eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Huawei Watch Fit: Fitur Lengkap dengan Bobot Ringan

Review Huawei Watch Fit: Fitur Lengkap dengan Bobot Ringan - Huawei Watch Fit adalah sebuah smartwatch berdesain stylish dengan layar persegi yang melengkung atau curved yang menawan. Tak hanya mengandalkan desain yang menarik, Huawei Watch Fit juga dibekali dengan fitur yang lengkap dan membuat pengalaman berolahraga kian menyenangkan. Keunggulan utama jam tangan pintar Huawei Watch Fit ini adalah bobotnya yang ringan dan nyaman digunakan dalam waktu lama.

Sebenarnya Huawei Watch Fit bukanlah smartwatch keluaran terbaru. Huawei pertama kali meluncurkan smartwatch Watch Fit di Indonesia pertengahan 2020 lalu. Bahkan, saat ini telah ada penerusnya yang lebih mewah, yakni Huawei Watch Fit Elegant edition. Meski sudah berusia 2 tahun, Huawei Watch Fit masih merupakan sebuah smartwatch yang andal dengan kemampuan fitness tracker lengkap dan daya tahan baterai mumpuni. Penasaran? Simak review Huawei Watch Fit oleh tim Laptophia kali ini!

Review Huawei Watch Fit: Fitur Lengkap dengan Bobot Ringan


Paket Pembelian Huawei Watch Fit

Paket Pembelian Huawei Watch Fit

  • Unit Huawei Watch Fit Graphite Black
  • Charging dock
  • Buku manual
  • Kartu garansi

Desain Huawei Watch Fit

Desain Huawei Watch Fit

Sisi desain bisa menjadi salah satu daya tarik pada review Huawei Watch Fit oleh tim Laptophia kali ini. Sekilas memang Huawei Watch Fit ini lebih mirip smartband seperti Huawei Band 6 ketimbang sebuah smartwatch, hanya saja ukuran layarnya sedikit lebih besar. Meski demikian, Huawei Watch Fit tetap terlihat stylish dan menarik dengan empat varian warna. Unit Huawei Watch Fit yang Laptophia ulas adalah varian Graphite Black.

Jam tangan cerdas ini tampil dengan desain layar kotak dengan sudut yang rounded. Seikilas, penampilannya mirip Amazfit GTS atau Apple Watch dengan layar yang lebih panjang dan agak melengkung. Berdasarkan informasi yang Laptophia himpun, Watch Fit ini adalah smartwatch pertama Huawei yang tampil dengan layar persegi. Bagian pinggir layarnya melengkung 2,5D dengan bezel yang cukup tips.

Berbeda dengan Huawei Watch Fit Elegant Edition yang menggunakan bodi berbahan stainless steel yang mewah, Huawei Watch Fit reguler yang Laptophia ulas ini masih menggunakan bahan polikarbonat. Selain itu, Wathc Fit andalan Huawei ini bobotnya sangat ringan dan nyaris tidak terasa membebani pegelangan tangan saat dikenakan. Jam tangan pintar ini dibekali dengan strap silikon atau karet yang cukup lentur dan kuat. Ketangguhan Huawei Watch Fit tak perlu diragukan lagi karena mengusung rating tahan air atau water resistant 5 ATM.

Baca juga:Review Zeblaze Hybrid 2: Smartwatch Keren dengan Desain Rotating Dial

Desain Huawei Watch Fit

Desain Huawei Watch Fit

Desain Huawei Watch Fit

Pada sisi depan, jam tangan pintar Huawei Watch Fit ini terdapat layar sentuh berbentuk square berukuran 1,64 inci AMOLED. Sedangkan pada sisi kanan terdapat sebuah buah tombol yang digunakan untuk mengoperasikan smartwatch. Sedangkan pada sisi kiri Huawei Watch Fit tidak terdapat port atau tombol apapun. Sedangkan pada sisi bawah terdapat port pogo magnetik untuk charging dan aneka sensor.

Review Huawei Watch Fit

Review Huawei Watch Fit


Huawei Watch Fit memang sebuah smartwatch yang tidak sepenuhnya 'pintar' seperti Samsung Galaxy Watch dengan WearOS atau Apple iWatch. Laptophia menilai Huawei Watch Fit ini memiliki kemampuan setara dengan smartband seperti Huawei Band 6 dengan desain yang lebih stylish dan build quality lebih solid.

Smartwatch Watch Fit ini menggunakan sistem operasi Lite OS yang dikembangkan sendiri oleh Huawei. Sayangnya, pengguna tidak dapat menambahkan aplikasi buatan pihak ketiga di smartwatch ini. Berbekal chipset Huawei DK3.5+ST, smartwatch ini menawarkan performa yang responsif dan nyaris tanpa lag selama Laptophia menggunakannya.

