eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Seagate One Touch 4TB, Hard Disk Eksternal Berkapasitas Besar Dilengkapi Password

Review Seagate One Touch 4TB, Hard Disk Eksternal Berkapasitas Besar Dilengkapi Password - Seagate One Touch adalah salah satu hard disk eksternal generasi terbaru yang telah hadir di pasar Indonesia yang menggantikan lini Seagate Backup Plus. Hard disk eksternal adalah salah satu media penyimpanan eksternal yang masih menjadi pilihan bagi banyak kalangan. Meski saat ini SSD eksternal mulai naik popularitasnya, hard disk eksternal seperti Seagate One Touch masih menjadi pilihan, terutama bagi mereka yang membutuhkan kapasitas besar dengan harga terjangkau.

Kali ini satu unit hard disk eksternal Seagate One Touch varian kapasitas 4TB telah mendarat di markas Laptophia untuk diulas secara mendalam. Salah satu fitur yang diunggulkan oleh Seagate One Touch 4TB selain kapasitas yang besar adalah sektor keamanan. Seagate membekali eksternal storage andalannya ini dengan fitur pengaman berupa password. lalu sehebat apakah hard disk eksternal andalan Seagate ini? Simak review Seagate One Touch 4TB oleh tim Laptophia kali ini!

Review Seagate One Touch 4TB, Hard Disk Eksternal Berkapasitas Besar Dilengkapi Password


Paket Pembelian Seagate One Touch 4TB

Paket Pembelian Seagate One Touch 4TB

  • Unit Seagate One Touch 4TB Black
  • Kabel USB
  • Kartu garansi
  • Buku panduan
  • Pouch (bonus)

Desain Seagate One Touch 4TB

Desain Seagate One Touch 4TB

Desain Seagate One Touch 4TB

Penampilan yang simpel dan elegan mungkin menjadi salah satu daya tarik dari review Seagate One Touch 4TB oleh tim Laptophia kali ini. Secara umum memang bentuknya tak jauh berbeda dengan hdd eksternal lainnya, tetapi Seagate memberikan sedikit sentuhan yang membuatnya terlihat berbeda. Seagate One Touch 4TB mengusung sudut yang tegas dan tersedia dalam beberapa varian warna. kebetulan unit yang Laptophia ulas berwarna hitam.

Bagian depan hard disk eksternal Seagate One Touch 4TB ini terdapat cover berbahan metal yang kokoh dengan finishing brushed metal. Sementara bagian belakangnya terbuat dari bahan polikarbonat berkelir abu-abu. Ukuran bodi hard disk eksternal Seagate One Touch 4TB ini agak tebal dan bobotnya mencapai 268 gram. Ini dapat dimaklumi karena kapasitasnya 4TB. Mungkin varian dengan kapasitas rendah ukurannya bisa lebih tipis.

Baca juga:Seagate Fast SSD 500GB Review: Storage Eksternal Ringkas, Ringan dan Kencang!


Pada review Seagate One Touch 4TB kali ini, sisi depan hard disk eksternal ini terdapat logo Seagate pada sudut kanan atas dan LED indikator pada sudut kiri atas. Sementara bagian belakangnya terdapat informasi singkat mengenai produk ini. Sementara sisi atas Seagate One Touch 4TB terdapat port USB jenis Micro B guna menyambungkannya ke laptop atau PC.

Review Seagate One Touch 4TB

Review Seagate One Touch 4TB

Seagate One Touch 4TB adalah sebuah hard disk eksternal generasi terbaru yang cukup menarik. Tak hanya menampilkan desain baru yang terlihat elegan, Seagate One Touch ini juga menawarkan plihan kapasitas yang variatif. Unit yang Laptophia ulas berkapasitas besar, yakni 4TB. Di dalam Seagate One Touch 4TB terdapat sebuah hard disk 2,5 inci dengan kecepatan rotasi mencapai 5400rpm.

Salah satu nilai tambah pada review Seagate One Touch 4TB kali ini menurut Laptophia adalah bonus berupa gratis paket Mylio Create selama satu tahun dan membership Adobe Creative Cloud Photography selama 4 bulan.

