eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Realme 2: Pendatang Baru yang Memesona

Review Realme 2: Pendatang Baru yang Memesona – Realme adalah sebuah subbrand dari Oppo yang menghasilkan smartphone untuk kawula muda. Ponsel ini mengusung karakteristik desain yang kekinian, spesifikasi yang cukup tinggi, dan harga yang terjangkau. Hal inilah yang membuat Realme langsung menarik perhatian konsumen tanah air. Tak tanggung-tanggung, Realme langsung menggelontorkan tiga buah smartphone sekaligus untui segmen yang berbeda.

Salah satu dari tiga seri tersebut adalah Realme 2 yang mendarat dengan selamat di markas Laptophia. Ponsel Realme 2 ini hadir dengan desain cantik memesona berkat gaya diamond cut pada casing belakangnya dan dipadukan dengan layar penuh yang dilengkapi poni yang trendi. Realme 2 ini menawarkan spesifikasi yang terbilang sangat kompetitif dengan baterai kapasitas besar, penasaran? Simak review Realme 2 oleh tim Laptophia kali ini!

Paket Pembelian Realme 2

Paket Pembelian Realme 2
  • Unit Realme 2 RAM 3GB ROM 32GB Diamond Black
  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • SIM card ejector
  • Softcase
  • Manual
  • Kartu garansi
Baca juga:Asus Zenfone Max Pro M1: Born With Gaming DNA

Desain Realme 2

Desain Realme 2

Desain Realme 2
Desain atau penampilan fisik menjadi salah satu daya tarik pada review Realme 2 kali ini. Biasanya, smartphone dengan harga 2 juta-an atau lebih murah hanya tampil seadanya. Namun, Realme mencoba mendobrak tren tersebut degan menghadirkan Realme 2 yang mengusung desain cantik dan kekinian.

Pabrikan asal Tiongkok ini membekali Realme 2 dengan casing belakang bermotif berlian atau yang mereka sebut dengan diamond cut finish. Ini bukan hal yang baru karena Oppo sudah menggunakan desain ini sejak seri R1X.

Meski bukan sesuatu yang baru, finishing diamond cut yang terlihat mewah ini menjadi nilai tambah bagi Realme 2. Laptophia melihat ini tanda bahwa tren smartphone murah semakin tampil mewah akan terus berlanjut. Permukaan casing Realme 2 ini ternyata menjadi magnet bagi sidik jari, sehingga mudah kotor. Sementara pada sisi depan, kita akan disuguhi desain layar dengan bezel yang amat tipis dan didukung dengan hadirnya notch atau poni pada sisi atasnya. Layar ponsel ini juga sudah melengkung 2,5D.

Realme 2 menggunakan frame berbahan plastik yang terasa cukup tebal dan kuat. Build quality smartphone ini sangat solid menurut Laptophia. Pinggirannya yang membulat membuatnya nyaman digenggam. Dimensi atau ukuran ponsel Realme 2 ini terbilang setara dengan smartphone layar 5,5 inci, sehingga masih terasa nyaman digenggam. Meski mengusung baterai berkapasitas besar, Realme 2 ini tidak terlalu berat, tetapi memang agak tebal.
Baca juga:Review Asus Zenfone Max M1 ZB555KL: Baterai Tahan Lama, Pas Digenggam
Desain Realme 2

Desain Realme 2

Pada review Realme 2 kali ini, sisi depan smartphone terdapat lubang kamera depan, proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, layar HD+ 2.5D berukuran 6,2 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Ponsel Realme 2 besutan Oppo ini sudah mengadopsi on-screen button.

Layar smartphone kekinian Realme 2 sudah berkontur 2.5D dengan lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass 3 yang cukup tangguh menahan goresan. Meski demikian, sebulan pemakaian normal, unit Realme 2 yang Laptophia gunakan sudah mengalami goresan. Laptophia sangat menganjurkan pengguna untuk memasang screenguard atau tempered glass di Realme 2 agar tak mudah tergores.

Tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Realme 2 ini. Sedangkan sisi kiri terdapat volume rocker, tray slot SIM 1, dan SIM 2 atau microSD dengan jenis triple slot atau dedicated slot. Sisi atas ponsel 4G LTE terbaru Realme 2 ini tidak terdapat tombol atau port apapun.

Sedangkan bagian belakang ponsel Realme 2 ini terdapat kamera ganda yang tersusun secara horizontal, LED flash di sisi kanannya, sensor sidik jari, dan logo Realme. Merek asal Tiongkok yang merupakan subbrand atau sub merk Oppo ini menempatkan port microUSB, speaker grill, port audio 3,5mm, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Video Unboxing Realme 2

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Software & Fitur Realme 2

Software & Fitur Realme 2
Bagi pengguna smartphone Oppo, tentu tak asing lagi dengan tampilan antarmuka yang diusung oleh Realme 2. Ponsel ini menggunakan balutan antarmuka yang sama seperti yang digunakan oleh Oppo, yakni ColorOS. Smartphone cantik Realme 2 ini menggunakan basis sistem operasi Android 8.1 Oreo. Apakah Realme 2 akan mendapat upgrade ke Android 9.0 Pie? Jika melihat track record Oppo yang bisa dikatakan ‘malas’ memberikan upgrade, kemungkinan Realme 2 akan stuck di Android 8.1 saja.

Penampilan antarmuka ColorOS yang diusung oleh smartphone Realme 2 ini cukup menarik dan mudah digunakan. Kita akan disuguhkan tampilan Lockscreen dan Homscreen tanpa kehadiran app drawer, sehingga semua aplikasi yang terinstal langsung tampil di homescreen. Menu kostumisasi yang disediakan oleh Realme 2 ini terbilang cukup lengkap yang memungkinkan kita mengganti wallpaper, mengatur widget, animasi dan sebagainya. Sayangnya, fasilitas theme tidak tersedia di ponsel ini.

Realme 2 ini dilengkapi dengan fitur yang disebut dengan Smart Assistant yang menampilkan informasi seperti cuaca, shortcut aplikasi yang sering dipakai, step tracker, dan sebagainya. Fitur ini dapat diakses dengan cara swipe dari kiri ke kanan di Homscreen. Beberapa fitur menonjol yang diusung oleh Realme 2 berdasarkan pantauan Laptophia antara lain adalah Night Shield, screen recording, Realme share, quiet time, smart driving, fullscreen multitasking, gesture & motion, Game Space, Clone Apps, dan banyak lagi.
Baca juga:Mifa A20 Review: Desain Mewah dengan Kualitas Suara Wah!
Face unlock yang dimiliki oleh Realme 2 cukup menarik, tetapi kurang berguna ketika kondisi cahaya tidak memadai. Aplikasi bawaan smartphone Realme 2 ini tidak terlalu banyak menurut Laptophia. Ponsel yang merupakan subbrand Oppo ini hadir dengan aplikasi bawaan berupa Google Apps, Kwai Go, J&T Express, ORoaming, iReader, UC Browser, Lazada app, dan Babe. Pengguna dapat menghapus aplikasi bawaan tersebut jika tidak dibutuhkan.

Secara umum, Realme 2 ini dilengkapi dengan perangkat lunak yang kaya akan fitur dan relatif mudah digunakan. Selain itu, performa ColorOS ini terbilang cukup smooth dan minim lag. Sayangnya, tak diketahui apakah ponsel ini akan mendapat dukungan upgrade ke Android 9.0 Pie atau tidak.

