eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Honor 9 Lite Review Quad Camera Termurah: Redmi 5 Plus Killer?

Honor 9 Lite Review Quad Camera Termurah: Redmi 5 Plus Killer? – Beberapa waktu lalu Laptophia kedatangan sebuah smartphone kelas menengah yang mengusung spesifikasi yang terbilang cukup bersaing di kelasnya, yakni Honor 9 Lite. Kehadiran ponsel Honor 9 Lite ini memang tak seheboh brand yang lebih tenar seperti Asus dan Xiaomi, tetapi seri ini laik dipertimbangkan. Berdasarkan pantauan Laptophia, Honor 9 Lite ini merupakan salah satu smartphone quad camera termurah di Indonesia saat ini dan menawarkan performa yang terbilang bersaing di kelasnya.

Banyak yang berpendapat bahwa Honor 9 Lite ini merupaka Xiaomi Redmi 5 Plus killer sekaligus pesaing tangguh bagi Asus Zenfone Max Pro M1 atau Xiaomi Redmi S2. Mengandalkan dukungan SoC HiSilicon Kirin 659 dengan desain mewah menjadi salah satu daya tarik ponsel ini. Penasaran? Simal ulasan Honor 9 Lite review oleh Laptophia kali ini!
Honor 9 Lite Review Quad Camera Termurah: Redmi 5 Plus Killer?

Paket Pembelian Honor 9 Lite

Paket Pembelian Honor 9 Lite
  • Unit Honor 9 Lite 3GB/32GB Sapphire Blue
  • Kepala charger
  • Kabel microUSB
  • SIM card ejector
  • Headset atau handsfree
  • Hardcase transparan
  • Manual
  • Kartu garansi
Baca juga:Xiaomi Redmi 5 Plus Review: Smartphone Kekinian dengan Harga Masuk Akal!

Desain Honor 9 Lite

Desain Honor 9 Lite

Desain Honor 9 Lite
Desain mungkin menjadi salah satu sektor yang menonjol dari Honor 9 Lite review oleh Laptophia kali ini. Casing belakang yang mengkilap pada smartphone ini sudah menaklukan hati penulis sejak pertama kali keluar dari boks. Honor 9 Lite ini sekilas memang terlihat standar saja, tetapi sisi belakang ponsel ini begitu menarik dengan finishing glossy yang sangat mengkilap. Laptophia bahkan bisa ngaca menggunakan casing belakang Honor 9 Lite varian Sapphire Blue ini! Sungguh, casing belakangnya membuat ponsel ini begitu cantik.

Sayangnya, finishing glossy yang sangat mengkilap pada Honor 9 Lite ini bagai dua sisi mata uang yang memiliki nilai positif dan negatif. Positifnya, Honor 9 Lite terlihat mewah dan cantik. Akan tetapi negatifnya, casing belakang mudah kotor dan meninggalkan jejak sidik jari. Laptophia masih belum mengetahui apakah casing mengkilap di sisi belakang Honor 9 Lite ini terbuat dari material kaca atau polikarbonat.

Sisi depan ponsel Honor 9 Lite ini terlihat biasa saja dan tak jauh berbeda dengan ponsel kekinian lainnya yang mengusung bezel yang terbilang tipis. Terlihat dua buah kamera depan cukup mencolok dan layarnya telah menggunakan kaca berkontur 2.5D. Ponsel ini menggunakan frame berbahan polikarbonat atau plastik. Meski demikian, build qualitynya terbilang solid dan terasa cukup kuat.

Dimensi ponsel Honor 9 Lite yang mengusung layar sentuh berukuran 5,65 inci ini terbilang kompak dan cukup nyaman digenggam. Tak hanya itu, smartphone quad camera termurah ini juga relatif nyaman dioperasikan dengan satu tangan. Bobot ponsel ini terbilang standar dan agak licin ketka digenggam, sehingga harus ekstra hati-hati agar tidak slip dan terjatuh. Secara umum, Honor 9 Lite menawarkan penampilan menarik dengan build quality yang jempolan.
Baca juga:Review Infinix Hot S3 X573: Smartphone Selfie Killer dengan OS Android Oreo
Desain Honor 9 Lite

Desain Honor 9 Lite

Pada review Honor 9 Lite kali ini, sisi depan terdapat lubang kamera depan ganda, earpiece, ambient light sensor, proximity sensor, LED notifikasi, layar full HD+ berukuran 5,65 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Ponsel Honor 9 Lite ini sudah mengadopsi on-screen button.

