IBX582004D475488 Review Asus ZenBook UM431DA: Ultrabook Ringkas dan Premium Powerful Tak Lagi Mahal
Asus Zenbook 14 UX434FLC

Review Asus ZenBook UM431DA: Ultrabook Ringkas dan Premium Powerful Tak Lagi Mahal



Review Asus ZenBook UM431DA: Ultrabook Ringkas dan Premium Powerful Tak Lagi Mahal – ZenBook telah lama menjadi lini laptop premium dari Asus yang selalu menawarkan inovasi dan terobosan baru yang menarik. Pertama kali dikenalkan pada tahun 2013 dan menjadi sebagai salah satu ultrabook pertama di dunia, hingga kini ZenBook tetap menjadi garda terdepan dalam inovasi laptop tipis dan ringkas. Salah satu inovasi yang dihadirkan oleh ASUS di lini ZenBook terbaru kali ini adalah dari segi harga.

Jika dahulu laptop tipis dan ringkas selalu dikaitkan dengan harganya yang mahal, kini melaluo ZenBook UM431DA mengubah pandangan tersebut dan hadir dengan harga yang lebih terjangkau. Meski dijual dengan harga yang murah, Laptophia melihat ultrabook premium Asus ZenBook UM431DA masih tetap menawarkan keunggulan performa, fitur, serta kualitas premium yang telah diusung oleh ZenBook selama ini. Hal ini tak lepas dari dukungan prosesor AMD Ryzen mobile generasi baru yang menggunakan nama sandi Picasso dan menggunakan arsitektur Zen+. Penasaran? Simak review Asus ZenBook UM431DA kali ini!
Review Asus ZenBook UM431DA: Ultrabook Ringkas dan Premium Powerful Tak Lagi Mahal

Paket Penjualan Asus ZenBook UM431DA

  • Unit Asus ZenBook UM431DA
  • Charger
  • Manual
  • Kartu garansi
  • Asus backpack
Baca juga:Review Asus ROG Zephyrus S GX502GW, Laptop Gaming Super dengan Fitur Lengkap

Desain Asus ZenBook UM431DA

Desain Asus ZenBook UM431DA

Pada review Asus ZenBook UM431DA kali ini, sisi desain menjadi keunggulan dan daya tarik tersendiri menurut tim Laptophia. Ultrabook premium ini dibalut dengan casing berbahan aluminium yang kokoh dan terasa mewah. Ketangguhan fisik Asus ZenBook UM431DA ini tak perlu diragukan lagi menurut Laptophia, karena sudah memenuhi sertifikat militer MIL-STD-810G. Untuk mendapatkan sertifikat tersebut, laptop harus menjalani uji ekstrem termasuk ketinggian yang ekstrem, suhu, kelembapan, dan sebagainya.

Tak hanya tangguh, ultrabook premium Asus ZenBook UM431DA ini juga tampil dengan konsep desain mewah yang selama ini menjadi ciri khas lini Zenbook dengan finishing spin metal finish dengan filosofi Zen pada LID cover-nya. Sementara pada sektor interior pada review Asus ZenBook UM431DA kali ini tak kalah cantik menurut Laptophia. Asus telah menyematkan detail desain yang cantik pada sisi kanan dan kiri keyboard chiclet di ZenBook UM431DA.

Tidak hanya itu, Laptophia melihat Asus ZenBook UM431DA juga tetap merupakan laptop 14 inci yang sangat ringkas dan dapat dibawa menggunakan tas kecil. Semua itu berkat teknologi premium NanoEdge Display yang membuat bezel pada layar laptop ini tampil sangat tipis. NanoEdge Display meruhpakan teknologi yang telah digunakan di berbagai varian laptop ZenBook sebelumnya. Teknologi layar premium ini membuat bezel layar memiliki ukuran yang sangat tipis sehingga keseluruhan ukuran bodi laptop dapat dipangkas.
Desain Asus ZenBook UM431DA
Baca juga:Review Asus Vivobook Ultra A412FA EK303T, Laptop Ringkas Colorful untuk Generasi Muda!
NanoEdge Display tidak hanya sakadar menghadirkan bezel yang tipis sehingga ukuran bodi laptop ini dapat tampil lebih ringkas. Teknologi layar eksklusif dari ASUS ini juga membuat tampilan layar terlihat lebih lega karena batas layarnya (bezel) hampir tidak ada. Pada review Asus ZenBook UM431DA kali ini, sisi depan ultrabook premium ini tidak terdapat port atau tombol apapun. Sedangkan pada sisi belakang terdapat logo Zenbook yang elegan, tanpa kehadiran tombol atau port apapun.


