IBX582004D475488 Unboxing Xiaomi Mi 5S 64GB: Monster di Kelas Menengah

Unboxing Xiaomi Mi 5S 64GB: Monster di Kelas Menengah




Unboxing Xiaomi Mi 5S 64GB: Monster di Kelas Menengah – Dua hari yang lalu Laptophia Blog telah kedatangan smartphone 4G LTE (Long Term Evolution) yang cukup buas di kelas menengah, yakni Xiaomi Mi 5S 64GB. Smartphone ini memang bukan produk rilis terbaru, tetapi spesifikasi dan performa yang diusungnya sama sekali tak bisa dipandang sebelah mata. Smartphone yang diperkenalkan Oktober 2016 ini mengandalkan kinerja sekelas flagship dengan dukungan chipset Qualcomm Snapdragn 821 yang powerful.

Tak hanya itu, kamera juga menjadi salah satu daya tarik dari ponsel Xiaomi Mi 5S 64GB ini dengan dukungan kamera belakang bersensor Sony IMX378. Sensor ini adalah sensor yang sama dengan yang dipakai kamera Google Pixel. Penasaran? Simak ulasan hands on dan unboxing Xiaomi Mi 5S 64GB oleh Laptophia Blog kali ini!

Unboxing Xiaomi Mi 5S 64GB: Monster di Kelas Menengah

Perlengkapan Xiaomi Mi 5S 64GB

Perlengkapan Xiaomi Mi 5S 64GB
  • Unit Xiaomi Mi 5S 64GB Gold
  • Kepala charger
  • kabel USB
  • SIM card ejector
  • Booklet manual
  • Kartu garansi
Baca juga:Xiaomi Mi5 Review: Ponsel Bertenaga Snapdragon 820 Termurah

Hands On & Unboxing Xiaomi Mi 5S 64GB

Harga Xiaomi Mi 5S
Tk lama setelah unit Xiaomi Mi 5S 64GB ini tiba, tim Laptophia Blog langsung melakukan unboxing untuk mengecek kondisi unit dan kelengkapan yang diusungnya. Kemasan smartphone Xiaomi Mi 5S ini menggunakan boks berwarna putih dengan logo Mi yang agak samar pada bagian depan. Boks warna putih ini mengingatkan Laptophia Blog pada kemasan smartphone Xiaomi Redmi 4A yang telah diulas lebih dulu.

Saat pertama kali memegang unit ponsel Xiaomi Mi 5S 64GB, Laptophia merasa ini sangat berbeda dengan Xiaomi Mi5 yang tak lain adalah pendahulunya. Smartphone ini dibalut dengan casing metal unibody yang kokoh dan kuat. Ini menghapus kesan ringkih atau rapuh yang tersemat pada ponsel Xiaomi Mi5 yang menggunakan casing kaca. Xiaomi Mi 5S tampil menarik dengan bezel tipis dan layar lengkung 2.5D yang menawan.

Meski menggunakan balutan casing metal atau aluminium, Mi 5S ini ternyata masih terasa agak licin dan rawan slip. Ukuran ponsel Xiaomi Mi 5S sendikit lebih lebar dan lebih tinggi jika dibandingkan dengan Xiaomi Mi5. Secara umum, build quality yang ditawarkan oleh smartphone Xiaomi Mi 5S jauh lebih solid dan terkesan lebih mahal dibandingkan dengan pendahulunya.

Sisi depan ponsel Xiaomi Mi 5S 64GB ini terdapat sensor proximity, ambient light sensor, LED notifikasi, earpiece, lubang kamera depan, layar full HD berukuran 5,15 inci, sebuah tombol Home fisik kapasitif yang terintegrasi dengan sensor sidik jari ultrasonic, dan dua buah tombol kapasitif. Sebagai tambahan informasi, kedua tombol kapasitif Xiaomi Mi 5S ini dilengkapi dengan backlight.
Baca juga:Pre-order Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus Dibuka di Indonesia
Sedangkan pada sisi belakang ponsel 4G LTE kelas menengah rasa flagship Xiaomi Mi 5S 64GB ini terdapat terdapat kamera belakang, dual-tone LED flash, microphone, dan logo Xiaomi pada bagian bawah. Pabrikan asal Tiongkok ini menempatkan tombol volume rocker dan tombol power pada sisi kanan ponsel.

