eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Evercoss Winner Y Smart U50 Review: 4G LTE Harga Terjangkau

Evercoss Winner Y Smart U50 Review: 4G LTE Harga Terjangkau – Setelah sempat tertunda cukup lama,  akhirnya tim Laptophia Blog dapat menyelesaikan ulasan Evercoss Winner Y Smart U50 review. Smartphone 4G LTE (Long Term Evolution) murah meriah ini sebenarnya sudah mendarat di markas Laptophia sejak dua bulan yang lalu. Namun, adanya masalah teknis membuat proses review ponsel merek lokal ini tertunda.

Smartphone Winner Y Smart U50 andalan Evercoss ini merupakan salah satu ponsel murah meriah yang cukup menarik konsumen. Dukungan 4G LTE dengan OS Android Marshmallow menjadi salah satu daya tarik ponsel Evercoss Winner Y Smart U50 ini. Tak hanya itu, Evercoss juga menggunakan gaya desain yag sidikit berbeda pada ponsel ini. Penasaran? Simak ulasan Evercoss Winner Y Smart U50 review oleh Laptophia Blog kali ini.


Evercoss Winner Y Smart U50 Review: 4G LTE Harga Terjangkau

Paket Pembelian Evercoss Winner Y Smart U50

Paket Pembelian Evercoss Winner Y Smart U50
  • Unit Evercoss Winner Y Smart U50
  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • Handsfree  
  • Booklet manual
  • Kartu garansi
  • Power bank 5200mAh
  • SP Smartfren

Desain Evercoss Winner Y Smart U50

Desain Evercoss Winner Y Smart U50Harga Evercoss Winner Y Smart U50
Sisi desain mungkin cukup menarik dibahas pada Evercoss Winner Y Smart U50 review kali ini. Harus diakui bahwa desain ponsel 4G LTE murah meriah ini sebenarnya tidak istimeewa dan cenderung generik. Gaya desain smartphone Winner Y Smart U50 ini sangat mirip dengan Evercoss Genpro X yang Laptophia Blog ulas sebelumnya.

Evercoss Winner Y Smart U50 ini hadir dengan sudut yang rounded yang membuatnya cukup nyaman digenggam. Ponsel ini menggunakan frame berbahan metal yang kokoh dan terkesan sangat kuat ketika Laptophia Blog menggenggamnya. Kehadiran frame metal ini memang sedikit berperan menambah bobot ponsel. Winner Y Smart U50 ini tampil cantik dengan layar berkontur 2.5D pada sisi depan dengan bezel yang cukup tebal.

Evercoss Winner Y Smart U50 ini menggunakan casing belakang berbahan plastik yang cuup solid ketika digenggam dan menggunakan finishing matte. Sama seperti casing belakang Genpro X, casing belakang Winner Y Smart U50 andalan Evercoss ini juga relatif mudah kotor, terutama terhadap minyak. Dimensi atau ukuran ponsel Winner Y Smart U50 besutan Evercoss ini memang terbilang agak besar untuk smartphone dengan layar 5 inci karena bezel atas bawa yang terbilang tebal. Namun, masalah bezel ini sebenarnya tak terlalu menjadi masalah menurut tim Laptophia.
Baca juga:Evercoss Genpro X Review: Smartphone 4G dengan Fingerprint Termurah
Spesifikasi Evercoss Winner Y Smart U50Spesifikasi Evercoss Winner Y Smart U50
Pada ulasan Evercoss Winner Y Smart U50 review oleh Laptophia Blog kali ini sisi depan terdapat sensor proximity, ambient light sensor, earpiece, lubang kamera depan, LED flash, layar HD berukuran 5 inci, dan tiga buah tombol kapasitif khas Android. Sayangnya, ketiga tombol kapasitif tersebut tidak dilengkapi dengan backlight.

Sedangkan pada sisi belakang ponsel 4G Evercoss Winner Y Smart U50 ini terdapat terdapat kamera belakang, LED flash, logo Evercoss, logo 4G, dan speaker grill pada bagian bawah. Pabrikan lokal ini menempatkan tombol volume rocker dan tombol power pada sisi kanan ponsel.
Baca juga:Xiaomi Mi5 Review: Ponsel Bertenaga Snapdragon 820 Termurah
Sisi atas smartphone ini terdapat port audio 3,5mm dan sedangkan sisi bawah ponsel terdapat port microUSB dan microphone. Sebagai informasi, smartphone andalan Evercoss ini dapat dibuka casing belakangnya dan dilepas baterainya. Ponsel Winner Y Smart U50 ini dibekali dengan dua buah slot SIM card dan sebuah slot microSD. Kita dapat mengakses slot tersebut dengan melepas casing belakang serta baterai terlebih dahulu.



