eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Asus VivoBook Ultra 15 OLED M513UA, Laptop OLED Powerful Bertenaga AMD Ryzen 5000 Series

Review Asus VivoBook Ultra 15 OLED M513UA, Laptop OLED Powerful Bertenaga AMD Ryzen 5000 Series - Sebagai produsen laptop nomor satu di Indonesia, ASUS tentu memiliki jajaran laptop dengan layar OLED. Jajaran laptop tersebut bahkan telah hadir sejak dua tahun yang lalu. Namun kali ini, teknologi layar ASUS OLED hadir tidak hanya di laptop premium. ASUS VivoBook Ultra 15 OLED M513UA adalah salah satunya. Layar Asus OLED yang diusung laptop ini mampu menghasilkan warna cemerlang dan akurasi terjamin dengan PANTONE Validated Display.

Tak hanya mengandalkan layarnya yang superior, Asus VivoBook Ultra 15 OLED M513UA ini juga didukung performa yang sangat powerful berkat sokongan prosesor AMD Ryzen 5000 mobile series generasi Lucienne U yang powerful yang ditandemkan dengan RAM sebesar 8GB. Tak hanya itu, laptop andalan Asus ini menawarkan kemudahan upgrade RAM dan storage bagi konsumen yang membutuhkan performa yang lebih optimal. Penasaran? Simak review Asus VivoBook Ultra 15 OLED M513UA oleh tim Laptophia kali ini!

Review Asus VivoBook Ultra 15 OLED M513UA, Laptop OLED Powerful Bertenaga AMD Ryzen 5000 Series


Paket Penjualan Asus VivoBook Ultra 15 OLED M513UA

  • Unit laptop Asus VivoBook Ultra 15 OLED M513UA
  • Charger
  • HDD Kit
  • User guide
  • Kartu garansi
  • Back pack

Desain Asus VivoBook Ultra 15 OLED M513UA

Desain Asus VivoBook Ultra 15 OLED M513UA

Desain menjadi salah satu daya tarik review Asus VivoBook Ultra 15 OLED M513UA oleh tim Laptophia kali ini dengan gaya yang mewah. Laptop ini hadir dengan desain clamshell yang didukung LID cover minimalis lengkap dengan logo Asus Vivobook yang tercetak pada sisi kanan. Bagian LID cover ini terbuat dari bahan aluminium atau metal yang kokoh dengan finishing sandblasting. Meski tak semewah lini Zenbook, aura elegan VivoBook Ultra 15 OLED M513UA terpancar kuat dengan tiga pilihan warna yakni Indie Black, Transparent Silver, dan Hearty Gold.

Sedangkan bagian interior Asus VivoBook Ultra 15 OLED M513UA ini tak jauh berbeda dengan lini Vivobook S14 dengan dekorasi warna silver yang mewah dan didukungan keyboard chiclet dengan warna senada. Tak hanya itu, bagian tombol enter ditandai warna kuning yang eye-cathcy. Meski bagian bawah laptop ini terbuat dari bahan polikarbonat, feel-nya tetap terasa premium dan kuat. Layar 15,6 inci yang diusungnya telah dilengkapi bezel atau bingkai yang cukup tipis.

Baca juga:Spesifikasi Asus ROG Zephyrus G15 GA503QR R937D6G-O, Andalkan Layar WQHD dan GeForce RTX 3070

Desain Asus VivoBook Ultra 15 OLED M513UA

Desain Asus VivoBook Ultra 15 OLED M513UA


Ukuran laptop Asus VivoBook Ultra 15 OLED M513UA ini terbilang masih cukup ringkas meski mengusung layar 15 inci. Selain itu, laptop ini tipis karena ketebalannya hanya 18,6mm saja. Sedangkan bobot laptop andalan Asus ini relatif ringan, yakni hanya 1,8kg. Ini berarti laptop 15 inci andalan Asus ini menawarkan portabilitas yang hampir sama dengan laptop 14 inci pada umumnya.

Pada review Asus VivoBook Ultra 15 OLED M513UA oleh tim Laptophia kali ini, sisi kanan laptop terdapat port untuk input power, port HDMI, port USB 3.2 Gen1, port USB 3.2 Gen1 Type-C, port audio 3,5mm, dan slot microSD card reader. Sedangkan sisi kiri  laptop terdapat dua buah port USB 2.0 dan sebuah LED indikator.

Performa Asus VivoBook Ultra 15 OLED M513UA

Performa Asus VivoBook Ultra 15 OLED M513UA

Performa menjadi salah satu daya tarik pada review Asus VivoBook Ultra 15 OLED M513UA oleh tim Laptophia kali ini. Notebook andalan Asus ini terdiri dari dua varian, yakni ditenagai prosesor AMD Ryzen 7 5700U generasi Lucienne U octa-core 16 thread dengan arsitektur Zen 2 yang berlari dengan kecepatan 1,8GHz dengan Turbo maksimal 4,3GHz ditandemkan RAM 8GB DDR4 3200.