Benchmark Realme 2

CPU-Z Realme 2
CPU-Z Realme 2
Benchmark Vellamo Realme 2
Benchmark Vellamo Realme 2
Benchmark AnTuTu v7.1 Realme 2

Benchmark AnTuTu v7.1 Realme 2
Benchmark Geekbench 4 Realme 2

Benchmark Geekbench 4 Realme 2
Benchmark PCMark Realme 2

Benchmark PCMark Realme 2

Benchmark 3DMark Realme 2

Benchmark 3DMark Realme 2

Benchmark Basemark OS II Realme 2

Benchmark Basemark OS II Realme 2

Sensorbox for Android & Multitouch Tester Realme 2

Sensorbox for Android & Multitouch Tester Realme 2

Hasil Foto Kamera Realme 2





Foto Siang Hari


Foto mode Portrait dengan Kamera Belakang




Foto Macro




Foto Malam Hari


Foto Malam Hari dengan LED Flash

Foto Selfie Kamera Depan


Foto Selfie Kamera Depan dengan Mode Portrait

Review Kamera Realme 2

Pada review Realme 2 kali ini, sisi kamera memang cukup menonjol. Ponsel ini mengandalkan sokongan kamera belakang ganda berkekuatan 13 megapiksel + 2 megapiksel (depth sensor) dengan lensa aperture f/2.2 yang menggunakan sensor BSI CMOS 1/3 inci 1.12um piksel, phase-detection autofokus, dan LED flash. Kombinasi kamera ganda ini diklaim mampu menghasilkan foto dengan efek bokeh yang menawan.

Kamera depan Realme 2 cukup memadai dengan dukungan kamera resolusi 8 megapiksel dengan sensor BSI CMOS 1/4 inci dengan lensa aperture f/2.2 berukuran ditandemkan dengan fitur canggih AI Beauty 2.0 yang lebih cerdas dalam menerapkan efek beautify sesuai dengan karakter pengguna karena mampu mendeteksi 296 titik wajah. Laptophia yakin teknologi AI Camera yang diusung Realme 2 ini masih sama dengan yang diusung oleh jajaran smartphone Oppo.

Antarmuka dan fitur aplikasi kamera smartphone Realme 2 ini serupa dengan milik Oppo yang cukup lengkap fasilitasnya. Sayangnya, tidak ada mode manual atau Pro di aplikasi kamera Realme 2 ini. Saat digunakan untuk memotret pada siang hari yang kondisi cahaya melimpah, kamera Realme 2 ini cukup memuaskan. Warna yang dihasilkan mendekati aslinya, detail yang cukup, dan tajam, tetapi dynamic range-nya memang bisa dikatakan agak kurang. Mode HDR mampu meningkatkan dynamic range lebih lebar lagi.
Baca juga:Asus Zenfone 5 ZE620KL Review: Si Cantik Berkamera Flagship!
Laptophia melihat portrait mode yang dihasilkan oleh kamera ganda Realme 2 ini terbilang lumayan. Separasi antara subyek dengan background kadang kurang rapi dan fitur ini kadang tidak berfungsi saat malam atau kondisi minim cahaya. Kecepatan fokus kamera Realme 2 ini terbilang gegas dan akurat. Hal ini terlihat dari hasil foto macro ponsel Realme 2 ini baik di kelasnya menurut Laptophia.

Saat malam hari, kecepatan fokus kamera Realme 2 ini memang menurun dan kurang mampu mengunci fokus. Hasil jeretan kamera pada malam hari tidaklah istimewa, sama seperti kebanyakan ponsel di kelasnya yang mengalami penurunan detail signifikan diiringi noise yang lumayan tinggi. Sedangkan LED flash belakang yang diusung oleh Realme 2 ini terbilang cukup terang, meski bukan yang paling terang di kelasnya.

Kamera depan Realme 2 ini sangat memadai untuk foto selfie. Sayangnya, karakter fotonya terlalu soft, sehingga mengurangi detail yang dihasilkan. Hal yang Laptophia suka adalah kamera depan dilengkapi juga dengan mode portrait. Mode ini di kamera depan berjalan dengan baik, tetapi separasi antara subyek dan background masih kurang rapi.

