
    Reply
  • Tya Swan
    Tya Swan
    27 Maret 2024 pukul 00.38
    Kameranya bagus buat harga 2 jutaan.. 😁👍
    • Tya Swan
      Ditya Pandu
      1 April 2024 pukul 22.54
      Memang cakep ini kak
    Reply
  • Anonim
    Anonim
    25 Maret 2024 pukul 11.37
    Andai Redmi Note 13 ini pakai helio G99, kelar persaingan hehehe
    • Anonim
      Ditya Pandu
      1 April 2024 pukul 22.54
      Lah ntar samaan dong sama Poco M6 Pro, malah kemakan ntar wkwkw
    Reply
  • Ditya Tuxlin
    Ditya Tuxlin
    25 Maret 2024 pukul 00.50
    Desainnya cakep, kamera oke... Ya buat yg gak butuh kenceng, ini udah oke banget 👍
    • Ditya Tuxlin
      Ditya Pandu
      1 April 2024 pukul 22.54
      Gass... Fitur juga udah lengkap ini
    Reply
  • Yuwan Agista
    Yuwan Agista
    25 Maret 2024 pukul 00.40
    Nggak nyangka, kameranya cakep banget harga segini 😍
    • Yuwan Agista
      Ditya Pandu
      1 April 2024 pukul 22.53
      Peningkatannya pesat aklau dibandingkan pendahulunya
    Reply