eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Kesiapan Ekosistem Prosesor AMD EPYC 7003 Series CPU Generasi Ketiga

Kesiapan Ekosistem Prosesor AMD EPYC 7003 Series CPU Generasi Ketiga - AMD memiliki sejarah panjang dalam membangun produk inovatif yang mendorong dan memungkinkan segala batasan. Sejarah tersebut berlanjut dengan peluncuran Prosesor AMD EPYC 7003 Series, sebagai prosesor server terkencang di dunia. EPYC kembali meningkatkan dan menetapkan standar baru untuk datacenter yang lebih modern.

Dibangun dengan inovasi generasi keduanya terdahulu, Prosesor AMD EPYC™7003 Series menggunakan arsitektur x86 dan teknologi pemrosesan 7nm untuk memberikan performa dan efisiensi dengan core counts yang tinggi, konektivitas berkecepatan tinggi dengan PCIe® Gen4, dukungan 8 channel memory DDR4-3200 berkecepatan tinggi dengan kapasitas hingga 4 TB per socket.



Prosesor AMD EPYC™ 7003 Series mengimplementasikan core ‘Zen 3’ yang menghadirkan performa terdepan dengan frekuensi tinggi, peningkatan instruction per clock (IPC), dan lapisan tambahan sebagai perlindungan terhadap serangan arus control. 

Baca juga:AMD Ryzen 5000 Series untuk Laptop Resmi Diluncurkan di Indonesia

Tata letak arsitektural yang baru menyatukan seluruh core pada cetakan sehingga menjadi kompleks 8-core, mengakselarasi komunikasi core to core dan memungkinkan setiap core untuk mengakses langsung 32 MB cache L3, membantu peningkatan performa aplikasi yang sensitif terhadap latensi secara dramatis. Inovasi pada arsitektural juga mengaktifkan “secure boot” melalui AMD Secure Root-of-Trust dan “secure execution” dengan AMD‘s Secure Memory Encryption dan Secure Encrypted Virtualization. Ragam fitur ini membantu menghadirkan komputasi rahasia ke arus utama. 

Dengan diperkenalkannya prosesor EPYC generasi terbaru ini, kini lebih dari 200 cloud instance pada seri prosesor AMD EPYC dengan lebih dari 100 platform server baru dari mitra OEM yang akan mendukung prosesor baru tersebut. Sementara generasi sebelumnya memberikan tantangan, Prosesor AMD EPYC™ 7003 Series meningkatkan standar yang lebih tinggi. Saat ini,  AMD memiliki lebih dari 200 rekor dunia di seluruh rangkaian EPYC, dan lebih dari 100 solusi di berbagai spektrum kebutuhan bisnis, semuanya dimungkinkan melalui mitra ekosistem AMD.

Berikut adalah bagaimana ekosistem di sekitar Prosesor AMD EPYC™ 7003 Series memungkinkan dukungan untuk bisnis Anda.

Para Mitra Mendukung AMD Berhasil

AMD berterima kasih kepada ekosistem mitra yang luas yang telah berkolaborasi dengan para teknisi untuk memberikan berbagai solusi datacenter:

Alibaba, Altair, Anjuna, Ansys, ATEME, AWS, Microsoft Azure, Beamr, Blackmagic, Broadcom, Cadence, Canonical, Chaos Group, Cisco, Citrix, Cloudera, Cloudian, Couchbase, Dassault Systèmes, Datastax, Docker, Emerson, ESI Group, Exasol, Excelero, F5, FreeBSD, Google, IBM Cloud, Isotropix, Keysight (Ixia-BP), Liqid, Nvidia, Microchip, Mikron, MySQL, NetScout, NGNIX, Nokia, Nutanix, Oracle, Pensando, Pivot 3, Quobyte, Red Hat, Redis Labs, Samsung, SAP, SAS, ScaleMP, Schlumberger, Shearwater, Siemens, SkHynix, Splunk, StorMagic, Suse, Synopsys, Tencent, TigerGraph, Transwarp, Velocix, Vertica, VMware, Weka, Western Digital, Xilinx dan lainnya.

