eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Menjajal Performa HP ZBook Firefly 14 G10 A untuk AI, Edit Video dan Blender 3D Rendering

Menjajal Performa HP ZBook Firefly 14 G10 A untuk AI, Edit Video, Rendering dan AI - HP ZBook Firefly 14 G10 A merupakan salah satu laptop workstation terbaru besutan Hewlett Packard. Salah satu kelebihan laptop ini adalah performanya yang kencang dan efisien dalam menangani tugas-tugas intensif seperti editing, 3D modeling, dan sebagainya. Hal ini tak lepas dari dukungan prosesor AMD Ryzen 7 PRO 7840HS yang mengusung octa-core dengan 16 thread.

Lalu apakah ada perbedaan antara laptop konsumer dengan laptop workstation seperti HP ZBook Firefly 14 G10 A? Perbedaan yang paling umum adalah laptop workstation dirancang khusus untuk tugas-tugas intensif profesional seperti editing video, 3D meodeling, rendering, desain, dan sebagainya. Lalu sekencang apakah performa laptop workstation HP ZBook Firefly 14 G10 A ini? Berikut ulasan tim Laptophia!

Menjajal Performa HP ZBook Firefly 14 G10 A untuk AI, Edit Video dan Blender 3D Rendering


Performa HP ZBook Firefly 14 G10 A

Performa HP ZBook Firefly 14 G10 A

Sebagai sebuah laptop workstation yang biasa digunakan oleh pekerja profesional, performa yang powerful menjadi hal yang penting. HP ZBook Firefly 14 G10 A ini cukup powerful berkat dukungan prosesor AMD Ryzen 7 PRO 7840HS generasi Phoenix yang mengusung octa-core 16 thread berarsitektur Zen 4 yang berlari dengan kecepatan 3,8GHz dengan Turbo maksimal 5,1GHz. Laptop ini diperkuat oleh memori RAM sebesar 16GB DDR5 5600MHz yang mendukung dual-channel, serta dapat di-upgrade sesuai kebutuhan pengguna.

Arsitektur Zen 4 yang digunakan Ryzen 7 PRO 7840HS menawarkan lompatan performa yang signifikan dari generasi sebelumnya dan mendukung AVX512. Salah satu kelebihan dari prosesor AMD Ryzen 7 7840HS ini adalah sudah dilengkapi dengan NPU (Neural Processing Unit) Ryzen AI untuk mengakselerasi tugas-tugas berbasis AI. 

Tak hanya itu, prosesor AMD Ryzen PRO 7040 series yang digunakan ZBook Firefly 14 G10 A memang dirancang untuk segmen workstation dan enterprise. Kelebihan Ryzen varian PRO jika dibandingkan dengan varian biasa adalah dilengkapi dengan fitur keamanan yang lebih lengkap, seperti fitur AMD PRO Security, AMD Memory Guard, AMD Secure Processor, dan Microsoft Pluton Security.

Sisi grafis, laptop bisnis HP ZBook Firefly 14 G10 A besutan Hewlett Packard mengandalkan GPU (Graphics Processing Unit) terintegrasi dari AMD Radeon 780M iGPU tanpa dukungan GPU diskrit. Grafis terintegrasi AMD Radeon 780M iGPU sudah sangat bertenaga karena mengusung arsitektur RDNA 3 dengan mengusung 768 shader core, 48 TMUs, dan 32 ROPs yang berlari dengan kecepatan 2700MHz dengan antarmuka memori system shared.

Baca juga:Review Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1: Laptop Bisnis Mewah dan Powerful Bertenaga Ryzen 7 PRO 6850U

3D Rendering dengan Blender

Laptop workstation HP ZBook Firefly 14 G10 A dirancang untuk pekerja profesional, salah satunya untuk 3D rendering dan modeling. Blender menjadi salah satu aplikasi 3D modeling, animasi, dan rendering populer yang bersifat free dan open source. 

Penggunaan Blender benchmark kali ini dapat menjadi tolok ukur performa sebuah laptop atau PC workstation dalam menangani 3D content creation atau kreasi konten berbasis 3D. Lalu seberapa kencang laptop HP ZBook Firefly 14 G10 A untuk 3D rendering? Berikut hasil pengujian tim Laptophia.

Menjajal Performa HP ZBook Firefly 14 G10 A untuk Edit Video dan Blender 3D Rendering

Berdasarkan pengujian Laptophia, laptop workstation canggih HP ZBook Firefly 14 G10 A mampu mencetak skor:

  • Scene monster 87.84
  • Scene junkshop 37.26
  • Scene classroom 46.25
Angka yang dihasilkan oleh laptop HP ZBook Firefly 14 G10 A bertenaga AMD Ryzen 7 PRO 7840HS ini cukup kencamg dan kompeten di segmennya dalam menangani konten 3D.

Editing Video

Editing video dan kemudian me-render hasil editing adalah salah satu tugas video editor prefesional. Aktivitas seperti ini membutuhkan sebuah PC atau laptop yang powerful, paling tidak prosesor quad-core atau lebih dengan RAM minimal 16GB. 

