eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Perbedaan Xiaomi Redmi Pad SE vs Xiaomi Redmi Pad: Harga Selisih Sejuta Lebih, Pilih Mana?

Perbedaan Xiaomi Redmi Pad SE vs Xiaomi Redmi Pad: Harga Selisih Sejuta Lebih, Pilih Mana? - Xiaomi Indonesia belum lama ini telah meluncurkan tablet baru dengan harga terjangkau melalui seri Redmi Pad SE. tablet ini tampil dengan desain minimalis dan elegan, serta didukung performa kompeten berkat sokongan SoC Qualcomm Snapdragon 680 octa-core ditandemkan dengan RAM 4GB. Tak hanya itu, tablet murah Xiaomi Redmi Pad SE ini juga dibekali dengan fitur yang lengkap dan layar berukuran 11 inci 90Hz.

Sebelumnya Xiaomi lebih dulu meluncurkan tablet menengah melalui seri Redmi Pad yang ditenagai oleh SoC yang lebih kencang, yakni MediaTek Helio G99 dengan RAM 6GB. Kedua tablet ini sama-sama dibekali dengan empat buah speaker dengan fitur Dolby Atmos, baterai 8000mAh, dan kamera belakang dengan resolusi 8MP. Lalu apa saja perbedaan Xiaomi Redmi Pad SE vs Xiaomi Redmi Pad dengan harga selisih sejutaan lebih? Pilih mana? Simak ulasan Laptophia kali ini!

Perbedaan Xiaomi Redmi Pad SE vs Xiaomi Redmi Pad: Harga Selisih Sejuta Lebih, Pilih Mana?


Spesifikasi Xiaomi Redmi Pad SE

  • Sistem Operasi Android 13 dengan antarmuka MIUI Pad 14
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 680 SM6225 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core Kryo 265 Gold 2,4GHz dan quad-core Kryo 265 Silver 1,9GHz
  • Grafis Adreno 610
  • Satu kamera belakang 8 megapiksel dengan sensor GalaxyCore GC08A3 1/4 inci 1.12um piksel lensa 26mm f/2.0, autofocus
  • Kamera depan 5 megapiksel, sensor BSI CMOS 1/5 inci 1.12um piksel, lensa aperture f/2.2, fixed focus
  • Layar sentuh 11 inci aspek rasio 16:10 dengan resolusi Full HD+ 1920 x 1200 piksel, kerapatan 207 ppi (pixel per inch), 400 nits, 90Hz refresh rate, 16,7 juta warna, panel IPS
  • Memori RAM 4GB LPDDR4X, ROM 128GB eMMC 5.1, dilengkapi slot microSD hingga maksimal 1TB
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, port audio 3,5mm, face unlock
  • Quad stereo speaker dengan Hi-Res Audio, Dolby Atmos
  • Dimensi 255.5 x 167.1 x 7.4 mm dengan berat 478 gram
  • Baterai 8000mAh non-removable, standard charging 10W
  • Warna Graphite Gray dan Mint Green
Anda dapat cek harga dan promo terbaru tablet Xiaomi Redmi Pad SE di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Xiaomi Redmi Pad

  • Sistem Operasi Android 12 dengan antarmuka MIUI 13
  • Chipset MediaTek Helio G99 MT8781 (6nm) dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 2,2GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 2GHz
  • Grafis Mali-G57 MC2
  • Satu kamera belakang 8 megapiksel dengan sensor GalaxyCore GC08A3 1/4 inci 1.12um piksel lensa 26mm f/2.0, autofocus
  • Kamera depan 8 megapiksel, sensor SK Hynix Hi-846 1/4 inci 1.12um piksel, lensa aperture f/2.3, fixed focus
  • Layar sentuh 10,6 inci aspek rasio 5:3 dengan resolusi 2K 2000 x 1200 piksel, kerapatan 220 ppi (pixel per inch), 400 nits, 90Hz refresh rate, 1 miliar warna, panel IPS
  • Memori RAM 6GB LPDDR4X, ROM 128GB UFS 2.2, dilengkapi slot microSD hingga maksimal 1TB
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, face unlock
  • Quad stereo speaker dengan Hi-Res Audio, Dolby Atmos
  • Dimensi 250.5 x 158.1 x 7.1 mm dengan berat 465 gram
  • Baterai 8000mAh non-removable, Fast Charging 18W, charger 22,5W
  • Warna Graphite Gray, Moonlight Silver, dan Mint Green
Anda dapat cek harga dan promo terbaru tablet Xiaomi Redmi Pad di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Review Xiaomi Redmi Pad

Perbedaan Xiaomi Redmi Pad SE vs Xiaomi Redmi Pad

Perbedaan Xiaomi Redmi Pad SE vs Xiaomi Redmi Pad: Harga Selisih Sejuta Lebih, Pilih Mana?