Software & Fitur Evercoss Winner Y Smart U50

Software & Fitur Evercoss Winner Y Smart U50
Ulasan Evercoss Winner Y Smart U50 review pada sisi software kali ini memang tak terlalu istimewa dan relatif tak jauh berbeda dengan smartphone Evercoss lainnya. Smartphone 4G LTE ini dibekali dengan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow dengan balutan antarmuka yang mirip dengan Android stock.

Sejauh pengamatan Laptophia Blog memang jajaran smartphone Evercoss rata-rata menggunakan antarmuka yang mirip dengan Android stock, meski tak benar-benar sama seperti yang dipakai oleh ponsel Motorola atau Android One. Kemungkinan besar ponsel 4G Evercoss Winner Y Smart U50 ini tidak mendapat update ke Androi 7.0 Nougat seperti smartphone entry-level lainnya. Ini dapat dimaklumi.

Saat menghidupkan ponsel ini, kita akan disambut tampilah Lockscreen, Homescreen dan app drawer, sama seperti ponsel Android pada umumnya. Fitur kostumisasi pada antarmuka smartphone Winner Y Smart U50 ini relatif minim menurut Laptophia. Kita dapat mengubah wallpaper dan mengatur widget. Ini memang agak membosankan, tetapi bisa diakali dengan menginstal aplikasi launcher buatan pihak ketiga.

Fitur yang disediakan oleh smartphone Evercoss Winner Y Smart U50 review kali ini juga relatif standar saja untuk kelas entry-level. Paling menarik dan sekaligus menjadi andalan jajaran smartphone Evercoss adalah Gesture Smart Access. Fitur ini memungkinkan kita mengakses atau mengaktifkan apliikasi tertentu di ponsel ketika layar dalam keadaan terkunci.

Caranya cukup mudah, yakni cukup menggambar huruf, seperti w untuk mengaktifkan explorer, m untuk mengaktifkan musik, e untuk mengaktifkan browser, dan sebagainya. Aplikasi bawaan ponsel 4G LTE Evercoss Winner Y Smart U50 ini juga tak terlalu banyak, yakni Google Apps, Ec Book, Ec Nada Kita, File manager, Uangku, MySmartfren, U-Box, Notes, dan sebagainya.
Baca juga:Xiaomi Redmi Note 4 Review: Andalkan MediaTek Helio X20
Secara umum, ulasan Evercoss Winner Y Smart U50 review pada sisi perangkat lunak cukup standar. Penampilannya yang mirip dengan Android stock, performanya yang lumayan responsif, dan konsumsi RAM yang tak terlalu banyak. Sayangnya, fitur dan kostumisai yang dimiliki oleh ponsel Winner Y Smart U50 ini terbilang agak kurang menurut tim Laptophia Blog.

Benchmark Evercoss Winner Y Smart U50

Benchmark Evercoss Winner Y Smart U50
CPU-Z Evercoss Winner Y Smart U50
AnTuTu v6
Benchmark AnTuTu Evercoss Winner Y Smart U50
Benchmark Evercoss Winner Y Smart U50
Benchmark Geekbench 4 Evercoss Winner Y Smart U50
Vellamo
Benchmark Vellamo Evercoss Winner Y Smart U50
PCMark
Benchmark PCMark Evercoss Winner Y Smart U50
3DMark
Benchmark 3DMark Evercoss Winner Y Smart U50
Sensorbox
Sensorbox for Android & Multitouch Tester Evercoss Winner Y Smart U50

