eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Vivan VS12, Speaker Bluetooth Tahan Air dengan Bass Powerful

Review Vivan VS12, Speaker Bluetooth Tahan Air dengan Bass Powerful - Pasar speaker bluetooth atau speaker portabel di Indonesia saat ini terus mengalami perkembangan pesat. Tak sulit mencari speaker bluetooth berkualitas baik dengan harga terjangkau, salah satunya adalah Vivan VS12. Brand Vivan tentu tak asing lagi bagi pembaca Laptophia karena brand lokal satu ini telah lama berkecimpung di pasar aksesoris gadget tanah air. Setelah sebelumnya menjajal seri Vivan VS1 dan VS10, kini tiba giliran Vivan VS12 yang diulas oleh Laptophia.

Hal yang membuat Laptophia tertarik dengan speaker Vivan VS12 ini adalah desainnya yang berbentuk tabung yang unik dengan balutan casing canvas. Speaker Vivan VS12 ini memiliki kemampuan tahan air dan ditenagai single driver dengan daya 10W ditandemkan passive bass radiator. Menariknya, speaker tahan air dari brand lokal ini dijual dengan harga yang terjangkau, penasaran? Simak review Vivan VS12 oleh tim Laptophia kali ini!

Review Vivan VS12, Speaker Bluetooth Tahan Air dengan Bass Powerful


Paket Pembelian Vivan VS12

Paket Pembelian Vivan VS12

  • Unit Vivan VS12
  • Kabel USB
  • Kabel AUX
  • Kartu garansi
  • Tali (terpasang di speaker)
  • User guide

Desain Vivan VS12

Desain Vivan VS12

Desain Vivan VS12

Desain adalah salah satu daya tarik pada review Vivan VS12 menurut Laptophia. Sekilas, desain speaker ini mirip dengan Ultimate Ears Wonderboom yang pernah diulas sebelumnya dengan bantuk tabung yang mirip dengan kaleng soda. Sekeliling speaker ini menggunakan bahan kanvas dengan dua pilihan warna. Kebetulan unit yang Laptophia ulas adalah warna abu-abu terang. 

Penggunaan material kanvas membuat speaker ini nyaman dipegang. Minusnya, material tersebut akan mudah kotor atau meninggalkan noda. Sementara pada bagian chasis terbuat dari bahan polikarbonat dengan finishing mirip karet yang cukup solid. Sementara pada sisi atas speaker Vivan VS12 ini terdapat tombol kontrol yang terbuat dari bahan karet yang empuk saat dipencet. Sedangkan pada bagian bawahnya terdapat dudukan yang terbuat dari bahan karet yang menonjol.

Builid quality speaker bluetooth Vivan VS12 ini cukup solid dan kuat. Namun, masih kalah solid jika dibandingkan dengan UE Wonderboom yang memang harganya lebih mahal. Ukuran speaker Vivan VS12 ini memang agak bongsor, tetapi masih nyaman untuk dibawa kemana-mana. Bagian belakangnya terdapat tali untuk memudahkan pengguna menggantungkan speaker ini di tempat yang diinginkan. Speaker ini memiliki kemampuan tahan air dengan sertifikat IPX6 yang artinya tahan semprotan air dengan kuat, tetapi tidak untuk ditenggelamkan.

Baca juga:Review Tronsmart Element Splash, Speaker Bluetooth Murah Tahan Air

Vivan VS12

Desain Vivan VS12

Pada review Vivan VS12 kali ini, sisi depan terdapat speaker grill yang melingkar. Sisi belakang speaker Vivan VS12 ini terdapat port USB Type-C, port AUX, dan slot microSD yang ditutup dengan "pintu" karet kedap air, microphone, dan lubang untuk memasang tali gantungan pada bagian atasnya.

Sedangkan pada bagian atas speaker bluetooth Vivan VS12 ini terdapat logo Vivan, LED indikator, tombol power, tombol volume minus, play/pause, volume plus, mode bass, dan microphone. Sementara pada sisi bawah terdapat informasi singkat mengenai spesifikasi teknis speaker dan passive bass radiator.

