eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Asus ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY, Laptop Gaming Super Kencang Berkat Duet CPU dan GPU AMD

Review Asus ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY, Laptop Gaming Super Kencang Berkat Duet CPU dan GPU AMD - Laptop gaming Asus ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY secara resmi telah diluncurkan di Indonesia. Laptop gaming Asus yang satu ini beda dengan yang lain. Ia menggunakan chip bertenaga dari AMD yakni Ryzen 5000 series, namun hadir dengan GPU yang berbeda. Tepatnya, laptop ini memanfaatkan GPU yang juga diproduksi oleh AMD, yakni Radeon RX 6000 series dan masuk dalam platform AMD Advantage.

Hadir di seri Strix, ASUS ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY merupakan laptop gaming pertama di dunia yang menggabungkan performa powerful dari CPU AMD Ryzen 9 5900HX dan GPU AMD Radeon RX 6800M. Tak hanya itu, keunggulan laptop gaming Asus ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY adalah dibekali dengan aneka fitur eksklusif yang hanya dijumpai di laptop all AMD platform, sebut saja AMD SmartShift, AMD Smart Access Memory, dan banyak lagi guna mengoptimalkan pengalaman bermain game. Penasaran? Simak review Asus ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY kali ini.



Desain Asus ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY




Sisi desain merupakan salah satu daya tarik pada review Asus ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY oleh tim Laptophia kali ini. Warna Original Black yang diusungnya membuat notebook gaming ini tampil garang dan misterius, serta dipadukan lekukan khas ROG yang futuristik. Konsep desain secara umum, Asus ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY ini sebenarnya masih sama dengan ROG Strix 2020.

Asus ROG Strix G15 Advantage Edition merupakan laptop gaming modern yang tidak hanya powerful tetapi juga tetap ringkas, portabel, dan stylish. Laptop gaming ini memiliki bodi dengan ukuran 7% lebih ringkas dari seri pendahulunya. Asus ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY ini tampil dengan LID cover dengan finishing matte black yang terbagi menjadi dua bagian dengan tekstur yang berbeda, yakni diagonal dan vertikal. Sementara logo ROG nerukuran besar yang cukup mencolok dengan warna putih ditempatkan agak menyamping. 

Baca juga:Review Asus ROG Zephyrus M16 GU603, Laptop Gaming 16 Inci Kencang dan Minimalis





Sementara itu, RGB LED yang terdapat di bagian sisi bawah bodi serta keyboard-nya memberikan elemen kustomisasi tambahan sehingga gamer dapat menjadikan laptop gaming Asus ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY miliknya menjadi lebih unik serta personal.

Desain yang lekat dengan nuansa brand AMD, dilengkapi Customizable Armor Caps, serta RGB LED yang didukung fitur Aura Sync membuat laptop ini semakin unik sekaligus mudah dipersonalisasi oleh para gamer.

Performa Asus ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY


Asus ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY juga merupakan laptop pertama yang menggunakan GPU Radeon RX 6800M yang merupakan GPU flagship terbaru yang merupakan bagian dari keluarga AMD Radeon RX 6000 Mobile Series yang dirancang untuk memberikan performa sekaligus efisiensi penggunaan daya terbaik pada sebuah laptop gaming.

AMD Radeon RX 6800M dibangun dari arsitektur RDNA 2 terbaru yang mengkombinasikan efek grafis modern dengan sistem komputasi canggih untuk menghasilkan kualitas visual yang lebih nyata dan immersive. Bermain game menggunakan Radeon RX 6800M akan menghasilkan animasi grafis yang mulus, serta kualitas visual immersive yang membawa pengalaman gaming ke tingkat selanjutnya.

Grafis mandiri dari AMD Radeon RX 6800M yang berbasis chip Navi 22 yang menggunakan arsitektur RDNA 2. Grafis AMD Radeon RX 6800M ini mengandalkan 2560 shader core berkecepatan 2300MHz dan turbo 2600MHz yang dipadukan dengan 160 TMUs, dan 64 ROPs. Kartu grafis AMD Radeon RX 6800M yang diusung oleh laptop gaming Asus ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY ini dikawinkan dengan memori VRAM 12GB GDDR6 berkecepatan 16Gbps dengan antarmuka memori 192-bit.
Baca juga:Review Asus ROG Zephyrus Duo 15 GX550: Idaman Gamer dan Kreator Konten Profesional
Menemani GPU Radeon RX 6800M adalah CPU powerful AMD Ryzen 9 5900HX yang hadir dengan konfigurasi 8 core dan 16 thread sehingga sangat cocok untuk multitasking. CPU tersebut juga dibangun dari arsitektur Zen 3 yang mengadopsi metode fabrikasi 7nm FinFET sehingga tidak hanya memiliki performa yang sangat kencang tetapi juga sangat hemat daya. 