Hasil Foto Kamera Evercoss Winner Y Smart U50

Hasil Foto Kamera Evercoss Winner Y Smart U50Hasil Foto Kamera Evercoss Winner Y Smart U50IMG_20170409_152743Hasil Foto Kamera Evercoss Winner Y Smart U50
Foto Siang Hari
Hasil Foto Kamera Evercoss Winner Y Smart U50Hasil Foto Kamera Evercoss Winner Y Smart U50IMG_20170409_154148
Foto Macro
Hasil Foto Kamera Evercoss Winner Y Smart U50IMG_20170418_210702IMG_20170418_210708IMG_20170418_210754
Foto Malam Hari
IMG_20170415_180717IMG_20170418_210623Foto Malam Hari dengan LED flash
Foto Malam Hari dengan LED flash
Foto Selfie dengan Kamera Depan
Foto Selfie dengan Kamera Depan

Evercoss Winner Y Smart U50 Review

Evercoss Winner Y Smart U50 Review
Tim Laptophia Blog sudah menggunakan smartphone Evercoss Winner Y Smart U50 ini selama lebih dari sebulan. Meski penampilan atau desainnya mirip dengan Ganpro X, tetapi performanya sangatlah berbeda. Ini wajar mengingat spesifikasi yang diusung oleh ponsel Winner Y Smart U50 memang lebih rendah dari saudaranya.

Untuk kelas entry-level, smartphone Evercoss Winner Y Smart U50 review kali ini bisa dikatakan cukup positif dan laik dengan harganya. Sebagai smartphone murah, kita tidak bisa berharap terlalu tinggi dengan smartphone ini. Bisa digunakan untuk komunikasi sehari-hari dan sosial media dengan nyaman saja sudah dibilang baik.

Layar

Meski mengusung layar dengan resolusi HD berukuran 5 inci yang notabene setara dengan Genpro X, tetapi kualitasnya tidak demikian. Berdasarkan pengalaman penggunaan tim Laptophia Blog, layar ponsel Evercoss Winner Y Smart U50 ini terbilang kalah terang jika dibandingkan dengan saudaranya, Genpro X.

Warna yang dihasilkan memang cukup baik di kelasnya, tetapi terasa kurang tajam. Respon touchscreennya cukup baik dan viewing angle layarnya terbilang lumayan. Namun, ketika digunakan di bawah sinar matahari, performa layar ponsel ini agak kurang.
Baca juga:Asus Zenfone 3 Max ZC553KL Review: Laser Max

Performa

Smartphone 4G LTE murah meriah Evercoss Winner Y Smart U50 ini mengandalkan chipset Spreadtrum SC9830 yang didalamnya terdapat prosesor quad-core ARM Cortex-A7 yang berlari dengan kecepatan 1,3GHz dan dipadukan dengan memori RAM sebesar 1GB. Sisi grafis, ponsel ini mengandalkan GPU (Graphics Processing Unit) dari Mali-400 MP2.

Berdasarkan spesifikasi dapur pacu yang diusung oleh ponsel ini, tentu performa bukan menjadi keunggulan dari Evercoss Winner Y Smart U50 review kali ini. Bahkan, jika dibandingkan dengan Genpro X, performa ponsel ini masih kalah gegas. Meski demikian, Laptophia merasa performanya sudah mencukupi untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari dan menjalankan beberapa sosial media sekaligus.

Perpindahan menu dan buka tutup aplikasi berlangsung cepat, meski kadang sempat ada lag. Performa grafis ponsel andalan Evercoss ini bisa dikataka agak ketinggalan, sehingga kurang memadai untuk memainkan game-game modern saat ini.

Kamera

Ponsel 4G Evercoss Winner Y Smart U50 ini mengusung spesifikasi kamera yang cukup meyakinkan, yakni kamera belakang berkekuatan 8 megapiksel autofocus dan didukung LED flash. Ponsel Evercoss Winner Y Smart juga dilengkapi dengan kamera depan 5 megapiksel fixed focus lengkap dengan LED flash untuk foto selfie dan video chat.

Saat digunakan untuk memotret pada siang hari, foto yang dihasilkan kamera Winner Y Smart U50 andalan Evercoss ini terbilang lumayan, tetapi tidak terlalu tajam. Warna yang dihasilkan sedikit pudar dan detailnya kurang. Ini masih bisa dimaklumi mengingat ponsel ini membidik pasar kelas entry-level. Saat memotret macro, kamera Winner Y Smart U50 mudah diarahkan untuk fokus. Hasil foto macro cukup standar, efek bokeh tidak terlalu wah dan detailnya cukup.
Baca juga:Asus Zenfone 3 Max ZC520TL Review: Stamina & Slim
Saat malam hari, hasil foto kamera Evercoss Winner Y Smart U50 bisa dikatakan kurang memuaskan. Selain detail yang merosot drastis dan noise yang tinggi, foto yang dihasilkan juga agak gelap. Selain itu, dukungan ssingle LED flash yang diusung ponsel 4G murah ini juga terbilang kurang terang, meski sebenarnya sudah cukup membantu memotret dalam gelap.

