eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB

Review Philips TAUE101, Headset Earbud Murah yang Nyaman Digunakan

Review Philips TAUE101, Headset Earbud Murah yang Nyaman Digunakan - Philips TAUE101 adalah salah satu headset jenis earbud dengan harga terjangkau yang cukup menarik di tengah serbuan headset bertipe IEM (In-Ear Monitor). Tak semua orang menyukai headset tipe IEM, maka jenis earbud seperti Philips TAUE101 ini bisa menjadi pilihan. Hal inilah yang menarik perhatian Laptophia untuk mengulas headset ini secara mendalam untuk mengetahui sehebat apakah kualitas suaranya.

Kurang lebih dua bulan yang lalu headset Philips TAUE101 ini telah mendarat di markas Laptophia. Bermodalkan driver berukuran 14,2mm dengan teknologi neodymium, Philips TAUE101 diklaim mampu menghasilkan kualitas suara yang baik dengan bass yang kaya. Lalu sehebat apakah headset earbud yang dijual dengan harga Rp 100 ribuan ini? Simak review Philips TAUE101 oleh tim Laptophia kali ini!

Review Philips TAUE101, Headset Earbud Murah yang Nyaman Digunakan


Paket Pembelian Philips TAUE101

Paket Pembelian Philips TAUE101

  • Unit Philips TAUE101
  • Clip On

Desain Philips TAUE101

Desain Philips TAUE101

Desain Philips TAUE101

Sebagai sebuah headset muraj meriah, tampilan dan desain tentu bukan hal yang diunggulkan pada review Philips TAUE101 kali ini. headset ini tampil dengan desain yang tak jauh berbeda dengan earbud bertipe half in-ear yang ada di pasaran. Perbedaan terlihat pada bagian nozzle yang mana pada Philips TAUE101 ini sedikit lebih maju.

Philips TAUE101 menggunakan housing berbahan plastik yang menggunakan finishing glossy. Saat pertama kali memegang headset murah besutan Philips ini, memang jauh dari kesan mewah atau premium. Finishing glossy yang diusung oleh Philips TAUE101 memang membuatnya terlihat mengkilap, tetapi ternyata mudah meninggalkan baret atau goresan.

Headset murah besutan Philips ini dilengkapi dengan kabel berkualitas dengan panjang mencapai 1,2 meter. Tak hanya itu, kabel headset Realme Buds Classic ini sudah tidak mudah ruwet, serta dilengkapi tali karet berwarna kuning untuk merapikan kabel saat sedang tidak digunakan.

Baca juga:Review Seagate One Touch 4TB, Hard Disk Eksternal Berkapasitas Besar Dilengkapi Password

Desain Philips TAUE101

Desain Philips TAUE101

Headset Philips TAUE101 ini dibekali dengan microphone dan sebuah tombol. Meski hanya dibekali dengan sebuah tombol saja, tetapi satu tombol ini memiliki banyak fungsi. Jika dipencet sekali, maka tombol tersebut akan berfungsi sebagai play atau pause. 

Sedangkan dipencet dua kali akan menjadi next track dan menjadi previous track ketika dipencet tiga kali. Tombol ini hanya berfungsi pada perangkat smartphone, sedangkan untuk DAP Fiio M3k yang Laptophia gunakan tidak berfungsi.

Video Unboxing Philips TAUE101



Review Philips TAUE101

Review Philips TAUE101

Meski di Indonesia terkenal dengan lini produk elektronik dan lampu, Philips ini bukanlah anak kemarin sore di dunia audio. Philips cukup lama berkecimpung di dunia audio dan memiliki produk yang mumpuni, salah satunya adalah seri Fidelio TX2 yang pernah Laptophia ulas. Lalu sehebat apakah review Philips TAUE101 kali ini?

Kualitas Suara

Headset model earbud Philips TAUE101 ini dipersenjatai dengan driver bertipe dinamis dengan diameter 14,2mm dengan magnet neodymium. Meski dijual dengan harga terjangkau, headset Philips TAUE101 diklaim mampu menghasilkan kualitas suara yang jernih dan bass yang kaya. Setelah sebulan menggunakan headset ini, tampaknya klaim ini tak sepenuhnya benar.

