eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Hands On Samsung Galaxy A05s, Kecewa gara-gara Ini...

Hands On Samsung Galaxy A05s, Kecewa gara-gara Ini... - Samsung Galaxy A05s merupakan salah satu smartphone entry-level yang cukup populer saat ini. Smartphone andalan Samsung ini mengusung bahasa desain minimalis dengan susunan kamera tanpa housing yang simpel. Hal yang menarik dari Galaxy A05s andalan Samsung ini menurut Laptophia adalah dukungan update yang cukup panjang untuk sebuah smartphone murah, yakni 2x OS Android update dan 4 tahun dukungan update keamanan.

Spesifikasi Samsung Galaxy A05s sendiri sebenarnya tergolong standar di segmennya dengan sokongan SoC Qualcomm Snapdragon 680 octa-core yang ditandemkan RAM sebesar 6GB. Kemampuan fotografi smartphone ini juga biasa saja dengan kamera utama berkekuatan 50 megapiksel. Laptophia sendiri penasaran dengan Samsung Galaxy A05s karena sebelumnya sudah mengulas Galaxy A05 dan hasilnya cukup memuaskan. Lalu bagaimana dengan seri Galaxy A05s kali ini?

Hands On Samsung Galaxy A05s, Kecewa gara-gara Ini...


Paket Penjualan Samsung Galaxy A05s

Paket Penjualan Samsung Galaxy A05s

  • Unit Samsung Galaxy A05s 6GB/128GB Violet
  • Kabel USB Type-C
  • SIM card ejector
  • User guide
  • Kartu garansi
  • Kepala charger 25W (Bonus)

Hands On Samsung Galaxy A05s

Hands On Samsung Galaxy A05s

Samsung Galaxy A05s, ini bisa dikatakan 'saudara kembar' dari Galaxy A05 karena masih menggunakan bahasa desain yang sama, serta sama-sama membidik segmen entry-level. Setelah libur lebaran, Tim Laptophia memesan smartphone Samsung Galaxy A05s melalui salah satu e-commerce terkemuka dan kebetulan layanan pengiriman atau logistik sudah normal kembali. Hanya utuh waktu 3 hari sejak pemesanan, smartphone ini mendarat dengan selamat di markas Laptophia.

Sama seperti Galaxy A05, smartphone Galaxy A05s ini secara default tidak dilengkapi dengan charger dalam paket pembeliannya. Namun, Samsung masih menggelar 'promo' dengan menyertakan kepala charger 25W sebagai bonus pembelian smartphone ini. Sebenarnya tim Laptophia kurang setuju dengan kebijakan vendor yang menghadirkan smartphone tanpa charger di dalamnya.

Setelah melakukan unboxing, Laptophia langsung menjajal smartphone Samsung Galaxy A05s ini. Meski sekilas terlihat sama, detail desain smartphone ini sedikit berbeda dengan Galaxy A05. Casing belakang smartphone ini mengusung finishing matte yang tak mudah tergores atau meninggalkan sidik jari. Kebetulan unit yang Laptophia ulas adalah varian warna Violet.

Baca juga:Menjajal ZTE Blade V40s, Smartphone Layar AMOLED Termurah Cuma Sejutaan!

Sisi depan smartphone Samsung Galaxy A05s terdapat lubang kamera depan, proximity sensor, light sensor, earpiece, layar TFT Full HD+ berukuran 6,7 inci 90Hz, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Samsung Galaxy A05s besutan pabrikan Korea Selatan ini sudah mengadopsi on-screen button atau screen gesture untuk navigasi.

Tak disebutkan adanya proteksi antigores seperti Gorilla Glass dan sejenisnya di Samsung Galaxy A05s dan smartphone ini tidak dilengkapi screenguard secara default. Laptophia merekomendasikan pemasangan tempered glass untuk melindungi layar dari goresan atau benturan.

Tombol power yang terintegrasi dengan sensor sidik jari dan volume rocker ditempatkan di sisi kanan ponsel Samsung Galaxy A05s ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tray simcard yang berjenis triple-slot. Sisi atas ponsel dengan kamera 50MP bertenaga Snapdragon 680 andalan Samsung ini terdapat sebuah microphone.

