IBX582004D475488 Unboxing Xiaomi Mi A1 Android One Dual Kamera

Unboxing Xiaomi Mi A1 Android One Dual Kamera




Unboxing Xiaomi Mi A1 Android One Dual Kamera – Smartphone Xiaomi Mi A1 merupakan ponsel Android One perdana besutan vendor asal Tiongkok yang dikembangkan dari Mi 5X. Smartphone bisa dikatakan sebagai varian global dari Xiaomi Mi 5X dan sudah diluncurkan lebih dulu di India. Sedangkan di Indonesia, ponsel Xiaomi Mi A1 ini dijual perdana melalui Lazada Indonesia pada 2 Oktober 2017 lalu.

Sebagai smartphone Android One, Mi A1 memiliki kelebihan pada antarmukanya yang mengusung Android murni seperti Google Pixel dan mendapat jaminan update selama dua tahun. Laptophia Blog melihat daya tarik lain dari smartphone Xiaomi Mi A1 ini adalah dukungan dual kamera belakangnya yang memiliki kemampuan optical zoom. Smartphone ini mengandalkan dukungan SoC Snapdragon 625 dan diperkuat dengan RAM berkapasitas 4GB. Penasaran? Simak ulasan hands on dan unboxing Xiaomi Mi A1 oleh Laptophia Blog kali ini.

Unboxing Xiaomi Mi A1 Android One Dual Kamera

Perlengkapan Xiaomi Mi A1 Android One

Perlengkapan Xiaomi Mi A1 Android One
  • Unit Xiaomi Mi A1 Android One Black
  • Kepala charger
  • Kabel USB Type-C
  • SIM card ejector
  • Booklet manual
  • Kartu garansi
  • SP Simpati
Baca juga:Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL Review: We Love Photo & Battery

Hands On & Unboxing Xiaomi Mi A1 Android One

Hands On & Unboxing Xiaomi Mi A1 Android One
Kurang lebih dua hari yang lalu smartphone Android One Xiaomi Mi A1 telah mendarat di markas Laptophia Blog. Smartphone ini hadir dengan boks berwarna dasar putih dan menampilkan ponsel Xiaomi Mi A1 pada sisi depan. Sedanhkan pada lapisan kedua, boks hanya menampilkan logo Mi berwarna oranye saja.

Seperti biasa, Laptophia Blog langsung melakukan unboxing Xiaomi Mi A1 untuk mengecek kondisi handset dan melihat perlengkapan apa saja yang diusungnya. Smartphone Android One perdana Xiaomi ini hadir dengan desain yang cukup elegan dan menarik. Meski demikian, penampilannya dirasa generik dan tak jauh berbeda dengan desain ponsel kelas menengah yang ada saat ini.

Xiaomi Mi A1 ini dibalut dengan casing berbahan metal unibody yang kokoh dan terasa cukup tebal. Laptophia Blog mendapat unit warna hitam yang terlihat paling menarik dan maskulin. Permukaan casing belakangnya tidak terlalu licin dan terasa nyaman saat digenggam. Selain warna hitam, smartphone dual kamera ini juga tersedia varian warna Gold dan Rose Gold.

Sementara pada sisi depan terdapat layar kaca 2.5D yang menawan dengan lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass 3. Dimensi atau ukuran ponsel Xiaomi Mi A1 ini tak jauh berbeda dengan Asus Zenfone Zoom S ZE553KL yang sebelumnya Laptophia Blog review, hanya saja ponsel ini sedikit lebih tipis.
Baca juga:Xiaomi Redmi 4X Review: Baterai Besar & Kaya Fitur
Sisi depan Xiaomi Mi A1 ini terdapat ambient light sensor, proximity sensor, lubang kamera depan, earpiece, layar full HD berukuran 5,5 inci, dan tiga buah tombol kapasitif khas Android di bawah layar yang terdiri dari Recent Apps, Home, dan Back yang dilengkapi dengan backlight.

Smartphone ini dilengkapi dengan LED indikator yang berada di sudut kiri atas ponsel. Layar smartphone Android One dual kamera Xiaomi Mi A1 ini dilindungi lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass 3. Meski demikian, Laptophia Blog tetap menyarankan pemasangan tempered glass untuk melindungi layar dari goresan.

