eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Asus ZenBook Duo 14 UX482, Laptop Dua Layar Siap Dongkrak Produktivitas

Review Asus ZenBook Duo 14 UX482, Laptop Dua Layar Siap Dongkrak Produktivitas – Asus Indonesia secara resmi telah meluncurkan tiga lini Zenbook baru melalui acara peluncuran yang disiarkan di MetroTV dan channel YouTube Asus, yakni Zenbook Duo 14 UX482, Zenbook 14 UX435EG, dan Zenbook 14 Ultralight UX435EAL. Seri Zenbook Duo 14 UX482 tampak paling menonjol menurut Laptophia dengan dukungan dua buah layar yang siap memanjakan kreator kontenyang sering melakukan multitasking.

Laptop Asus Zenbook Duo 14 UX482 ini cukup menarik karena tak hanya mengandalkan dukungan dua layarnya, tetapi juga menawarkan kinerja tinggi berkat dukungan prosesor Intel Core generasi ke-11 Tiger Lake yang menggunakan nama sandi Comet Lake yang ditandemkan dengan grafis diskrit dari Nvidia GeForce MX450. Tak hanya itu, penerus Zenbook Duo UX481 ini juga dibekali dengan baterai yang tahan lama guna mendukung mobilitas.

Review Asus ZenBook Duo 14 UX482, Laptop Dua Layar Siap Dongkrak Produktivitas


Laptop pada dasarnya adalah perangkat yang dirancang untuk mempermudah penggunanya, membuat penggunanya lebih produktif, dan membantu menyelesaikan pekerjaan sehari-hari. Apalagi di era informasi seperti saat ini, komputer portabel seperti laptop bisa dikatakan hampir menjadi barang yang wajib dibawa oleh para pekerja, pelaku kreatif, atau siapapun yang ingin lebih produktif dalam kesehariannya.

Baca juga:Asus ROG Strix Scar 15 G533QS R938D6T-O, Laptop Gaming Spek Dewa dengan GeForce RTX 3080

Ada beberapa syarat yang harus dimiliki agar sebuah laptop bisa menjadi perangkat penunjang produktivitas yang optimal. Pertama, desain bodinya harus sangat ringkas sehingga mudah untuk dibawa bepergian. Selain itu, bobotnya juga harus ringan sehingga tidak membuat penggunanya keberatan ketika membawa laptopnya.

Syarat selanjutnya tentu saja performa. Laptop penunjang produktivitas harus dibekali dengan performa kencang sehingga mampu mengerjakan berbagai tugas tanpa hambatan. Tidak hanya sekadar memiliki performa yang kencang, agar penggunanya dapat produktif tentu saja sebuah laptop harus bisa terkoneksi dengan internet melalui WiFi dan memiliki sejumlah fasilitas konektivitas yang lengkap.

Asus ZenBook Duo 14 UX482 merupakan laptop terbaru yang menjanjikan penggunanya untuk dapat lebih produktif. Tentu saja agar bisa menghadirkan janji tersebut, ASUS telah membenamkan beragam teknologi khusus sehingga seluruh syarat menjadi laptop penunjang produktivitas dapat terpenuhi. Namun melalui ZenBook Duo 14 UX482, ASUS menjanjikan bukan hanya sekadar menunjang tetapi juga meningkatkan produktivitas. Bagaimana ZenBook Duo 14 UX482 dapat menghadirkan janji tersebut?

Desain Asus ZenBook Duo 14 UX482

Review Asus ZenBook Duo 14 UX482, Laptop Dua Layar Siap Dongkrak Produktivitas


Asus ZenBook Duo 14 UX482 merupakan bagian dari keluarga ZenBook yang memang merupakan jajaran laptop premium, sehingga sudah jelas bahwa laptop ini tampil dengan desain yang elegan. Berbekal desain spun metal finish yang sangat unik serta bodi tangguh bersertifikasi military grade (MIL-STD 810H) memastikan durabilitasnya. Tak heran, sisi desain dan build quality jadi keunggulan pada review Asus ZenBook Duo 14 UX482 kali ini.

Untuk dimensinya, Asus ZenBook Duo 14 UX482 masih tergolong laptop yang sangat ringkas meski bukan yang paling tipis. Ketebalannya berada di angka 1,73cm yang sudah tergolong sangat tipis karena laptop ini hadir dengan dua layar. Sementara bobotnya berada di angka 1,62Kg yang masih sangat ringan untuk dibawa bepergian.