AMD Ryzen 9 5900HX generasi APU (Accelerated Processing Unit) Cezanne H yang mengusung octa-core 16 thread berarsitektur Zen 3 yang berlari dengan kecepatan 3,3GHz dengan Turbo maksimal 4,6GHz. Laptop gaming Asus ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY didukung oleh memori RAM sebesar 16GB jenis DDR4-3200MHz dual-channel. Pengguna dapat menambah atau upgrade RAM laptop gaming Asus ini hingga maksimal 32GB.

Berkat teknologi pendingin khusus, CPU AMD Ryzen 9 5900HX dapat berjalan pada daya 90W secara stabil. Gamer bahkan dapat membuat CPU tersebut berjalan lebih kencang lagi menggunakan aplikasi utilitas Armoury Crate yang telah tersedia di ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY.

Asus ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY juga hadir dengan teknologi Smart Access Memory. Teknologi tersebut memungkinkan CPU dapat mengakses seluruh memori GPU sehingga memungkinkan komunikasi data yang lebih cepat. 

Berkat Smart Access Memory, pemanfaatan jalur data PCIe 3.0 secara maksimal dan meningkatkan performa gaming secara keseluruhan.

Selain itu, ada juga fitur SmartShift yang memungkinkan CPU dan GPU dapat menyesuaikan performa secara dinamis sesuai dengan beban kerjanya. Saat pengguna ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY menjalankan aplikasi yang lebih membutuhkan performa CPU (CPU-bound), secara otomatis GPU akan menurunkan performa dan memberikan daya ekstra yang tidak digunakan untuk dialihkan ke CPU. 
Baca juga:Review Asus Vivobook Ultra K413FQ: Laptop All Rounder Ringkas dengan Desain Mewah
Begitupun sebaliknya pada skenario aplikasi GPU-bound. Dengan demikian, game atau aplikasi apapun dapat selalu berjalan dengan baik di laptop gaming Asus ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY.

Modul memori di ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY juga dapat di-upgrade hingga 32GB, memberikan gamer dapat menyesuaikan dengan skenario penggunaannya. Sementara untuk penyimpanan, ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY memanfaatkan M.2 NVMe PCIe 3.0 SSD berkapasitas 1TB. 

Gamer yang membutuhkan penyimpanan ekstra dapat memanfaatkan slot M.2 PCIe 3.0 kedua, membuat notebook gaming Asus ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY lebih fleksibel.

Solusi Pendingin Andal dari ROG Intelligent Cooling 



ROG Intelligent Cooling merupakan sistem pendingin terbaik untuk kombinasi CPU Ryzen 9 5900HX dan GPU Radeon RX 6800M. Sistem pendingin eksklusif tersebut membuat CPU dan GPU yang terpasang ini menjadi keunggulan pada review Asus ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY agar dapat berjalan lebih kencang dari spesifikasi dasarnya. 

ROG Intelligent Cooling Bahkan memberikan thermal headroom yang lebih baik sehingga memastikan seluruh komponen di dalam Asus ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY dapat berjalan stabil dan optimal.

Salah satu resep rahasia yang digunakan pada sistem pendingin di Asus ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY adalah penggunaan liquid metal sebagai thermal compound. Tidak hanya pada CPU, liquid metal juga digunakan untuk menghantarkan panas pada GPU. 

Dengan demikian, distribusi panas pada dua komponen utama tersebut dapat berjalan dengan lebih baik. Hasilnya adalah suhu operasional yang lebih rendah, yaitu hingga 14⁰ Celcius lebih dingin.

Efisiensi penghantaran panas juga ditingkatkan menggunakan lapisan vapor chamber berukuran besar yang juga ikut menghantarkan panas dari komponen lainnya seperti VRM dan VRAM. 

Baca juga:Asus ROG Strix Scar 15 G533QM R936D6T-O, Laptop Gaming Serius dengan GeForce RTX 3060

Vapor chamber lebih dapat menjangkau bagian laptop yang sebelumnya tidak bisa terhubung ke heatpipe tradisional, sehingga proses penghantaran panas dapat berjalan secara lebih efektif. 

Dibandingkan dengan sistem pendingin yang menggunakan heatpipe tradisional, penggunaan vapor chamber membuat laptop gaming Asus ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY memiliki thermal headroom hingga 25W lebih tinggi.



Sebagai informasi, ASUS ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY diperkuat oleh prosesor AMD Ryzen 9 5900HX yang di-overclock. Untuk itu, pada motherboard-nya ia memiliki 6-phase power design yang bisa memasok daya untuk prosesor hingga 90 Watt, 10 Watt lebih tinggi dibandingkan dengan seri Strix G biasa.

