IBX582004D475488 Review Yamada YMD 328: Speaker Bluetooth Berdesain Unik, Bersuara Jernih
Asus ROG Phone 3

Review Yamada YMD 328: Speaker Bluetooth Berdesain Unik, Bersuara Jernih



Review Yamada YMD 328: Speaker Bluetooth Berdesain Unik, Bersuara Jernih – Selama ini memang banyak speaker Bluetooth yang beredar mengusung desain mainstream yang cenderung membosankan dengan form factor kotak atau bulat. Kini Yamada menghadirkan pendekatan desain yang berbeda guna menarik perhatian pasar dengan menghadirkan Yamada YMD 328. Seri  Yamada YMD 328 adalah sebuah speaker Bluetooth portabel yang cukup menarik dengan konsep desain unik.

Yamada YMD 328 tampil dengan bantuk yang aneh dan sekilas mirip dengan bentuk kepala Tsuneo di serial kartun Doraemon. Nama Yamada sendiri memang tidak setenar JBL atau ZNT di pasar speaker Bluetooth, tetapi brand ini telah meluncurkan aneka produk andalannya. Lalu sehebat apakah kualitas suara speaker ini? Simak review Yamada YMD 328 oleh tim Laptophia kali ini!

Review Yamada YMD 328: Speaker Bluetooth Berdesain Unik, Bersuara Jernih

Paket Pembelian Yamada YMD 328

Paket Pembelian Yamada YMD 328

  • Unit Yamada YMD 328 warna Gold
  • Kabel USB
  • Kabel AUX
  • Manual

Baca juga:Review Nillkin Bullet Speaker, Ukuran Mini Suara Jernih!

Desain Yamada YMD 328

Desain Yamada YMD 328

Desain Yamada YMD 328

Kesan pertama saat melihat Yamada YMD 328 adalah unik dan sedikit nyentrik. Laptophia langsung teringat dengan karakter Tsuneo dalam serial kartun Doraemon dengan poni yang naik ke atas pada bagian kanan. keunikan yang ditawarkan oleh speaker Yamada YMD 328 laik mendapatkan apresiasi ditengah banyaknya speaker Bluetooth yang hadir dengan desain generik yang membosankan.

Pada review Yamada YMD 328 kali ini, desain yang unik ini membuat penempatan dua buah driver speakernya tidak berdampingan, melainkan saling membelakangi. Desain seperti ini memang memberikan keuntungan pncaran suara yang lebih luas dan menjangkau lebih banyak sisi dalam ruangan. Namun, efek stereo atau perpindahan suara instrumen dari channel kanan dan kiri menjadi kurang terasa.

Speaker unik Yamada YMD 328 dibalut dengan caisng berbahan plastik polikarbonat yang menggunakan finishing glossy. Ada dua varian warna yang beredar, yakni hitam dan emas. Kebetulan pada review Yamada YMD 328 kali ini tim Laptophia mendapat unit berwarna emas. Sedangkan pada bagian speaker grill yang berwarna hitam ini menggunakan bahan metal yang cukup kokoh. Build quality Yamada YMD 328 secara umum cukup solid.

Desain Yamada YMD 328

Desain Yamada YMD 328

Desain Yamada YMD 328

Baca juga:Review Sony SRS-XB01: Speaker Bluetooth Mungil Bersuara Detail

Pada review Yamada YMD 328 kali ini sisi depan terdapay speaker grill dan pada sisi kanan terdapat passive bass radiator. Sedangkan sisi belakang juga terdapat speaker grill. Yamada menempatkan port microUSB, microphone, port aux, dan slot microSD pada sisi kiri speaker. Sedangkan tombol pairing, volume plus dan minus, dan tombol play/pause berada di sisi atas Yamada YMD 328. Sementara pada sisi bawah Yamada YMD 328 terdapat switch on/off dan informasi teknis singkat mengenai speaker tersebut.

Soundstage yang dihasilkan pada review Yamada YMD 328 terdengar cukup terbatas menurut Laptophia. Saat memainkan lagu dengan banyak instrumen seperti The Poet And The Pendulum milik Nightwish atau Unleashed milik Epica, suara instrumen terasa menumpuk di tengah. Meski demikian, masih terasa efek imaging stereo atau perpindahan channel kanan dan kiri.

Video Unboxing Yamada YMD 328

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Review Yamada YMD 328

Review Yamada YMD 328

Yamada sebenarnya bukan pemain baru di pasar audio dan brand ini diketahui sudah memiliki lini produk speaker Bluetooth yang cukup menarik perhatian melalui seri X-Bass dan Boom Bass. Mencoba memperluas pangsa pasarnya, Yamada menghadirkan lebih banyak varian dengan harga yang lebih murah, salah satunya adalah seri Yamada YMD 328 ini. Lalu sehebat apakah kualitas suaranya?

Kualitas Suara

Spesifikasi di atas kertas speaker Yamada YMD 328 ini cukup meyakinkan menurut Laptophia. Speaker wireless dengan desain unik ini didukung oleh dua buah driver dengan daya masing-masing 6 watt dan diperkuat oleh hadirnya passive bass radiator guna mendukung frekuensi rendahnya. Saat Laptophia menjajal Yamada YMD 328 dengan volume hampir maksimal, keluaran suaranya sangat lantang dan tidak pecah. Hanya saja, dinamika pada lagu-lagu tertentu menjadi kurang oke.

