eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Asus Vivobook Ultra K413FQ: Laptop All Rounder Ringkas dengan Desain Mewah

Review Asus Vivobook Ultra K413FQ: Laptop All Rounder Ringkas dengan Desain Mewah – Asus Vivobook Ultra K series awalnya dikenal sebagai sebuah laptop tangguh dengan daya tahan baterai yang luar biasa di kelasnya, yakni Vivobook Ultra K403FA. Kemudian hadir penerusnya, yakni  Vivobook Ultra K413 series yang mengusung karakter yang sedikit berbeda. Kurang lebih sebulan yang lalu, Asus Indonesia berbaik hati meminjamkan satu unit laptop Vivobook Ultra K413FQ untuk diulas secara mendalam di Laptophia.

Asus Vivobook Ultra K413FQ tampil dengan desain yang mewah dan mengusung gaya yang tak jauh berbeda dengan Vivobook S14. Soal performa, laptop andalan Asus ini cukup andal untuk all rounder berkat dukungan prosesor Intel Core generasi ke-10 dengan nama sandi Comet Lake yang ditandemkan dengan grafis diskrit dari Nvidia GeForce MX350. Sehebat apakah laptop ini? Simak review Asus Vivobook Ultra K413FQ oleh tim Laptophia.

Review Asus Vivobook Ultra K413FQ: Laptop All Rounder Ringkas dengan Desain Mewah


Paket Penjualan Asus Vivobook Ultra K413FQ

Baca juga:Review Asus Zenbook S UX393, Laptop Flagship Premium dengan Layar 3:2

Desain Asus Vivobook Ultra K413FQ

Desain Asus Vivobook Ultra K413FQ

Desain Asus Vivobook Ultra K413FQ

Desain Asus Vivobook Ultra K413FQ


Desain menjadi salah satu daya tarik review Asus Vivobook Ultra K413FQ kali ini dengan gaya yang mewah. Laptop ini hadir dengan desain clamshell yang didukung LID cover minimalis lengkap dengan logo Asus Vivobook yang tercetak pada sisi kanan. Bagian LID cover ini terbuat dari bahan aluminium yang kokoh dengan finishing sandblasting. Meski tak semewah lini Zenbook, aura elegan Vivobook Ultra K413FQ terpancar kuat dengan tiga pilihan warna yakni Indie Black, Transparent Silver, dan Hearty Gold.

Sedangkan bagian interior Asus Vivobook Ultra K413FQ ini tak jauh berbeda dengan lini Vivobook S14 dengan dekorasi warna silver yang mewah dan didukungan keyboard chiclet dengan warna senada. Tak hanya itu, bagian tombol enter ditandai warna kuning yang eye-cathcy. Meski bagian bawah laptop ini terbuat dari bahan polikarbonat, feel-nya tetap terasa premium dan kuat. Layar 14 inci yang diusungnya telah dilengkapi bezel atau bingkai yang cukup tipis.

Desain Asus Vivobook Ultra K413FQ

Desain Asus Vivobook Ultra K413FQ

Desain Asus Vivobook Ultra K413FQ


Ukuran laptop Asus Vivobook Ultra K413FQ ini terbilang masih cukup ringkas dan tipis di kelasnya karena ketebalannya hanya 17,9mm saja. Sedangkan bobot laptop andalan Asus ini relatif ringan, yakni hanya 1,4kg. Hal ini jelas sangat mendukung pengguna yang memiliki mobilitas tinggi.

Pada review Asus Vivobook Ultra K413FQ oleh tim Laptophia kali ini, sisi kiri laptop terdapat port untuk input power, port HDMI, port USB 3.1 Gen1, port USB 3.1 Gen1 Type-C, dan port audio 3,5mm. Sedangkan sisi kanan laptop terdapat dua buah port USB 2.0, microSD card reader, dan dua buah LED indikator.