High Performance Computing (HPC)  

High Performance Computing (HPC) menjadi lebih penting dari sebelumnya, menyentuh hampir setiap aspek kehidupan kita saat ini. Banyak perusahaan telah mengakselarasi penggunaan HPC mereka dengan memanfaatkan kemajuan teknologi software dan hardware yang memungkinkan para insinyur untuk melakukan simulasi virtual alih-alih membuat prototype fisik. 

Pendekatan ini telah terbukti hemat biaya, cenderung lebih cepat dan lebih aman daripada metode tradisional; dan digunakan di berbagai bidang, termasuk: ilmu material, manufaktur, eksplorasi minyak dan gas, dan perawatan kesehatan, hanyalah beberapa di antaranya.

Seri EPYC 7003 menawarkan rangkaian prosesor dengan kepadatan tinggi dan frekuensi tinggi. Prosesor dengan kepadatan tinggi menawarkan performa tingkat server yang luar biasa untuk memecahkan masalah yang bersifat solusi tinggi; sementara prosesor berfrekuensi tinggi mengoptimalkan performa per core untuk software aplikasi light thread yang dilisensikan per core. Prosesor AMD EPYC™ 7003 Series menawarkan performa generasi dan kompetitif yang signifikan untuk beban kerja HPC utama (18).

Baca juga:AMD Resmi Perkenalkan Ryzen 5000 Series dan Radeon RX 6000 di Indonesia

Beberapa contoh ditunjukkan pada bagan di bawah ini.



Database Relasional

Database relasional terus menjadi pusat bagi aplikasi mission-critical dari operasi transaksional hingga sistem pendukung keputusan. Pemrosesan secara realtime dari berbagai transaksi dan wawasan yang kompleks melalui analitik data adalah hal krusial untuk tetap kompetitif dalam dunia bisnis saat ini. Sementara peningkatan IPC dan peningkatan latensi memori membantu beban kerja transaksional, kapasitas memori dan bandwidth IO membantu meningkatkan performa permintaan bisnis untuk sistem pendukung keputusan lebih modern.



Prosesor AMD EPYC™ 7003 Series menyediakan fitur unik yang dapat dimanfaatkan oleh RDBMS. Database relasional dapat menggunakan memori dalam jumlah besar untuk beban kerja transaksional dan beban kerja untuk melakukan caching data yang sering diakses dan meta data. AMD dengan senang hati mengumumkan performa industri terdepan dan hasil performa-harga menggunakan database relasional dengan mitra ekosistem AMD.



Data Analitik

Semakin banyak data yang saling terhubung dihasilkan setiap hari. Perusahaan dari segala skala menyadari potensi peningkatan efisiensi, penghematan biaya, dan monetisasi dari data analitik. Dalam ekonomi yang digerakan oleh data saat ini, kemampuan perusahaan untuk memanfaatkan data, mengubahnya dari bit yang tidak berarti menjadi wawasan yang dapat ditindaklanjuti adalah pembeda utama. Lembaga penelitian dan pemerintah sama-sama berinvestasi untuk data analitik guna memecahkan masalah penting.

Kunci untuk memanfaatkan infrastruktur komputasi secara optimal untuk data analitik adalah keseimbangan daya komputasi, bandwidth IO, dan kapasitas penyimpanan. Sejak prosesor EPYC generasi pertama, AMD telah mendemonstrasikan keunggulan soket tunggal kami untuk analisis data dengan memungkinkan organisasi menargetkan keseimbangan optimal untuk beban kerja perusahaan. Hasil benchmark rekor dunia dan solusi tervalidasi dari mitra AMD menunjukkan performa dan keunggulan biaya kepemilikan yang rendah dari konfigurasi prosesor tunggal dibandingkan dengan sistem soket ganda dari pesaing. 

