eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Acronis Cyberthreats Report 2022: Tren Tahun 2021 dan Prediksi Tahun 2022

Acronis Cyberthreats Report 2022: Tren Tahun 2021 dan Prediksi Tahun 2022 - Acronis, pemimpin global dalam perlindungan siber, telah merilis Acronis Cyberthreats Report 2022 tahunan, tinjauan mendalam tentang tren dan ancaman keamanan siber di seluruh dunia. 

Laporan tersebut memperingatkan bahwa penyedia layanan terkelola (MSP) sangat berisiko — memiliki lebih banyak alat manajemen mereka sendiri, seperti PSA atau RMM, yang digunakan untuk melawan mereka oleh penjahat dunia maya, dan dengan demikian menjadi semakin rentan terhadap serangan rantai pasokan.

Acronis Cyberthreats Report 2022: Tren Tahun 2021 dan Prediksi Tahun 2022


Serangan rantai pasokan pada MSP sangat menghancurkan, karena penyerang mendapatkan akses ke bisnis dan klien mereka — seperti yang terlihat dalam pelanggaran SolarWinds tahun lalu dan serangan Kaseya VSA pada awal tahun 2021, satu serangan yang berhasil berarti melumpuhkan ratusan atau ribuan UKM. 

Baca juga:Review Tronsmart Element T2 Plus, Speaker Bluetooth Ringkas Berkualitas dan Tahan Air

Laporan tersebut juga menunjukkan bahwa selama paruh kedua tahun 2021, hanya 20% perusahaan yang dilaporkan tidak diserang – dibandingkan dengan 32% tahun lalu – yang menunjukkan bahwa frekuensi serangan meningkat secara menyeluruh.

“Industri kejahatan dunia maya adalah mesin yang diminyaki dengan baik, menggunakan cloud dan kecerdasan mesin untuk mengukur dan mengotomatisasi operasi mereka. Sementara lanskap ancaman terus berkembang, kami melihat bahwa vektor serangan utama tetap sama — dan mereka masih bekerja,” kata Candid Wuest, VP Cyber ​​Protection Research Acronis. 

“Sementara permukaan serangan tumbuh dan 2022 pasti akan membawa kita kejutan, otomatisasi perlindungan siber tetap menjadi satu-satunya jalan menuju keamanan yang lebih besar, pengurangan risiko, biaya lebih rendah, dan peningkatan efisiensi.”

Tren utama tahun 2021 — dan prediksi untuk tahun 2022



Selain meningkatnya efisiensi penjahat siber dan dampaknya terhadap MSP dan bisnis kecil, Laporan Ancaman Siber Acronis 2022 menunjukkan:

Phishing tetap menjadi vektor serangan utama

94% malware dikirimkan melalui email — menggunakan teknik rekayasa sosial untuk mengelabui pengguna agar membuka lampiran atau tautan berbahaya, phishing telah menduduki puncak tangga lagu bahkan sebelum pandemi. Itu masih terus berkembang pesat: hanya tahun ini, Acronis melaporkan memblokir 23% lebih banyak email phishing dan 40% lebih banyak email malware di Q3, dibandingkan dengan Q2 di tahun yang sama.

Pelaku phishing mengembangkan trik baru, pindah ke messenger 

Sekarang menargetkan OAuth dan alat otentikasi multifaktor (MFA), trik baru ini memungkinkan penjahat mengambil alih akun. Untuk melewati alat anti-phishing umum, mereka akan menggunakan pesan teks, Slack, obrolan Teams, dan alat lain untuk serangan seperti kompromi email bisnis (BEC). 

Salah satu contoh terbaru dari serangan semacam itu adalah pembajakan terkenal dari layanan email FBI sendiri, yang disusupi dan mulai mengirim email spam pada November 2021.

Baca juga:Review Realme Buds Air Neo, TWS yang Masih Andal di Tahun 2021

Ransomware masih menjadi ancaman #1

Acronis Cyberthreats Report 2022: Tren Tahun 2021 dan Prediksi Tahun 2022


Target bernilai tinggi termasuk sektor publik, perawatan kesehatan, manufaktur, dan organisasi penting lainnya. Namun terlepas dari beberapa penangkapan baru-baru ini, ransomware terus menjadi salah satu serangan siber yang paling menguntungkan akhir-akhir ini. Majalah Cybercrime memperkirakan kerusakan ransomware akan melebihi $20 miliar sebelum akhir tahun 2021.

Cryptocurrency di antara kartu remi favorit penyerang

Infostealer dan malware yang menukar alamat dompet digital adalah kenyataan saat ini. Kita dapat mengharapkan lebih banyak serangan semacam itu yang dilancarkan secara langsung terhadap kontrak pintar pada tahun 2022 — menyerang program-program di jantung mata uang kripto. 

Serangan terhadap aplikasi Web 3.0 juga akan lebih sering terjadi, dan serangan baru yang semakin canggih, seperti serangan pinjaman kilat, akan memungkinkan penyerang menguras jutaan dolar dari kumpulan mata uang kripto.

Acronis Cyberthreats Report 2022

Acronis Cyberthreats Report 2022: Tren Tahun 2021 dan Prediksi Tahun 2022


Laporan Ancaman Siber Acronis 2022 didasarkan pada pemeriksaan data serangan dan ancaman yang dikumpulkan oleh jaringan global perusahaan Acronis CPOCs, yang memantau dan meneliti ancaman siber 24/7. 

Data perangkat lunak perusak dikumpulkan oleh lebih dari 650.000 titik akhir unik di seluruh dunia yang menjalankan Acronis Cyber Protect — baik sebagai klien MSP yang menggunakan solusi atau bisnis yang menjalankan solusi. Pembaruan akhir tahun mencakup serangan yang menargetkan titik akhir yang terdeteksi antara Juli dan November 2021.

Laporan lengkap memberikan wawasan mendalam tentang keamanan siber teratas dan tren ancaman yang diamati CPOC selama paruh kedua tahun 2021; tinjauan keluarga malware dan statistik terkait; menyelam jauh ke dalam kelompok ransomware paling berbahaya; kerentanan yang berkontribusi pada serangan yang berhasil; dan rekomendasi keamanan Acronis untuk tahun 2022 dan seterusnya.

Anda mungkin suka:Review Asus VivoBook Ultra 15 OLED M513UA, Laptop OLED Powerful Bertenaga AMD Ryzen 5000 Series
Posting Komentar

Posting Komentar