Sisi grafis, laptop Asus Vivobook 15 M513UA varian Ryzen 7 ini mengandalkan GPU (Graphics Processing Unit) terintegrasi dari AMD Radeon RX Vega 8 iGPU tanpa dukungan grafis diskrit. Grafis terintegrasi tersebut sudah sangat bertenaga untuk menangani desain grafis ringan dengan mengusung 512 shader core, 32 TMUs, dan 8 ROPs dengan arsitektur Vega yang berlari dengan kecepatan 1900MHz dengan antarmuka memori system shared.

Sedangkan varian yang lebih murah dari Asus VivoBook Ultra 15 OLED M513UA ditenagai prosesor AMD Ryzen 5 5500U generasi Lucienne U hexa-core (12 thread) dengan arsitektur Zen 2 yang berlari dengan kecepatan 2,1GHz dengan Turbo maksimal 4GHz ditandemkan RAM 8GB DDR4 3200MHz.

Sisi grafis, laptop Asus Vivobook 15 M513UA varian Ryzen 5 ini mengandalkan GPU (Graphics Processing Unit) terintegrasi dari AMD Radeon RX Vega 7 iGPU tanpa dukungan grafis diskrit. Grafis terintegrasi tersebut sudah sangat bertenaga untuk menangani desain grafis ringan dengan mengusung 448 shader core, 28 TMUs, dan 8 ROPs dengan arsitektur Vega yang berlari dengan kecepatan 1900MHz dengan antarmuka memori system shared.

Baca juga:Kaleidoskop 5 Tahun Perjalanan AMD Ryzen Mobile Menutup Tahun 2021

Kebetulan unit review Asus VivoBook Ultra 15 OLED M513UA di Laptophia kali ini adalah varian dengan prosesor AMD Ryzen 7 5700U. Lalu apakah performa VivoBook Ultra 15 OLED M513UA menjadi sangat buruk karena absennya GPU discrete? Ternyata tidak. Berdasarkan pengujian yang telah kami lakukan, VivoBook Ultra 15 OLED M513UA ternyata mampu menghasilkan skor yang jika disimpulkan dapat memenuhi semua kebutuhan dasar komputasi modern saat ini. VivoBook Ultra 15 OLED M513UA bahkan masih dapat digunakan untuk memainkan berbagai game kasual.

Keunggulan laptop andalan Asus ini adalah kemudahan upgrade dengan tersedianya slot SODIMM untuk RAM dan drive bay 2,5 inci untuk SSD atau hard disk tambahan. Berikut adalah hasil benchmark Asus VivoBook Ultra 15 OLED M513UA yang menggunakan CPU Ryzen 7 5700U serta memori yang telah di-upgrade menjadi 16GB dan berjalan di konfigurasi dual-channel.

Benchmark Asus VivoBook Ultra 15 OLED M513UA

Benchmark Asus VivoBook Ultra 15 OLED M513UA

Benchmark Asus VivoBook Ultra 15 OLED M513UA

Benchmark Asus VivoBook Ultra 15 OLED M513UA

Benchmark Asus VivoBook Ultra 15 OLED M513UA

Benchmark Asus VivoBook Ultra 15 OLED M513UA

Review Asus VivoBook Ultra 15 OLED M513UA

Review Asus VivoBook Ultra 15 OLED M513UA

Layar Asus OLED yang Superior

Laptop yang menggunakan layar ASUS OLED mampu menampilkan kualitas visual terbaik, bagaimana bisa? Kunci untuk menampilkan kualitas visual terbaik salah satunya ada pada tingkat reproduksi warna yang bisa ditentukan oleh color gamut. 

Layar ASUS OLED memiliki color gamut 100% DCI-P3. Artinya, layar ASUS OLED mampu menampilkan semua warna pada ruang warna DCI-P3, dimana cakupan warnanya lebih luas dari sRGB yang hingga saat ini masih dijadikan standar layar laptop. DCI-P3 juga merupakan color gamut yang digunakan oleh industri perfilman karena memiliki cakupan warna yang sangat luas sehingga membuat detail dalam film dapat ditampilkan dengan sangat baik.

Baca juga:Cara Memilih Nama Domain yang Tepat Untuk Pemula


Memiliki kemampuan untuk menampilkan warna yang sangat banyak bukan berarti apa-apa jika warna yang ditampilkan tidak akurat. Di sinilah salah satu keunggulan utama ASUS OLED, yaitu layar ASUS OLED telah dikalibrasi sejak awal sehingga memastikan setiap warna dapat ditampilkan sebagaimana mestinya. 