Layar smartphone kekinian Honor 9 Lite sudah berkontur 2.5D, tetapi tak disebutkan adanya lapisan antigores seperti Gorilla Glass atau AGC Dragontrail. Hal ini membuat Laptophia sangat menganjurkan pengguna untuk memasang screenguard atau tempered glass di Honor 9 Lite agar tak mudah tergores.

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Honor 9 Lite ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tray slot microSD, SIM 1, dan SIM 2 dengan jenis hybrid slot. Sisi atas ponsel 4G LTE terbaru Honor ini tidak terdapat tombol atau port apapun.

Sedangkan bagian belakang ponsel Honor 9 Lite ini terdapat lubang kamera ganda yang tersusun horizontal, LED flash, sensor sidik jari, dan logo Honor. Merek asal Tiongkok pembesut produk flagship Honor 10 ini menempatkan port microUSB, speaker grill, port audio 3,5mm, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Video Unboxing Honor 9 Lite

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Software & Fitur Honor 9 Lite

Software & Fitur Honor 9 Lite
Sisi perangkat lunak, Honor 9 Lite ini menggunakan sistem operasi Android 8.0 Oreo yang dibalut dengan antarmuka khas Emotion UI atau EMUI versi 8.0. Sayangnya, masih belum diketahui apakah ponsel quad camera termurah ini akan mendapat upgrade ke Android P di masa mendatang atau tidak. EMUI pada ponsel Honor 9 Lite ini menawarkan tampilan yang khas, simpel, dan mudah digunakan. Laptophia disuguhi tampilan Lockscreen dan Homescreen tanpa kehadiran App Drawer.

EMUI pada ulasan Honor 9 Lite review kali ini memang menawarkan tampilan antarmuka yang simpel dan dilengkapi fasilitas kostumisasi yang terbilang sangat lengkap di kelasnya menurut Laptophia. EMUI memungkinkan kita untuk mengganti themes, wallpaper, efek animasi transisi, jumlah ikon yang tampil, dan banyak lagi. Themes dan wallpaper pada ponsel Honor 9 Lite juga dapat ditambah dengan cara mengunduhnya melalui aplikasi yang tersedia di ponsel.
Baca juga:Xiaomi Redmi Note 5A Prime Review: Cocok untuk Penggemar Selfie
Tak hanya menawarkan kostumisasi yang sangat lengkap, EMUI yang diusung oleh smartphone quad camera termurah Honor 9 Lite ini terbilang cukup lengkap. Beberapa fitur andalan dari ponsel Honor 9 Lite ini adalah face unlock, App Lock, File Safe, motion control, One-handed UI, Eye comfort (sejenis bluelight filter), ultra power saving mode, dan banyak lagi. Sensor sidik jari ponsel Honor 9 Lite ini bekerja dengan cukup gegas. Sedangkan face unlock juga bekerja dengan baik dan responsif, bahkan saat kondisi cahaya minim juga masih dapat bekerja dengan akurat.

Aplikasi bawaan smartphone Honor 9 Lite ini tak terlalu banyak dan tidak membebani performa menurut Laptophia. Beberapa aplikasi bawaan ponsel quad camera termurah ini antara lain adalah Google Apps, Facebook, Facebook Messenger, Instagram, Booking.com, dan juga aplikasi bawaan Honor. Secara umum, ponsel Honor 9 Lite yang mengusung EMUI ini menawarkan tampilan yang sederhana tetapi customizable, performa gegas, fitur yang lengkap, dan konsumsi memori RAM yang masih terbilang efisien.