Laptophia menilai headset Philips TAUE101 ini memang mampu menghasilkan kualitas suara yang jernih dan bebas distorsi meski menggunakan volume tinggi. Treble atau frekuensi tinggi mampu disajikan dengan dengan baik dan tidak menusuk telinga. 

Sayangnya, tingkat detailnya masih perlu ditingkatkan lagi. Hal ini cukup terasa saat Laptophia memutar lagu A Crisis of Revelation milik Trivium yang kaya akan treble. Hal ini membuat lagu terasa kurang hidup.

Hal yang cukup menonjol pada review Philips TAUE101 kali ini adalah frekuensi tengah atau mid yang cukup menonjol. Headset besutan Philips ini mampu menghasilkan suara distorsi gitar yang detail saat memainkan lagu metalcore seperti Vultures milik AxeWound. 

Baca juga:Review Realme Buds Air Neo, TWS yang Masih Andal di Tahun 2021

Suara vokal terasa agak mundur, tetapi detail yang dihasilkan cukup baik untuk kelas entry-level. Suara screaming Matt Heafy di lagu Shattering The Skies Above terasa cukup gahar. Suara vokal wanita pun juga terdengar enjoyable, terutama saat memainkan lagu symphonic metal dari Nightwish yang penuh dengan suara vokal ala opera dari Tarja Turunen.

Bass yang dihasilkan oleh Philips TAUE101 ini terasa kurang bertenaga dan kurang mendalam. Kuantitasnya terbilang kurang menurut Laptophia yang notabene tidak termasuk penggemar bass atau basshead. Meski demikian, bass yang dihasilkan cukup responsif dan punchy. Saat memainkan lagi Nemesis dari Arch Enemy, dobel kick drum berkecepatan tinggi dapat disajikan dengan baik.

Kompatibilitas & Kenyamanan

Laptophia menjajal headset murah Philips TAUE101 ini dengan beberapa perangkat, seperti DAP Fiio M3k, Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon, dan Xiaomi Mi Note 10 Pro. Headset andalan Realme ini berjalan dengan baik tanpi ada masalah kompatibilitas. Tombol kontrol ini tidak berfungsi di DAP Fiio M3k.

Soal kenyamanan dan fitting, tim Laptophia menilai Philips TAUE101 ini cukup nyaman untuk penggunaan jangka waktu lama. Bobotnya ringan dan bisa menjadi alternatif bagi pengguna yang tidak menyukai model IEM (In-Ear Monitor). Meski demikian, headset ini mungkin kurang cocok bagi yang suka olah raga seperti jogging karena mudah terlepas saat telinga basah atau berkeringat.

Kesimpulan

Secara umum, Philips TAUE101 adalah sebuah headset bertipe earbud yang layak dipertimbangkan dengan harga Rp 100 ribuan. Kualitas suara yang dihasilkan cukup baik dan nyaman digunakan dalam waktu lama.

Kelebihan Philips TAUE101

  • Kualitas suara cukup baik
  • Nyaman digunakan dalam waktu lama
  • Harga terjangkau

Kekurangan Philips TAUE101

  • Finishing glossy, mudah kotor dan baret

Harga Philips TAUE101

Harga headset earbud Philips TAUE101 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 139.000. Berdasarkan hasil review Philips TAUE101 oleh tim Laptophia, headset jenis earbud ini menawarkan performa dan kualitas suara yang cukup baik di kelasnya. 

Anda dapat membeli headset earbud Philips TAUE101 dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Philips TAUE101

  • Model: TAUE101
  • Jenis headset: Half In-Ear
  • Driver dinamis berteknologi neodymium magnet
  • Speaker Impedansi: 32 Ohm
  • Sensitivitas 106±3dB
  • Output maksimal 5 mW
  • Berat: 65 gram
  • Diameter driver 14,2 mm
  • Panjang kabel: 1,2 m
  • Jenis Plug: standard 3,5mm
  • Rentang frekuensi: 20Hz – 20kHz
  • Dilengkapi microphone
  • Kabel berkualitas baik

Source

*review ini menggunakan unit yang dibeli sendiri oleh tim Laptophia, bukan sponsor/seeding

Anda mungkin suka:Review Asus Vivobook Pro 14 OLED K3400PH, Laptop Kencang untuk Kreator Konten Pemula
Related Posts
Laptophia Blog
Suka review laptop dan gadget.

Related Posts

Posting Komentar