eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Asus Zenbook S UX393, Laptop Flagship Premium dengan Layar 3:2

Review Asus Zenbook S UX393, Laptop Flagship Premium dengan Layar 3:2 - Asus Indonesia tak hanya meluncurkan lini Zenbook 13 dan Zenbook 14 generasi baru yang bertenaga Intel Core generasi ke-11, tetapi juga menghadirkan lini premium Zenbook S melalui seri Asus Zenbook S UX393. Berdasarkan pantauan Laptophia, ultrabook mewah Asus Zenbook S UX393 sudah tersedia dan dapat dibeli melalui e-commerce terkemuka dan retail offline tanah air.

Dari semua laptop ASUS ZenBook, seri ZenBook S bisa dikatakan sebagai sebagai seri paling berkelas dibandingkan dengan ZenBook Classic dan Flip. Meski tidak mengusung teknologi dua layar seperti ZenBook Duo dan Pro Duo, ZenBook S tetap memiliki ciri khas. Tampilannya yang sangat berkelas membuat seri laptop ini tampak sangat berbeda dengan laptop ASUS lainnya.

Review Asus Zenbook S UX393, Laptop Flagship Premium dengan Layar 3:2


Desain Asus Zenbook S UX393



Huruf S di ZenBook S memiliki dua arti, yaitu Slim dan Sophisticated. Itulah mengapa ZenBook S selalu hadir dengan desain yang tipis, ringkas, ringan dan mewah. Tidak terkecuali ZenBook S UX393 terbaru. Terlihat sekilas saja laptop ini terasa sangat berbeda dengan laptop ASUS lainnya dimana kesan pertama yang terlintas adalah mewah dan elegan. Selain itu, bodinya juga terlihat sangat ringkas, tipis, rigan, dan yang paling terasa adalah harganya dipastikan lebih mahal dari rata-rata laptop ASUS lainnya.

Sejak pertama kali dikenalkan, seri ZenBook S selalu mengedepankan desain. Dalam perjalannya, seri ZenBook S bahkan selalu mendapatkan material terbaik untuk bodinya. ASUS memang tidak pernah main-main dengan desain untuk seri ZenBook S-nya. Berbagai macam material premium dihadirkan untuk membuat ZenBook S terlihat mewah dan berbeda, seperti ZenBook S UX393 terbaru yang menggunakan desain bodi berbahan magnesium alloy yang merupakan material ringan namun juga kokoh.

Baca juga:Review Asus ROG Zephyrus Duo 15 GX550: Idaman Gamer dan Kreator Konten Profesional

Tidak hanya sekadar menghadirkan laptop berbahan premium, ASUS juga berhasil memanfaatkan bahan tersebut dan membentuk bodi ZenBook S UX393 secara keseluruhan hingga terlihat sangat mewah. Jika diperhatikan lebih dekat, ZenBook S UX393 memiliki banyak detail kecil yang membuat laptop ini semakin menarik untuk dibahas.

Bagian sudut-sudutnya misalnya, dimana ASUS sengaja memangkas sedikit beberapa bagian menyudut dan membentuk potongannya mirip dengan potongan berlian. Inilah yang disebut dengan diamond-cut design yang banyak sekali diapresiasi karena terlihat mewah dan premium.Untuk menambah kesan premium, ASUS menambahkan desain ekstra berupa garis berwarna tembaga atau disebut dengan Red Copper mengelilingi bodi ZenBook S UX393. Berkat desain ekstra tersebut, ZenBook S UX393 terlihat sangat berbeda dan lebih mudah dikenali dari jauh. Hal tersebut sangat penting untuk menegaskan bahwa ZenBook S UX393 adalah produk premium.

Mungkin beberapa dari Anda tidak terlalu peduli dengan desain tersebut. Meski demikian, bukan berarti ZenBook S UX393 tidak layak untuk diperhatikan. Huruf "S" yang terdapat di nama ZenBook S UX393 memiliki arti "slim" dan "sophisticated" atau tipis dan mewah. Jika barusan Laptophia telah membahas bagaimana ZenBook S UX393 dapat tampil lebih mewah, kali ini Laptophia bahas bagian "slim"-nya.




Melanjutkan tradisi para pendahulunya, ZenBook S UX393 hadir dengan bodi yang sangat tipis dan ringkas. Ketebalan bodinya hanya 15,7mm dan bobotnya hanya 1,35kg yang artinya laptop ini dapat masuk ke dalam tas dengan mudah dan menjadi teman Anda untuk bekerja secara mobile atau bahkan bepergian.