Baca juga:Asus TUF Dash F15 FX516PR I737C6T-O, Laptop Gaming Pertama Bertenaga Intel Core i7-11370H

Secara keseluruhan dimensi Asus ZenBook Duo 14 UX482 adalah 32,40 x 22,20 x 1,69 ~ 1,73 cm. Dengan ukuran tersebut, Asus ZenBook Duo 14 UX482 masih dapat dibawa menggunakan tas berukuran kecil bahkan tas wanita. Salah satu rahasia mengapa laptop ini dapat memiliki dimensi yang sangat tipis adalah berkat teknologi NanoEdge Display. 

Teknologi eksklusif tersebut memungkinkan bezel pada ZenBook Duo 14 UX482 dapat tampil sangat tipis sehingga laptop ini pun memiliki screen-to-body ratio hingga 93%. Bezel yang tipis membuat dimensi laptop dapat dikurangi secara keseluruhan. Itulah salah satu rahasia Asus ZenBook Duo 14 UX482.

Performa Asus ZenBook Duo 14 UX482



Performa menjadi salah satu keunggulan pada review Asus ZenBook Duo 14 UX482 kali ini karena ditenagai oelh prosesor 11th Gen Intel Core terbaru yang juga ditemani oleh chip grafis terintegrasi Intel Iris Xᵉ Graphic. Kombinasi keduanya memungkinkan peningkatan performa secara keseluruhan baik dari segi kalkulasi standar dan grafis dibandingkan dengan laptop yang masih menggunakan prosesor generasi sebelumnya.

Ingin lebih kencang? ASUS menyediakan fitur bernama AIPT (ASUS Intelligent Performance Technology), yaitu fitur yang memungkinkan prosesor 11th Gen Intel Core yang digunakan di ZenBook Duo 14 UX482 dapat berjalan lebih kencang lagi. Singkatnya, AIPT memungkinkan prosesor di ZenBook Duo 14 UX482 berjalan pada TDP 28W, jauh di atas TDP standarnya yaitu 18W. Untuk mengaktifkan AIPT, cukup ubah mode kipas ke mode Performance dengan menekan tombol Fn+F.

Membutuhkan performa grafis ekstra? ASUS juga menyediakan varian ZenBook Duo 14 UX482 yang dilengkapi oleh chip garfis NVIDIA GeForce MX450. Chip grafis dengan VRAM GDDR5 sebesar 2GB tersebut dapat membantu meningkatkan performa pemrosesan grafis dan cocok unntuk para content creator.

Baca juga:Asus ROG Strix Scar 17 G733QS R938D6T-O, Andalkan Duet Ryzen 9 5900HX dan GeForce RTX 3080

ZenBook Duo 14 UX482 yang hadir dengan performa kencang tentu saja akan menghasilkan panas ekstra, apalagi saat AIPT dinyalakan. Untuk itulah ASUS menghadirkan sistem pendingin Active Aerodynamic System (AAS Plus) yang terintegrasi dengan mekanisme ScreenPad Plus. Berkat mekanisme ScreenPad Plus yang terangkat hingga tujuh derajat, ZenBook Duo 14 UX482 dapat memiliki rongga udara ekstra sehingga performa pendinginan dapat didongkrak secara signifikan.

Berikut hasil benchmark ZenBook Duo 14 UX482 yang menggunakan prosesor Intel Core i7-1165G7, chip grafis NVIDIA GeForce MX450, RAM 16GB LPDDR4X, dan penyimpanan NVMe PCIe SSD berkapasitas 1TB.

Benchmark Asus ZenBook Duo 14 UX482








Review Asus ZenBook Duo 14 UX482



Layar

Asus ZenBook Duo 14 UX482 diciptakan untuk para insan produktif. Artinya, laptop ini sangat cocok digunakan oleh siapapun yang ingin menjadi lebih produktif. Untuk itulah ZenBook Duo 14 UX482 tidak hanya hadir dengan layar standar. Layarnya yang menggunakan panel IPS mampu menghasilkan warna yang sangat kaya, tepatnya dapat menampilkan 100% warna pada color space sRGB.

Baca juga:Asus Vivobook Ultra 14 A413EP VIPS753, Andalkan Duet Core i7-1165G7 dan GeForce MX330

Tidak hanya itu, layar ZenBook Duo 14 UX482 yang sudah menggunakan resolusi Full HD juga mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display. Artinya, layar laptop ini sudah dikalibrasi dari pabrik dan memiliki tingkat akurasi reproduksi warna yang tinggi dan terstandarisasi oleh PANTONE, organisasi yang membuat standar warna untuk industri. Berkat standarisasi tersebut, ZenBook Duo 14 UX482 juga sangat cocok digunakan oleh para content creator yang membutuhkan layar berkualitas tinggi.