Beberapa aplikasi video editing seperti Adobe Premiere Pro atau DaVinci Resolve telah mendukung penggunaan akselerasi GPU atau grafis. Selain itu, beberapa aplikasi profesional tersebut bahkan telah mendukung penggunaan AI dengan mengintegrasikan Neural Engine di delamnya. 

Selama kurang lebih seminggu, Laptophia menggunakan laptop workstation HP ZBook Firefly 14 G10 A untuk melakukan editing video basic dengan resolusi full HD 1080p @30 fps, bagaimana performanya?

CapCut Desktop

Menjajal Performa HP ZBook Firefly 14 G10 A untuk AI, Edit Video dan Blender 3D Rendering

CapCut untuk desktop adalah salah satu aplikasi video editing yang sangat udah digunakan, bahkan untuk pengguna pemula sekalipun. Alasan Laptophia menggunakan CapCut Desktop adalah aplikasi ini cukup populer digunakan untuk editing video yang tidak terlalu rumit, serta fitur dan fasilitas yang cukup lengkap di dalamnya.

Laptophia menggunakan sebuah video berdurasi hampir 7 menit dengan resolusi full HD 1080p @30fps untuk uji coba editing di CapCut desktop menggunakan laptop workstation HP ZBook Firefly 14 G10 A. Impresi awal, laptop ini menawarkan impresi yang mengesankan dan responsif. Laptophia menjelajahi fitur yang dimiliki CapCut, mengaplikasikan filter, efek transisi, stabilisasi video, dan sebagainya berjalan tanpa lag di laptop ini.

Menjajal Performa HP ZBook Firefly 14 G10 A untuk AI, Edit Video dan Blender 3D Rendering


Proses rendering video dengan resolusi full HD 1080p dengan durasi hampir 7 menit di HP ZBook Firefly 14 G10 A selesai dalam waktu kurang dari 5 menit. Ini berarti laptop ini sudah lebih dari cukup untuk editing video di CapCut dengam resolusi full HD. Mungkin di resolusi 4K UHD sekalipun, laptop ini masih bisa diandalkan.

DaVinci Resolve 18.6

DaVinci Resolve 18.6

DaVinci Resolve 18.6 adalah salah satu aplikasi video editing kelas profesional yang menawarkan fitur sangat lengkap, serta dikemas dengan antarmuka yang masih mudah dipahami. Keunggulan utama aplikasi DaVinci Resolve 18.6 ini adalah kemampuan color grading dan audio post-processing yang kompeten, serta versi free yang tidak terlalu banyak batasan.

Bicara mengenai penggunaan resource, DaVinci Resolve 18.6 jelas lebih 'berat' ketimbang CapCut desktop. Aplikasi ini membutuhkan PC atau laptop dengan spesifikasi yang mumpuni agar berjalan dengan lancar tanpa lag yang mengganggu. Lalu sanggupkah laptop worstation HP ZBook Firefly 14 G10 A menangani aplikasi ini?

Baca juga:Review HP EliteBook 845 G9, Laptop Bisnis Powerful untuk Work From Anywhere (WFA)

Sama seperti pengujian CapCut desktop, Laptophia menggunakan sebuah video berdurasi hampir 7 menit dengan resolusi full HD 1080p @30fps untuk uji coba editing di DaVinci Resolve 18.6. Performanya untuk mengeksplorasi fitur, aplikasi filter, animasi transisi, dan sebaganya di DaVinci Resolve 18.6 berjalan nyaman di laptop workstation andalan HP ini.

Menjajal Performa HP ZBook Firefly 14 G10 A untuk AI, Edit Video dan Blender 3D Rendering

Laptophia pun melakukan proses rendering menggunakan aplikasi DaVinci Resolve 18.6 di laptop HP ZBook Firefly 14 G10 A. Dukungan prosesor kencang dari Ryzen 7 PRO 7840HS membuat laptop ini tak butuh waktu lama untuk menyelesaikan proses rendering video. Sayangnya, Laptophia belum sempat menjajalnya untuk mengolah video dengan resolusi 4K UHD menggunakan DaVinci Resolve 18.6 ini. 

Menjajal Kemampuan AI

Menjajal Kemampuan AI

Salah satu keunggulan laptop workstation HP ZBook Firefly 14 G10 A ini adalah kemampuan AI (Artoficial Intelligence) atau kecerdasan buatan. Hal ini tak lepas dari dukungan prosesor AMD Ryzen 7 PRO 7840HS yang didalamnya terdapat NPU (Neural Processing Unit) Ryzen AI. Berdasarkan informasi dari website AMD, Ryzen AI di prosesor Ryzen 7 PRO 7840HS ini mmampu menghadirkan performa hingga 10 TOPS (Trillions Operation Per Second).

NPU sendiri adalah sebuah unit khusus dalam prosesor yang secara spesifik untuk memproses aplikasi yang menggunakan AI. Semua aplikasi dan fitur yang bekerja menggunakan AI dapat dijalankan secara lebih baik tanpa menguras daya secara berlebihan.

