eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Realme Buds T100, TWS Murah dengan Kualitas Mewah

Review Realme Buds T100, TWS Murah dengan Kualitas Mewah - Realme telah meluncurkan headset TWS (True Wireless Stereo) terbarunya melalui seri Realme Buds T100 yang membidik segmen entry-level. Bagi Anda yang sedang mencari TWS murah dengan kualitas suara yang bisa diandalkan, tampaknya Realme Buds T100 dapat menjadi salah satu kandidat kuatnya. Meski dijual dengan harga yang terjangkau, TWS ini menawarkan fitur yang terbilang lengkap di kelasnya seperti hadirnya game mode, Google fast pair, kemampuan tahan air IPX5, dan banyak lagi.

Tak hanya itu, TWS murah Realme Buds T100 ini juga dibekali fitur ENC (Environmental Noise Cancellation) berbasis AI untuk meredam noise saat digunakan untuk telepon. Kualitas suara yang dihasilkan oleh TWS Realme Buds T100 ini tak bisa dipandang sebelah mata dengan berbekal driver dinamis berukuran 10mm yang diklaim mampu menghasilkan suara yang jernih dan bertenaga. Laptophia pun penasaran dengan TWS murah ini dan memutuskan membeli satu unit untuk diulas, penasaran? Simak review Realme Buds T100 oleh tim Laptophia kali ini!

Review Realme Buds T100, TWS Murah dengan Kualitas Mewah


Paket Pembelian Realme Buds T100

Paket Pembelian Realme Buds T100

  • Unit TWS Realme T100 Pop White
  • Eartips (S, M, dan L)
  • Kabel USB Type-C
  • Manual dan kartu garansi

Desain Realme Buds T100

Desain Realme Buds T100

Desain Realme Buds T100

Saat pertama kali melihat desain case TWS Realme Buds T100 TWS, tim Laptophia langsung teringat dengan Realme Buds Air 3 yang telah diulas sebelumnya. Desain keduanya relatif mirip dengan bentuk oval dengan balutan material plastik yang menggunakan finishing glossy. Ada dua varian warna Realme Buds T100, yakni Punk Black yang menggunakan konsep two tone color dan Pop White seperti unit yang Laptophia ulas sekarang.

Finishing glossy pada case TWS Realme Buds T100 ini memang membuatnya terlihat mewah dan premium, tetapi membuat bodi terasa kicin dan mudah tergores atau meninggalkan bekas baret. Ukuran case-nya terbilang mungil dan mudah dimasukkan saku atau dibawa-bawa. Saat engsel dibuka, Realme Buds T100 langsung aktif dan terdeteksi di smartphone berkat fitur Google Fast Pair.

Sedangkan untuk desain earbud, Realme Buds T100 ini mengusung tipe in-ear atau masuk ke dalam telinga. bentuknya mirip dengan Realme Buds Air 3, tetapi seri T100 ini bagian belakangnya mengusung lekukan dan detail yang lebih tegas.  Sama dengan case-nya, unit earbud Realme Buds T100 ini juga menggunakan casing berbahan polikarbonat dengan finishing glossy. 

Baca juga:Review Realme Buds Air Neo, TWS yang Masih Andal di Tahun 2021

Desain Realme Buds T100

Desain Realme Buds T100

Desain Realme Buds T100

Tampilan case Realme Buds T100 ini terlihat minimalis dengan logo Realme dan LED indikator pada bagian depan. Sementara pada sisi bawah terdapat ada port USB Type-C untuk mengisi daya dan di sisi belakangnya tidak terdapat tombol atau port apapun.

Kontrol Realme Buds T100

Pada review Realme Buds T100 TWS kali ini, menggunakan kontrol sentuh yang terdapat pada bagian belakang masing-masing earbud. Berikut ini adalah daftar kontrol pada headset TWS andalan Realme yang telah Laptophia himpun:

  • Sentuh dua kali pada earbud kanan atau kiri untuk play/pause dan menjawab telepon
  • Sentuh tiga kali pada earbud kiri atau kanan untuk next track
  • Sentuh dan tahan pada salah satu earbud kanan untuk volume up dan earbud kiri untuk volume down

Kontrol ini dapat diubah parameternya menggunakan aplikasi Realme Link. Selama hampir sebulan proses review, performa kontrol sentuh yang dimiliki oleh headset TWS Realme Buds T100 ini terbilang konsisten dan bisa diandalkan.

Review Realme Buds T100

Review Realme Buds T100

TWS dengan harga murah biasaya identik dengan kualitas suara yang terbilang pas-pasan dan fitur yang minim. Akan tetapi kehadiran Realme Buds T100 tampaknya menjadi 'game changer' karena hadir dengan fitur yang bisa dikatakan sangat lengkap dan kualitas suara yang tak bisa dipandang sebelah mata.