Benchmark Honor 9 Lite


CPU-Z Honor 9 Lite
CPU-Z Honor 9 Lite
Benchmark AnTuTu v7 Honor 9 Lite
Benchmark AnTuTu v7 Honor 9 Lite
Benchmark Vellamo Honor 9 Lite

Benchmark Vellamo Honor 9 Lite
Benchmark Geekbench 4 Honor 9 Lite
Benchmark Geekbench 4 Honor 9 Lite
Benchmark PCMark Honor 9 Lite
Benchmark PCMark Honor 9 Lite
Benchmark 3DMark Honor 9 Lite
Benchmark 3DMark Honor 9 Lite
Benchmark Basemark OS II Honor 9 Lite
Benchmark Basemark OS II Honor 9 Lite
Sensorbox for Android & Multitouch Tester Honor 9 Lite
Sensorbox for Android & Multitouch Tester Honor 9 Lite

Hasil Foto Kamera Honor 9 Lite





Foto Siang Hari

Foto mode Portrait (Bokeh)




Foto Macro





Foto Malam Hari

Foto Selfie Kamera Depan


Foto selfie kamera depan dengan efek bokeh (Portrait Mode)

Hasil Rekaman Video Honor 9 Lite Full HD


Review Kamera Honor 9 Lite

Pada Honor 9 Lite review kali ini, kamera menjadi salah satu keunggulan utamanya dengan mengusung dukungan empat kamera yang terdiri dari dua kamera belakang dan dua kamera depan. Honor 9 Lite mengandalkan kamera belakang ganda berkekuatan 13 megapiksel + 2 megapiksel dengan sensor BSI 1/3 inci 1.12um piksel dengan fitur autofokus ditandemkan lensa aperture f/2.2 lengkap dengan LED flash. Kamera depan ganda Honor 9 Lite ini berkekuatan 13 megapiksel + 2 megapiksel dengan sensor BSI dengan lensa aperture f/2.0 fixed focus yang cukup lumayan untuk foto selfie dan video call.

Aplikasi kamera bawaan ponsel Honor 9 Lite ini menawarkan fitur dan mode yang sangat lengkap. Bahkan, ponsel ini menyediakan mode manual yang lengkap yang memungkinkan pengguna mengatur ISO, WB, focus distance, shutter speed, dan banyak lagi. Selain itu, aplikasi kamera bawaan pada Honor 9 Lite review ini terbilang intuitif dan mudah digunakan menurut Laptophia.

Foto yang dihasilkan oleh smartphone Honor 9 Lite ini ternyata lebih baik dari ekspektasi Laptophia. Saat siang hari, foto yang dihasilkan mampu menghasilkan detail yang cukup mantap di kelasnya, warna yang cukup punchy, dan tajam. Sayangnya, dynamic range agak kurang dan kadang menghasilkan foto yang underexpose atau overexpose. Masalh ini dapat diselesaikan dengan mengaktifkan mode HDR yang meningkatkan dynamic range yang signifikan.
Baca juga:Xiaomi Redmi 5A Review: Penghancur Harga Smartphone Murah
Mode bokeh atau portrait mode kamera belakangnya terbilang cukup baik dan rapi, meski kadang agak kewalahan pada detail tertentu seperti rambut yang terurai. Kecepatan fokus kamera Honor 9 Lite untuk memotret macro laik mendapat acungan jempol. Foto macro yang dihasilkan oleh Honor 9 Lite ini juga terbilang memuaskan menurut Laptophia karena mampu menghasilkan detail yang mantap, efek blur atau bokeh yang oke, dan warna yang terbilang akurat.

Saat digunakan memotret pada malam hari, Honor 9 Lite review kali ini terbilang biasa saja dan tak jauh berbeda dengan kebanyakan ponsel lainnya di pasaran. Foto malam hari Honor 9 Lite ini mengalami penurunan detail yang cukup signifikan dan diiringi noise yang cukup lumayan. Meski demikian, kualitasnya masih cukup baik dan laik di-share di sosial media.

Kemampuan kamera depan ganda Honor 9 Lite sangat bisa diandalkan untuk sekadar foto selfie. Foto yang dihasilkan cukup tajam, efek beautify yang tidak berlebihan, dan warna yang akurat. Mode bokeh atau portrait pada kamera ganda depan ini ternyata tidak jauh beda dengan kamera belakang, yakni cukup rapi dengan efek bokeh yang mantap.

Honor 9 Lite Review

Honor 9 Lite Review
Honor 9 Lite adalah smartphone yang cukup menarik di kelas menengah. Pamornya memang tidak setenar Xiaomi, Samsung atau Asus, tetapi spesifikasi dan kualitanya laik diperhitungkan. Honor sendiri bukan bran sembarangan di pasar smartphone karena ia merupakan anak perusahaan Huawei yang sudah berpengalaman di pasar smartphone dunia. Seri Honor ini didesain untuk menghadirkan spesifikasi tinggi dengan fitur lengkap, tetapi dibandrol dengan harga yang kompetitif.