GPU modern sendiri bisa berjalan pada kecepatan dan juga daya yang berbeda-beda tergantung konfigurasinya. Pada laptop ini, daya tinggi yang dikombinasikan dengan AMD SmartShift memanfaatkan 10-phase power design yang membuat GPU bisa mendapatkan headroom yang lebih tinggi secara langsung yang pada akhirnya akan mengasilkan peningkatan frame rate lebih lanjut.



Asus ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY juga tetap mengadopsi berbagai fitur pendingin yang ada di seri ROG Strix terbaru, salah satunya adalah penggunaan kipas Arc Flow. 

Kipas tersebut hadir dengan jumlah bilah yang lebih banyak dan memiliki desain khusus sehingga aliran udaranya lebih lancar serta tidak bising. Kipas tersebut dibuat menggunakan bahan liquid-crystal polymer yang sangat kokoh dan memiliki durabilitas yang tinggi.

Agar aliran udaranya lebih lancar, ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY mengadopsi fitur self-cleaning cooling pada sistem pendinginnya. Fitur tersebut menghadirkan terowongan pada sistem pendingin yang didesain khusus untuk membuang debu dan partikel yang dapat menyumbat sistem pendingin. 

Di laptop khusus game Asus ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY, fitur self-cleaning cooling telah di-upgrade dan mampu membuang debu secara lebih efektif, membuat aliran udara meningkat hingga 15%.

ROG Intelligent Cooling tidak hanya sekadar mendinginkan komponen utama pada Asus ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY. Sistem pendingin canggih tersebut juga dirancang untuk membuat keyboard agar tidak mudah panas saat sesi bermain game. 

Baca juga:Asus ROG Zephyrus G14 GA401QEC-AW, Laptop Gaming Edisi Alan Walker dengan Aksesoris ROG Remix

Fitur CoolZone di Asus ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY menghadirkan ventilasi udara khusus pada bagian keyboard yang sering digunakan oleh gamer saat bermain game. Ditambah dengan sensor infra merah khusus, bagian keyboard ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY dipastikan akan tetap nyaman digunakan meski pada saat sesi bermain game dalam jangka waktu panjang.

Gaming Test Asus ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY








Review Asus ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY

Review Asus ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY


Layar

Pada review Asus ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY kali ini menggunakan layar berukuran 15,6-inci dengan resolusi QHD atau 2560x1440 pixel. Layar tersebut hadir untuk memenuhi kebutuhan para gamer yang menginginkan pengalaman gaming lebih immersive. 

Berkat layar tersebut, visual dalam game mampu ditampilkan dengan resolusi yang lebih tinggi sehingga menghasilkan visual yang lebih detail. Tidak hanya itu, layar Asus ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY juga memiliki refresh rate 165Hz dan response time 3ms sehingga aksi dan animasi dalam game dapat ditampilkan secara lebih mulus dan lancar.

Baca juga:Asus ROG Strix G15 G513IM R736B6T-O, Andalkan Duet Ryzen 7 Renoir dengan GeForce RTX 3060

Menariknya lagi, layar Asus ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY mampu mereproduksi warna dengan sangat baik. Layar tersebut memiliki color gamut 100% pada color space DCI-P3, sehingga juga cocok digunakan untuk kegiatan content creation. 

Ditambah teknologi FreeSync, Asus ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY dipastikan akan dapat menyajikan pengalaman gaming terbaik tanpa efek stuttering maupun tearing.

Audio

Asus ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY merupakan laptop gaming yang dilengkapi sistem audio premium yang memanfaatkan set speaker Smart Amp yang diarahkan kepada penggunanya secara langsung. Speaker yang diusung pada review Asus ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY kali ini adalah 2 x 4W stereo.

Speaker tersebut juga dibekali dengan teknologi Dolby Atmos sehingga gamer dapat merasakan sensasi spatial audio yang presisi. Dolby Atmos juga dapat dikonfigurasikan untuk penggunaan headphone dan memberikan kualitas suara terbaik melalui fitur virtual 5.1.2-channel surround sound.

Pengalaman gaming modern tidak lepas dari komunikasi. Untuk itulah virtual 5.1.2-channel surround sound dilengkapi dengan fitur Two-Way AI Noise-Cancellation yang memungkinkan suara bising dan mengganggu lainnya dapat dihilangkan menggunakan teknologi kecerdasan buatan khusus. Fitur ini berlaku secara dua arah, yaitu suara yang dikirim dan diterima oleh pengguna Asus ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY.

Konektivitas

Meski mengusung desain bodi yang lebih ringkas dari pendahulunya, Asus ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY tetap hadi dengan opsi konektivitas yang lengkap. Dari sisi port yang disediakan, laptop gaming ini hadir dengan port HDMI, USB Type-A, dan USB Type-C yang juga dapat digunakan sebagai DisplayPort serta fasilitas pengisian daya melalui fitur USB Power Delivery. 