Kamera depan berkekuatan 5 megapiksel pada smartphone Evercoss Winner Y Smart U50 mampu menghasilkan foto yang cukup bisa diandalkan, yakni tidak terlalu tajam, warna yang mendekati akurat, dan detail yang agak soft. Sayangnya, lensa kamera depan ponsel ini kurang wide.

Audio

Loudspeaker bawaan smartphone Evercoss Winner Y Smart U50 ini tidak terlalu kencang saat digunakan untuk memutar musik, masih kalah kencang jika dibandingkan dengan speaker Genpro X. Kualitas suara speakernya cukup lumayan ketika Laptophia gunakan untuk memutar lagu-lagu besutan Bullet For My Valentine.

Suara didominasi oleh treble, tetapi tidak cempreng. Headset bawaan smartphone ini kualitasnya seadanya, tidak terlalu detail. Ketika dipasangkan dengan headphone Sennheiser HD 202 II, keluaran suaranya relatif solid dengam bass yang cukup kuat.

Baterai

Smartphone Evercoss Winner Y Smart U50 ini dibekali dengan baterai 2450mAh untuk memenuhi kebutuhan dayanya. Berdasarkan pengalaman Laptophia, daya tahan baterai ponsel 4G ini tidak sampai sehari penuh. Penggunaan sosial media cukup intensif hanya bertahan sampai sore hari saja dengan rata-rata SoT 3 sampai 4 jam. Tentunya masalah daya tahan baterai ini dipengaruhi oleh pola penggunaan juga.

Memori

Ponsel Winner Y Smart U50 andalan Evercoss ini menyisakan ROM atau memori internal sekitar 4,47GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 430 - 500MB. Ponsel ini dilengkapi slot microSD untuk ekspansi memori ekstrernal. Sayangnya, ponsel ini tidak mendukung USB OTG.
Baca juga:Xiaomi Redmi 3X Review: Terjangkau dengan Fitur Lengkap

Kesimpulan

Secara umum, ulasan Evercoss Winner Y Smart U50 review oleh Laptophia Blog menunjukkan hasil yang lumayan untuk kelas entry-level. Performa sudah memadai untuk kebutuhan sehari-hari, fitur lengkap, dan sudah mendukung 4G LTE. Kamera ponsel ini memang standar dan daya tahan baterainya rata-rata kurang dari sehari untuk penggunaan standar. Ponsel Evercoss Winner Y Smart U50 cukup laik dipertimbangkan di kelas entry-level.

Keunggulan Evercoss Winner Y Smart U50

  • Harga terjangkau
  • Mendukung jaringan 4G LTE
  • Kamera depan dilengkapi LED flash

Kelemahan Evercoss Winner Y Smart U50

  • Kamera kurang memuaskan
  • Kinerja pas-pasan

Harga Evercoss Winner Y Smart U50 Rp 999.000

Spesifikasi Evercoss Winner Y Smart U50

  • Sistem Operasi Android 6.0 Marshmallow 
  • Chipset Spreadtrum SC9832, quad-core ARM Cortex-A7 1,3GHz
  • Grafis Mali-400 MP2
  • Kamera belakang 8 megapiksel autofocus, LED flash. Kamera depan 5 megapiksel fixed focus, LED flash
  • Layar sentuh 5 inci 2.5D, dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel berteknologi panel IPS kapasitif dengan kerapatan 294 piksel per inci
  • Memori RAM 1GB, Memori internal 8GB plus slot microSD maksimal 32GB
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual SIM, Gesture Smart Access
  • Mendukung jaringan GSM / 3G HSPA / 4G LTE 
  • Dimensi 143.2 x 71.5 x 9.2 mm berat 164 gram
  • Baterai 2450mAh
  • Warna Black dan White
Anda mungkin suka:Evercoss Genpro X Review: Smartphone 4G dengan Fingerprint Termurah