Pada Honor 9 Lite review kali ini, quad camera dengan harga miring menjadi nilai jual utamanya. Sebenarnya tak hanya itu, penampilan smartphone ini begitu mewah dan menarik dengan casing belakang yang sangat mengkilap.

Peforma ponsel Honor 9 Lite ini sama sekali tak bisa dipandang remeh karena SoC HiSilicon Kirin 659 yang diusungnya masih sedikit lebih kencang ketimbang Snapdragon 625. Lalu mampukah Honor 9 Lite ini bersaing di tengah kompetisi pasar smartphone tanah air yang sudah ketat berdarah-darah?

Layar

Smartphone Honor 9 Lite ini hadir dengan layar berukuran tidak terlalu besar, yakni 5,65 inci dengan resolusi layar Full HD+ dan menggunakan panel berteknologi IPS. Laptophia melihat layar Honor 9 Lite ini mampu menghasilkan warna yang cukup nyaman di mata, tajam, dan terkesan padat karena kerapatannya mencapai 428 piksel per inci. Hal yang menarik adalah layar Honor 9 Lite ini mampu menghasilkan warna hitam yang sangat pekat, meski tak sepekat AMOLED.
Baca juga:Xiaomi Redmi Note 5A Review: Smartphone Terbaik di Kelas 1,5 Juta!
Ukuran layarnya terbilang kompak membuatnya nyaman dioperasikan dengan satu tangan dan didukung respon touchscreen yang terbilang gegas. Tak hanya itu, sudut pandang layar ponsel quad camera termurah besutan Honor ini juga terbilang luas. Saat digunakan di bawah sinar matahari, performa layar Honor 9 Lite ini memang cenderung biasa saja. Namun, gambar atau tulisan yang tampil masih terlihat cukup jelas.

Performa

Performa atau kinerja smartphone Honor 9 Lite ini laik diperhitungkan di kelasnya dengan mengandalkan SoC (System on Chip) HiSilicon Kirin 659 yang mengusung prosesor octa-core ARM Cortex-A53 64-bit yang terdiri dari quad-core 2,36GHz dan quad-core yang berlari dengan kecepatan 1,7GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 3GB serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-T830 MP2. SoC ini sedikit lebih kencang jika dibandingkan dengan Snapdragon 625.

Kirin 659 yang menjadi otak Honor 9 Lite adalah SoC yang dikembangkan sendiri oleh Huawei untuk kelas mainstream. Meski tak setenar Qualcomm dengan seri Snapdragon andalannya, performa Kirin 659 ini laik diperhitungkan. Selama menggunakan dan proses Honor 9 Lite review, Laptophia sama sekali tak menemui kendala performa. Buka tutup aplikasi dan perpindahan menu berlangsung gegas dan nyaris tanpa lag. Saat banyak aplikasi jalan di background juga belum ada penurunan performa yang signifikan.

Hasil benchmark mengungkapkan bahwa Honor 9 Lite ini selangkah lebih kencang ketimbang ponsel bertenaga Snapdragon 625. Meski demikian, kemampuan grafis Mali-T830 MP2 yang diusung Honor 9 Lite ini masih kalah kelas jika dibandingkan dengan Adreno 506 milik Snapdragon 625. Kinerja Honor 9 Lite dalam memainkan game kekinian seperti Mobile Legends, AOV, dan game lainnya sudah mencukupi. Saat bekerja, Honor 9 Lite ini ternyata hanya hangat saja dan tidak panas.

Audio

Honor 9 Lite dibekali dengan loudspeaker yang terletak pada sisi bawah. Performa loudspeaker ponsel quad camera ini terbilang kencang dan cukup detail, tetapi bass tidak terasa. Ini bisa dimaklumi karena kebanyakan speaker internal ponsel memang kurang kompeten memproduksi suara bass.

Saat menjajal mendengarkan musik dari Honor 9 Lite menggunakan headphone Sennheisser HD 202 II, keluaran suaranya terbilang cukup solid dengan dentuman bass yang cukup dalam, vokal yang jelas, dan treble yang menyenangkan.
Baca juga:Hands On Review Asus TUF Gaming FX504GE: Desain Ciamik!

