IBX582004D475488 Unboxing Chuwi Vi8 Plus, Tablet Windows 10 Murah

Unboxing Chuwi Vi8 Plus, Tablet Windows 10 Murah




Unboxing Chuwi Vi8 Plus – Hari ini Laptophia Blog telah kedatangan tablet Windows 10 asalvendor Tiongkok, yakni Chuwi Vi8 Plus. Saat ini memang pasar tablet di Indonesia memang agak lesu dan tak banyak vendor yang merilis tablet baru. Namun, tablet Chuwi Vi8 Plus ini cukup menarik Laptophia Blog. Tablet ini tak menggunakan sistem operasi Android seperti kebanyakan tablet lain, melainkan menggunakan OS Windows 10 besutan Microsoft.

Spesifikasi yang ditawarkan oleh tablet ini ternyata cukup bersaing di kelasnya dengan dukungan prosesor Intel Atom x5-Z8300 generasi Cherry Trail. Lalu seperti apa sebenarnya kemampuan dan fitur tablet Chuwi Vi8 Plus ini? Simak ulasan hands on dan unboxing Chuwi Vi8 Plus oleh Laptophia Blog kali ini!


Unboxing Chuwi Vi8 Plus

Perlengkapan Chuwi Vi8 Plus

Perlengkapan Chuwi Vi8 Plus
  • Unit tablet Chuwi Vi8 Plus
  • Kepala charger
  • Kabel USB Type-C
  • Booklet manual
  • Kartu garansi
  • Screenguard (terpasang di unit tablet)
Baca juga:Xiaomi Redmi 3 Review: Stylish & Big Battery

Preview & Unboxing Chuwi Vi8 Plus

Preview Chuwi Vi8 Plus
Saat tablet ini tiba di Laptophia Lab, kami langsung melakukan unboxing atau buka kotak. Kesan pertama Laptophia saat memegang tablet Chuwi Vi8 Plus ini adalah agak berat. Tablet ini sebenarnya tidak terlalu besar ukurannya, mengingat layar yang diusungnya hanya 8 inci. Penampilan atau desain tablet Chuwi Vi8 Plus ini relatif menarik dan elegan menurut Laptophia Blog.

Jika dilihat dari depan, tablet Windows 10 murah ini memang tak jauh berbeda dengan tablet lainnya dengan bentuk persegi yang didukung sudut tumpul. Layar tablet ini dikelilingi bezel berwarna hitam yang cukup tebal.

Sedangkan pada casing belakangnya menggunakan finishing brushed metal yang membuat penampilannya lebih elegan dan mengurangi efek licin. Secara umum, material casing Chuwi Vi8 Plus ini adalah plastik.

Namun, bagian samping kanan dan kiri dilengkapi lapisan metal yang membuatnya seolah-olah menggunakan frame metal. Kehadiran lapisan metal pada samping kanan dan kiri ini membuatnya kian elegan.

Laptophia Blog mencatat sisi depan tablet Chuwi Vi8 Plus ini terdapat lubang kamera depan, layar sentuh berukuran 8 inci berteknologi IPS, dan logo Windows yang juga berfungsi sebagai tombol kapasitif untuk mengakses Start Menu.

Sayangnya, tablet ini tidak dilengkapi dengan lapisan antigores. Meski demikian, Chuwi Vi8 Plus sudah dilengkapi dengan screenguard yang terpasang secara default di layarnya.

Sisi belakang tablet Windows 10 murah Chuwi Vi8 Plus ini terdapat lubang kamera utama, logo Chuwi, logo Intel, dan speaker grill. Chuwi menempatkan tombol power, tombol volume rocker, dan slot microSD pada sisi kanan tablet.

Sedangkan microphone terdapat pada bagian bawah layar. Sedangkan sisi atas tablet ini terdapat port audio 3,5mm, port microHDMI, dan port USB Type-C. Tablet Windows 10 besutan Chuwi ini mengusung desain unibody, sehingga casing belakang dan baterainya tidak bisa dilepas.
Baca juga:Unboxing Acer Liquid Z320, Lawan Tangguh Asus Zenfone Go ZC451TG
Spesifikasi Chuwi Vi8 Plus
Tablet Windows 10 Chuwi Vi8 Plus ini mengandalkan dukungan layar sentuh berukuran 8 inci yang disematkan resolusi WXGA 1280 x 800 piksel dan menawarkan kerapatan mencapai 188 piksel per inci. Tak hanya itu, layar tablet Tiongkok ini telah menggunakan panel berteknologi panel IPS (In-Plane Switching) kapasitif LCD.

Tablet besutan Chuwi ini menjalankan sistem operasi Microsoft Windows 10 pre-installed di dalamnya. Ini berbeda dengan kebanyakan tablet dengan harga yang sama yang mana banyak yang memilih sistem operasi Android.