Baca juga:Review Asus ROG Zephyrus Duo 15 GX550: Idaman Gamer dan Kreator Konten Profesional

Video Unboxing Asus Vivobook Ultra K413FQ

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)



Performa Asus Vivobook Ultra K413FQ

Performa Asus Vivobook Ultra K413FQ


Performa memang menjadi salah satu keunggulan dari review Asus Vivobook Ultra K413FQ oleh tim Laptophia kali ini. Harus diakui bahwa kinerja laptop berdesain mewah besutan Asus ini bukan yang paling kencang di kelasnya, tetapi sudah cukup mumpuni untuk menangani aneka tugas atau all rounder computing. Laptop Asus Vivobook Ultra K413FQ ini ditenagai oleh prosesor Intel Core generasi ke-10 yang menggunakan nama sandi Comet Lake dan grafis diskrit dari Nvidia GeForce MX350.

Unit Asus Vivobook Ultra K413FQ yang diulas oleh tim Laptophia adalah varian yang ditenagai oleh prosesor Intel Core i5-10210U quad-core (8 thread) generasi Comet Lake yang berlari dengan kecepatan standar 1,6GHz dan TurboBoost hingga 4,2GHz. Laptop ini diperkuat oleh memori RAM sebesar 8GB jenis DDR4 2666MHz dual-channel on-board, sehingga tidak dapat dilakukan upgrade. Adapun varian yang lebih tinggi yang ditenagai oleh prosesor Intel Core i7-10510U yang juga masih keluarga Intel Comet Lake.

Prosesor Intel Comet Lake menggunakan teknologi fabrikasi 14nm++ atau teknlogi 14nm yang telah ditingkatkan kemampuannya dengan menambahkan imbuhan “+”. Intel sendiri menggunakan teknologi fabrikasi 14nm ini sejak generasi Broadwell atau Intel Core generasi ke-5. Sedangkan dari sisi mikroarsitektur, prosesor ini masih menggunakan basis arsitektur yang sama dengan Skylake yang diperkenalkan Agustus 2015 silam. Intel kemudian melakukan optimasi arsitektur dan meuncurkan Kaby Lake, Whiskey Lake, dan terakhir adalah Comet Lake yang digunakan oleh Vivobook Ultra K413FQ.

Hasil benchmark Asus Vivobook Ultra K413FQ menunjukkan bahwa prosesor Intel Core i5-10210U ini cukup bertenaga menangani single tasking maupun multitasking dengan skor Cinebench R20 mencapai 303 poin untuk Single-Core dan 1090 poin untuk Multi-Core. Prosesor yang memiliki TDP 15W ini juga menunjukkan hasil yang memuaskan di benchmark lainnya. Ini membuktikan bahwa laptop andalan Asus ini sanggup menangani aneka tugas berat seperti video editing, desain, dan sebagainya.

Baca juga:Review Asus Vivobook 14 A416, Laptop Semua Kalangan yang Ideal untuk Work From Home

Sisi grafis, laptop Asus Vivobook Ultra K413FQ dengan desain ringkas dan mewah ini mengandalkan Intel UHD Graphics 620 yang dipadukan grafis diskrit dari Nvidia GeForce MX350. GPU (Graphics Processing Unit) Intel HD Graphics 620 yang mengusung 24 execution unit (EUs) dengan kecepatan 300 – 1150MHz. Fitur Intel QuickSync yang dimiliki GPU terintegrasinya dapat dimanfaatkan untuk aplikasi editing video seperti Adobe Premiere, dan sebagainya.

Berdasarkan informasi yang Laptophia terima, Nvidia GeForce MX350 yang digunakan Vivobook Ultra K413FQ berbasis chip GP107 mengandalkan 640 shader core berteknologi Pascal dengan kecepatan 1354MHz dengan Turbo 1468MHz yang dipadukan dengan 40 TMUs, dan 32 ROPs. Kartu grafis GeForce MX350 ini dikawinkan dengan memori VRAM 2GB GDDR5 berkecepatan 7GHz dengan antarmuka memori 64-bit. Penasaran? Berikut hasil benchmark Asus Vivobook Ultra K413FQ oleh tim Laptophia.