Aspek kualitas layar ternyata bukan satu-satunya yang menjadi perhatian. ASUS pun menghadirkan layar khusus dengan tingkat radiasi cahaya biru yang jauh lebih kecil ketimbang layar laptop standar. Radiasi cahaya biru merupakan salah satu penyebab kerusakan mata saat menggunakan layar komputer. ZenBook Duo 14 UX482 sendiri telah mengantongi sertifikasi dari TÃœV Rheinland sebagai laptop dengan tingkat radiasi cahaya biru yang rendah dan memiliki fitur anti-flickering sehingga tidak membuat mata cepat lelah dan tidak mudah merusak kesehatan mata.

Konsep Layar Ganda dengan ScreenPad Plus



Menggunakan layar ganda agar bekerja dapat lebih produktif merupakan hal yang sudah lama diketahui dan dilakukan oleh banyak orang. Menggunakan layar ganda berarti membuat working space atau ruang bekerja menjadi lebih luas, dan ruang kerja yang luas dapat menampilkan lebih banyak aplikasi dan informasi. Pada akhirnya, multitasking akan semakin mudah jika menggunakan dua layar.

Masalah selanjutnya adalah menggunakan dua layar selama ini hanya bisa dilakukan menggunakan monitor eksternal. Tentu saja di luar sana ada berbagai solusi monitor eksternal yang portabel dan bisa digunakan bersama dengan laptop. Namun solusi tersebut mengharuskan Anda untuk membawa monitor eksternal yang tentu saja akan lebih merepotkan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, ASUS menghadirkan ScreenPad Plus yang merupakan layar kedua terintegrasi di ZenBook Duo 14 UX482. Layar kedua tersebut memiliki mekanisme khusus yang memungkinkan ScreenPad Plus terangkat ketika layar utamanya dibuka dan membentuk sudut tujuh derajat. Berkat mekanisme tersebut, tampilan di ScreenPad Plus dapat tetap dilihat dengan nyaman meski posisinya berada di bawah layar utama.

ScreenPad Plus di ZenBook Duo 14 UX482 tidak hanya sekadar tampil sebagai layar kedua karena telah mendukung fitur touchscreen dan input menggunakan stylus. Selain itu, ScreenPad Plus juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat meningkatkan produktivitas Anda. Ya, Anda tidak hanya sekadar bisa menampilkan berbagai aplikasi di layar kedua ini.

Baca juga:Asus Zenbook Flip S UX371EA HL701TS, Ultrabook Hybrid Premium Mewah dengan Layar OLED 4K

Pertama, Anda bisa menghubungkan smartphone menggunakan fitur Link to MyASUS yang sudah terintegrasi dengan ScreenPad Plus. Kedua, Anda juga dapat mudah mengorganisir aplikasi apa saja yang ingin ditampilkan di ScreenPad Plus bahkan bisa menukar aplikasi yang tampil di layar utama dengan yang ada di ScreenPad Plus melalui satu tombol.



Tidak hanya sampai disitu, ASUS bahkan bekerjasama dengan Adobe untuk menghadirkan Contol Panel bagi aplikasi kreatif Adobe Lightroom CC, Adobe Photoshop CC, Adobe After Effect CC, dan Adobe Premiere CC. Control Panel tersebut memungkinkan Anda untuk mengendalikan dan mengakses berbagai fitur di keempat aplikasi kreatif tersebut melalui ScreenPad Plus. Anda bahkan bisa melakukan kustomisasi fitur dan kontrol apa saja yang bisa dihadirkan.

Bagi Anda yang sangat membutuhkan kontrol super presisi di manapun, ScreenPad Plus menawarkan fitur touchpad mode yang memungkinkan seluruh area layarnya berubah menjadi touchpad. Karena ukurannya yang sangat besar, touchpad mode dapat memberikan kontrol yang lebih presisi dari toudhpad biasa. Anda bahkan bisa menggunakannya dengan stylus layaknya pen tablet.

Konektivitas Lengkap




Laptop untuk produktivitas sudah seharusnya mempermudah, bukan memaksa penggunanya untuk membeli dan membawa dongle kemana-mana. Asus ZenBook Duo 14 UX482 adalah laptop yang hadir atas prinsip tersebut dimana pada sekujur bodinya terdapat berbagai macam port yang bisa digunakan untuk mengkoneksikan banyak perangkat.