Sedangkan pada sisi kanan ultrabook premium Asus ZenBook UM431DA terdapat port USB, combo audio, dan card reader jenis SD card. Sedangkan pada sisi kiri laptop premium andalan Asus ini terdapat port input untuk power atau charger, port USB, port USB Type-C, dan dua buah LED indikator. Selain ringkas, ZenBook UM431DA juga tetap memiliki bobot yang ringan seperti varian ZenBook lainnya karena bobotnya hanya 1,39kg.

Performa Asus ZenBook UM431DA

Performa Asus ZenBook UM431DA

Meski dijual dengan harga yang terjangkau, performa yang ditawarkan menjadi salah satu keunggulan dari ultrabook Asus ZenBook UM431DA menurut Laptophia. Varian tertinggi ultrabook Asus ZenBook UM431DA ini ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 7 3700U generasi APU (Accelerated Processing Unit) Picasso quad-core Zen+ yang berlari dengan kecepatan 2,3GHz dengan Turbo maksimal 4GHz.

Sedangkan ZenBook UM431DA varian yang lebih rendah ditenagai oleh AMD Ryzen 5 3500U generasi APU Picasso quad-core Zen+ yang berlari dengan kecepatan 2,1GHz dengan Turbo maksimal 3,7GHz. Kedua varian ultrabook ZenBook UM431DA  ini diperkuat oleh memori RAM sebesar 8GB jenis DDR4-2400MHz on-board, sehingga tidak dapat dilakukan upgrade.

Berdasarkan informasi yang Laptophia himpun, prosesor AMD Ryzen 5 3700U dan Ryzen 5 3500U yang digunakan pada review Asus ZenBook UM431DA ini cukup menarik. Prosesor ini menggunakan mikroarsitektur yang disebut dengan Zen+ yang tak lain adalah penerus dari Zen yang digunakan oleh Ryzen generasi sebelumnya. Kedua prosesor yang menggunakan nama sandi Picasso ini sudah menggunakan teknologi proses 12nm yang membuatnya 10% lebih kencang dari pendahulunya dengan konsumsi daya yang sama.
Baca juga:Review Asus ROG Zephyrus GX701GXR, Laptop Gaming 17 Inci Paling Ringkas Bertenaga Intel Core Generasi Ke-9
Arsitektur Zen sendiri cukup fenomenal karena menawarkan lompatan kinerja single-thread maupun multi-thread yang sangat signifikan jika dibandingkan prosesor AMD generasi sebelumnya. Melalui generasi baru Zen+, performa yang ditawarkannya kian kencang. Berdasarkan informasi yang Laptophia himpun, mikroarsitektur Zen+ yang digunakan oleh prosesor AMD Ryzen 7 3700U dan Ryzen 5 3500U di laptop Asus ZenBook UM431DA menawarkan sejumlah peningkatan dibandingkan mikroarsitektur Zen (14nm) generasi pertama, yakni:
  • Menggunakan teknologi 12nm (generasi pertama menggunakan 14nm)
  • Kecepatan clockspeed 10% lebih tinggi
  • Peningkatan IPC (Instruction Per Clock) hingga 3% untuk single-thread
  • Fitur Precision Boost 2
  • Fitur Mobile XFR
  • Peningkatan cache prefetch
Performa Asus ZenBook UM431DA

Pada review Asus ZenBook UM431DA kali ini, keunggulan lain yang ditawarkan oleh prosesor AMD Ryzen 3000 series ini dilengkapi dengan grafis terintegrasi dari AMD Radeon RX Vega iGPU. Meski didukung grafis terintegrasi dengan prosesornya, performa grafis yang ditawarkan tak bisa dipandang sebelah mata. Beberapa benchmark dan ulasan yang Laptophia himpun, performa Radeon RX Vega iGPU ini mampu bersaing dengan grafis diskrit kelas entry-level.