Sedangkan bagian belakang ponsel Samsung Galaxy A05s ini terdapat tiga buah kamera yang tersusun vertikal dengan dekorasi tanpa housing yang simpel, LED flash, dan logo Samsung. Merek asal Korea Selatan yang baru saja meluncurkan tablet Galaxy Tab S6 Lite 2024 ini menempatkan port audio 3,5mm, port USB Type-C, speaker grill, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Impresi Awal Samsung Galaxy A05s, Agak Mengecewakan...

Impresi Awal Samsung Galaxy A05s, Agak Mengecewakan...

Kesan pertama Laptophia saat menggenggam smartphone Samsung Galaxy A05s ini bodinya terasa agak lebar dan tebal. Bagi pengguna yang memiliki telapak tangan kecil mungkin kurang nyaman menggenggam smartphone ini. Desainnya minimalis dan cenderung simpel, tanpa ornamen yang tidak perlu. Build quality-nya tergolong solid dan casing belakang dengan finishing matte-nya tidak licin.

Berbeda dengan Galaxy A05 yang hanya dibekali layar HD, Samsung Galaxy A05s ini sudah mengusung layar sentuh dengan resolusi full HD+. Tak heran, tamilan layarnya terlihat lebih tajam dan padat. Selama tiga hari menggunakan smartphone ini, performa touchscreen-nya cukup gegas dan nyaman untuk gaming sekalipun.

Hal yang membuat Laptophia agak kecewa dari Samsung Galaxy A05s adalah performanya. Sebenarnya perpaduan Snapdragon 680 dengan RAM 6GB sudah memadai untuk komunikasi sehari-hari. Namun, performa untuk penggunaan sehari-hari terasa kurang responsif dan kadang lag. Padahal hasil benchmark-nya cukup baik. Samsung tampaknya perlu melakukan optimasi lagi agar lebih nyaman untuk penggunaan sehari-hari. 

Spesifikasi kamera Samsung Galaxy A05s serupa dengan Galaxy A05, tetapi ini agak mengecewakan. Sebenarnya kualitas foto yang dihasilkan smartphone ini tergolong bagus dengan harga terjangkau. Namun terdapat shutter lag yang sangat mengganggu, terutama saat kondisi low-light. Ada jeda pengambilan foto hingga beberapa detik dan ini membuatnya kurang cocok untuk mengabadikan momen yang berlangsung cepat.

Penasaran? Tunggu review lengkap Samsung Galaxy A05s di Laptophia!

Review Samsung Galaxy A05s

Harga Samsung Galaxy A05s

Harga smartphone Samsung Galaxy A05s RAM 6GB ROM 128GB terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun saat artikel ini dibuat adalah Rp 1.999.000. Impresi awal smartphone murah besutan Samsung ini memang sedikit mengecewakan, terutama masalah performa dan shutter lag kameranya.

Anda dapat cek harga dan promo terbaru Samsung Galaxy A05s di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Samsung Galaxy A05s

  • Sistem Operasi Android 14 dengan antarmuka Samsung One UI Core 6.0
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 680 SM6225 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core Kryo 265 Gold 2,4GHz dan quad-core Kryo 265 Silver 1,9GHz
  • Grafis Adreno 610
  • Triple atau tiga kamera belakang resolusi 50 megapiksel, sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel, phase-detection autofokus, lensa aperture f/1.8, dengan dilengkapi LED flash + 2 megapiksel (macro) lensa aperture f/2.4 + 2 megapiksel (depth sensor) lensa aperture f/2.4
  • Kamera depan 13 megapiksel fixed focus, sensor BSI CMOS 1/3 inci 1.12um piksel, lensa aperture f/2.0
  • Layar sentuh Infinity-U Display 6,7 inci 2.5D, dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2400 piksel, kerapatan 393 ppi (pixel per inch), refresh rate 90Hz, 16 juta warna, panel TFT PLS
  • Memori RAM 6GB, ROM 128GB UFS 2.2, dilengkapi slot microSD maksimal 1TB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, Dolby Atmos, fingerprint sensor (side mounted), face unlock
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 168 x 77.8 x 8.8 mm dengan berat 194 gram
  • Baterai 5000mAh non-removable, fast charging 25W
  • Warna Violet, Black, Silver, dan Light Green
Anda mungkin suka:Review Samsung Galaxy A15 5G: Upgrade Signifikan dengan Desain Mewah
Posting Komentar

Posting Komentar