Baca juga:Prosesor Mobile AMD Ryzen PRO 5000 Series untuk Bisnis Diperkenalkan

Berikut demo skalabilitas keluarga AMD EPYC, hasil publikasi TPCx-HS pertama pada 100 TB (21).



Caching data dan objek dalam memori dapat meningkatkan throughput dan seringkali memberikan performa akses data yang hampir real-time. Redis™ Enterprise adalah platform basis data NoSQL dalam memori tangguh yang dibangun oleh orang-orang yang mengembangkan Redis ™ open source. Ini mempertahankan kesederhanaan dan performa Redis yang tinggi, sambil menambahkan banyak kemampuan skala enterprise, termasuk skalabilitas hingga ratusan juta operasi per detik, distribusi global active-active dengan latensi lokal. 

Sistem berbasis Prosesor Seri AMD EPYC 7003 memberikan jumlah core tinggi dan cache yang besar dan terpadu yang menghasilkan latensi rendah dan kinerja tinggi untuk operasi perusahaan Redis. Tes benchmark yang ditampilkan menunjukkan performa operasi per detik dari Redis Enterprise yang membandingkan sistem server berbasis AMD EPYC ™ Generasi Ketiga dengan sistem berbasis server Intel Xeon teratas.


Infrastruktur Desktop Virtual

Infrastruktur Desktop Virtual atau Virtual Desktop Infrastructure (VDI) adalah pendorong penting untuk pekerja yang telah berubah dengan cepat saat ini. VDI menyediakan akses jarak jauh ke aplikasi dan alat bisnis utama dengan tetap menjaga keamanan data perusahaan. 

Saat jumlah pekerja jarak jauh meningkat, bisnis perlu memiliki kemampuan untuk menskalakan infrastruktur VDI mereka untuk mendukung lebih banyak pengguna sambil mempertahankan latensi rendah untuk memastikan pengalaman pengguna yang baik. Bagan di bawah ini menunjukkan bagaimana performa prosesor AMD EPYC Generasi Ketiga yang paling atas dalam beban kerja VDI menggunakan Login VSI ™. 

Login VSI adalah alat pengujian beban desktop virtual standar industri yang mensimulasikan beban kerja umum pengguna bisnis. Benchmark menambahkan sesi VDI aktif ke server dan seiring dengan bertambahnya jumlah pengguna, rata-rata waktu respons atau latensi juga meningkat. 

Server terus menambahkan sesi hingga pada titik maksimal dan tidak dapat lagi menambahkan pengguna dan tetap memberikan pengalaman pengguna yang baik. Seperti yang ditunjukkan di bawah ini, sistem yang menggunakan Prosesor AMD EPYC Seri 7003, dengan core berperforma tinggi, kepadatan core terdepan di industri, dan bandwidth memori tinggi, dapat memberikan lebih dari dua kali lipat jumlah pengguna desktop virtual dengan pengalaman pengguna yang baik.


Public Cloud

Menurut penelitian IDC, pasar infrastruktur hardware telah mencapai titik kritis dan lingkungan infrastruktur cloud akan terus menyumbang pangsa yang semakin tinggi, mencapai 63,6% dari total anggaran infrastruktur TI yang dibelanjakan pada tahun 2024 (14). Saat ini semua penyedia layanan cloud publik besar menggunakan AMD EPYC untuk memberdayakan banyak penawaran komputasi infrastruktur cloud, memberikan sekitar 200 instansi cloud sekarang, dan kini tengah berlanjut untuk mencapai 400+ instansi cloud pada tahun 2021 bersama dengan 100-an layanan cloud internal dan consumable. 

Baca juga:Dell G5 5505, Laptop Gaming Powerful Andalkan Duet Ryzen 9 4900H dan Radeon RX 5600M

Penyedia cloud terkemuka termasuk AWS, Alibaba Cloud, Google Cloud, IBM Cloud, Microsoft Azure, Oracle Cloud, dan Tencent Cloud, telah melakukan investasi teknologi mereka pada prosesor AMD EPYC untuk memberikan performa, skalabilitas, dan fitur keamanan yang luar biasa di cloud. Saat ini, layanan cloud terbesar dan terpenting di dunia didukung oleh AMD EPYC, misalnya: Office365, Microsoft Teams, Tencent Meetings, Twitter, dan Zoom.