Sedangkan sisi kiri ponsel Xiaomi Mi  5S 64GB ini terdapat baki slot sim card yang dapat diakses menggunakan SIM card ejector yang ada pada paket penjualan. Sayangnya, smartphone ini tidak dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal, sama seperti pendahulunya.

Sedangkan sisi bawah ponsel Xiaomi Mi 5S ini terdapat port USB Type-C, lubang microphone, dan speaker grill. Sedangkan sisi atas Xiaomi Mi 5S terdapat hanya terdapat port audio 3,5mm. Penempatan tombol dan port smartphone ini memang tak jauh berbeda dengan Xiaomi Mi5.

Seperti yang sudah Laptophia Blog singgung di atas, ponsel Xiaomi Mi 5S ini tidak dapat dilepas casing belakang atau baterainya (non removable). Saat ini memang sebagian besar smartphone kelas menengah atas mengadopsi desain seperti ini.
Spesifikasi Xiaomi Mi 5S
Smartphone flagship dengan harga menengah ini dibekali dengan spesifikasi layar yang tak jauh berbeda dengan pendahulunya, yakni layar sentuh berteknologi IPS (In-Plane Switching) resolusi full HD 1920 x 1080 piksel yang berukuran 5,15 inci dengan dukungan yang menawarkan kerapatan mencapai 428 piksel per inci yang cemerlang karena mampu menawarkan brightness 600 nits dan cakupan warna 95% NTSC. Sayangnya, Xiaomi memutuskan untuk tidak melengkapi ponsel ini dengan Corning Gorilla Glass 4.

Berdasarkan informasi yang Laptophia himpun, smartphone ini mengusung sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow yang dibalut dengan antarmuka MIUI 8. Sampai saat ini, belum ada informasi pasti mengenai kapan Xiaomi Mi 5S ini akan mendapat update ke Android 7.0 Nougat.
Baca juga:Xiaomi Redmi Note 4 Review: Andalkan MediaTek Helio X20
Performa menjadi daya tarik utama dari smartphone Xiaomi Mi 5S ini dengan mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 820 MSM8996 dengan prosesor quad-core Kyro yang terdiri dari dual-core berkecepatan 2,15GHz dan dual-core berkecepatan 1,6GHz dengan dukungan memori RAM berkapasitas 3GB jenis LPDDR4. Sedangkan sektor grafis, Xiaomi mempercayakannya pada GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 530.

Kamera menjadi daya tarik utama Xiaomi Mi 5S ini, seperti yang sudah Laptophia singgung di awal artikel ini. Ponsel ini mengandalkan dukungan kamera utama berkekuatan 12 megapiksel dengan sensor Sony Exmor RS IMX378 yang berukuran 1/2.3 inci 1,55um piksel ditandemkan dengan enam elemen lensa dengan aperture f/2.0, serta didukung phase-detection autofokus, serta ditemani dengan dual-tone LED flash. Teknologi phase-detection autofokus mampu meningkatkan kecepatan autofokus secara signifikan. 

Pabrikan Tiongkok yang tak lama lagi akan melepas Xiaomi Mi6 ini juga membekali Xiaomi Mi 5S kamera depan dengan resolusi 4 megapiksel dengan mengandalkan sensor OmniVision OV4688 berukuran 1/3 inci 2um piksel ditandemkan dengan aperture f/2.0 untuk mengakomodasi foto selfie dan video chat.

Unit Xiaomi Mi 5S yang Laptophia Blog ulas dibekali dengan memori internal 64GB tanpa kehadiran slot microSD untuk ekspansi memori eksternal. Mi 5s ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 3200mAh non-removable yang didukung teknologi Quick Charge 3.0 untuk mencukupi kebutuhan dayanya.

Impresi Awal Xiaomi Mi 5S 64GB

Impresi Awal Xiaomi Mi 5S 64GB
Saat menggenggam smartphone Xiaomi Mi 5S 64GB ini, kesan pertama yang Laptophia Blog tangkap adalah kuat dan nyaman. Casing metalnya terasa jauh lebih kokoh dibandingkan dengan casing kaca milik Xiaomi Mi5. Sayangnya, ponsel ini tetap terasa licin dan rawan slip, sehingga Laptophia merekomendasikan penggunaan case tambahan dan tempered glass untuk melindungi ponsel ini.