Baca juga:Review Asus ROG Phone 3 ZS661KS, Smartphone Gaming Terbaik Idaman Gamer Sejati

Selain dua port USB Type-C dengan dukungan koneksi Thunderbolt 4, ZenBook S UX393 juga dilengkapi dengan USB Type-A 3.2 dan HDMI. Kedua port tersebut memang jarang sekali hadir di sebuah ultrabook karena sebagian besar produsen ultrabook lebih suka berlomba untuk mendapatkan titel laptop paling tipis di produknya, namun memaksa penggunanya untuk membeli dan menggunakan dongle yang jelas merepotkan.

Performa Asus Zenbook S UX393



ASUS ZenBook S UX393 merupakan salah satu varian ZenBook terbaru yang ditenagai oleh prosesor 11th Gen Intel Core. Tentu saja dengan prosesor baru, ZenBook S UX393 dipastikan dapat tampil dengan performa lebih baik dari generasi sebelumnya. Tidak hanya dari sisi performa CPU, ZenBook S UX393 juga memiliki performa grafis yang lebih baik berkat chip grafis terintegrasi Intel Iris Xe Graphics terbaru.

Terlihat dari hasil benchmark, ZenBook S UX393 tampak gesit dan powerful untuk sebuah ultrabook yang sangat ringkas. Tidak hanya itu hasil benchmark grafis juga menunjukkan bahwa laptop ini seharusnya masih bisa digunakan untuk menjalankan berbagai game kasual dan game esports.

ZenBook S UX393 dilengkapi dengan sistem pendingin khusus serta fitur ErgoLift Design yang mampu menghadirkan ruang udara ekstra agar aliran udara tetap optimal saat digunakan.



ZenBook S UX393 juga terbukti memiliki sistem pendingin yang baik. Hal tersebut terlihat dari hasil stress test menggunakan 3DMark pada mode Night Raid, dimana ZenBook S UX393 lolos pengujian tersebut dengan skor 97,1% dengan rata-rata suhu CPU berada di angka 56 derajat Celcius.

Baca juga:Review Asus Vivobook 14 A416, Laptop Semua Kalangan yang Ideal untuk Work From Home

Bukti lainnya yang menunjukkan bahwa sistem pendingin ZenBook S UX393 tergolong sangat baik adalah berdasarkan grafis di bawah. Dapat dilihat bahwa sistem pendingin ZenBook S UX393 dapat menahan suhu komponen tetap di zona aman yaitu di bawah 85 derajat Celcius.

Benchmark Asus Zenbook S UX393






Review Asus Zenbook S UX393



Layar

Untuk membantu penggunanya agar dapat lebih produktif, ZenBook S UX393 kini tampil dengan rasio layar 3:2. Berkat rasio layar tersebut ZenBook S UX393 memiliki ruang kerja yang lebih luas dibandingkan dengan laptop pada umumnya yang mengusung layar 16:9. Tentu saja ruang kerja ekstra tersebut juga berfungsi untuk menghadirkan pengalaman visual yang lebih baik dimana lebih banyak konten yang bisa disajikan melalui layar dengan rasio 3:2.

ZenBook S UX393 dibekali dengan layar yang tepat untuk para content creator, khususnya fotografer. Dibekali panel beresolusi tinggi, yaitu 3,3K atau 3300 x 2200 pixel, ZenBook S UX393 mampu menampilkan konten beresolusi tinggi dengan sangat detail. Tidak hanya itu, layarnya juga mampu memiliki tingkat reproduksi warna yang sangat tinggi, tepatnya 100% pada color space DCIP-3 dan 133% pada color space sRGB. Bagaimana dengan akurasi warnanya? Layar ZenBook S UX393 sudah dikalibrasi dari pabrik dan mengantongi sertifikasi PANTONE.

Untuk menambah pengalaman penggunanya, layar ZenBook S UX393 dilengkapi dengan fitur touchscreen yang kompatibel dengan stylus yang memiliki spesifikasi hingga 4096 pressure level. Spesifikasi tersebut jelas semakin menegaskan bahwa laptop ini memang cocok untuk para content creator seperti fotografer yang membutuhkan laptop ringkas dan powerful dengan layar terbaik di kelasnya.

Dongkrak Produktivitas



Tampaknya Anda juga setuju bahwa sebuah laptop merupakan perangkat komputasi dengan tujuan membuat penggunanya lebih produktif. ZenBook S UX393 adalah salah satu laptop yang dirancang dengan mindset membantu penggunanya untuk lebih produktif dan ASUS telah menunjukkannya pada desain dan fitur di laptop ini.

