IBX582004D475488 Advan i45 Review: 4G for Everyone

Advan i45 Review: 4G for Everyone




Advan i45 Review – Beberapa waktu lalu Laptophia Bl;og kedatangan smartphone 4G LTE (Long Term Evolution) murah meriah Advan i45. Pada kesempatan kali ini tim Laptophia akan mengulasn Advan i45 review yang merupakan ponsel 4G LTE sejuta umat. Harganya yang sangat terjangkau menjadi daya tarik utama smartphone besutan merek lokal ini.

Akhir-akhir ini memang layanan 4G telah meningkat pesat di tanah air, sehingga kebutuhan handset 4G pun meningkat. Advan menyambutnya dengan rilis seri i45. Spesifikasi yang ditawarkan oleh ponsel ini relatiuf kompetitif dengan mengandalkan prosesor quad-core ditandemkan dengan memori RAM 1GB. Lalu seperti apa kemampuan ponsel ini? Simak ulasan Advan i45 review oleh Laptophia Blog kali ini.


Advan i45 Review

Paket Pembelian Advan i45

Paket Pembelian Advan i45
  • Unit smartphone Advan i45
  • Baterai 1600mAh
  • Kepala charger
  • Kabel data USB
  • Headset
  • Kartu garansi
  • Booklet manual
  • SP Indosat Ooredoo Mentari
  • Screenguard (terpasang di layar)
Baca juga:Unboxing Xiaomi Redmi Note 3 Pro Bertenaga Snapdragon 650

Desain Advan i45

Desain Advan i45Desain Advan i45
Pada ulasan Advan i45 review kali ini, smartphone 4G LTE besutan merek lokal ini memang tampil berbeda dari kebanyakan ponsel di kelasnya. Laptophia menilai desain ponsel ini cukup stylish dan menggunakan konstruksi yang unik.

Hal yang paling menarik adalah adanya aksen mirip Zenfone yang berada di bawah tombol kapasitifnya. Terlepas dari sisi originalitas desain, Advan i45 ini tampil lebih manis. Kesan pertama Laptophia saat menggenggam ponsel 4G LTE ini adalah ringan dan kompak.

Smartphone ini dibalut dengan casing berbahan plastik yang cukup solid. Sayangnya, casing belakangnya rawan meninggalkan goresan.

Sisi depan Advan i45 ini terdapat proximity sensor, earpiece, lubang kamera depan, layar sentuh kapasitif berukuran 4,5 inci, dan tiga buah tombol kapasitif khas Android yang terdiri dari Back, Home, dan Recent Apps. Sebagai informasi, ketiga tombol kapasitif pada smartphone Advan i45 ini tidak dilengkapi backlight.

Sedangkan sisi belakang Advan i45 ini terdapat lubang kamera utama, LED flash, logo Advan, dan speaker grill. Merek lokal pembesut produk Vandroid ini menempatkan port micro USB di sisi bawah dan port audio 3,5mm di sisi atas.

Advan menempatkan tombol volume rocker dan tombol power di sisi kiri ponsel 4G murah meriah ini. Advan membekali ponsel 4G i45 dengan dukungan dual SIM dan slot microSD.

Seperti biasa, kita harus membuka casing belakang ponsel Advan i45 ini untuk mengakses ketiga slot tersebut. Kedua slot SIM card-nya mengusung jenis microSIM. Laptophia Blog harus melepas baterai terlebih dahulu jika ingin memasang atau melepas SIM card atau microSD.
Baca juga:Unboxing Chuwi Vi8 Plus, Tablet Windows 10 Murah
Secara umum, ulasan Advan i45 di sektor desain ini bisa dikatakan cukup stylish dan terlihat berbeda jika dibandingkan dengan para pesaingnya.

Sayangnya, desain ponsel 4G LTE murah meriah ini tidak bisa dikatakan 100% original. Build quality smartphone ini relatif standar untuk kelas entry-level.

Software Advan i45

Software Advan i45
Tak hanya soal hardware, ulasan Advan i45 review pada sisi software juga tak kalah penting menurut Laptophia Blog, mengapa? Sejauh ini smartphone dengan spesifikasi yang tinggi tetapi optimasi yang kurang membuat ponsel tidak nyaman digunakan.

Ponsel 4G Advan i45 sendiri menggunakan sistem operasi Android 5.1 Lollipop dengan balutan antarmuka Android stock dengan beberapa perubahan. Kebanyakan merek lokal Indonesia memang menggunakan UI Android stock yang dikenal ringan, bebas bloatware dan konsumsi memori RAM yang lebih efisien.