Hal yang menonjol dari suara yang dihasilkan oleh speaker Bluetooth Yamada YMD 328 adalah clarity atau kejernihannya yang layak mendapat acungan jempol. Hal ini didukung dengan suara treble atau high yang sangat detail, renyah, dan karakternya tidak menusuk. Laptophia sangat menikmati reff di lagu Take A Look Around milik Limp Bizkit dan Californication milik Red Hot Chili Peppers.

Suara vokal pria maupun wanita pada review speaker Yamada YMD 328 ini terdengar cukup maju, detail, dan terasa cukup intim. Laptophia sangat menikmati lengkingan nada tinggi yang disajikan speaker ini saat memainkan lagu Supremacy milikl Tarja Turunen. Selain itu, suara screaming vokal juga terdengar garang saat Laptophia memainkan lagu seperti Kirisute Gomen milik Trivium atau Anodyne Sea dari As I Lay Dying. Suara riff gitar juga dapat disajikan dengan detail dan cukup bertekstur.

Baca juga:Review Lenyes S805, Speaker Portabel NFC Murah yang Menggelegar

Suara bass atau low pada speaker Yamada YMD 328 ini sebenarnya cukup baik, tetapi kuantitas bass baru terdengar ketika memainkan lagu dengan volume di atas 40 – 50%. Bass yang dihasilkan cukup mendalam dan rapi, seperti saat memainkan lagu Its Goin’ Down besutan Mike Shinoda dkk. Ketika Laptophia memainkan lagu dengan volume rendah, suara bass kurang maksimal atau bahkan kadang nyaris tidak terdengar.

Kompatibilitas

Selama menggunakan dan menguji speaker Yamada YMD 328 ini, tim Laptophia tidak menemui kendala kompatibilitas. Perangkat yang pernah terhubung dengan speaker andalan Yamada ini seperti Xiaomi Redmi Note 9 Pro, Poco F2 Pro, Realme C15, Xiaomi Mi Note 10 Pro, dan sebuah laptop Asus Vivobook Ultra A412FA dapat terhubung dengan speaker tanpa masalah.

Daya Tahan Baterai

Meski kapasitas baterainya cukup besar, daya tahan baterai tidak menjadi kelebihan di review Yamada YMD 328 kali ini. Speaker ini hanya dibekali dengan baterai berkapasitas 3600mAh dan diklaim mampu bertahan hingga 5 - 6 jam. Angka ini cukup standar menurut tim Laptophia.

Berdasarkan pengalaman penggunaan Yamada YMD 328 oleh tim Laptophia, speaker ini hanya mampu bertahan hingga 4 - 5 jam untuk mendengarkan musik dengan volume di atas 60%. Meski agak berbeda dari klaimnya, daya tahan baterai speaker Yamada YMD 328 laik mendapat apresiasi.

Kesimpulan

Secara umum, Yamada YMD 328 ini menawarkan kualitas suara yang terbilang jernih di kelasnya. Karakter suaranya terasa cukup bright dan bertenaga dengan kuantitas bass yang cukup. Selain itu, Yamada YMD 328 dibalut dengan desain yang cukup unik dan berbeda dari speaker mainstream yang beredar di pasaran. Sayangnya, saat volume kecil suara bass-nya nyaris tak terdengar. Yamada YMD 328 cukup layak dipertimbangkan di kelasnya.

Baca juga:Review Harman Kardon Onyx Studio 3, Suara Paling Mantap di Kelasnya!

Kelebihan Yamada YMD 328

  • Desain unik
  • Kualitas suara jernih

Kekurangan Yamada YMD 328

  • Bass kurang terasa

Harga Yamada YMD 328

Yamada YMD 328 merupakan sebuah speaker bluetooth portabel yang menawarkan desain yang unik dan original, serta suara yang cukup jernih. Harga speaker Yamada YMD 328 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun saat artikel ini dibuat adalah Rp 349.000. Berdasarkan hasil review Yamada YMD 328 yang telah tim Laptophia lakukan, speaker ini layak dipertimbangkan bagi konsumen yang membutuhkan speaker portabel dengan desain unik dan bersauara jernih. Namun, kurang cocok bagi penyuka bass.

Anda dapat membeli atau cek promo Yamada YMD 328 di Sini (Klik)

Spesifikasi Yamada YMD 328

  • Tipe speaker: Portable bluetooth speaker
  • Sistem speaker: Stereo
  • Passive/Active: Active
  • Mode operasi: Tombol
  • Loudspeaker: 50mm x 2 + Passive Bass Radiator
  • RMS: 4Ω 6W x 2 THD=0,5%
  • Frequency Response: 85Hz - 20KHz
  • Signal to noise ratio 85dB
  • Versi Bluetooth: Bluetooth 5.0 + EDR
  • Jangkauan Bluetooth hingga 10 meter
  • Spesifikasi USB: USB 2.0 kompatibel dengan USB 1.1
  • Dukungan format file: APE, MP3, WMA, WAV, FLAC
  • Slot microSD
  • Baterai built-in 3,7V/3600mAh lithium battery, hingga 5 - 6 jam penggunaan (bervariasi)
  • Dimensi (W x D x H) 128 mm x 81 mm x 119 mm
  • Berat 465 gram
  • Kompatibel dengan tablet PC, smartphone, iPod, iPhone, Laptop
  • Warna Gold

Anda mungkin suka:ZNT ThunderBar Review: Speaker Bluetooth Mantap Berdesain Unik


Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :


Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!