Lalu seperti apa implementasi AI di laptop HP ZBook Firefly 14 G10 A? Beberapa aplikasi memang sedang dikembangkan untuk memanfaatkan kemampuan AI ini. Salah satunya adalah Microsoft Studio Effect. Aplikasi ini digunakan untuk optimasi webcam saat meeting online dengan fitur yang memanfaatkan NPU seperti background blur, noise suppression, fokus suara, auto framing, dan sebagainya.

Microsoft Studio Effect ini hanya tersedia untuk laptop atau PC yang sudah dilengkap NPU di dalamnya. Namun saat menjajal laptop HP ZBook Firefly 14 G10 A, Microsoft Studio Effect tidak muncul. Tim Laptophia sudah melakukan update driver webcam dan update Windows 11 ke versi yang terbaru, tetapi nihil. Microsoft Studio Effect tidak muncul di laptop workstation canggih ini.

HP Enhanced Camera

Menjajal Performa HP ZBook Firefly 14 G10 A untuk Edit Video dan Blender 3D Rendering

Hal yang menarik dari laptop HP ZBook Firefly 14 G10 A ini adalah dilengkapi dengan platform HP Presence yang di dalamnya terdapat HP Enhanced Camera. Aplikasi HP Enhanced Camera ini serupa dengan Microsoft Studio Effect yang memanfaatkan kemampuan AI dan fitur keduanya pun bisa dikatakan setara.

HP Enhanced Camera


Beberapa fitur yang tersedia di aplikasi HP Enhanced Camera berbasis AI yang Laptophia coba untuk online meeting adalah:

  • Background blur yang berupa efek latar belakang seperti buram atau blur, sehingga audience bisa fokus ke wajah kita.
  • Auto framing dengan beberapa mode seperti wide, Portrait, Tight, dan Gallery View.
  • Mengganti background dengan gambar tertentu. Beberapa gambar preset seperti Office 1, Office 2, dan sebagainya dapat dipilih. Pengguna juga dapat menambahkan gambar sendiri sebagai background.
  • Fitur enhance berbasis AI seperti backlight adjustment, low-light adjusment, natural tone, appearance filter, dan sebagainya.
  • HP Dynamic Voice Leveling.
  • AI Noise Reduction.
Hampir semua fitur canggih yang dimiliki oleh aplikasi HP Enhanced Camera ini memanfaatkan kemampuan AI. Namun, belum ada informasi apakah aplikasi ini sudah mengoptimalkan kehaditan NPU Ryzen AI di laptop ZBook Firefly 14 G10 A atau belum.

Kesimpulan

Secara umum, HP ZBook Firefly 14 G10 A dengan dukungan prosesor AMD Ryzen 7 PRO 7840HS merupakan sebuah laptop workstation portabel yang kompeten dan bisa diandalkan. Kinetrjanya sanggup menangani video editing intensif dengan resolusi Full HD atau 4K UHD, 3D modeling, dan sebagainya. 

Review HP ZBook Firefly 14 G10 A

Anda dapat cek harga dan promo terbaru laptop HP ZBook Firefly 14 G10 A di Shopee (Klik) atau di BliBli (Klik)

Spesifikasi HP ZBook Firefly 14 G10 A

  • Layar micro-edge IPS BrightView LCD dengan LED backlight 14 inci resolusi WUXGA 1920 x 1200 piksel, 400 nits, 100% sRGB color gamut, anti-glare
  • Prosesor AMD Ryzen 7 PRO 7840HS octa-core (16 thread) 3,8GHz TurboBoost hingga 5,1GHz
  • Chipset AMD
  • Grafis AMD Radeon 780M iGPU
  • Memori RAM 16GB DDR5 5600MHz, support dual-channel, upgradeable
  • Storage SSD 512GB PCIe 4.0 x4 NVMe M.2
  • Konektivitas AMD RZ616 Wi-Fi 6E 802.11a/b/g/n/ac/ax (2x2), Bluetooth 5.2 Combo, Port USB 3.2 Gen1, port Thunderbolt 4.0/USB4 Type-C (40 Gb/s signaling rate, USB Power Delivery, dan DisplayPort 1.4), port HDMI, port combo audio
  • Fitur keamanan fingerprint sensor yang mendukung Windows Hello
  • HP Premium Keyboard with backlight
  • Audio Bang & Olufsen speaker, HP Audio Boost, B&O PLAY, dual array world-facing microphones
  • Kamera webcam 5 MP with privacy shutter camera
  • Baterai HP Long Life 3-cell, 51 Whrs Li-ion, HP Fast Charge, hingga 9 jam
  • Sistem Operasi Windows 11 Pro asli pre-installed
  • Dimensi 31.56 x 22.43 x 1.99 cm berat 1,4 kg
  • Warna Silver
Anda mungkin suka:Review HP Pavilion Aero 13 be2005AU, Laptop Super Ringan dan Kencang Bertenaga Ryzen 7 7735U
2 komentar

2 komentar

  • Yuwan Agista
    Yuwan Agista
    16 April 2024 pukul 08.48
    Jadi ni laptop ngebut yak? Mustinya sih dikasi GPU diskrit ya
    • Yuwan Agista
      Ditya Pandu
      20 April 2024 pukul 23.04
      Iya nih harusnya...
    Reply