Selain port Thunderbolt 4 dengan interface USB Type-C yang mendukung display output serta power delivery, Asus ZenBook Duo 14 UX482 juga memiliki port USB Type-A dan HDMI. Kedua port tersebut masih banyak digunakan hingga saat ini dan keberadaannya sudah pasti akan sangat berguna, apalagi jika Anda sering menggunakan mouse atau suka menghubungkan laptop ke proyektor untuk presentasi. Selain itu, terdapat juga port 3.5mm combo audio serta microSD card reader untuk melengkapi fungsionalitas laptop ini.

Pada review Asus ZenBook Duo 14 UX482 kali ini juga unggul dalam hal konektivitas kabel dan nirkabel. Untuk solusi nirkabel, laptop ini memanfaatkan WiFi 6 terbaru (802.11ax) yang lebih kencang dan stabil. ASUS bahkan membekali sistem WiFi di ZenBook Duo 14 UX482 dengan teknologi WiFi Master yang memungkinkan laptop ini untuk dapat terhubung secara otomatis dengan router atau access point yang sudah teregistrasi serta memiliki sinyal paling kuat sehingga memastikan kualitas dan stabilitas konektivitasnya tetap terjaga.

Baca juga:Asus Vivobook Ultra M413IA VIPS751, Laptop Tipis Powerful Bertenaga Ryzen 7 4700U

Daya Tahan Baterai Mumpuni



Bukan laptop untuk produktivitas jika hanya mampu bertahan beberapa jam saja. ZenBook Duo 14 UX482 dibekali dengan baterai berkapasitas 70WHrs yang mampu bertahan hingga hampir 11 jam penggunaan pada benchmark menggunakan PCMark 10 pada mode Modern Office.

Dengan daya tahan baterai yang panjang, Anda dapat melakukan lebih banyak hal dan mengisi hari-hari dengan kegiatan yang produktif. Tidak hanya itu, ZenBook Duo 14 UX482 juga mendukung pengisian daya menggunakan port USB Type-C melalui teknologi USB Power Delivery. Teknologi tersebut bahkan memungkinkan ZenBook Duo 14 UX482 dapat diisi ulang daya baterainya menggunakan power bank.

Kesimpulan

Asus ZenBook Duo 14 UX482 adalah sebuah laptop premium yang inovatif yang siap memanjakan kreator konten dengan kemampuan dan kenyamanan multitaksing yang tak dijumpai di laptop kompetitor. Hal ini tak lepas dari peran fitur inovatif ScreenPad Plus dengan fitur pendukung yang lengkap, serta performa powerful dengan daya tahan baterai yang bisa diandalkan.

Harga Asus ZenBook Duo 14 UX482

  • Asus ZenBook Duo 14 UX482 (Core i5 / Iris Xᵉ / 8GB RAM / 512GB SSD) Rp19.299.000
  • Asus ZenBook Duo 14 UX482 (Core i5 / Iris Xᵉ + MX450 / 8GB RAM / 512GB SSD) Rp21.999.000
  • Asus ZenBook Duo 14 UX482 (Core i7 / Iris Xᵉ + MX450 / 16GB RAM / 512GB SSD) Rp24.999.000
  • Asus ZenBook Duo 14 UX482 (Core i7 / Iris Xᵉ + MX450 / 16GB RAM / 1TB SSD) Rp26.999.000
Anda dapat membeli Asus ZenBook Duo 14 UX482 dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Asus ZenBook Duo 14 UX482

Main Spec.

ASUS ZenBook Duo 14 (UX482)

CPU

Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)

Intel® Core™ i5-1135G7 Processor 2.4 GHz (8M Cache, up to 4.2 GHz)

Operating System

Windows 10 Home with Office Home & Student 2019 pre-installed

Memory

16GB LPDDR4X

8GB LPDDR4X

Storage

1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

Display

Main Display
14" (16:9) IPS Full HD (1920 x 1080), 400 nits, 100% sRGB, NanoEdge Display, Touchscreen, PANTONE® Validated display, TÃœV Rheinland eye-care certified display
ScreenPad Plus
12,65” (1920 x 515) IPS touchscreen

Graphics

NVIDIA® GeForce® MX450

Intel® Iris® Xᵉ Graphics

Input/Output

1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display and power delivery, Micro SD card reader

Camera

HD camera with IR function to support Windows Hello

Connectivity

Intel Wi-Fi 6(Gig+)(802.11ax)+Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2

Audio

Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified

Battery

70WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimension

32.40 x 22.20 x 1.69 ~ 1.73 cm

Weight

1.62 kg

Colors

Celestial Blue

*Featured review by Asus Indonesia, disunting dan disesuaikan oleh tim Laptophia

Anda mungkin suka:Review Asus Vivobook Ultra K413FQ: Laptop All Rounder Ringkas dengan Desain Mewah

Posting Komentar

Posting Komentar