Kualitas Suara

Kualitas suara biasanya tidak bisa diharapkan di TWS dengan harga terjangkau, tetapi pada review Realme Buds T100 ini ternyata berbeda. TWS Realme Buds T100 ini dipersenjatai dengan sebuah driver dinamis berukuran 10mm dengan teknologi PEEK+TPU titanium-plated composite dome Diapraghm yang diklaim mampu menghasilka suara mid dan high yang jernih, serta bass yang tetap powerful.

Saat pertama kali di-pairing dengan Realme GT Neo 3 dan Samsung Galaxy S20 Fe Snapdragon, suara yang dihasilkan suah cukup nyaring sehingga Laptophia cukup menggunakan volume 40 - 50% saja. Impresi awal, karakter suara atau sound signature headset TWS Realme Buds T100 ini adalah cenderung v-shape dengan dentuman bass yang powerful.

Bass yang dihasilkan Realme Buds T100 memang terbilang powerful dengan kuantitas melimpah dan mendalam. Ini sangat cocok bagi mereka yang sering mendengarkan musik yang menonjolkan bass seperti hip-hop atau EDM. Meski powerful, bass yang dihasilkan tidak mengganggu mid atau high. Tak hanya itu, bass-nya juga cukup responsif. Ini terbukti saat memainkan lagu Spit Out The Bone milik Metallica, gebukan drum saat intro yang ngebut dapat disajikan dengan baik dan detail.

Sedangkan untuk mid, Realme Buds T100 ini sangat menarik menurut Laptophia, khususnya untuk vokal. TWS murah ini mampu menyajikan karakter vokal yang jernih, jelas, dan berkarakter. Saat memainkan lagi lagu Monopoly On Truth dari Epica, suara scream dari mark Jensen terdengar bertekstur dan gahar. Sedangkan vokal utama wanita, Simone Simons, terdengar merdu dan sangat dapat dinikmati.

Baca juga:Review Haylou T19 TWS: Suara Jernih dan Detail, Fitur Lengkap

Sedangkan untuk high atau treble, tampaknya TWS Realme Buds T100 ini bisa dikatakan agak kurang kurang berani. Treble tampak kurang leluasa keluar, tetapi cukup renyah dan tidak menusuk telinga. Separasi antar instrumen mampu disajikan dengan baik untuk kelas harganya, tetapi sounstage bisa dikatakan terbatas dan kurang megah.

Aplikasi Realme Link


Pada review Realme Buds T100 kali ini, kemampuan dan fitur TWS akan lebih maksimal dengan aplikasi Realme Link. Melalui aplikasi ini, Laptophia dapat memantau status baterai leboh presisi. Bagi yang kurang puas dengan performa suara default dari TWS andalan Realme ini, dapat melakukan tuning melalui fasilitas Sound Effect yang di dalamnya terdapat tiga mode preset, Bass Boost+, Balanced, dan Bright.

Selain itu, Laptophia juga dapat mengaktifkan fitur Game mode di  Realme Buds T100 untuk latensi yang lebih rendah saat bermain game. Juga tersedia opsi Volume enhancer untuk meningkatkan volume TWS. Selain itu, kita juga dapat mengatur fungsi kontrol sentuh melalui Butten settings.

Kualitas Telepon & Delay

Ketika digunaka untuk bertelepon dengan kondisi sinyal yang baik, TWS Realme Buds T100 menawarkan suara yang cukup jelas dan bisa diandalkan. Saat laptophia menjajalnya di outdoor dengan kondisi agak berisik, fitur ENC (Environmental Noise Cancellation) yang berbasis AI cukup membantu meredam background noise saat telepon. Meski demikian, fitur ENC ini masih kalah jauh ketimbang ANC (Active Noise Cancellation).

Ketika digunakan untuk menonton movie secara offline maupun streaming melalui YouTube, delay tidak terasa. Namun saat bermain game, delay yang dihasilkan pada review Realme Buds T100 mulai terasa. TWS dengan harga terjangkau ini memiliki gaming mode yang ketika diaktifkan, delay kadang masih cukup terasa. Bila Anda adalah gamer kelas berat, mungkin lebih baik memilih TWS lain yang lebih mahal. 

Kenyamanan & Kompatibilitas

Review Realme Buds T100, TWS Murah dengan Kualitas Mewah


TWS Realme Buds T100 ini mengusung earbud bergaya in-ear yang sekilas mirip dengan Realme Buds Air 3 yang telah Laptophia ulas sebelumnya. Setelah sebulan menggunakan, TWS murah andalan Realme ini cukup nyaman digunakan. Dimensi earbud Realme Buds T100 cukup ringkas, sehingga tidak masalah bagi yang memiliki daun telinga berukuran kecil. 

Sayangnya, eartips bawaan TWS Realme Buds T100 ini tidak seempuk atau selentur eartips milik Realme Buds Air 3. Hal ini membuat penggunaan jangka waktu lama (lebih dari 2 jam), Realme Buds T100 masih kalah nyaman dari Buds Air 3. Ini dapat dimaklumi mengingat harganya jauh lebih murah.

