IBX582004D475488 Unboxing Hisense F20: Affordable 4G Smartphone

Unboxing Hisense F20: Affordable 4G Smartphone




Unboxing Hisense F20 – Hari ini Laptophia Blog kedatangan sebuah ponsel 4G LTE (Long Term Evolution) kelas entry-level terbaru di Indonesia, yakni Hisense F20. Pabrikan asal Tiongkok ini memang baru saja menginvasi pasar tanah air dengan melepas seri F30 Pureshot Lite, Kingkong, dan Pureshot Plus 2. Hisense F20 merupakan varian paling rendah dari jajaran ponsel terbaru Hisense di Indonesia.

Dukungan jaringan 4G LTE menjadi daya tarik utama ponsel ini. Meski demikian, Hisense tidak membekali F20 ini dengan spesifikasi seadanya tetapi didukung spesifikasi yang bersaing di kelasnya. Hal ini terlihat dari ukuran layar Hisense F20 yang besar dengan resolusi HD, kamera 8 megapiksel, prosesor quad-core, dan RAM 1GB. Berikut ini ulasan hands on dan unboxing Hisense F20 oleh Laptophia Blog!


Unboxing Hisense F20

Perlengkapan Hisense F20

Perlengkapan Hisense F20
  • Unit Hisense F20 warna hitam
  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • Headset atau handsfree
  • Buku panduan
  • Kartu garansi
Baca juga: Andromax A A16C3H Review: VoLTE for Everyone

Preview & Unboxing Hisense F20

Unboxing Hisense F20
Kesan pertama Laptophia Blog pada ulasan hands on dan unboxing Hisense F20 kali ini adalah tipis dan ringan untuk ponsel dengan layar 5,5 inci. Sektor desain, ponsel 4G LTE andalan Hisense ini memang tidak terlalu menonjol dan relatif tak jauh berbeda dengan kebanyakan ponsel yang beredar di pasaran.

Hisense F20 hadir dengan sudut membulat dengan sisi yang agak pipih, sehingga terasa tipis. Namun, hal ini ternyata membuat Laptophia Blog agak kesulitan ketika memencet tombol volume dan power yang ada disamping ponsel.

Smartphone 4G LTE Hisense F20 ini dibalut dengan casing berbahan plastik atau polikarbonat yang dipermanis dengan list tipis berwarna krom di sisinya. Sayangnya, bahan plastik penutup casing belakangnya terlalu tipis. Meski demikian, Hisense F20 cukup solid build qualitynya.

Berdasarkan pantauan Laptophia Blog, sisi depan ponsel Hisense F20 ini terdapat earpiece, proximity sensor, lubang kamera depan, layar sentuh berukuran 5,5 inci, dan tiga buah tombol kapasitif khas Android yang terdiri dari Recent Apps, Home, dan Back.

Sayangnya, tak disebutkan adanya lapisan antigores seperti Gorilla Glass atau AGC Dragontrail pada layar ponsel ini. Tak hanya itu, ketiga tombol kapasitifnya tidak dilengkapi dengan backlight, sehingga agak menyulitkan ketika digunakan di tempat gelap.
Baca juga:Unboxing Mifa F1 Outdoor Bluetooth Speaker
Sedangkan sisi belakang ponsel Hisense F20 terdapat microphone, lubang kamera belakang, LED flash, logo Hisense, dan speaker grill. Lenovo menempatkan volume rocker dan tombol power di sisi kiri ponsel. Sedangkan sisi atas terdapat port audio 3.5 mm. Sisi bawah ponsel 4G LTE Hisense F20 terdapat lubang microphone dan port microUSB.

Casing belakang Hisense F20 ini dapat dilepas dan kita dapat melepas baterainya karena bersifat removable. Smartphone 4G LTE ini telah mendukung dual SIM dan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal. Untuk mengakses kedua slot SIM, kita harus terlebih dahulu melepas casing belakang dan baterai. Sedangkan slot microSD menghadap ke samping kiri, sehingga tidak perlu melepas baterai.

Slot SIM 1 dan SIM 2 yang terdapat pada ponsel Hisense F20 ini bejenis microSIM. Casing ponsel 4G F20 besutan Hisense ini relatif mudah dibuka atau dibongkar, tetapi harus relatif hati-hati karena casing belakang smartphone ini agak tipis.
Spesifikasi Hisense F20
Smartphone 4G LTE Hisense F20 dibekali dengan layar sentuh berteknologi IPS (In-Plane Switching) berukuran 5,5 inci yang disematkan resolusi HD 1280 x 720 piksel dan menawarkan kerapatan 267 ppi. Ukuran layar ponsel ini cukup besar, tetapi tak disebutkan adanya lapisan antogores. Ini wajar mengingat harga yang ditawarkan relatif terjangkau.