AMD Ryzen 7 3700U diperkuat grafis terintegrasi dari AMD Radeon RX Vega 10 iGPU tersebut mengandalkan sokongan 640 shader core dengan arsitektur Vega yang berlari dengan kecepatan 1400MHz dengan antarmuka memori 64-bit. Sedangkan AMD Ryzen 5 3500U diperkuat oleh AMD Radeon RX Vega 8 iGPU. Grafis tersebut mengusung 512 shader core dengan arsitektur Vega yang berlari dengan kecepatan 1200MHz dengan antarmuka memori 64-bit.

Kemampuan grafis yang handal pada prosesor AMD Ryzen 3000 series pada Asus ZenBook UM431DA membuatnya andal dan mumpuni untuk menangani komputasi grafis, seperti desain grafis 2D maupun 3D. Bahkan, Asus ZenBook UM431DA mampu memainkan game-game terkini seperti F1 2019, League of Legends, Fallout 76, FIFA 19, dan sebagainya dengan penyesuaian setting grafisnya.

ZenBook UM431DA memang dirancang sebagai laptop dengan tingkat portabilitas dan mobilitas yang tinggi. Meski demikian performa laptop ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Pada varian yang menggunakan prosesor AMD Ryzen 5 3500U, ZenBook UM431DA mampu memperlihatkan performa yang sangat baik di berbagai pengujian menggunakan aplikasi benchmark.

Meski skor pengujian menggunakan PCMark 10-nya berada di angka rata-rata laptop sekelasnya (3787 poin), pada pengujian CPU menggunakan Cinebench R15 ZenBook UM431DA berhasil menorehkan skor sebesar 660 poin. Skor tersebut termasuk tinggi untuk sebuah laptop ringkas sekelasnya.
Baca juga:Review Asus Pro P5440FA Core i7, Laptop Bisnis Impian Pekerja Profesional

Benchmark Asus ZenBook UM431DA

Benchmark Cinebench R15 Asus ZenBook UM431DA
Benchmark Cinebench R15 Asus ZenBook UM431DA
Benchmark 3DMark Fire Strike Asus ZenBook UM431DA
Benchmark 3DMark Fire Strike Asus ZenBook UM431DA
Benchmark 3DMark Night Ride Asus ZenBook UM431DA
Benchmark 3DMark Night Ride Asus ZenBook UM431DA
Benchmark 3DMark Sky Diver Asus ZenBook UM431DA
Benchmark 3DMark Sky Diver Asus ZenBook UM431DA
Benchmark PCMark Modern Office Asus ZenBook UM431DA
Benchmark PCMark Modern Office Asus ZenBook UM431DA
Benchmark PCMark 10 Asus ZenBook UM431DA
Benchmark PCMark 10 Asus ZenBook UM431DA
Benchmark CrystalDiskMark Asus ZenBook UM431DA
Benchmark CrystalDiskMark Asus ZenBook UM431DA

Review Asus ZenBook UM431DA

Review Asus ZenBook UM431DA

Asus ZenBook UM431DA merupakan ultrabook yang cukup menarik menurut Laptophia. Pertama, laptop ini dijual dengan harga yang terbilang murah untuk lini Zenbook dan tetap menawarkan desain yang ringkas, build quality premium, dan diperkuat fitur inovatif lainnya. Kedua, Asus ZenBook UM431DA ini merupakan laptop pertama yang ditenagai prosesor AMD Ryzen yang menawarkan performa tinggi dan bersaing di kelasnya.

Layar

Pada review Asus Zenbook UM431DA dengan layar berteknologi NanoEdge Display berukuran 14 inci jenis IPS (In-Plane Switching) LCD dengan LED (Light Emiting Diode) backlight resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel yang diklaim memiliki spektrum warna 100% sRGB, 74% AdobeRGB, dan 72% NTSC color gamut yang sangat cemerlang di kelasnya. Tentunya hal ini sangat mendukung pengalaman pengguna yang bergelut dengan desain atau konten multimedia.