Kompatibilitas headset true wireless stereo Realme Buds T100 terbilang baik dan dapat bekerja tanpa masalah saat disandingkan dengan Xiaomi Mi 10T Pro, Samsung Galaxy S20 Fe Snapdragon dan Realme GT Neo 3 dengan aplikasi Realme Link terinstal di dalamnya. Selama sebulan proses uji pakai, koneksi relatif stabil dan sangat jarang terjadi disconnect. Selain itu, Realme Buds T100 juga mendukung fitur Google Fast pair yang membuatnya dapat terhubung dengan smartphone dengan cepat dan mudah.

Baterai

Realme Buds T100 ini dibekali dengan baterai berkapaitas 40mAh untuk setiap earbud. Pada review Realme Buds T100 yang Laptophia lakukan, headset ini hanya bertahan rata-rata 5 jam menggunakan codec AAC dengan volume rata-rata 60% - 70%. Sedangkan baterai dalam case Realme Buds T100 ini berkapasitas 400mAh dan diklaim memiliki daya tahan total 28 jam memainkan musik.

Kesimpulan

Secara umum, Realme Buds T100 ini adalah salah satu TWS dengan harga terjangkau yang menawarkan kualitas suara yang balance dengan bass yang cukup kuat. Fitur yang dimilikinya cukup lengkap dan performanya bisa diandalkan. Laptophia menilai Realme Buds T100 adalah salah satu TWS di bawah 300 ribu yang layak dipertimbangkan.

Kelebihan Realme Buds T100

  • Kualitas suara mantap dangan bass kuat
  • Fitur lengkap
  • Harga terjangkau

Kekurangan Realme Buds T100

  • Kurang cocok untuk gamer
  • Perlu aplikasi Realme Link untuk mengoptimalkan fiturnya

Harga Realme Buds T100

Harga Realme Buds T100 terbaru berdasarkan informasi yang Laptophia himpun dari e-commerce saat artikel ini dibuat adalah Rp 299.000. Berdasarkan hasil review Realme Buds T100 oleh tim Laptophia di atas, TWS satu ini layak dipertimbangkan dengan bagi konsumen dengan dana terbatas.

Anda dapat cek harga dan promo terbaru TWS Realme Buds T100 di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Realme Buds T100

  • Merk Realme
  • Model: T100
  • Jenis headset: In-Ear TWS
  • Chipset 2500IUC True Wireless
  • Tipe driver 10mm dinamis (PEEK+TPU titanium-plated composite dome Diapraghm)
  • Speaker Impedansi: 16 Ohm
  • Sensitivitas 102±3dB
  • AI Environmental Noise Cancellation (ENC)
  • Rentang frekuensi: 20 Hz – 20 kHz
  • Versi Bluetooth 5.3
  • Bluetooth protocol HFP/HSP/AVRCP/A2DP
  • Dukungan codec SBC dan AAC
  • Sensitivitas microphone -42dB
  • Input maksimal 5V/500mA
  • Waterproofing: IPX5
  • Baterai Earbuds: 40 mAh; Charging case: 400 mAh
  • Berat Earbud: 4.2g; With charging case: 34,5g
  • Dimensi Earbud: 28 x 17 x 25 mm; Charging case: 61.16 × 48.29 × 28.16 mm
  • Warna Punk Black dan Pop White
Anda mungkin suka:Review Anker Soundcore Life Q30, Headphone Wireless ANC dengan Suara Mantap
6 komentar

6 komentar

  • Anonim
    Anonim
    22 Juni 2023 pukul 08.33
    udah pake TWS ini hampir sebulanan tanpa install aplikasi realme Link dan hanya mengandalkan setting audio dari bawaan hp dan hasil sound quality-nya sesuai selera kuping kaleng ane... hehe, btw... bagus reviewnya...
    • Anonim
      Ditya Pandu
      22 Juni 2023 pukul 20.55
      Wah udah oke ya, ndak perlu pengaturan tambahan di Realme Link. Mantap.
      Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar :)
    Reply
  • Anonim
    Anonim
    21 Mei 2023 pukul 17.37
    Fitur Google Fast Pair di Realme Buds T100 ini memudahkan banget. Mustinya ditiru nih sama TWS murah lainnya 😁
    • Anonim
      Ditya Pandu
      25 Mei 2023 pukul 10.01
      Nah betul... Mustinya Google Fast Pair itu jadi fitur standar, soalnya memudahkan banget buat pairing
    Reply
  • Tya Swan
    Tya Swan
    20 Mei 2023 pukul 21.48
    Kayaknya kalau harga segini kandidatnya banyak deh, nggak cuma Realme ini doang 🫣
    • Tya Swan
      Ditya Pandu
      25 Mei 2023 pukul 10.01
      Ya memang banyak.... Tapi saya pegang unit dan reviewnya baru yang ini
    Reply