Baca juga:Review Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue, Fitur Lengkap dan Powerful!

Selain itu, ASUS juga menghadirkan fitur edge-to-edge keyboard sehingga pengguna ZenBook S UX393 dapat lebih nyaman dan mudah ketika mengetik berkat area keyboard yang lebih luas serta tombol yang lebih besar.

Menemani keyboard-nya adalah sebuah touchpad dengan ukuran lebih untuk kontrol yang lebih baik. Selain itu, ZenBook S UX393 juga hadir dengan touchpad yang telah dilengkapi dengan fitur NumberPad 2.0. Fitur tersebut memungkinkan pengguna ZenBook S UX393 mengubah fungsi touchpad menjadi numpad melalui satu sentuhan saja. Bagi mereka yang sering menggunakan numpad untuk bekerja, ZenBook S UX393 adalah laptop ringkas yang tepat untuk digunakan.

Konetktivitas Lengkap

Laptophia telah sedikit membahas bagaimana ZenBook S UX393 hadir dengan port yang lengkap. Tidak hanya dua port Thunderbolt 4 USB Type-C, ZenBook S UX393 juga masih dibekali dengan port HDMI dan USB Type-A. Sebagai tambahan, satu pembaca kartu MicroSD juga dihadirkan sehingga para content creator yang sering menggunakan MicroSD di kesehariannya.

Bagaimana dengan koneksi nirkabelnya? Sebagai laptop modern yang berkelas ZenBook S UX393 tentu saja dilengkapi dengan teknologi konektivitas terkini, salah satunya adalah WiFi 6. Teknologi WiFi terbaru tersebut tidak sendirian. Ia ditemani dengan fitur WiFi Smart Connect yang membuat pengalaman menggunakan ZenBook S UX393 semakin mudah dan nyaman.

Fitur WiFi Smart Connect memungkinkan ZenBook S UX393 untuk dapat mendeteksi sinyal WiFi paling optimal yang bisa ditangkap oleh laptop ini. Dari sana, fitur WiFi Smart Connect dapat menghubungkan ZenBook S UX393 secara otomatis ke sumber sinyal (router) yang paling optimal sehingga Anda akan selalu mendapatkan konektivitas terbaik meski sering berpindah tempat.

Siap Dukung WFH



Di masa pandemi saat ini, semakin banyak orang yang bergantung pada laptop agar dapat tetap bekerja dari rumah. ZenBook S UX393 memiliki beberapa keunggulan sebagai sebuah laptop penunjang kegiatan work from home (WFH). Selain dibekali dengan spesifikasi yang sangat mumpuni dan memiliki mobilitas tinggi berkat desain bodinya yang sangat ringkas, ZenBook S UX393 ternyata juga ditemani oleh dua fitur baru penunjang WFH.

Pertama adalah fitur yang memungkinkan kamera pada ZenBook S UX393 dapat menampilkan gambar lebih baik dan lancar dibandingkan sebelumnya. ASUS menghadirkan teknologi bernama IR camera-tuning yang membuat kamera infra merah pada ZenBook S UX393 dapat menampilkan gambar yang lebih baik.

Baca juga:Review Asus Zenbook 14 UX425, Ultrabook Super Ringkas dengan Desain Mewah

Kamera infra merah di ZenBook S UX393 juga berguna sebagai fitur keamanan. Didukung oleh fitur Windows Hello, kamera infra merah di ZenBook S UX393 memiliki kemampuan untuk memindai wajah penggunanya secara presisi, bahkan dalam kondisi kurang cahaya. Sistem pemindaian wajah tersebut membuat ZenBook S UX393 lebih aman karena Anda tidak perlu lagi mengetikkan password yang bisa saja dilihat oleh orang lain.

Kedua, ZenBook S UX393 dilengkapi dengan array microphone yang didukung oleh teknologi AI Noise Cancelling. Fitur ini bisa dikatakan sangat penting jika Anda sering melakukan call conference atau bahkan video conference.

AI Noise Cancelling di ZenBook S UX393 mampu meredam suara bising di latar belakang dan memperjelas suara Anda yang sedang berada di depan laptop. Bagi Anda yang seringkali bekerja di lingkungan yang berisik, fitur ini memang menjadi sangat penting. Kini Anda tidak perlu lagi khawatir sesi conference call terganggu oleh suara berisik di sekitar Anda ketika bekerja.

Baterai Mumpuni

Biasanya sebuah laptop ultra ringkas yang dibekali performa kencang dan layar beresolusi tinggi rentan dengan dua hal, yaitu daya tahan baterai yang tidak panjang dan performa pendinginan yang kurang baik. Namun keduanya tampak tidak hadir di ZenBook S UX393.