System Testbed

Pengujian pada review Seagate One Touch 4TB external HDD kali ini tim Laptophia menggunakan dua buah laptop Asus ExpertBook P2 P2451FB EK5810T dan Apple Macbook Air M1 dengan spesifikasi sebagai berikut:
  • Layar TN LCD dengan LED backlight 14 inci resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel, 250 nits, 45% NTSC color gamut, Asus Splendid, Asus Eye Care, NanoEdge Display, 178° wide-view
  • Prosesor Intel Core i5-10210U quad-core (8 thread) 1,6GHz TurboBoost 4,2GHz
  • Chipset Intel
  • Grafis Intel UHD Graphics 620 dan Nvidia GeForce MX110 VRAM 2GB GDDR5
  • Memori RAM 8GB DDR4-2666MHz
  • Storage SSD Adata XPG SX8200 Pro 1TB M.2 PCIe 3.0 x4 NVMe
  • Konektifitas WiFi 6 802.11ax, Bluetooth 5.0, Gb LAN, Port USB 3.1 Gen 1, Port USB 3.2 Gen 1 Type-C, Port USB 3.2 Gen 2 Type-C (support display / power delivery), Port USB 2.0, VGA Port (D-Sub), Port HDMI, MicroSD card reader, combo audio jack
  • Chiclet Keyboard, Spill resistant
  • Fitur keamanan fingerprint sensor dengan Windows Hello, Trusted Platform Module (TPM) 2.0, Kensington Lock, BIOS Booting User Password Protection
  • Dual speaker stereo, ICEpower, SonicMaster Audio
  • Kamera Webcam HD720p With privacy shutter
  • Baterai 3 Cell 3S1P 48WHr lithium-ion Battery, fast charging 60% dalam 49 menit
  • Sistem Operasi Microsoft Windows 10 Home x64 Asli
  • MIL-STD 810G military-grade standard
  • Dimensi 32.53 x 23.29 x 1.99 ~ 1.99 cm berat 1,5 kilogram
  • Warna Star Black
Apple Macbook Air M1
  • Layar Retina Display IPS LCD dengan LED backlight 13,3 inci resolusi 2560 x 1600 piksel, aspek rasio 16:10, Wide color (DCI-P3), 400 nits brightness, True Tone
  • Prosesor Apple M1 octa-core yang terdiri dari quad-core Firestorm 3,2GHz dan quad-core Icestorm 2,06GHz
  • Chipset Apple
  • Grafis Apple M1 7-core GPU 485MHz - 1278MHz
  • Memori RAM 8GB LPDDR4X 4266MHz, onboard
  • Storage Apple SSD AP0256Q NVMe 256GB atau 512GB
  • Konektifitas WiFi 6 802.11ax Apple AirPort Extreme M1, Bluetooth 5.0, port audio 3,5mm, 2x Port USB Type-C support: Thunderbolt 3.0, USB 3.1 Gen 2, USB 4, Display Port, Power Delivery
  • Magic Keyboard dengan backlight dan Trackpad Force Touch
  • Fitur keamanan sensor sidik jari Touch ID
  • Stereo speaker dengan Dolby Atmos
  • Kamera 720p FaceTime HD
  • Baterai lithium polymer 49,9 Whrs hingga 18 jam penggunaan normal
  • Sistem Operasi Mac OS Big Sur, upgradeable to Mac OS Monterey
  • Dimensi 304.1 x 212.4 x 16.1 mm berat 1,29kg
  • Warna Gold
Baca juga:Seagate Firecuda 2TB Review & Benchmark

Seagate Toolkit

Seagate Toolkit

Salah satu keunggulan pada review Seagate One Touch 4TB oleh tim Laptophia kali ini adalah fitur yang lengkap. Seagate membekali hard disk eksternal andalannya ini dengan aplikasi Seagate Toolkit yang di dalamnya terdapat banyak fungsi. Pengguna dapat menginstal aplikasi ini dengan menjalankan file Start_Here_Win yang terdapat di Seagate One Touch dan mengikuti panduannya.

Seagate Toolkit mampu memberikan fitur keamanan berupa password, sehingga file yang tersimpan di hard disk eksternal Seagate One Touch tetap aman. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna melakukan backup data dari laptop atau PC ke hard disk eksternal Seagate One Touch 4TB dengan beberapa kali klik saja.

tak hanya itu, Seagate Toolkit yang dimiliki oleh Seagate One Touch 4TB ini juga memberikan fasilitas backup dan restore dari hard disk eksternal ke PC atau laptop sesuai kebutuhan. Tak ketinggalan, ada fungsi Mirror yang memudahkan pengguna melakukan sinkronisasi pada folder atau drive tertentu agar data tetap aman.

Sebenarnya Seagate Toolkit ini juga menawarkan fasilitas recovery untuk data hilang, tetapi hanya tersedia di negara tertentu saja. Sayangnya, versi Indonesia tidak dilengkapi dengan fasilitas tersebut untuk saat ini.