Penampilan atau desain fisik dari tablet Xiaomi Redmi Pad SE maupun Xiaomi Redmi Pad sebenarnya bisa dikatakan sangat mirip karena mengusung konsep yang sama. Kedua tablet ini tampil dengan desain yang elegan dan minimalis dengan balutan casing berbahan metal unibody yang terkesan premium dan kokoh.

Xiaomi Redmi Pad tersedia dalam dua varian warna, yakni Graphite Gray dan Moonlight Silver. Sedangkan tablet Redmi Pad SE juga tersedia dalam dua varian warna, yakni Graphite Gray dan Mint Green.

Baca juga:Review Samsung Galaxy Tab A7 Lite: Tablet 4G LTE Murah, Cocok untuk Anak

Layar Xiaomi Redmi Pad SE vs Xiaomi Redmi Pad

Sekor layar, tablet Xiaomi Redmi Pad unggul tipis atas Redmi Pad SE dengan dukungan layar sentuh 10,6 inci aspek rasio 5:3 yang mengusung teknologi panel IPS (In-Plane Switching) dengan resolusi 2K 2000 x 1200 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 220 piksel per inci dengan kecerahan mencapai 400 nits. Layar tablet ini mampu menampilkan 1 miliar warna yang cemerlang.

Sedangkan Xiaomi Redmi Pad SE dibekali layar sentuh berukuran 11 inci aspek rasio 16:10 yang mengusung teknologi panel IPS (In-Plane Switching) dengan resolusi Full HD+ 1920 x 1200 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 207 piksel per inci dengan kecerahan mencapai 400 nits. Layar tablet ini mampu menampilkan 16,7 juta warna yang cemerlang.

Baik layar tablet Xiaomi Redmi Pad maupun Redmi Pad SE sama-sama sudah menggunakan refresh rate 90Hz yang mampu menampilkan animasi yang smooth dan bebas stuttering atau screen tearing. Layar tablet ini juga sudah dibekali sertifikasi TÃœV Rheinland dan SGS yang mereduksi cahaya biru guna melindungi mata dan mencegah kelelahan.

Mengapa layar Xiaomi Redmi Pad lebih unggul? Karena di atas kertas mampu menampilkan warna yang lebih banyak (1 milyar warna) yang secara teori mampu menghasilkan kualitas visual yang lebih tinggi dan colorful, serta resolusi layarnya yang sedikit lebih tinggi dari Redmi Pad SE.

Winner: Xiaomi Redmi Pad

Performa Xiaomi Redmi Pad SE vs Xiaomi Redmi Pad

Soal kinerja, tablet Xiaomi Redmi Pad bisa dikatakan unggul telak atas Xiaomi Redmi Pad SE menurut Laptophia dengan dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 MT8781 dengan teknologi 6nm yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 yang berlari dengan kecepatan 2,2GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 dengan kecepatan 2GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 6GB LPDDR4x, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57 MC2 yang powerful.

Sedangkan tablet Xiaomi Redmi Pad SE hanya ditenagai oleh SoC Qualcomm Snapdragon 680 SM6225 (6nm) yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core Kryo 265 Gold 2,4GHz dan quad-core Kryo 265 Silver 1,9GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 4GB LPDDR4x, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU Adreno 610 yang andal.

Berdasarkan informasi dari Nanoreview, MediaTek Helio G99 yang digunakan tablet Xiaomi Redmi Pad mampu mencetak skor benchmark AnTuTu mencapai 370 ribuan poin. Saat Laptophia benchmark menggunakan AnTuTu v9, skornya tembus 350 ribu poin lebih. Sedangkan Qualcomm Snapdragon 680 yang digunakan oleh Xiaomi Redmi Pad SE hanya mencapai 270 ribuan poin saja di AnTuTu v9.

Selain itu, kapasitas RAM yang lebih besar di Xiaomi Redmi Pad membuat performanya kian mulus saat menjalankan banyak aplikasi atau multitasking. Sedangkan Redmi Pad SE didukung RAM yang lebih kecil.

Winner: Xiaomi Redmi Pad

Kamera Depan Xiaomi Redmi Pad SE vs Xiaomi Redmi Pad

Sektor kamera depan, tablet Xiaomi Redmi Pad tampak jelas lebih unggul dari Xiaomi Redmi Pad SE menurut Laptophia dengan dukungan kamera depan 8 megapiksel dengan sensor BSI CMOS 1/4 inci 1um piksel dengan lensa aperture f/2.3 guna memuaskan hasrat selfie atau online meeting. Sedangkan Xiaomi Redmi Pad SE hanya dipersenjatai kamera depan resolusi 5 megapiksel dengan sensor BSI CMOS dengan lensa aperture f/2.2 fixed focus.