Performa yang ditawarkan oleh tablet Chuwi Vi8 Plus bisa dikatakan cukup mumpuni menurut Laptophia Blog dengan mengandalkan sprosesor Intel Atom x5-Z8300 quad-core yang berlari dengan kecepatan 1,44GHz dengan TurboBoost hingga maksimal 1,84GHz dan ditandemkan dengan memori RAM sebesar 2GB. Sisi grafis, tablet besutan Chuwi ini mengandalkan GPU (Graphics Processing Unit) Intel HD Graphics Gen8 yang mengusung 12 Execution Unit (EUs) dengan kecepatan maksimal 500MHz.

Tablet ini didukung oleh memori internal atau ROM sebesar 32GB yang dapat diperluas melalui slot microSD hingga maksimal 32GB. Konektivitas tablet ini cukup lengkap dengan hadirnya WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, port MicroHDMI, dan port audio 3,5mm. Chuwi Vi8 Plus ini didukung oleh baterai berkapasitas 4000mAh yang diklaim mampu bertahan hingga 3 jam untuk memainkan video nonstop.

Impresi Awal Chuwi Vi8 Plus

Impresi Awal Chuwi Vi8 Plus
Impresi awal Laptophia Blog mengenai desain Chuwi Vi8 Plus sebagai tabl;et Windows 10 murah meriah ini relatif baik. Meski harganya terbilang terjangkau, tablet ini menawarkan build quality yang mantap dan desain yang elegan. Meski material secara keseluruhan terbuat dari plastik, Chuwi Vi8 Plus ini tak terkesan murahan.

Layar 8 inci yang diusung oleh Chuwi Vi8 Plus ini sempat membuat Laptophia agak terkejut. Layar tablet Windows 10 murah ini ternyata mampu menghasilkan warna yang memuaskan, tajam, dan jernih.

Viewing angle layarnya cukup luas, hanya saja performanya ketika digunakan di bawah sinar matahari relatif payah. Hal ini diperparah dengan efek glare atau silau pada screen guard yang sudah terpasang secara default di layarnya. Respon touchscreen tablet ini relatif responsif dan tidak ada kendala yang berarti.
Baca juga:Unboxing Asus E202SA: Kompak & Elegan
Kesan pertama Laptophia Blog mengenai performa Chuwi Vi8 Plus ini relatif tak ada kendala. Selama 3 jam pertama penggunaan tablet ini menunjukkan kinerja yang baik dan tak terlihat adanya lag yang mengganggu. Hanya saja, bagian belakang tablet ini terasa panas ketika menjalankan tugas yang agak berat.

Namun, melihat spesifikasi yang ditawarkan jelas Chuwi Vi8 Plus ini hanya cocok untuk menangani komputasi ringan saja. Kamera yang diusung oleh Chuwi Vi8 Plus ini menunjukkan performa yang sangat standar untuk kelas 2 megapiksel.

Harga Chuwi Vi8 Plus

Harga tablet Chuwi Vi8 Plus terbaru di Indonesia berdasarkan pantauan Laptophia Blog adalah Rp 1.599.000 atau tepatnya Rp 1,6 juta. Tablet ini mengunggulkan harganya yang masuk akal dan spesifikasi yang cukup menarik.

Dukungan sistem operasi Windows 10 menjadi daya tarik tersendiri bari tablet Chuwi Vi8 Plus menurut Laptophia. Berdasarkan hasil unboxing tablet Chuwi Vi8 Plus yang telah Laptophia lakukan, tablet ini ternyata menawarkan build quality yang baik di kelasnya. Impresi awal Laptophia pada tablet ini cukup baik, hal ini terlihat dari layarnya yang cemerlang, kinerjanya yang memadai, dan fitur yang lengkap.

Berdasarkan impresi awal tersebut, Laptophia menilai Chuwi Vi8 Plus sangat laik dipertimbangkan di kelasnya. Garansi toko atau distributor menjadi salah satu kelemahan tablet ini.
Anda dapat membeli atau sekadar cek harga tablet Chuwi Vi8 Plus di Sini (klik) dan beli keyboardnya di sini (klik)

Spesifikasi Chuwi Vi8 Plus

  • Sistem Operasi Microsoft Windows 10 
  • Prosesor Intel Atom x5-Z8300 quad-core dengan kecepatan 1,44GHz dengan TurboBoost 1,84GHz
  • Grafis Intel HD Graphics Gen8
  • Kamera belakang 2 megapiksel fixed focus. Kamera depan 2 megapiksel
  • Layar 8 inci, dengan resolusi WXGA 1280 x 800 pixels, kerapatan 188 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS LCD kapasitif 
  • Memori RAM 2GB, ROM 32GB dilengkapi slot microSD untuk ekspansi memori eksternal maksimal 64GB
  • WiFi, Bluetooth, USB Type-C, 3.5mm audio jack, port microHDMI, USB OTG
  • Dimensi 30 x 16.5 x 4.5 cm berat 350 gram
  • Koneksi internet: WiFi-Only 
  • Baterai 4000mAh, daya tahan hingga 3 jam untuk memainkan video
Anda mungkin suka:Chuwi Vi8 Plus, Tablet Windows 10 Bertenaga Intel Cherry Trail
;

Artikel Laptophia dot Com Lainnya :

Copyright © 2015 Laptophia dot Com | a Tuxlin Blog Networks