eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB

Ulasan Acer Nitro 5 AMD (2022): Desain Lebih Segar, Performa Semakin Gahar

Ulasan Acer Nitro 5 AMD (2022): Desain Lebih Segar, Performa Semakin Gahar - Acer Nitro 5 varian 2022 resmi rilis di Indonesia dan kini tengah mampir ke tempat kami. Kehadiran laptop gaming ini tentu untuk kami review dan membagikan hasil ulasannya kepada Anda para pembaca setia.

Model Acer Nitro 5 yang kami review kali ini menggunakan prosesor AMD Ryzen 6000 series. Sedikit informasi, Nitro 5 juga tersedia dalam versi yang menggunakan prosesor dari Intel.

Sama seperti sebelum-sebelumnya, Acer Nitro 5 masih diperuntukkan untuk gamer bertipe casual. Meski demikian, spesifikasi yang diusungnya jelas terlihat sangat menarik. Langsung saja kita masuk ke pembahasan review Acer Nitro 5 AMD di bawah ini.

Ulasan Acer Nitro 5 AMD (2022): Desain Lebih Segar, Performa Semakin Gahar


Desain Baru 

Ulasan Acer Nitro 5 AMD (2022): Desain Lebih Segar, Performa Semakin Gahar

Ulasan Acer Nitro 5 AMD (2022): Desain Lebih Segar, Performa Semakin Gahar


Apabila dibandingkan dengan varian yang meluncur di tahun 2021, Acer menghadirkan perubahan desain pada Acer Nitro 5 2022. Kali ini logo Acer dibuat agak lebih kecil, namun kami merasa ini menghadirkan kesan yang lebih elegan.

Warna hitam masih digunakan, khas laptop gaming. Namun kini Acer memberikan sentuhan berupa aksen garis-garis dinamis pada bagian covernya.

Baca juga:Review Acer Nitro 5 Intel Core 12th Gen Terbaru: Performa Meningkat, Tapi Tetap Adem!

Acer masih mengadopsi desain quad exhaust di bagian ekor laptop ini. Lubang udara tersebut tersambung langsung dengan dua kipas pendingin Acer CoolBoost yang tertanam di bagian dalam laptop.

Posisi kipasnya disejajarkan dengan quad exhaust sehingga aliran udara bisa berjalan lebih lancar dan optimal. Ditambah adanya saluran udara masuk di bagian atas dan bawah. Nah kecepatan dari kipas Acer CoolBoost ini bisa dibuat menjadi lebih cepat melalui aplikasi NitroSense.

Menurut Acer, penggunaan teknologi pendingin ini membuat proses airflow dengan kemampuan 25% yang jauh lebih baik.

Ulasan Acer Nitro 5 AMD (2022): Desain Lebih Segar, Performa Semakin Gahar

Ulasan Acer Nitro 5 AMD (2022): Desain Lebih Segar, Performa Semakin Gahar


Acer memberikan desain “spesial” pada beberapa tombol yang sering digunakan ketika bermain game. Di keyboard Nitro 5, tombol WASD dan panah dibuat dengan desain berbeda dibanding tombol-tombol lainnya. Tentu ini bertujuan agar tombol tersebut mudah diakses.

Di deretan tombol keyboard ini Anda juga dapat menemukan tombol atau hotkey khusus yang bisa digunakan untuk mengakses aplikasi NitroSense secara instan.

Seperti laptop gaming pada umumnya, tentu saja keyboard di laptop Acer Nitro 5 sudah “diramaikan” dengan lampu RGB. Pada Nitro 5, Acer menggunakan RGB 4 zona dengan warna-warna yang ditampilkan bisa Anda personalisasi yang disesuaikan melalui aplikasi NitroSense.

Display-nya menggunakan Slim Bezel yang membuatnya tampak elegan. Bezel yang tipis ini memuat layar IPS dengan ukuran 15,6 inci dan memiliki resolusi Full HD.

Selain memiliki resolusi yang jernih, Nitro 5 tentunya sudah menyertakan fitur wajib di bagian layar sebuah laptop gaming. Fitur yang kami maksud adalah refresh rate tinggi 165 Hz dan response time 3ms. Refresh rate tinggi membuat transisi gameplay akan terlihat lebih halus dan lancar. Sementara response time ini menurunkan efek bayangan pada gambar atau dikenal sebagai ghosting yang mengganggu kenyamanan ketika bermain.

Layar Acer Nitro 5 yang kami uji kali ini sudah dilengkapi dengan fitur bernama AMD FreeSync. Fitur khas dari AMD ini membantu menjaga frame rate agar tetap stabil dan sinkron.

Ulasan Acer Nitro 5 AMD (2022): Desain Lebih Segar, Performa Semakin Gahar

Ulasan Acer Nitro 5 AMD (2022): Desain Lebih Segar, Performa Semakin Gahar


Untuk ketersediaan port yang tertanam di laptop ini, Anda bisa menemukan port HDMI 2.1, port USB 3.2 Gen1, 2 port USB 3.2 Gen 2, 1 port USB Type C, RJ-45 dan jack audio 3,5mm.

Kinerja Andalkan Prosesor AMD Ryzen 5 6600H

Ulasan Acer Nitro 5 AMD (2022): Desain Lebih Segar, Performa Semakin Gahar


Sebagaimana sudah kita bahas, model Nitro 5 yang kami review kali ini menggunakan prosesor besutan AMD. Prosesor yang dibenamkan di laptop ini adalah AMD Ryzen 5 6600H dan memiliki 8 core dan 16 threads.