Winner: Xiaomi Redmi Pad

Memori Internal Xiaomi Redmi Pad SE vs Xiaomi Redmi Pad

Baik tablet Xiaomi Redmi Pad SE maupun Xiaomi Redmi Pad sama-sama dibekali dengan memori internal berkapasitas 128GB lengkap dengan hadirnya slot microSD untuk ekspansi memori eksternal. Namun, Xiaomi Redmi Pad sudah menggunakan media penyimpanan UFS 2.2 yang memberikan kecepatan baca dan tulis data 3 kali lebih cepat daripada eMMC 5.1 seperti yang digunakan oleh Redmi Pad SE.

Winner: Xiaomi Redmi Pad

Baterai Xiaomi Redmi Pad SE vs Xiaomi Redmi Pad

Perbedaan Xiaomi Redmi Pad SE vs Xiaomi Redmi Pad: Harga Selisih Sejuta Lebih, Pilih Mana?


Baik tablet Xiaomi Redmi Pad SE maupun Xiaomi Redmi Pad sama-sama dibekali dengan baterai berkapasitas 8000mAh. Meski demikian, tablet Xiaomi Redmi Pad lebih unggul karena dibekali fitur fast charge lebih cepat dengan daya 18W. Sedangkan Xiaomi Redmi Pad SE hanya mendukung fitur standard charge 10W.

Winner: Xiaomi Redmi Pad

Perangkat Lunak Xiaomi Redmi Pad SE vs Xiaomi Redmi Pad

Tablet Xiaomi Redmi Pad SE dibekali sistem operasi yang lebih baru, yakni Android 13 dengan antarmuka MIUI Pad 14. Sedangkan Xiaomi Redmi Pad masih mengandalkan sistem operasi Android 12 dengan antarmuka MIUI Pad 13. Laptophia sendiri pengguna Xiaomi Redmi Pad dan saat ini sudah mendapat upgrade ke Android 13 dengan antarmuka MIUI Pad 14.

Winner: Xiaomi Redmi Pad SE

Fitur Lain

Salah satu kelebihan tablet Xiaomi Redmi Pad SE adalah masih dilengkapi dengan port audio 3,5mm. Hal ini tidal tersedia di Xiaomi Redmi Pad, sehingga perlu konverter USB-C to audio 3,5mm untuk dapat menggunakan headset berkabel.

Winner: Xiaomi Redmi Pad SE

Harga Xiaomi Redmi Pad SE vs Xiaomi Redmi Pad

Harga tablet Xiaomi Redmi Pad SE terbaru di Indonesia berdasarkan informasi resmi yang Laptophia terima adalah Rp 1.999.000. Sedangkan harga tablet Xiaomi Redmi Pad terbaru adalah Rp 3.499.000 atau selisih sejutaan lebih mahal jika dibandingkan dengan Redmi Pad SE. 

Pilih Mana Xiaomi Redmi Pad SE vs Xiaomi Redmi Pad?

Setelah membaca ulasan perbedaan Xiaomi Redmi Pad SE vs Xiaomi Redmi Pad oleh tim Laptophia di atas, mana yang lebih layak pilih? Laptophia menilai kedua tablet ini membidik segmen yang berbeda. Bagi yang memiliki budget terbatas, dapat memilih Xiaomi Redmi Pad SE karena menawarkan fitur yang lengkap, harga terjangkau, dan spesifikasi yang masih di atas rata-rata tablet di kelasnya.

Jika memiliki budget lebih dan menginginkan performa yang lebih kencang, maka Xiaomi Redmi Pad akan menjadi pilihan yang lebih tepat. Meski harganya lebih mahal, Xiaomi Redmi Pad menawarkan performa lebih solid, storage lebih responsif, layar lebih baik, dan tentunya fitur fast charge. Tentunya semua kembali pada selera dan kebutuhan masing-masing konsumen.

Anda mungkin suka:Review Realme 11: Desain Cantik, Performa Kencang, dan Kamera Mumpuni
4 komentar

4 komentar

  • Tya Swan
    Tya Swan
    8 September 2023 pukul 11.11
    Kalau penggunaan standar, rasanya Redmi Pad SE udah cukup ya... Beda harganya lumayan jauh sama yang Redmi Pad 🥲
    • Tya Swan
      Ditya Pandu
      19 September 2023 pukul 22.31
      Sependapat sih. Lagian kalau butuh yang kenceng sekalian mending langsung ke Xiaomi Pad 6
    Reply
  • Yuwan Agista
    Yuwan Agista
    7 September 2023 pukul 20.19
    Wah mendingan Redmi Pad Se ya kalau penggunaan cuma baca2 ebook doang
    • Yuwan Agista
      Ditya Pandu
      19 September 2023 pukul 22.30
      penggunaan ringan mending Redmi pad SE saja, murmer
    Reply