Tidak tanggung-tanggung, layar ASUS OLED bahkan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display sehingga dapat langsung digunakan bahkan oleh para profesional kreatif yang kegiatan sehari-harinya sangat bergantung pada layar yang memiliki tingkat akurasi warna yang tinggi.

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh ASUS OLED adalah konsiten dalam menghadirkan kualitas visual. Layar ASUS OLED dapat mempertahankan kualitas visualnya, termasuk tingkat akurasi dan reproduksi warna, meski layar disetel pada tingkat kecerahan yang rendah. 

Tidak tanggung-tanggung, pada tingkat kecerahan hanya 11% pun layar ASUS OLED dapat menampilkan kualitas visual yang sama seperti pada tingkat kecerahan 100%. Konistensi dalam menghadirkan kualitas visual ini sangat penting, apalagi bagi para insan kreatif dan content creator.

ASUS OLED Merupakan yang Terbaik untuk Menikmati Konten Multimedia

ASUS OLED Merupakan yang Terbaik untuk Menikmati Konten Multimedia

Tidak hanya andal untuk para profesional kreatif, layar ASUS OLED juga dirancang untuk pengguna yang ingin menikmati konten multimedia dengan kualitas terbaik. Salah satu fitur unggulan yang ditawarkan oleh ASUS OLED adalah dukungan format HDR atau High Dynamic Range. 

Bersertifikasi Vesa DisplayHDR, layar ASUS OLED memiliki tingkat kontras warna yang sangat tinggi yaitu dengan rasio hingga 1.000.000:1. ASUS OLED juga memiliki tingkat kecerahan tinggi yaitu hingga 500nits, sehingga dapat tetap nyaman digunakan di luar ruangan.

Baca juga:Website Toko Online untuk Memajukan Bisnis Jualan Laptop Anda

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh ASUS OLED adalah kemampuan untuk menampilkan gambar bergerak secara lebih detail. Berkat response time yang sangat kencang, yaitu hanya 0,2ms, gambar bergerak seperti animasi, video, atau film dapat ditampilkan secara lebih detail dan tajam. Response time yang sangat kencang juga sangat berguna dalam penggunaan sehari-hari, seperti dapat mengurangi efek blur saat melakukan scrolling atau melihat teks berjalan.

ASUS OLED Tidak Merusak Mata

ASUS OLED Tidak Merusak Mata


Salah satu efek negatif terbesar ketika menggunakan perangkat elektronik seperti laptop adalah paparan radiasi cahaya biru yang dapat mengganggu kesehatan mata. Untuk mengurangi dampak negatif tersebut, ASUS OLED dilengkapi dengan teknologi yang mampu mengurangi pancarane radiasi cahaya biru secara signifikan tanpa mengurangi kualitas visual. 

ASUS OLED juga telah dilengkapi dengan teknologi anti-flicker yang dapat membuat mata tidak mudah lelah, serta telah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk teknologi anti-flicker dan low blue light. Sertifikasi tersebut menegaskan bahwa kemampuan ASUS OLED untuk menjaga kesehatan mata bukanlah gimmick belaka.

Audio

Sama seperti lini laptop Asus kelas menengah dan atas lainnya, Asus VivoBook Ultra 15 OLED M513UA ini juga dipersenjatai dengan dua buah speaker stereo berkualitas tinggi dari Harman Kardon. Suara yang dihasilkan speaker ini jernih dengan tingkat detail yang mantap untuk sebuah speaker laptop menurut Laptophia. Karakter suaranya memang didominasi mid dan high, tetapi bass masih cukup terdengar dan membuat alunan musik semakin asik dinikmati.

Keyboard dan Touchpad

Asus VivoBook Ultra 15 OLED M513UA dibekali dengan keyboard berdesain chiclet yang dilengkapi dengan backlight, sehingga dapat membantu mengetik ketika kondisi cahaya remang-remang. Ukuran tuts keyboard-nya cukup lega dan nyaman digunakan saat Laptophia uji mengetik selama lebih dari dua jam. Touchpad yang diusung oleh VivoBook Ultra 15 OLED M513UA juga cukup nyaman dan akurat, sehingga dapat mendukung produktivitas.

Perangkat Lunak

Asus telah membekali laptop Vivobook 15 OLED M513UA ini dengan sistem operasi Microsoft Windows 10 Home x64 + Microsoft Office Home and Student 2019 asli pre-installed di dalamnya, sehingga pengguna tak perlu membeli lisensi sistem operasi lagi untuk menggunakan laptop ini. Nantinya, laptop ini akan mendapatkan upgrade ke Windows 11.
Baca juga:Harga dan Spesifikasi Asus ROG Strix G17 G713QM R936G7G-O, Laptop Gaming dengan Layar 17 Inci WQHD

Baterai

Sektor stamina, Laptophia melihat Asus VivoBook Ultra 15 OLED M513UA juga memiliki daya tahan baterai yang tergolong sangat panjang. Saat diuji menggunakan PCMark 10 Battery Test pada mode Modern Office, Asus VivoBook Ultra 15 OLED M513UA yang ditenagai CPU AMD Ryzen 7 5700U dan baterai berkapasitas 42Whr dapat bertahan hingga lebih dari 12 jam. Angka tersebut tergolong sangat baik karena rata-rata laptop di kelasnya hanya mampu bertahan tidak lebih dari 10 jam.