Video Unboxing Vivan VS12



Review Vivan VS12

Review Vivan VS12

Vivan VS12 adalah speaker bluetooth tahan air merk lokal yang cukup menarik menurut Laptophia. Harganya yang terjangkau tak membuat kualitas suaranya asal-asalan dan bahkan kualitas suaranya salah satu yang paling layak dipertimbangkan di kelas Rp 200 ribuan. 

Speaker ini didukung konektivitas yang lengkap dengan hadirnya port AUX dan slot microSD. Vivan VS12 juga mendukung fitur TWS (True Wireless Stereo) dengan menghubungkan dua unit speaker ini. Sehebat apakah speaker portabel Vivan VS12 ini?

Kualitas Suara

Speaker Vivan VS12 ini dipersenjatai dengan sebuah driver dinamis berukuran 60mm dengan daya hingga 10W. Tak hanya itu, sebuah passive bass radiator disematkan pada bagian bawah speaker tahan air ini untuk mendongkrak kualitas dan kuantitas bass. Salah satu keunggulan pada review Vivan VS12 kali ini adalah volume suara yang dihasilkan sangat nyaring dan cocok untuk penggunaan outdoor.

Baca juga:Review Mito MyBox S115, Speaker Bluetooth Murah dengan Suara Terbaik di Kelasnya

Berbicara soal kualitas dan karakter suara, speaker Vivan VS12 ini agak unik menurut tim Laptophia. Sound signature-nya memang agak warm dengan mid yang menonjol, terutama untuk vokal. Suara vokal terdengar lebih maju dibandingkan instrumen atau musik lainnya. Baik vokal pria maupun wanita dapat ditampilkan dengan baik dan cukup detail. Sayangnya, karakter suara vokalnya agak aneh dan kurang natural menurut Laptophia.

Laptophia mendengarkan lagu Unleashed milik Epica dan Here's My Hell milik Revamp, suara vokal lebih menonjol dan kadang membuat suara instrumen lain seperti gitar, keyboard atau melodi menjadi kurang detail. Lagu-lagu dengan instrumen rumit seperti Planet Hell atau Storytime milik Nightwish terasa kurang mantap. 

Selain vokal yang menonjol, salah satu hal yang menarik dari review Vivan VS12 ini adalah bass yang dihasilkan. Tampaknya speaker ini dapat memuaskan basshead yang membutuhkan speaker dengan harga di bawah 300 ribuan. Bass yang dihasilkan speaker ini powerful, melimpah kuantitasnya, responsif, dan cukup deep. 

Saat Laptophia memutar lagi The Ones We Leave Behind milik Trivium yang kaya akan dobel pedal drum  dengan kecepatan tinggi, speaker Vivan VS12 ini masih mampu mengatasinya dengan baik. Kekuatan bass yang sebenarnya dari speaker bluetooth Vivan VS12 ini akan tampak ketika kita memutar lagu genre EDM atau hip-hop yang memang menonjolkan dentuman bass yang kuat. Sayangnya saat volume hampir penuh, bass yang dihasilkan agak boomy/muddy di lagu-lagu tertentu.

Treble atau frekuensi tinggi yang dihasilkan oleh speaker Vivan VS12 ini memang terdengar agak malu-malu menurut Laptophia. Hal ini membuat Vivan VS12 ini kurang cocok untuk mendengarkan musik berkarakter bright seperti lagu-lagu pop dan sejenisnya. Separasi antar instrumen Vivan VS12 ini tidak terlalu buruk untuk harga 200 ribuan.

Kompatibilitas

Selama menggunakan dan menguji speaker Vivan VS12 ini, tim Laptophia tidak menemui kendala kompatibilitas. Perangkat yang pernah terhubung dengan speaker besutan Vivan ini seperti Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon, Xiaomi Mi Note 10 Pro, dan sebuah laptop Asus ExpertBook P2 P245FB dapat bekerja tanpa masalah. 