Benchmark Asus Vivobook Ultra K413FQ


















Review Asus Vivobook Ultra K413FQ

Review Asus Vivobook Ultra K413FQ


Asus Vivobook Ultra K413FQ adalah sebuah laptop all-rounder yang menawarkan performa yang tak jauh berbeda dengan Vivobook S14 dengan harga yang lebih terjangkau. Tak hanya itu, Asus Vivobook Ultra K413FQ tampil dengan desain yang elegan dan ukuran yang ringkas. Laptop ini dapat dipertimbangkan bagi konsumen yang membutuhkan laptop all-rounder untuk mendukung mobilitas dengan harga yang terjangkau.

Layar

Pada review Asus Vivobook Ultra K413FQ kali ini, layar yang diusung berteknologi IPS Level dengan resolusi full HD dan mempu menghasilkan color gamut hingga 45% NTSC. Kualitas layar laptop all-rounder Asus Vivobook Ultra K413FQ ini memang tak sebaik Vivobook S14 series yang sudah tim Laptophia ulas lebih dulu. Bagi yang membutuhkan akurasi warna untuk desain grafis dan color grading, Asus Vivobook Ultra K413FQ memang bukan pilihan yang tepat. 

Meski demikian, layarnya sudah sangat memadai untuk bekerja sehari-hari, menikmati konten multimedia, dan juga online meeting. Viewing angle atau sudut pandang yang dihasilkan layar laptop all rounder Asus Vivobook Ultra K413FQ ini cukup luas. Tak hanya itu, kita masih dapat melakukan tuning layar Asus Splendid dan Tru2Life, serta dapat mengaktifkan fitur EyeCare untuk mereduksi cahaya biru agar mata tak lekas lelah.

Baca juga:Review Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue, Fitur Lengkap dan Powerful!

Audio

Sama seperti lini laptop Asus kelas menengah dan atas lainnya, Vivobook Ultra K413FQ ini juga dipersenjatai dengan dua buah speaker stereo berkualitas tinggi dari Harman Kardon. Suara yang dihasilkan speaker ini jernih dengan tingkat detail yang mantap untuk sebuah speaker laptop. Karakter suaranya memang didominasi mid dan high, tetapi bass masih cukup terdengar dan membuat alunan musik semakin asik dinikmati.

Kenyamanan



Asus Vivobook Ultra K413FQ dibekali dengan keyboard berdesain chiclet yang dilengkapi dengan backlight, sehingga dapat membantu mengetik ketika kondisi cahaya remang-remang. Ukuran tuts keyboard-nya cukup lega dan nyaman digunakan saat Laptophia uji mengetik selama lebih dari dua jam. Touchpad yang diusung oleh Asus Vivobook Ultra K413FQ juga cukup nyaman dan akurat, sehingga dapat mendukung produktivitas.

Perangkat Lunak



Salah satu keunggulan laptop ringkas Asus Vivobook Ultra K413FQ ini adalah sudah dilengkapi dengan sistem operasi Microsoft Windows 10 Home x64 asli pre-installed di dalamnya. Pengguna tak perlu lagi membeli lisensi sistem operasi, hanya cukup melakukan setup dan aktivasi untuk dapat menggunakan laptop ini dengan sistem operasi legal.

Sistem operasi besutan Microsoft ini berjalan lancar di Asus Vivobook Ultra K413FQ tanpa kendala. Beberapa aplikasi bawaan yang terinstal di laptop ini adalah McAfee antivirus, Spotify, Evernote, MyAsus, aplikasi bawaan Asus, dan beberapa game ringan seperti Candy Crush Saga. Berbeda dengan laptop generasi terbaru, Vivobook Ultra K413FQ belum dilengkapi dengan aplikasi Microsoft Office pre-installed.

Baterai

Kapasitas baterai yang diusung oleh laptop Asus Vivobook Ultra K413FQ ini memang tidak istimewa, yakni berkapasitas 3 cell 42Whrs. Siapa sangka daya tahan baterai Asus Vivobook Ultra K413FQ ini ternyata bisa diandalkan karena dalam pengujian video Full HD playback mampu bertahan hingga lebih dari 11 jam. Ketika digunakan untuk komputasi ringan seperti Office dan streaming, daya tahan baterai bisa bertahan antara 5 – 7 jam. Pengisian daya laptop ini cukup cepat karena sudah dilengkapi teknologi fast charge, yakni hanya butuh waktu kurang dari dua jam untuk penuh.