Baterai

Berbekal baterai non removable berkapasitas 3000mAh membuat Honor 9 Lite ini memiliki daya tahan yang biasa saja atau cenderung standar. Berdasarkan pengalaman yang Laptophia alami, Honor 9 Lite ini mampu bertahan hampir seharian dengan pola penggunaan sosial media intensif dan kamera.

Biasanya Laptophia melakukan pengisian daya pada malam hari menjelang tidur dan sore hari setelah maghrib, baterai berada di kisaran 20-an persen. Tentunya daya tahan baterai ini dipengaruhi oleh pola penggunaan masing-masing.

Memori

Smartphone quad camera termurah Honor 9 Lite ini menyisakan ROM atau memori internal sekitar 22,85GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 1,2 – 1,4GB. Smartphone ini telah mendukung USB OTG.

Kesimpulan

Secara umum, Honor 9 Lite ini merupakan salah satu smartphone paling laik beli dan mudah didapatkan dengan harga di bawah Rp 2,5 juta. Honor 9 Lite review yang telah laptophia lakukan menunjukkan hasil yang sangat positif dengan quad kamera yang bisa diandalkan, performa yang kompetitif, dan desain yang menarik.
Dibalik desainnya yang menarik, casing belakang Honor 9 Lite ini mudah kotor dan licin sehingga rawan terjatuh dari genggaman. Tak hanya itu, ponsel ini mengandalkan hybrid slot yang membuat konsumen harus memilih single SIM dengan microSD atau dual SIM aktif.

Kelebihan Honor 9 Lite

  • Quad camera termurah
  • Kinerja bersaing di kelasnya
  • Kamera bisa diandalkan
  • Desain mewah

Kekurangan Honor 9 Lite

  • Hybrid slot
  • Casing belakang mudah kotor

Harga Honor 9 Lite

Harga smartphone Honor 9 Lite terbaru berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 2.299.000 saat flash sale. Sedangkan harga reguler dari ponsel Honor 9 Lite ini adalah Rp 2.499.000. Berdasarkan hasil Honor 9 Lite review yang telah Laptophia lakukan, ponsel ini menawarkan impresi yang terbilang sangat baik. Ponsel besutan Honor ini hadir dengan desain yang sangat menawan (terutama varian warna biru) diiringi dengan build quality yang solid.

Performa ponsel Honor 9 Lite ini cukup kencang di kelasnya dan didukung empat buah kamera dengan harga yang sangat masuk akal. Secara umum, Laptophia menilai Honor 9 Lite merupakan salah satu smartphone terbaik yang mudah didapat dengan harga kurang dari Rp 2,5 juta.
Anda dapat membeli atau sekadar cek harga smartphone Honor 9 Lite di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Spesifikasi Honor 9 Lite

  • Sistem Operasi Android 8.0 Oreo dengan antarmuka Emotion UI 8.0
  • Chipset HiSilicon Kirin 659, prosesor octa-core ARM Cortex-A53 64-bit terdiri dari quad-core 2,36GHz dan quad-core 1,7GHz
  • Grafis Mali-T830 MP2
  • Dual kamera belakang 13 megapiksel dan 2 megapiksel, sensor BSI, lensa aperture f/20, phase-detection autofokus dengan dilengkapi LED flash. Kamera depan 13 megapiksel + 2 megapiksel, sensor BSI, fixed focus dengan aperture f/2.0
  • Layar sentuh 5,65 inci dengan resolusi full HD+ 2160 x 1080 pixels, rasio 18:9, kerapatan 428 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS LCD
  • Memori RAM 3GB, ROM 32GB dilengkapi slot microSD maksimal 256GB Hybrid Slot
  • WiFi, Bluetooth, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, fingerprint sensor, port microUSB, Face Unlock
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 151 x 71.9 x 7.6 mm dengan berat 149 gram
  • Baterai 3000mAh, non removable
  • Warna Midnight Black, Sapphire Blue, Glacier Gray, Navy, Seagull Gray, Magic Nightfall, Pearl White (Hanya ada dua varian warna di Indonesia)
Anda mungkin suka:Review Asus Zenfone Max Pro M1: Kinerja Tinggi dengan Baterai Jumbo!