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Android One Mi A1 ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tray slot SIM card atau microSD dengan jenis hybrid slot (dual nano SIM atau single nano SIM+microSD). Sisi atas ponsel 4G LTE ini terdapat lubang microphone dan IR blaster.

Sedangkan bagian belakang ponsel Xiaomi Mi A1 ini terdapat lubang dual-tone LED flash, dual kamera, sensor sidik jari, logo Xiaomi, dan logo Android One. Merek asal Tiongkok pembesut produk flagship Mi MIX 2 ini menempatkan port USB Type-C, speaker grill, port audio 3,5mm dan microphone di sisi bawah.
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi A1
Dukungan dual kamera menjadi keunggulan utama dari smartphone Android One Xiaomi Mi A1 yang mengandalkan dual kamera resolusi 12 megapiksel dengan sensor OmniVision yang berukuran 1/2.8 inci 1,25um piksel dipadukan dengan enam elemen lensa 26mm dengan aperture f/2.2, serta didukung fitur phase-detection autofokus, serta diperkuat dengan dual-tone LED flash. Sedangkan kamera kedua yang berfungsi untuk telephoto mengusung resolusi 12 megapiksel, sensor OmniVision 1um piksel, lensa 56mm dan aperture f/2.6.

Dual kamera pada smartphone Xiaomi Mi A1 ini menawarkan kemampuan telephoto atau optical zoom hingga 2x, serta dibekali fitur Portrait Mode. Laptophia Blog melihat dukungan kamera depan Xiaomi Mi A1 ini cenderung standar, yakni resolusi 5 megapiksel fixed focus dengan mengandalkan sensor BSI ditandemkan dengan aperture f/2.0 untuk mengakomodasi foto selfie dan video chat.

Keunggulan kedua Xiaomi Mi A1 adalah merupakan smartphone dengan platform Android One yang mendapat jaminan update selama dua tahun langsung dari Google. Laptophia Blog melihat ponsel ini menggunakan OS Android 7.1.2 Nougat dengan antarmuka Android stock. Ponsel dual kamera ini rencananya akan mendapat update ke Android 8.0 Oreo akhir tahun ini dan mendapat update ke Android P tahun 2018 mendatang.
Baca juga:Xiaomi Mi 5S Review: Duet Snapdragon 821 & Sony IMX378
Berdasarkan informasi yang Laptophia Blog himpun, ponsel Android One Xiaomi Mi A1 ini dibekali dengan ayar sentuh 2.5D berteknologi LTPS IPS (Low Temperature PolySilicon In-Plane Switching) dengan resolusi full HD 1920 x 1080 piksel yang berukuran 5,5 inci dengan dukungan yang menawarkan kerapatan mencapai 401 piksel per inci, serta dilindungi Corning Gorilla Glass 3.

Kinerja Xiaomi Mi A1 dual kamera ini tergolong mumpuni menurut Laptophia dengan mengandalkan sokongan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 625 MSM8953 dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 2GHz yang ditandemkan dengan memori RAM sebesar 4GB. Sedangkan sektor grafis, ponsel Android One ini didukung oleh GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 506.

Smartphone Android One Xiaomi Mi A1 ini dibekali dengan memori internal atau ROM 64GB dan didukung slot microSD untuk ekspansi memori eksternal. Tak hanya itu, smartphone dual kamera ini dibekali dengan baterai berkapasitas 3080 mAh untuk mencukupi kebutuhan dayanya. Sensor sidik jari yang berada di sisi belakang melengkapi fitur keamanan ponsel ini .

Impresi Awal Xiaomi Mi A1 Android One

Impresi Awal Xiaomi Mi A1 Android One
Impresi awal smartphone Xiaomi Mi A1 menurut tim Laptophia Blog sangat menarik. Ponsel ini hadir dengan desain yang elegan dan build quality yang sangat solid. Saat menggenggam ponsel ini, rasanya nyaman dan terasa menggenggam smartphone premium. Meski demikian, banyak yang menilai desain fisik Xiaomi Mi A1 ini tidak istimewa dan cenderung generik atau tak jauh berbeda dengan smartphone yang ada saat ini.