Laptophia mengulas Huawei Watch Fit ini dengan dipasangkan ke smartphone Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon dan menggunakannya selama kurang lebih dua minggu.

Baca juga:Review Amazfit BIP Lite, Baterai Tahan Lama dengan Harga Terjangkau

Layar

Kualitas layar yang mantap adalah salah satu daya tarik pada review Huawei Watch Fit oleh tim Laptophia kali ini. Huawei membekali Watch Fit dengan dengan layar persegi yang agak melengkung (curved) 2,5D yang menawan dengan teknologi AMOLED berukuran 1,64 inci dengan resolusi 280 x 456 piksel. 

Ukuran layar yang luas dan kualitas yang superior membuat tim Laptophia betah memandangi dan bernavigasi di smartwatch Huawei Watch Fit ini. Saturasi warnanya punchy, tajam, dan mampu menampilkan warna hitam yang pekat. Notifikasi dan isi pesan dapat tampil dan terbaca dengan baik di layar Huawei Watch Fit ini.

Layarnya dapat diandalkan di segala kondisi cahaya. Bahkan saat di bawah terik matahari sekalipun, notifikasi dan tulisan di layar Huawei Watch Fit masih terbaca dengan baik. respon touchscreen relatif responsif. Huawei Watch Fit menyediakan opsi Always-on Display, tetapi daya tahan baterainya akan berkurang setengahnya jika diaktifkan.

Fitur Huawei Watch Fit

Fitur Huawei Watch Fit

Jam tangan pintar Huawei Watch Fit ini memiliki 13 watchface yang terlah terinstal di dalamnya. Beberapa watchface tersebut dapat masih dapat dikostumisasi sesuai kebutuhan. Apakah watchface di Huawei Watch Fit ini masih bisa ditambah? Saat pertama kali mengunakannya, ada opsi untuk menambah watchface. Anehnya, setelah update firmware dan aplikasi Huawei Health, opsi watchface tambahan menghilang.

Fitur yang lengkap menjadi daya tarik utama pada review Huawei Watch Fit kali ini. Jam tangan pintar yang mirip dengan Huawei Band 6 ini dilengkapi fitur realtime heartrate dengan algoritma TruSeen 4.0, mengukur saturasi oksigen Sp02, jumlah kalori yang terbakar, jumlah langkah, sleep monitor dengan algoritma TruSleep 2.0 dan TruRelax, Find My Phone, menampilkan notifikasi dari ponsel, weather, stress monitor, pemantauan aktivitas aneka macam olah raga, kontrol musik, flashlight, stopwatch, timer, alarm, dan sebagainya. 

Hal yang menarik adalah smartband Huawei Watch Fit ini dilengkapi dengan 96 jenis workout, sehingga pengguna bebas memilih olahraga apa yang akan dilakukan. Fitur lain yang menarik perhatian tim Laptophia adalah Running Courses dan Fitness Courses. Kedua fitur ini menjadi samacam pelatih virtual yang membantu pengguna pemula untuk memulai fitness atau lari dengan benar.

Informasi statistik olahraga yang ditampilkan jam tangan pintar Huawei Watch Fit ini cukup lengkap, yakni rute olahraga, durasi, kalori yang terbakar, jarak, kecepatan, pace, heart rate, cadence, skor VO2 Max, dan banyak lagi. Lock GPS cukup cepat dan akurasinya terbilang baik menurut tim Laptophia.

Baca juga:Review Xiaomi Mi Band 5: Layar Lebih Besar, Fitur Lebih Lengkap

Pada review Huawei Watch Fit ini, juga memiliki fitur untuk mendeteksi tingkat stress penggunannya dan ditampilkan dalam skala angka yang mudah dimengerti. Tak lupa, Huawei Watch Fit dibekali dengan fitur Breathe exercise untuk berlatih pernafasan.

Aplikasi Huawei Health


Pada review Huawei Watch Fit kali ini, perangkat lunak yang digunakan adalah Huawei Health. Aplikasi Huawei Health tersedia di Google Play Store, tetapi Laptophia menyarankan untuk mengunduhnya langsung melalui Huawei AppGallery untuk mendapatkan versi terbaru.

Tampilan antarmuka aplikasi Huawei Health ini sangat rapi dan nyaman digunakan menurut Laptophia. Aplikasi Huawei Health ini menyajikan informasi atau laporan yang sangat lengkap mengenai aktivitas pengguna, seperti statistik jumlah langkah, kalori yang terbakar, detak jantung lengkap dengan analisanya, pelacakan olahraga yang telah dilakukan, jalur lari atau olahraga yang dilakukan pengguna secara akurat berdasarkan GPS, tingkat stres, laporan analisa tidur, dan banyak lagi.