Baca juga:Review Acer Predator Helios 300 dengan Intel Core 12th Gen: Performa Kencang, Layar Jernih, Fitur Gaming Lengkap!

AMD Ryzen 5 6600H dibuat dengan fabrikasi 6nm terbaru. Kecepatannya juga tidak main-main, prosesor ini memiliki clock tertinggi hingga mencapai 5.0 GHz.

Grafiknya tentu tak kalah mantap dengan dukungan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 3050 4GB GDDR6. Seperti GPU NVIDIA GeForce RTX 30 series lainnya, kartu grafis ini sudah mendukung fitur ray tracing untuk pencahayaan dalam game yang menyerupai dunia nyata.

Para gamers pastinya paham betapa penting fitur ray tracing yang membuat pengalaman bermain game menjadi lebih imersif dan pastinya sangat memuaskan secara visual.

Pengalaman yang sama kami rasakan ketika memainkan game Cyberpunk 2077 di laptop ini. Nitro 5 mampu memberikan performa dan visual yang jelas sangat memanjakan kami.

Spesifikasi lain yang dibawa laptop ini, Anda akan mendapatkan RAM 8 GB DDR5 yang bisa diupgrade hingga kapasitas 32 GB. Sedangkan media penyimpanannya menggunakan SSD 512 GB yang memiliki performa lebih ngebut dibanding HDD.

Bagi Anda yang gemar bermain game online, Acer menyertakan fitur pendukung yang membuat konektivitas di laptop ini berjalan lebih optimal. Terdapat tools bernama Intel Killer E2600 Ethernet Controller dan WiFi 6E.

WiFi 6E jelas menawarkan kecepatan yang lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya, WiFi 5. Sementara Intel Killer dapat memprioritaskan lalu lintas jaringan untuk aplikasi atau game yang sedang digunakan. Ini memungkinkan Anda bisa menikmati kecepatan internet yang stabil dan optimal, terutama saat bermain game online.

Menambah rasa imersif ketika menggunakan laptop ini, terpasang fitur DTS: X Ultra yang membuat suara jernih. Selain itu fitur ini memungkinkan untuk audio ditampilkan dalam format 3D Spatial Sound dan seolah suaranya berada di sekeliling Anda.

Saat diaplikasikan dalam sebuah game, Anda bisa mendapatkan pengalaman seolah berada di tengah-tengah game yang sedang dimainkan. Kami menyarankan penggunaan headset untuk bisa menikmati fitur ini dengan lebih maksimal.

Kesimpulan

Selama beberapa waktu mencoba laptop ini, menurut kami Nitro 5 masih konsisten menawarkan pengalaman terbaik untuk para gamers casual. Desain dan dapur pacu yang baru jelas membuatnya lebih baik dari generasi sebelumnya.

Bagi para gamers casual atau pemula yang ingin merasakan kenikmatan menggunakan laptop gaming, Acer Nitro 5 bisa menjadi pembuka yang bagus untuk Anda bisa merasakan pengalaman gaming menuju tingkat selanjutnya.

Terakhir yang mungkin akan sangat menarik untuk Anda, laptop ini sudah membawa pre installed Windows 11 dan aplikasi Office Home and Student 2021 yang bisa Anda gunakan secara gratis tanpa biaya tambahan.

Spesifikasi Acer Nitro 5 AMD (2022)

  • Layar Acer ComfyView IPS LCD dengan LED backlight 15,6 inci resolusi full HD 1920 x 1080 piksel, 165Hz Refresh Rate, Narrow Bezel, Anti-Glare Panel
  • Prosesor AMD Ryzen 5 6600H hexa-core (12 thread) 3,3GHz TurboBoost hingga 4,5GHz
  • Chipset AMD
  • Grafis AMD Radeon 660M iGPU dan Nvidia GeForce RTX 3050 VRAM 4GB GDDR6
  • Memori RAM 8GB DDR5 4800MHz, upgradeable to 32GB DDR5
  • Storage SSD M.2 512GB PCIe 4.0 x4 NVMe (dual slot M.2)
  • Konektivitas WiFi 6E 802.11ax 2x2, Bluetooth 5.2, Killer Ethernet E2600 LAN, Port USB 3.2 Gen1, Port USB 3.2 Gen2 (featuring power-off USB charging), Port USB 3.2 Gen2 Type-C (support DisplayPort, dan Power Delivery), Port HDMI, card reader, port combo audio
  • Gaming keyboard dengan 4 zone RGB backlight
  • 2 x W stereo speaker dengan Acer TrueHarmony dan DTS:X® Ultra technology
  • Kamera HD Webcam
  • Baterai 57,5 Whr 15.2 V 4-cell Li-ion battery Battery, daya tahan hingga 8 jam
  • Sistem Microsoft Windows 11 Home Edition + Microsoft Office Home & Student 2021 asli pre-installed
  • Dimensi 364 mm x 271 mm x 26.9 mm berat 2,5Kg
  • Warna Shale Black
Anda mungkin suka:Review Acer Predator Orion 7000: Main Game jadi Lebih Puas!
Related Posts
Laptophia Blog
Suka review laptop dan gadget.

Related Posts

Posting Komentar