Oracle Cloud Infrastructure (OCI) mengumumkan instance cloud OCI Flexible E4 berbasis seri AMD EPYC 7003. Instans OCI E4 adalah instans komputasi tujuan umum yang menunjukkan peningkatan performa generasional dua digit seperti yang ditunjukkan di bawah ini.



Microsoft Azure mengumumkan instance HBv3 bertenaga seri AMD EPYC 7003, yang menghadirkan performa kelas terdepan, skalabilitas message passing interface (MPI), dan efisiensi biaya untuk berbagai beban kerja HPC real-world. Instance seri Azure HBv3 yang dioptimalkan HPC juga memberikan performa generasi yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan instance HBv2 generasi sebelumnya, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.


Private Cloud

Private Cloud atau Cloud adalah realisasi pengalaman cloud publik di mana gravitasi data, kepatuhan, dan ekonomi membatasi migrasi ke cloud publik. AMD telah bekerja dengan mitra ekosistem untuk menciptakan solusi cloud privat yang optimal berdasarkan model tradisional, dimana komputasi dan penyimpanan terpisah; serta Hyperconverged Infrastructure (HCI) penuh, abstraksi software dari arsitektur penyimpanan enterprisetradisional. Model tradisional menawarkan performa dan skalabilitas terbaik sementara HCI menawarkan pengalaman cloud yang dikelola secara privat bersama dengan efisiensi dan kelincahan yang menyertainya.

VMmark® adalah alat yang digunakan untuk mengukur perfroma dan skalabilitas platform virtualisasi menggunakan beban kerja aplikasi dan tugas infrastruktur yang biasa ditemukan di data center. Benchmark VMmark memadukan aplikasi yang umumnya divirtualisasikan ke dalam bundel yang telah ditentukan sebelumnya yang disebut "tiles". Skor VMmark 3.1 ditentukan oleh jumlah tiles VMmark yang dapat dijalankan platform virtualisasi, serta performa kumulatif ubin tersebut pada berbagai beban kerja tingkat platform.



Kolaborasi bersama antara VMware dan tim teknik AMD baru-baru ini menghasilkan peningkatan performa tambahan di vSphere® 7.0U2 pada server yang didukung oleh prosesor AMD EPYC. Silakan lihat blog VMware disini dan white paper secara terperinci disini.

Komputasi Rahasia

Komputasi Rahasia adalah perubahan paradigma yang mengubah permainan untuk komputasi di cloud privat dan publik serta layanan yang dihosting. Ini mengatasi masalah keamanan utama yang dimiliki banyak organisasi tentang menghosting aplikasi sensitif mereka di lingkungan multi-tenant dengan menjaga informasi paling berharga mereka saat mereka sedang menggunakan aplikasi. 

AMD adalah yang pertama menghadirkan kemampuan enkripsi yang dipercepat hardware untuk mengaktifkan komputasi rahasia dengan dampak performa terbatas dan transparansi penuh pada aplikasi. Google dan Microsoft telah mengumumkan rencana ketersediaan VM Rahasia mereka menggunakan prosesor seri AMD EPYC 7003 generasi ke-3. Selain itu, VMware mengumumkan Confidential vSphere® Container Pods di vSphere 7.0 U2 yang menghadirkan komputasi rahasia ke cloud privat. Anda dapat membacanya di blog VMware disini.

Article source: https://community.amd.com/t5/amd-business-blog/ecosystem-readiness-for-3rd-generation-amd-epyc-processors/ba-p/462045/jump-to/first-unread-message

Anda mungkin suka:Asus Vivobook M433UA EB552TS, Laptop Trendi untuk Generasi Muda Bertenaga Ryzen 5 5500U
Posting Komentar

Posting Komentar