Berdasarkan pengujian daya tahan baterai menggunakan PCMark 10 Battery Benchmark, ZenBook S UX393 dapat bertahan hingga 13 jam 41 menit pada mode modern office. Artinya secara kasar laptop ini dapat menemani Anda bekerja hingga lebih dari 13 jam.


Baca juga:Review Asus ProArt StudioBook Pro X W730, Laptop Workstation 17 Inci Paling Kencang!

Kesimpulan

Dukungan desain premium metal unibody yang mewah, performa tinggi berkat prosesor Intel Core i7-1165G7 generasi Tiger Lake terbaru, keyboard berukuran besar dengan desain edge-to-edge, layar sentuh 3.3K berkualitas tinggi dengan aspek rasio 3:2, baterai tahan lama dengan fitur fast charge, fitur NumberPad, tangguh berstandar militer, storage SSD, dan dilengkapi OS Windows 10 + Microsoft Office Home and Student 2019 asli pre-installed menjadi daya tarik utama Asus Zenbook S UX393 menurut Laptophia.

Asus Zenbook S UX393 adalah ultrabook premium terbaru yang menawarkan performa kencang bertenaga Intel Core i7-1165G7 dan layar 3.3K yang yang akurat. Secara umum, Asus Zenbook S UX393 layak dipertimbangkan bagi eksekutif muda yang membutuhkan ultrabook premium dengan layar akurat dan performa tinggi.

Harga Asus Zenbook S UX393

Harga laptop Asus Zenbook S UX393 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 24.999.000. Berdasarkan harga dan performa yang ditawarkan, Laptophia menilai Asus Zenbook S UX393 ini menawarkan kinerja tinggi yang dibanderol dengan harga yang cukup kompetitif.

Anda dapat membeli atau cek promo + voucher Asus Zenbook S UX393 di Sini (Klik) atau di BliBli (Klik)

Spesifikasi Asus Zenbook S UX393

  • Layar sentuh IPS level LCD dengan LED backlight 13,9 inci resolusi 3.3K 3300 x 2200 piksel aspek rasio 3:2, 133% sRGB color gamut, 100% DCI-P3 color gamut, PANTONE Validated, 500 nits, Asus Splendid, TÃœV Rheinland-certified Eye Care, 4-sided NanoEdge Display, 178° wide-view
  • Prosesor Intel Core i7-1165G7 quad-core (8 thread) 1.2-2.8 GHz TurboBoost 4,7GHz
  • Chipset Intel
  • Grafis Intel Iris Xe Graphics G7 (96 EUs)
  • Memori RAM 16GB LPDDR4x-4266MHz, onboard
  • Storage SSD 1TB PCIe 3.0 x4 M.2 NVMe
  • Konektifitas WiFi 6 802.11 ax (2x2), Bluetooth 5.0, Port USB 3.2 Gen 1, Port USB Type-C (support Thunderbolt 4, PowerDelivery, dan DisplayPort 1.4), Port HDMI, MicroSD card reader
  • Dual Speaker stereo Harman Kardon certified, ICEpower, SonicMaster Audio
  • Edge-to-edge keyboard design dengan backlight dan touchpad dengan fitur NumberPad
  • Kamera webcam 3D IR HD camera, face login with Windows Hello
  • Baterai 4 Cell 67WHr lithium-polymer Battery, fast charging 60% dalam 49 menit
  • Sistem Operasi Microsoft Windows 10 Home x64 Asli + Microsoft Office Home and Student 2019
  • Dimensi 30.6 (W) x 22.4 (D) x 1.57 (H) cm berat 1,35 kilogram
  • Sertifikat MIL-STD-810G, UL, TUV, CE Marking Compliance, FCC Compliance, BSMI, CCC, EU Flower, Energy star, WEEE
  • Warna Jade Black
*Featured review by Asus Indonesia, disunting dan disesuaikan oleh tim Laptophia

Anda mungkin suka:Review Asus Zenbook 13 UX325JA: Ultrabook Ringkas dan Kencang, Cocok untuk Mobilitas Tinggi

2 komentar

2 komentar

  • Tuxlin
    Tuxlin
    28 Agustus 2021 pukul 11.40
    Kece ya laptopnya... Harganya juga mantap ��
    • Tuxlin
      Laptophia Blog
      30 Agustus 2021 pukul 12.37
      Namanya juga laptop premium hehehe... Bisa dikatakan ini laptop flagship hehehe
    Reply