Layar full HD berukuran 5,5 inci yang diusung oleh smartphone Android One Xiaomi Mi A1 ini mampu menghasilkan warna yang cukup baik dan memanjakan mata, tajam, dan terkesan padat. Jika dibandingkan dengan Xiaomi Mi 5S yang Laptophia ulas sebelumnya, Xiaomi Mi A1 masih setingkat di bawahnya. Sekilas, Laptophia Blog merasa cukup puas.
Baca juga:Xiaomi Mi5 Review: Ponsel Bertenaga Snapdragon 820 Termurah
Mengandalkan dapur pacu SoC Qualcomm Snapdragon 625 dengan memori RAM berkapasitas 4GB membuat performa ponsel Xiaomi Mi A1 terbilang responsif dan nyaman digunakan. Impresi awal yang Laptophia Blog rasakan adalah sangat ringan dan buka tutup aplikasi berjalan sangat gegas. Hal ini tak lepas dari dukungan Android stock yang terkenal ringan dan hemat konsumsi RAM.

Impresi awal kemampuan dual kamera Xiaomi Mi A1 ini cukup menarik menurut Laptophia Blog. Foto yang dihasilkan saat siang hari memuaskan dan saat menggunakan 2x optical zoom, hasilnya juga memuaskan. Kecepatan fokus kameranya responsif. Saat malam hari, kemampuan kamera Xiaomi Mi A1 ini masih bisa diandalkan. Tentunya diperluka review yang mendalam untuk mengetahui kemampuan sebenarnya dari Xiaomi Mi A1 ini.

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Harga Xiaomi Mi A1 Android One

Smartphone Android One Xiaomi Mi A1 terbaru di Indonesia ini dibandrol dengan harga yang sangat kompetitif. Bahkan, menurut Laptophia Blog termasuk sebagai smartphone ‘killer’ dengan harga Rp 3.099.000 atau tepatnya Rp 3,1 juta. Berdasarkan impresi awal dan unboxing Xiaomi Mi A1 yang telah Laptophia Blog lakukan, smartphone Android One ini sangat menarik.

Ponsel ini menawarkan build quality yang mantap, pengalaman OS Android murni, dukungan dual kamera, dan juga jaminan update hingga Android P. Laptophia Blog menilai Xiaomi Mi A1 merupakan salah satu smartphone yang paling laik beli di kelas Rp 3 juta dan bersaing ketat dengan Asus Zenfon 4 Max Pro ZC554KL, LG Q6, dan Motorola Moto G5S Plus yang juga belum lama hadir di pasar tanah air.
Cek harga dan promo terbaru Xiaomi Mi A1 di Sini (Klik)

Spesifikasi Xiaomi Mi A1 Android One

  • Sistem Operasi Android 7.1.2 Nougat Upgradeable to Android 8.0 Oreo (Android One)
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 625 MSM8953 dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 2GHz
  • Grafis Adreno 506
  • Dual Kamera 12 megapiksel dengan sensor BSI 1/2.8 inci 1.25 um piksel, lensa 26mm aperture f/2.2, phase-detection autofokus, dual-tone LED flash. Telephoto 12 megapiksel, sensor 1um piksel, lensa 50mm aperture f/2.6
  • Kamera depan 5 megapiksel fixed focus dengan sensor BSI, aperture f/2.0
  • Layar sentuh 2.5D berukuran 5,5 inci, dengan resolusi full HD 1920 x 1080 pixels, kerapatan 401 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel LTPS IPS, Corning Gorilla Glass 3
  • Memori RAM 4GB, ROM 64GB dilengkapi slot microSD max 256GB (hybrid slot)
  • WiFi, Bluetooth, USB Type-C, GPS, dual SIM, FM Radio, port audio 3,5mm, fingerprint sensor
  • Dimensi 155.4 x 75.8 x 7.3 mm berat 165 gram
  • GSM / 3G HSDPA / 4G LTE
  • Baterai 3080mAh, non-removable, fast charging
  • Warna Black, Gold, Rose Gold
Anda mungkin suka: Benchmark Xiaomi Mi A1: AnTuTu, CPU-Z, Vellamo & Geekbench

Artikel Laptophia dot Com Lainnya :


Copyright © 2015 Laptophia dot Com | a Tuxlin Blog Networks . .