Bagi gamer yang lebih suka menggunakan konektivitas kabel, ASUS juga masih menyediakan port ethernet di ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY.

Baca juga:Harga dan Spesifikasi Asus ROG Strix G513QE R7R5B6T-O, Laptop Gaming Kencang dengan Ryzen 7 5800H

Pada review Asus ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY kali ini, koneksi nirkabel mengandalkan Bluetooth 5.1 untuk mengkoneksikan berbagai perangkat wireless. Selain itu, modul WiFi 6 (802.11ax) juga dihadirkan sebagai fasilitas konektivitas utama yang dapat menghubungkan ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY dengan jaringan internet. 

Asus ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY juga ditenagai oleh fitur ROG RangeBoost yang memungkinkan sinyal WiFi dapat ditangkap secara lebih baik, sehingga pengguna laptop gaming ini akan selalu mendapatkan kualitas sinyal WiFi terbaik.

Baterai



Meski mengusung spesifikasi gahar dengan performa gaming kencang, baterai yang diusung oleh Asus ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY memiliki kapasitas daya yang besar, yaitu 4 cell 90Whr, yang memungkinkan hingga 11,4 jam penggunaan pada skenario pemutaran video.

Kapasitas baterai yang besar tersebut juga didukung dengan fitur fast charging, dengan kecepatan pengisian daya mencapai 50% dalam waktu 33 menit. Pengisian daya juga dapat dilakukan menggunakan adapter USB Type-C berkat fitur USB Power Delivery hingga 100W yang didukung oleh laptop gaming ini.

Kesimpulan

Secara umum, Asus ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY adalah salah satu laptop gaming 30 jutaan paling powerful dengan fitur eksklusif dari AMD dan diperkuat layar resolusi tinggi yang superior. Tak hanya sekadar kencang, laptop ini juga hadir dengan ukuran yang lebih ringkas dari pendahulunya dan fitur yang lengkap.

Harga Asus ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY

Harga notebook gaming Asus ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY R9X8G6T-O terbaru di Indonesia berdasarkan informasi resmi yang Laptophia terima dari e-commerce terkemuka tanah air adalah Rp 33.999.000.

Anda dapat membeli Asus ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Asus ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY

  • Layar IPS Level LCD dengan LED backlight 15,6 inci resolusi WQHD 2560 x 1440 piksel, 300 nits, refresh rate 165Hz, Adaptive Sync, AMD FreeSync, Anti-Glare Panel dengan 100% sRGB color gamut, Asus Splendid
  • Prosesor AMD Ryzen 9 5900HX octa-core (16 thread) 3,3GHz TurboBoost hingga 4,6GHz
  • Chipset AMD
  • Grafis AMD RX Vega 8 iGPU dan AMD Radeon RX 6800M VRAM 12GB GDDR6
  • Memori RAM 16GB DDR4 3200MHz, dual-channel, upgradeable up to 32GB
  • Storage SSD 1TB M.2 NVMe PCIe 3.0
  • Konektivitas WiFi 6 (802.11ax) 2x2, LAN, Bluetooth 5.1 Combo, Port USB 3.2 Gen1, Port USB 3.2 Gen2 Type-C (support DisplayPort dan Power Delivery), Port HDMI, port audio 3,5mm
  • 4 Zone RGB backlight with Overstroke Technology gaming Keyboard, Aura Sync
  • External ROG GC21 webcam (1080p @60fps)
  • 2x 4W stereo speaker with Smart Amp Technology, Hi Res Audio, Dolby Atmos, AI noise-canceling
  • Baterai 4 Cells 4S1P 90 Whrs Polymer Battery, fast charge 50% dalam 30 menit
  • Sistem Operasi Microsoft Windows 10 Home x64 + Microsoft Office Home and Student 2019 asli pre-installed
  • Dimensi 35,4 x 25,9 x 2,26 ~ 2,72 cm berat 2,5Kg
  • Warna Original Black
  • Sertifikat UL, TUV, CE Marking Compliance, FCC Compliance, BSMI, Australia C-TICK / NZ A-Tick Compliance, CCC, GOST-R, CB, Energy star, WEEE, RoHS
*Featured review by Asus Indonesia, disunting dan disesuaikan oleh tim Laptophia
Anda mungkin suka:Review Asus ZenBook Duo 14 UX482EG, Laptop Berkinerja Tinggi dengan Layar Ganda
2 komentar

2 komentar

  • Tuxlin
    Tuxlin
    25 September 2021 pukul 23.29
    Akhirnya AMD main juga di pasar GPU Mobile kelas atas melalui Radeon RX 6800 setelah sekian lama absen... ��
    • Tuxlin
      Laptophia Blog
      29 September 2021 pukul 09.47
      Akhirnya... Biar pasar lebih kompetitif, nggak didominasi GeForce mulu wkwkwk
    Reply