Fitur Keamanan

Pada review Asus Vivobook Ultra K413FQ kali ini, Laptophia melihat sektor keamanan juga mendapat perhatian. Laptop all rounder berdesain mewah ini dibekali dengan sensor sidik jari yang terletak di sudut kanan atas pada touchpad-nya.Performa sensor sidik jari milik laptop Asus Asus Vivobook Ultra K413FQ ini cukup gegas dan akurat. Tak hanya itu, fitur keamana ini dikombinasikan dengan dukungan perangkat lunak yang matang dari Windows Hello yang dimiliki oleh Windows 10.

Baca juga:Review Asus Zenbook 14 UX425, Ultrabook Super Ringkas dengan Desain Mewah

Kesimpulan

Secara umum, Asus Vivobook Ultra K413FQ adalah sebuah laptop yang menawarkan performa yang andal untuk aneka tugas atau all rounder. Ukurannya yang ringkas dan bobot ringan, serta daya tahan baterai yang lama membuat laptop ini cocok untuk pengguna dengan mobilitas tinggi. Apa yang ditawarkan oleh Asus Vivobook Ultra K413FQ tak jauh berbeda dengan Vivobook S14 dengan harga yang lebih terjangkau.

Kelebihan Asus Vivobook Ultra K413FQ

  • Desain menarik dengan build quality solid
  • Performa prosesor dan grafis bisa diandalkan
  • Daya tahan baterai mantap
  • Ukuran ringkas, tipis, dan bobot ringan

Kekurangan Asus Vivobook Ultra K413FQ

  • Kapasitas RAM tidak bisa di-upgrade
  • Layar hanya 45% NTSC color gamut

Harga Asus Vivobook Ultra K413FQ

Harga laptop Asus Vivobook Ultra K413FQ varian dengan prosesor Intel Core i5 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 10.999.000. Berdasarkan hasil review Asus Vivobook Ultra K413FQ oleh tim Laptophia di atas menunjukkan impresi yang memuaskan. Laptop ini menawarkan performa yang bisa diandalkan untuk all rounder dengan ukuran yang ringkas dan tipis, sehingga cocok untuk mendukung mobilitas.

Anda dapat membeli atau cek promo Asus Vivobook Ultra K413FQ di Sini (Klik)

Spesifikasi Asus Vivobook Ultra K413FQ

  • Layar IPS Level LCD dengan LED backlight 14 inci resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel, 45% NTSC color gamut, Asus Splendid, Asus Eye Care, NanoEdge Display, 178° wide-view
  • Prosesor Intel Intel Core i5-10210U quad-core (8 thread) 1,6GHz TurboBoost 4,2GHz
  • Chipset Intel
  • Grafis Intel UHD Graphics 620 dan Nvidia GeForce MX350 VRAM 2GB GDDR5
  • Memori RAM 8GB DDR4-2666MHz dual-channel, onboard
  • Storage SSD 512GB PCIe 3x2 M.2
  • Konektifitas WiFi 6 (Gig+) 802.11ax, Bluetooth 5.0, Port USB 3.1 Gen 1, Port USB 3.1 Gen 1 Type-C, Port USB 2.0, Port HDMI, MicroSD card reader, combo audio jack
  • Fitur keamanan sensor sidik jari (Fingerprint Sensor)
  • Dual Speaker stereo Harman Kardon certified, ICEpower, SonicMaster Audio
  • Kamera webcam dengan resolusi HD 720p
  • Baterai 3 Cell 42WHr lithium-polymer Battery, fast charging 60% dalam 49 menit
  • Sistem Operasi Microsoft Windows 10 Home x64 Asli
  • Dimensi 324.9 x 215 x 17.9 mm berat 1,4 kilogram
  • Warna Indie Black (EK502T), Transparent Silver (EK501T), dan Hearty Gold (EK503T)

Anda mungkin suka:Review Asus ROG Phone 3 ZS661KS, Smartphone Gaming Terbaik Idaman Gamer Sejati

Posting Komentar

Posting Komentar