Baterai

Pada review Vivan VS12 kali ini, speaker bluetooth dengan kemampuan tahan air dan suara ngebass ini dibekali baterai berkapasitas 1800mAh yang diklaim mampu bertahan hingga 8 jam penggunaan. Berdasarkan pengalaman tim Laptophia yang sering menggunakannya dengan volume di atas 70%, baterai hanya tahan rata-rata 4 - 5 jam lebih.

Baca juga:Review JBL Go 2, Speaker Stylish Tangguh Bersuara Jernih

Kesimpulan

Secara umum, Vivan VS12 ini merupakan sebuah speaker bluetooth tahan air yang menawarkan kualitas suara yang mantap dan powerful. Keunggulan utama Vivan VS12 ini adalah bass yang dihasilkan terbilang mantap dan volume suara yang dihasilkan juga sangat nyaring. Jelas, Vivan VS12 salah satu speaker yang layak dipertumbangkan dengan harga di bawah Rp 300 ribu.

Kelebihan Vivan VS12

  • Volume suara besar
  • Bass powerful
  • Tahan air dengan sertifikasi IPX6
  • Harga terjangkau

Kekurangan Vivan VS12

  • Suara vokal terlalu maju
  • Clarity agak kurang

Harga Vivan VS12

Vivan VS12 adalah sebuah speaker Bluetooth portabel merk lokal yang memiliki kemampuan tahan air dan bass yang powerful. Harga speaker Vivan VS12 terbaru di Indonesia berdasarkan pantauan Laptophia saat artikel ini dibuat adalah Rp 269.000. 

Anda dapat membeli speaker bluetooth Vivan VS12 dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Vivan VS12

  • Tipe speaker: Portable bluetooth speaker
  • Sistem speaker: mono
  • Passive/Active: Active
  • Mode operasi: Tombol
  • Loudspeaker: 60mm + Passive Bass Radiator
  • RMS: 4Ω 10W
  • Frequency Response: 40Hz - 18KHz
  • Signal to noise ratio 80dB
  • Versi Bluetooth: Bluetooth 5.0 + EDR
  • Jangkauan Bluetooth hingga 10 meter
  • Spesifikasi USB: USB 2.0 kompatibel dengan USB 1.1
  • Dukungan format file: APE, MP3, WMA, WAV, FLAC
  • Mendukung fitur TWS
  • Tahan air dengan sertifikat IPX6
  • Dilengkapi port AUX dan slot microSD
  • Baterai built-in 3,7V/1800mAh lithium battery, hingga 8 jam penggunaan (bervariasi)
  • Dimensi (W x D x H) 93 x 93 x 112 mm
  • Berat 378 gram
  • Kompatibel dengan tablet PC, smartphone, iPod, iPhone, Laptop
  • Warna Grey
*review ini menggunakan unit yang dibeli sendiri oleh tim Laptophia, bukan sponsor/seeding
Anda mungkin suka:Review Huawei Watch Fit: Fitur Lengkap dengan Bobot Ringan
5 komentar

5 komentar

  • thehost
    thehost
    7 Februari 2022 pukul 22.13
    Yahahaha :mrgreen: lupa kalau blogspot belom bisa emoji
    • thehost
      Ditya Pandu
      7 Februari 2022 pukul 22.15
      Betul sekali, blogspot memang belum bisa nampilih emoji hehehe 😅
    • thehost
      Ditya Pandu
      7 Februari 2022 pukul 22.16
      Eh itu bisa di atas emojinya 🤔
    Reply
  • Gadgetboi
    Gadgetboi
    7 Februari 2022 pukul 22.12
    �� sayang kurang bagus untuk metal...
    • Gadgetboi
      Ditya Pandu
      7 Februari 2022 pukul 22.15
      Iya, vokal terlalu menonjol... Buat yang suka dengerin detail ritem gitar atau melodi bakal kurang cocok. Apalagi kalau symphonic metal yang instrumennya banyak, bakal kurang asik hehehe
    Reply