Sama seperti penampilan Android stock lainnya, UI Advan i45 ini menyajikan tampilan yang terdiri dari Lockscreen, Homescreen, dan App Drawer. Hampir semua icon yang digunakan masih stock Android, begitu juga menu pengaturan tampilan dan Settingnya.

Beberapa pengguna menyukai tampilan Android stock karena sederhana, tetapi ada juga yang lebih suka dengan tampilan UI yang telah dirombak seperti MIUI, XUI, TouchWiz dan sejenisnya. Secara umum, Laptophia tidak mengalami masalah di sektor tampilan antarmuka ini. Semuanya berjalan dengan baik.

Ponsel Advan i45 ini dilengkapi beberapa aplikasi bawaan seperti GFreeShare, Flash Light, dan sebagainya. Fitur yang disediakan oleh UI di Advan i45 memang terbilang minim. Namun, merek lokal ini menghadirkan fitur Action Gesture yang memiliki fungsi serupa dengan Evercoss Smart Gesture.

Secara umum, ulasan Advan i45 di sisi software ini bisa dikatakan baik dan menawarkan performa yang smooth. Antarmuka Android stock yang sederhana dan ringan men jadi ciri khasnya. Aplikasi bawaannya cukup lengkap, tetapi tidak terlalu banyak.

Benchmark Advan i45

CPU-Z Advan i45
CPU-Z Advan i45
Benchmark Geekbench 3 Advan i45
Benchmark Geekbench 3 Advan i45
Benchmark Vellamo Advan i45 
Benchmark Vellamo Advan i45
Benchmark AnTuTu v6 Advan i45
Benchmark AnTuTu v6 Advan i45
Benchmark Quadrant Standard Advan i45
Benchmark Quadrant Standard Advan i45
Multitouch Tester & Sensorbox for Android Advan i45
Multitouch Tester & Sensorbox for Android Advan i45

Hasil Foto Advan i45

Hasil Foto Advan i45Hasil Foto Advan i45Hasil Foto Advan i45
Foto Advan i45 Siang Hari
IMG_20160402_071946IMG_20160401_170708IMG_20160402_072514
Foto Advan i45 Macro
Hasil Foto Advan i45IMG_20160417_191627IMG_20160407_185116
Foto Advan i45 Malam Hari
Hasil Foto Advan i45
Foto Kamera Depan Advan i45

Advan i45 Review

Advan i45 Review
Ulasan Advan i45 review kali ini menawarkan desain yang stylish dengan dukungan aksen mirip Zenfone pada bagian bahwa ponsel. Buid quality ponsel 4G LTE ini terbilang lumayan, meski hanya menggunakan bahan plastik pada casingnya. Hanya saja, permukaan casing ponsel ini licin dan rawan tergores.

Ponsel Advan i45 dilengkapi dengan spesifikasi layar yang tak jauh berbeda dengan smartphone kelas entry-level lainnya, yakni berukuran 4,5 inci FWVGA dengan teknologi panel IPS. Namun, setalah Laptophia menggunakan smartphone ini, tampaknya layar yang digunakan bukanlah IPS, melainkan TN (Twisted Newmatic) TFT LCD. 

Hal ini terlihat dari viewing angle yang terbatas. Berbeda dengan layar IPS yang rata-rata menawarkan viewing angle yang luas di kelasnya. Respon touchscreen ponsel ini tidak terlalu gegas dan kinerjanya di bawah sinar matahari relatif kurang. Meski demikian, layar Advan i45 masih mampu menghasilkan warna dan kontras yang baik.

Sektor dapur pacu, ponsel 4G murah Advan i45 ini cukup menarik menurut Laptophia Blog dengan dukungan chipset MediaTek MT6735M yang mana mengusung prosesor quad-core ARM Cortex-A53 64-bit yang berlari dengan kecepatan 1GHz yang ditandemkan dengan memori RAM sebesar 1GB. Sisi grafis, ponsel ini mengandalkan GPU (Graphics Processing Unit) dari Mali-T720 MP2.

Melihat spesifikasi yang diusungnya, ponsel Advan i45 ini bisa dikatakan rata-rata atau tak jauh berbeda dengan para pesaingnya di kelas entry-level. Skor benchmark yang dihasilkan juga tidak terlalu tinggi, yakni 23.795 poin untuk benchmark AnTuTu v6. 

Performanya ketika Laptophia jajal untuk penggunaan komunikasi sehari-hari, Advan i45 ini cukup nyaman dan smooth. Lag memang muncul, tetapi tidak mengganggu. Setidaknya, smartphone ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan komunikasi dasar, sosial media, dan gaming ringan.
Sektor kamera bisa dikatakan sebagai titik lemah Advan i45 review kali ini. Laptophia sudah menjajalnya untuk memotret di segala kondisi cahaya, baik siang maupun malam. Saat siang hari, foto yang dihasilkan kurang mantap. 