Impresi awal layar sentuh Xiaomi Mi 5S ini memuaskan menurut Laptophia. Warna yang dihasilkan sangat vivid, meski sedikit over saturated dan tajam. Bisa dikatakan layar Xiaomi Mi 5S ini merupakan salah satu yang terbaik di kelasnya. Touchscreennya gegas dan responsif, serta menawarkan viewing angle yang terbilang luas di kelasnya.

Kesan pertama ketika menjajal performa Xiaomi Mi 5S ini memang cukup gegas dan tanpa lag. Laptophia menjajalnya dengan menginstal dan menjalankan pelbagai aplikasi sosial media dan benchmark untuk keperluan review. Jika dibandingkan dengan Xiaomi Mi5, performa smartphone ini sebenarnya tidak begitu terasa bedanya. Sama-sama responsif dan nyaman digunakan.
Baca juga:Review Xiaomi Redmi 4A: Murah & Kaya Fitur
Sedangkan saat menjajal kamera 12 megapiksel andalan Xiaomi Mi 5S untuk memotret saat siang hari, Laptophia menilai hasil jepretanya jerinh, tajam, minim noise, dan detail yang sangat baik. Kualitas jepretannya terlihat mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan Xiaomi Mi5. Tentunya diperlukan review mendalam untuk mengetahui performa kamera sebenarnya.

Harga Xiaomi Mi 5S 64GB

Harga ponsel 4G LTE Xiaomi Mi 5S 64GB terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia Blog himpun adalah kisaran Rp 3,7 – 3,8 juta dengan garansi distributor atau garansi tidak resmi. Harga smartphone Xiaomi Mi 5S ini tentunya dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi pasar.

Berdasarkan hasil hands on dan unboxing Xiaomi Mi 5S 64GB yang telah Tim Laptophia Blog lakukan, ponsel ini menunjukkan impresi awal yang sangat menarik. Build quality yang mantap, performa yang sangat tinggi, kamera yang mumpuni, dan harga yang sangat masuk akal membuat Xiaomi Mi 5S 64GB sangat laik dipertimbangkan bagi konsumen yang membutuhkan smartphone gahar dengan harga di bawah Rp 4 juta.
Anda dapat membeli atau sekadar cek promo harga terbaru Xiaomi Mi 5S di Sini (klik)

Spesifikasi Xiaomi Mi 5S 64GB

  • Sistem Operasi Android 6.0.1 Marshmallow dengan antarmuka MIUI 8
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 821 MSM8996 Pro dengan prosesor quad-core Kyro yang terdiri dari dual-core 2,15GHz dan dual-core 1,6GHz
  • Grafis Adreno 530
  • Kamera 12 megapiksel dengan sensor Sony Exmor RS IMX378 1/2.3 inci 1.55 um piksel, aperture f/2.0, phase-detection autofokus, dual-tone LED flash. Kamera depan 4 megapiksel dengan sensor OmniVision 4688 1/3 inci 2um piksel, aperture f/2.0
  • Layar sentuh 2.5D berukuran 5,15 inci, dengan resolusi full HD 1920 x 1080 pixels, kerapatan 428 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS, Sunlight Display
  • Memori RAM 3GB, ROM 64GB, tanpa slot microSD
  • WiFi, Bluetooth, USB Type-C, 3.5mm audio jack, GPS, dual SIM, NFC, ultrasonic finger print sensor, QuickCharge 3.0
  • Dimensi 145.6 x 70.3 x 8.3 mm berat 145 gram 
  • GSM / 3G HSDPA / 4G LTE
  • Baterai 3200mAh
  • Warna Silver, Gray, Gold, Rose Gold
Anda mungkin suka:Benchmark Xiaomi Mi 5S 64GB: AnTuTu, Vellamo, Geekbench, CPU-Z, Sensorbox & PCMark

Artikel Laptophia dot Com Lainnya :


Copyright © 2015 Laptophia dot Com | a Tuxlin Blog Networks