Review Realme 2

Review Realme 2
Realme 2 merupakan salah satu smartphone mendatang yang mampu meraih perhatian konsumen. Hal ini terlihat dari suksesnya flash sale yang digelar di Lazada dan juga saat festival belanja online 11.11. Penampilannya yang menarik dan spesifikasi yang terbilang kompetitif menjadi daya tarik ponsel ini.

Realme 2 hadir dengan fitur kunci seperti desain berponi, baterai kapasitas besar, dan kamera belakang ganda. Kehadiran Realme 2 menjadi lawan serius bagi Xiaomi Redmi 6, Oppo A3S, Vivo Y91, dan juga Asus Zenfone Max Pro M1.

Layar

Realme 2 ini hadir dengan layar full screen dengan bezel yang terbilang sangat tipis di kelasnya. Layar ponsel ini berukuran 6,2 inci berteknologi panel IPS dengan resolusi HD+ yang cukup berkualitas. Warna yang dihasilkan layar Realme 2 ini cukup punchy dan tajam. Resolusi yang hanya HD+ ini ternyata masih memadai dan tidak terlihat renggang, meski tak sepadar layar dengan resolusi lebih tinggi. Respon touchscreen Realme 2 ini gegas dan responsif, cukup nyaman untuk bermain game.

Viewing angle kayarnya terbilang luas. Sayangnya saat digunakan di bawah sinar matahari, layar Realme 2 tak cukup terang. Meski disebutkan sudah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass, ternyata layar Realme 2 mudah tergores. Sebulan penggunaan normal sudah meninggalkan bekas goresan, padahal tim Laptophia beusaha hati-hati saat melakukan review Realme 2 ini.
Baca juga:Xiaomi Mi In-Ear Pro HD Triple Driver Review: Kualitas Suara Mantap!

Performa

Pada review Realme 2 kali ini, performanya cukup kompetitif menurut Laptophia. Ponsel cantik ini mengandalkan sokongan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 450 SDM450 yang mengusung prosesor octa-core ARM Cortex-A53 64-bit yang berlari dengan kecepatan 1,8GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 3GB atau 4GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 506.

Laptophia melihat Snapdragon 450 ini memiliki performa yang tak jauh berbeda jika dibandingkan dengan Snapdragon 625. Hal ini membuat kinerja ponsel Realme 2 ini sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan komunikasi masa kini. Saat Laptophia sudah menginstal aneka aplikasi sosial media, Realme 2 masih belum mengalami penurunan performa. Angka benchmark yang dihasilkan oleh Realme 2 juga terbilang sangat kompetitif di kelasnya.

Mengandalkan dukungan grafis dari Adreno 506, Realme 2 ini mampu memainkan game-game modern di Android seperti AoV, Mobile Legends, PUBG Mobile, dan sebagainya tanpa masalah. Tak hanya itu, saat beban kerja tinggi, suhu ponsel Realme 2 ini hanya hangat saja. Tidak ada gejala overheat di ponsel ini.

Audio

Realme 2 dibekali sebuah loudspeaker pada sisi bawah ponsel. Posisi speaker ini membuat speakernya tidak rawan tertutup saat diletakkan di meja. Suara yang dihasilkan oleh speaker Realme 2 ini cukup kencang menurut Laptophia. Karakteristik suaranya sama seperti kebanyakan speaker ponsel yang didominasi oleh treble, tetapi tidak cempreng.

Speaker ponsel ini masih terdengar suara bass yang membuat kualitas suara secara umum masih enjoyable. Ketika menggunakan headset, Realme 2 ini mampu menghasilkan output suara yang solid dan seimbang.

Baterai

Baterai menjadi salah satu keunggulan dari review Realme 2 kali ini. Kapasitas baterai besar yang mencapai 4230mAh ditandemkan dengan SoC Snapdragon 450 membuat daya tahan baterai Realme 2 awet di kelasnya. Penggunaan sosial media ringan, Laptophia bisa hampir dua hari. Sedangkan penggunaan yang lebih intensif rata-rata bertahan hingga 1,5 hari. Sayangnya, Realme 2 tidak didukung fitur fast charge.