Warna yang dihasilkan seringkali pudar, kurang tajam, dan dynamic range yang bisa dikatakan sangat kurang. Untuk foto macro, kamera belakang Advan i45 juga kurang bisa diandalkan. Ponsel ini memang didukung kemampuan autofokus, tetapi performanya agak lambat.

Saat menggunakannya pada malam hari, kamera Advan i45 memang tak banyak yang bisa diharapkan. Kondisi low-light, kamera Advan i45 tidak dapat diandalkan. Namun ketika digunakan didalam ruangan dengan pencahayaan lampu yang cukup, hasilnya fotonya cukup standar. 

Detail yang dihasilkan agak kurang dengan noise yang cukup mengganggu. Performa kamera depan Advan i45 ini juga cukup terbatas. Setidaknya sudah sangat mencukupi untuk foto selfie atau video chat.

Sisi audio, Advan i45 dibekali dengan speaker yang cukup lumayan tetapi tak terlalu kencang. Saat digunakan untuk mendengarkan musik, headset bawaannya menghasilkan kualitas suara yang kurang. Hal ini wajar mengingat rata-rata headset bawaan memang kurang baik kualitasnya. 

Laptophia Blog kemudian menjajalnya dengan headset Polytron Muze XC-1. Keluaran suara yang dihasilkan cukup bagus, dengan bass yang mendominasi tetapi dinamika vokal kurang menurut kami.

Advan membekali ponsel 4G LTE ini dengan baterai berkapasitas 1600mAh. Kapasitas yang 
Laptophia nilai terlalu kecil ini tidak mampu membuatnya bertahan sehari. Penggunaan browsing dan sosial media intensif, Laptophia rata-rata harus mengisi ulang daya atau charge hingga 2x sehari untuk Advan i45 ini.

Secara umum, ulasan Advan i45 review kali ini bisa dikatakan biasa saja. penampilan ponsel ini cukup menarik dengan build quality standar. Performa yang ditawarkan smartphone ini juga tak jauh berbeda dengan para pesaingnya. 

Smartphone Advan i45 ini cocok bagi pengguna yang membutuhkan koneksi 4G LTE dengan harga terjangkau. Pesaing terdekat Advan i45 antara lain adalah Evercoss Winner T3, Evercoss Winner Y3, Lenovo A2010, dan Acer Liquid Z330.

Keunggulan Advan i45

  • Mendukung 4G LTE
  • Harga terjangkau

Kelemahan Advan i45

  • Casing mudah tergores
  • Kualitas kamera kurang

Harga Advan i45

Harga smartphone 4G LTE Advan i45 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia Blog terima adalah Rp 949.000 atau tepatnya Rp 950 ribu. Namun, harga ini bisa bervariasi atau berubah sesuai kondisi pasar dan kebijakan masing-masing penjual.

Berdasarkan ulasan Advan i45 review yang Laptophia Blog lakukan, ponsel 4G ini menawarkan build quality yang standar. Meski demikian, desain atau tampilan fisiknya menarik. Kinerja yang ditawarkan cukup memadai, meski ada beberapa bug pada OS-nya.

Secara umum, ponsel Advan i45 ini laik dipertimbangkan di kelas entry-level, terutama konsumen yang membutuhkan ponsel 4G LTE dengan dana terbatas.
Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Advan i45 di sini (klik) atau juga bisa di Sini (klik)

Spesifikasi Advan i45

  • Sistem Operasi Android 5.1 Lollipop
  • Chipset MediaTek MT6735M dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 64-bit 1GHz
  • Grafis Mali-T720
  • Kamera belakang 5 megapiksel autofokus plus real LED flash. Kamera depan 5 megapiksel 
  • Layar 4,5 inci, dengan resolusi FWVGA 854 x 480 piksel berteknologi panel TN TFT kapasitif dengan kerapatan 218 piksel per inci
  • Memori RAM 1GB, Memori internal 8GB plus slot microSD maksimal 32GB
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual SIM
  • Mendukung jaringan GSM/3G HSPA/4G LTE 
  • Dimensi -
  • Baterai 1600mAh
  • Warna Grey & Gold
Anda mungkin suka:Review Singkat Asus Zenfone Selfie: Hands On & Kamera
;

Artikel Laptophia dot Com Lainnya :

Copyright © 2015 Laptophia dot Com | a Tuxlin Blog Networks