Tak hanya itu, layar ultrabook murah Zenbook UM431DA ini juga didukung fitur Asus Splendid dan Asus True2Live yang mampu mengoptimalkan warna dan ketajaman layar sesuai kebutuhan pengguna. Ukuran layar 14 inci ini menggunakan teknologi bezel tipis atau NanoEdge dengan rasio screen to body mencapai 86% dan membuat dimensinya makin kompak untuk mendukung mobilitas. Laptophia menilai kualitas layar Zenbook UM431DA andalan Asus ini memuaskan di kelasnya dengan warna yang punchy, viewing angle yang luas, dan brightness yang memadai.

Fitur EyeCare pada laptop andalan Asus ini dapat mengurangi lelah dan melindungi mata dari pancaran sinar biru. Cara kerja fitur ini adalah mengurangi pancaran sinar biru di layar hingga 30% agar mata tak cepat lelah saat bekerja dalam waktu lama atau bekerja dalam lingkungan remang-remang.

Audio

Sektor audio, Asus membekali ultrabook murah murah Zenbook 14 UM431DA ini dengan 2x1W speaker stereo dengan Harman Kardon certified yang didukung teknologi ICEpower dan Asus SonicMaster untuk meningkatkan pengalaman multimedia pengguna. Tak heran, kualitas audio yang keluar dari ultrabook murah ini sangat memanjakan telinga. Tim Laptophia sangat menikmati saat bekerja sambil mendengarkan alunan musik yang jernih, detail, dan cukup bertenaga.
Baca juga:Review Asus Zenfone Max M2 ZB633KL: Debut Snapdragon 632, Ternyata Kencang!

Kenyamanan

Review Asus ZenBook UM431DA

Kenyamana penggunaan dan produktivitas menjadi salah satu keunggulan di review Asus ZenBook UM431DA oleh tim Laptophia kali ini. ZenBook UM431DA dilengkapi dengan keyboard yang masing-masing tombolnya memiliki LED backlight. Artinya, pengguna laptop ini masih dapat mengetik dengan nyaman meski dalam kondisi gelap. Tombol pada keyboard ZenBook UM431DA juga memiliki traveling distance sejauh 1,4mm yang merupakan jarak ideal untuk mengetik. Touchpad yang diusungnya juga cukup luas, responsif dan akurat.

Ultrabook premium Asus ZenBook UM431DA dilengkapi dengan pembaca sidik jari (fingerprint reader) yang telah terintegrasi dengan Windows Hello. Melalui fitur ini, pengguna ZenBook UM431DA tidak perlu memasukkan password untuk masuk ke dalam sistem Windows 10. Cukup gunakan sidik jari dan proses login akan dilakukan secara instan serta lebih aman.

Asus ZenBook UM431DA juga dilengkapi engsel ErgoLift yang inovatif dan memiliki banyak fungsi. Engsel ini akan mengangkat permukaan laptop hingga membentuk sudut 4,5 derajat saat terbuka dan dapat meningkatkan kenyamanan saat mengetik, mengoptimalkan pendinginan, serta output audio.

Konektivitas Lengkap

Konektivitas Asus Zenbook 14 UM431DA ini cukup lengkap menurut Laptophia Blog dengan mengandalkan WiFi, Bluetooth, Port USB 3.1 Gen1, Port USB 2.0, Port USB 3.1 Gen2 Type-C, Port HDMI, card reader, dan combo audio jack. Modul WiFi yang digunakan di laptop ini adalah WiFi 5 802.11ac yang cepat dan kompatibel dengan sebagian besar router.

Baterai

Sama seperti lini Zenbook sebelumnya, baterai juga menjadi keunggulan review Asus ZenBook UM431DA kali ini. Ultrabook ini dibekali baterai dengan kapasitas 2 Cells 47 Whrs prismatic cell Battery yang diklaim mampu bertahan hingga 12 jam penggunaan normal, serta dibekali fitur fast charging yang dapat mengisi daya hingga 60% dalam waktu 49 menit saja guna mendukung aktivitas pengguna.