Fitur Keamanan

Pada review Asus VivoBook Ultra 15 OLED M513UA kali ini, Laptophia melihat sektor keamanan juga mendapat perhatian. Laptop ini dibekali dengan sensor sidik jari yang terletak di sudut kanan atas pada touchpad-nya.Performa sensor sidik jari milik laptop Asus VivoBook Ultra 15 OLED M513UA ini cukup gegas dan akurat. Tak hanya itu, fitur keamanan ini telah mendapat dukungan dari Windows Hello.

Kesimpulan

Secara umum, Asus VivoBook Ultra 15 OLED M513UA adalah salah satu laptop 15 inci dengan layar OLED berkualitas terbaik di kelasnya yang mampu menawarkan pengalaman visual yang memuaskan. Performa laptop ini powerful dan dapat memenuhi kebutuhan komputasi sehari-hari tanpa gangguan,  mudah di-upgrade, serta banderol harganya yang tergolong terjangkau. 

Kelebihan Asus VivoBook Ultra 15 OLED M513UA

  • Layar 15 inci OLED terbaik di kelasnya
  • Performa kencang dengan AMD Ryzen 5000 series
  • Mudah di-upgrade
  • Harga kompetitif
  • Dilengkapi OS Windows 10 Home Edition x64 + Microsoft Office Home & Student 2019 asli pre-installed

Kekurangan Asus VivoBook Ultra 15 OLED M513UA

  • -

Harga Asus VivoBook Ultra 15 OLED M513UA

Harga laptop Asus Vivobook Ultra 15 OLED M513UA terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 12.299.000 untuk varian dengan prosesor AMD Ryzen 7 5700U. Sedangkan harga laptop Asus Vivobook Ultra 15 OLED M513UA varian dengan prosesor AMD Ryzen 5 5500U lebih murah, yakni Rp 11.299.000.

Anda dapat membeli Asus Vivobook 15 OLED M513UA dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Asus VivoBook Ultra 15 OLED M513UA

  • Layar OLED berukuran 15,6 inci resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel, 400 nits, 100% sRGB color gamut, Asus Splendid, Asus Eye Care, NanoEdge Display, 178° wide-view
  • Prosesor AMD Ryzen 7 5700U octa-core (16 thread) dengan kecepatan 1,8GHz Turbo maksimal 4,3GHz
  • Prosesor AMD Ryzen 5 5500U hexa-core (12 thread) dengan kecepatan 2,1GHz Turbo maksimal 4GHz
  • Chipset AMD
  • Grafis AMD Radeon RX Vega 8 iGPU (Ryzen 7)
  • Grafis AMD Radeon RX Vega 7 iGPU (Ryzen 5)
  • Memori RAM 8GB DDR4-3200MHz, onboard, upgradeable max 16GB
  • Storage SSD 512GB PCIe 3.0 x2 M.2 (tersedia satu drive bay 2,5 inch untuk HDD/SSD SATA)
  • Konektifitas WiFi 6 802.11 ax (2x2), Bluetooth 5.0, Port USB 3.2 Gen 1, Port USB 3.2 Gen 1 Type-C, Port USB 2.0, Port HDMI, MicroSD card reader, combo audio jack
  • Fitur keamanan sensor sidik jari (Fingerprint Sensor) dengan Windows Hello
  • Dual Speaker stereo Harman Kardon certified, ICEpower, SonicMaster Audio
  • Kamera webcam dengan resolusi HD 720p
  • Baterai 3 Cell 42WHr lithium-polymer Battery, fast charging 60% dalam 49 menit
  • Sistem Operasi Microsoft Windows 10 Home x64 + Microsoft Office Home and Student 2019 Asli pre-installed
  • Dimensi 35.98 x 23.53 x 1.86 ~ 1.86 cm berat 1.8 kg
  • Warna Indie Black, Transparent Silver, dan Hearty Gold
*Featured review by Asus Indonesia, disunting dan disesuaikan oleh tim Laptophia
Anda mungkin suka:Asus Vivobook Pro 14X OLED M7400QE OLED713, Laptop Canggih untuk Kreator Konten Bertenaga AMD Ryzen 7 5800H

Posting Komentar

Posting Komentar