Melalui aplikasi Huawei Health ini, pengguna juga dapat mengatur aplikasi apa saja yang tampil notifikasinya di smartwatch Huawei Watch Fit. Update firmware juga dilakukan melalui aplikasi ini. hal yang Laptophia tidak habis pikir adalah menghilangnya menu watchface di Huawei health ini, sehingga kami tidak dapat menambah wathcface.

Kenyamanan

Jam tangan pintar Huawei Watch Fit ini relatif nyaman digunakan dalam waktu lama. Hal ini tak lepas dari dimensinya yang tipis dan bobot ringan. Sedangkan strap silicon yang diusung Huawei Watch Fit juga terasa nyaman dan tidak panas atau gatal jika digunakan dalam waktu lama. Sayangnya, strap agak sulit dilepas dan tak banyak yang menjual strap penggantinya.

Baca juga:Amazfit GTR Review: Smartwatch Mewah dengan Baterai Tahan Lama

Baterai

Daya tahan baterai menjadi salah satu kelebihan atau daya tarik utama pada review Huawei Watch Fit kali ini. Smartwatch andalan Huawei ini memang hanya dibekali baterai berkapasitas 180mAh saja, tetapi diklaim mampu bertahan hingga 10 hari. 

Penggunaan non stop ala Laptophia dengan hampir semua fitur aktif disertai notifikasi yang cukup sering, Huawei Watch Fit mampu bertahan 6 – 7 hari. Daya tahan baterai bisa lebih rendah jika sering menggunakan fitur workout dan GPS-nya. Proses pengisian daya Huawei Watch Fit cukup cepat, yakni 1 jam saja.

Kesimpulan

Secara umum, Huawei Watch Fit adalah sebuah smartwatch dengan desain stylish, ringan, dan nyaman digunakan. Fitur yang ditawarkan termasuk lengkap dan didukung daya tahan baterai yang mumpuni membuat Huawei Watch Fit layak dipertimbangkan.

Kelebihan Huawei Watch Fit

  • Nyaman dan ringan digunakan
  • Workout dan fitness tracking andal
  • Fitur lengkap
  • Daya tahan baterai mumpuni

Kekurangan Huawei Watch Fit

  • Fitur setara Huawei Band 6, harga lebih tinggi
  • Tidak dilengkapi altimeter

Harga Huawei Watch Fit

Haega smartwatch Huawei Watch Fit terbaru di Indonesia saat artikel ini dibuat berdasarkan pantauan tim Laptophia dari e-commerce terkemuka tanah air adalah Rp 1.399.000. Berdasarkan hasil review Huawei Watch Fit di atas, smartwatch ini layak dipertimbangkan di kelasnya.

Anda dapat membeli smartwatch Huawei Watch Fit dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Huawei Watch Fit

  • Product Model: Watch Fit
  • Chipset: Dual chipset Huawei DK3.5+ST
  • RAM 16MB dengan ROM 4GB
  • Sistem operasi Lite OS
  • Compatible System: Android 6.0 atau lebih baru, iOS 9 atau lebih baru
  • Sensor: Accelerometer sensor, Gyroscope sensor, Sp02, heart rate sensor, Ambient light sensor, capacitive sensor
  • Dilengkapi GPS
  • Fitur andalan: sport tracking, realtime heart rate, Sp02 monitoring, 96 workout mode, Huawei TruSeen 4.0, Huawei TruRelax, Huawei TruSleep 2.0
  • Aplikasi: Huawei Health
  • Fitur lain: Pelacakan dan pemantauan aktivitas harian, Langkah, kalori, intensitas aktivitas, statistik tegakan, pemantauan detak jantung 24 jam, Pengenalan latihan dalam dan luar ruangan yang beragam, fitness courses, running courses
  • Screen Size: 2.5D curved glass 1,64 inci 280 x 456 piksel, 326 piksel per inci
  • Screen Type: AMOLED
  • Bluetooth: 2.4 GHz, Bluetooth 5.0 BLE
  • Kapasitas baterai: lithium polymer 180mAh, tahan hingga 10 hari
  • Manipulation Mode: touchscreen, button control, dan mobile phone APP control
  • Waterproof 5ATM
  • Dimensi 46 x 30 x 10.7 mm berat 21 gram
  • Warna Graphite Black, Mint Green, Cantaloupe Orange, dan Sakura Pink
*review ini menggunakan unit yang dibeli sendiri oleh tim Laptophia, bukan sponsor/seeding
Anda mungkin suka:Review Honor Watch Magic, Smartwatch Murah yang Nyaris Sempurna
Posting Komentar

Posting Komentar