Berdasarkan pengujian baterai menggunakan PCMark 10 yang dilakukan Tim Laptophia pada mode Modern Office, laptop ini mampu bertahan selama hampir 5 jam, atau 4 jam 58 menit lebih tepatnya. Artinya ketika digunakan untuk bekerja dan menjalankan aplikasi kantoran seperti Microsoft Office, browsing, dan melakukan video call, ZenBook UM431DA dapat bertahan hingga hampir 5 jam. Pada penggunaan real, daya tahan baterai ultrabook ini bisa lebih lama lagi.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil review ASUS ZenBook UM431DA oleh tim Laptophia, ultrabook terbaru bertenaga AMD Ryzen ini sangat menarik. Meski dibanderol dengan harga yang terjangkau, yaitu mulai dari Rp10 jutaan, laptop ini tetap hadir dengan desain premium dan bodi yang ringkas serta ringan. Ditambah lagi, laptop ini memiliki performa yang baik dan baterai yang cukup hemat untuk bekerja secara mobile.
Baca juga:Review Asus Zenfone Max Pro M2 ZB631KL: Gaming Mantap, Kamera Oke!

Kelebihan Asus ZenBook UM431DA

  • Kinerja powerful dengan AMD Ryzen generasi terbaru
  • Desain elegan dengan build quality premium
  • Dimensi ringkas dengan bobot ringan
  • Harga sangat kompetitif
  • Dilengkapi OS Windows 10 asli pre-installed

Kekurangan Asus ZenBook UM431DA

  • RAM tidak dapat di-upgrade

Harga Asus ZenBook UM431DA

Harga ultrabook powerful Asus Zenbook UM431DA terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 9.999.000 untuk varian dengan prosesor AMD Ryzen 5 3500U. Sedangkan harga Asus Zenbook UM431DA varian dengan prosesor AMD Ryzen 7 3700U lebih mahal, yakni 12.299.000. Secara umum, Asus Zenbook UM431DA ini mengandalkan desain premium dan bodi yang ringkas serta ringan. Ditambah lagi, laptop ini memiliki performa yang baik dan baterai yang cukup hemat untuk bekerja secara mobile.
Anda dapat membeli atau cek promo Asus ZenBook 14 UM431DA di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Spesifikasi Asus ZenBook UM431DA

  • Layar IPS LCD dengan LED backlight 14 inci resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel, Asus Splendid, 100% sRGB, 72% AdobeRGB, dan 72% NTSC color gamut, NanoEdge Display
  • Prosesor AMD Ryzen 7 3700U quad-core dengan kecepatan 2,3GHz Turbo maksimal 4GHz
  • Prosesor AMD Ryzen 5 3500U quad-core dengan kecepatan 2,1GHz Turbo maksimal 3,7GHz
  • Chipset AMD
  • Grafis AMD Radeon RX Vega 10 iGPU (Ryzen 7)
  • Grafis AMD Radeon RX Vega 8 iGPU (Ryzen 5)
  • Memori RAM 8GB DDR4 2400MHz onboard
  • Storage SSD 512GB M.2 PCIe x2 SSD
  • Konektifitas WiFi, Bluetooth, Port USB 3.1 Gen1, Port USB 2.0, Port USB 3.1 Gen2 Type-C, Port HDMI, card reader, combo audio jack
  • NumberPad, fingerprint sensor dengan Windows Hello
  • Quad Speaker stereo, Harman Kardon Certified, ICEpower, SonicMaster Audio
  • Kamera webcam HD camera
  • Baterai 47Wh 2-cell lithium-polymer Battery, hingga 12 jam penggunaan
  • Sistem Operasi Microsoft Windows 10 Home x64 original
  • Dimensi 324 x 212 x 15,9 mm berat 1,39 kilogram
  • Sertifikat MIL-STD-810G, UL, TUV, CE Marking Compliance, FCC Compliance, BSMI, CCC, EU Flower, Energy star, WEEE
  • Warna Utopia Blue
Anda mungkin suka:Review Asus ROG Zephyrus S GX531GW, Laptop Gaming GeForce RTX Tertipis!

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :

Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!