Memori

Smartphone menengah dengan desain memesona Realme 2 ini menyisakan ROM atau memori internal sekitar 21,5GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 1,1 – 1,2GB. Smartphone ini telah mendukung USB OTG dengan port microUSB.
Baca juga:Eggel Solo Review: Speaker Bluetooth Terbaik di Bawah 200 Ribu!

Kesimpulan

Secara umum, Realme 2 cukup menarik di kelasnya dengan desain cantik finishing diamond cut dan didukung build quality yang solid. Smartphone ini hadir dengan semua fitur kekinian seperti layar fullscreen berponi, kamera belakang ganda, AI camera, dedicated slot, dan banyak lagi. Daya tahan baterainya juga di atas rata-rata.

Harganya yang terjangkau membuat Realme 2 ini harus memangkas fitur lain seperti absennya LED notifikasi dan dukungan fast charge. Tak hanya itu, hal yang mengherankan adalah layar ponsel Realme 2 ini yang mudah tergores meski sudah dibekali dengan Corning Gorilla Glass.

Kelebihan Realme 2

  • Desain cantik
  • Dedicated slot
  • Baterai tahan lama
  • Kamera ganda berkualitas baik

Kekurangan Realme 2

  • Tidak mendukung fast charge
  • Layar mudah tergores
  • Tidak dilengkapi LED notifikasi

Harga Realme 2

Realme 2 merupakan salah satu pendatang baru yang memesona dengan desain yang cantik dan spesifikasi yang menggiurkan. Harga Realme 2 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia terima adalah Rp 1.999.000. Berdasarkan hasil review Realme 2 yang telah Laptophia lakukan, ponsel ini memang memesona dan menarik perhatian. Tak hanya mengandalkan desain yang cantik, Realme 2 juga tampil dengan spesifikasi yang terbilang sangat kompetitif di kelasnya.

Dukungan Snapdragon 450 dengan RAM 3GB membuat performanya memadai. Kamera ganda yang diusungnya relatif bisa diandalkan. Tak hanya itu, fitur Realme 2 juga terbilang lengkap. Secara umum, Realme 2 merupakan salah satu smartphone yang laik dipertimbangkan sekaligus penantang serius bagi pesaing terdekatnya seperti Xiaomi Redmi 6, Asus Zenfone Max Pro M1, dan sebagainya.
Anda dapat membeli atau cek harga Realme 2 di Sini (Klik)

Spesifikasi Realme 2

  • Sistem Operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka Color OS 5.1
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 450 dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 1,8GHz
  • Grafis Adreno 506
  • Kamera belakang ganda 13 megapiksel + 2 megapiksel (depth sensor) dengan sensor BSI CMOS, lima elemen lensa aperture f/2.2, phase-detection autofokus, LED flash. Kamera depan 8 megapiksel fixed focus dengan sensor BSI CMOS, lensa aperture f/2.2, AI Beauty 2.0
  • Layar sentuh 2.5D berukuran 6,2 inci, dengan resolusi HD+ 720 x 1520 pixels, kerapatan 271 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS, Corning Gorilla Glass 3
  • Memori RAM 3GB atau 4GB, ROM 32GB atau 64GB dilengkapi slot microSD max 256GB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port MicroUSB, USB OTG, GPS, dual SIM, face unlock, fingerprint sensor, port audio 3,5mm
  • Dimensi 156.2 x 75.6 x 8.2 mm berat 168 gram
  • GSM / 3G HSDPA / 4G LTE
  • Baterai 4230mAh, non-removable
  • Warna Diamond Black, Diamond Red, dan Diamond Blue
Anda mungkin suka:Review Samsung Galaxy A7 2018: Mewah dengan Triple Camera!