Benchmark di Windows

CrystalDiskInfo
CrystalDiskInfo

CrystalDiskMark
CrystalDiskMark

AS SSD benchmark
AS SSD benchmark

Benchmark di Mac OS

Blackmagic Disk Speed Test
Blackmagic Disk Speed Test

AmorphousDiskMark
AmorphousDiskMark

Saat pertama kali digunakan, hard diks eksternal Seagate One Touch 4TB ini msecara default menggunakan file sistem exFAT yang saat ini sudah kompatibel dengan Windows, MacOS, dan juga Linux. Kapasitas terformat pada saat Laptophia melakukan pengecekan di system properties di Windows adalah 3,63TB. 

Baca juga:Review WD My Passport SSD 1TB: Kencang, Ringkas, dan Elegan

Hasil benchmark hard disk eksternal andalan Seagate ini cukup kencang untuk kelas hard disk dengan kecepatan rotasi 5400rpm, yakni mampu menghasilkan kecepatan write 146,94MB/s dan 146,30MB/s untuk read di CrystalDiskMark. Sedangkan pada benchmark AS SSD, Seagate One Touch 4TB mampu mencetak angka write 125,90MB/s dan 135,51MB/s untuk read.

Pada review Seagate One Touch 4TB kali ini, performanya juga cukup konsisten ketika diuji di sistem operasi Apple MacOS di laptop Macbook Air M1. hal ini terlihat dari skor yang dihasilkan di benchmark AmorphousDiskmark untuk write 120,90MB/s dan 121,65MB/s untuk read. Hard disk eksternal ini sedikit mengalami penurunan ketika benchmark Blackmagic Disk Speed Test yang mencetak angka write 70,5MB/s dan 59,7MB/s untuk read.



Laptophia kemudian melakukan pengujian real-world untuk hard disk eksternal Seagate One Touch 4TB kali ini dengan memindahkan folder berisi ratusan file FLAC dengan ukuran total 82,1GB. Folder tersebut selesai dipindahkan dari laptop ke Seagate One Touch 4TB dalam waktu kurang dari 20-an menit dengan transfer rate rata-rata 90 - 118MB/s.

Kesimpulan

Secara umum berdasarkan benchmark dan review Seagate One Touch 4TB oleh tim Laptophia di atas, hard disk eksternal ini menawarkan performa yang cukup memadai dan didukung fitur lengkap. kecepatan transfer rate-nya memang bukan tandingan SSD, tetapi kapasitasnya yang besar dengan harga yang jauh lebih terjangkau menjadi daya tarik Seagate One Touch 4TB ini.

Kelebihan Seagate One Touch 4TB

  • Kapasitas besar
  • Performa memadai
  • Fitur lengkap

Kekurangan Seagate One Touch 4TB

  • Terasa panas saat transfer file berukuran besar

Harga Seagate One Touch 4TB

Harga hard disk eksternal Seagate One Touch 4TB terbaru berdasarkan informasi yang Laptophia himpun saat artikel ini ditulis adalah Rp 1.549.000. Berdasarkan hasil review Seagate One Touch 4TB di atas, hard disk eksternal ini menunjukkan performa yang baik dengan fitur yang lengkap, sehingga layak dipertimbangkan.

Anda dapat membeli hard disk eksternal Seagate One Touch 4TB dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Seagate One Touch 4TB

  • Brand: Seagate
  • Seri One Touch with Password
  • Kapasitas 4TB
  • Nomor model STKZ4000400
  • Antarmuka USB 3.0, kompatibel dengan USB 2.0
  • Kecepatan transfer USB 3.0: up to 5 Gbit/sec. USB 2.0: up to 480 Mbit/sec
  • Sumber daya USB bus-powered
  • Relative humidity 20-80% non-condensing
  • Sisitem operasi Windows 7, Windows Vista, Windows XP, Windows 8.1, Windows 10, Windows 11 and Mac OS X (10.5 or newer)
  • Dimensi 80 mm x 20 mm x 115 mm
  • Berat 268 gram
  • Suhu operasi 41° – 95°F (5° – 35°C)
  • Warna Hitam, Perak, Abu-Abu, Biru Muda, Merah, dan Rose Gold
*review ini menggunakan unit yang dibeli sendiri oleh tim Laptophia, bukan sponsor/seeding
Anda mungkin suka:Review Hitachi Touro 1TB, Hard Disk Eksternal USB 3.0
Posting Komentar

Posting Komentar