Hisense F20 ini menggunakan sistem operasi Android 5.1 Lollipop yang dibalut dengan antarmuka Vision UI 2.0. Sayangnya, Laptophia Blog belum mendapat informasi apakah ponsel entry-level andalan Hisense ini akan mendapat update ke Android Marshmallow di masa mendatang atau tidak.

Sektor kinerja, ponsel 4G Hisense F20 ini bisa dikatakan rata-rata di kelasnya menurut Laptophia Blog dengan mengandalkan dukungan chipset Qualcomm Snapdragon 210 yang meengusung prosesor quad-core ARM Cortex-A7 yang berlari dengan kecepatan 1,1GHz yang ditandemkan dengan memori RAM sebesar 1GB. Sisi grafis, ponsel ini mengandalkan GPU (Graphics Processing Unit) dari Adreno 304.
Baca juga:Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL Review: Fast Autofocus
Sisi kamera, Hisense F20 cukup kompetitif di kelasnya dengan didukung kamera belakang berkekuatan 8 megapiksel lengkap dengan fitur autofokus dan LED flash. Hisense mempersenjatai ponsel 4G LTE murah meriah ini dengan kamera depan resolusi 2 megapiksel fixed focus yang cukup standar untuk foto selfie dan video call.

Ponsel F20 andalan Hisense ini dibekali dengan memori internal berkapasitas 8GB yang dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 32GB. Hisense F20 mengandalkan sokongan baterai berkapasitas 2500mAh untuk mencukupi kebutuhan dayanya.

Impresi Awal Hisense F20

Harga Hisense F20
Impresi awal Laptophia Blog saat menggenggam smartphone Hisense F20 ini adalah tipis dan ringan. Ukuran atau dimensinya relatif tidak terlalu besar untuk smartphone dengan layar 5,5 inci. Smartphone ini menggunakan casing berbahan plastik dengan finishing mate, sehingga relatif tidak terlalu licin. Casing belakangnya memang agak tipis bahannya, tetapi cukup lentur. Kehadiran list krom yang berada di sisi ponsel juga menambah nilai estetika desainnya.

Sektor layar mungki menjadi salah satu daya tarik ponsel Hisense F20 ini dengan mengusung layar 5,5 inci dengan resolusi HD yang mengusung teknologi panel IPS. Laptophia melihat layar ponsel Hisense F20 menghasilkan warna yang cukup menawan, tajam, dan padat. Viewing angle layarnya juga luas dan respon touchscreenya juga cukup sensitif. Absennya proteksi antigores menjadi nilai minus di sektor ini.

Ponsel 4G LTE Hisense F20 ini mengusung spesifikasi dapur pacu yang tak jauh berbeda dengan Lenovo Vibe C yang Laptophia ulas sebelumnya, tetapi performa ponsel ini terasa kurang bertenaga. Selama kurang lebih 3 jam menjajal ponsel ini, Laptophia sering menemui lag dan buka tutup aplikasi yang tidak smooth.

Kami berpendapat bahwa hal ini disebabkan optimasi yang kurang matang. Laptophia berharap Hisense segera merilis update untuk mengatasi masalh tersebut.
Baca juga:Lenovo Vibe C2 Dirilis, Ini Harga & Spesifikasinya
Sedangkan impresi awal Laptophia terhadap performa kamera smartphone 4G LTE Hisense F20 ini agak mengejutkan. Hasil jepretan kamera Hisense F20 ini ternyata cukup baik saat kondisi siang hari yang notabene caha mencukup.

Saat digunakan untuk foto macro, kamera ponsel 4G LTE murah meriah ini masih menunjukkan performa yang lumayan. Sayangnya, Laptophia belum menjajalnya untuk memotret di malam hari. Kecepatan autofokusnya agak lambat. Tentunya masih diperlukan review mendalam untuk mengetahui performa Hisense F20 secara keseluruhan.

Harga Hisense F20

Harga ponsel 4G LTE Hisense F20 terbaru berdasarkan informasi yang Laptophia Blog himpun dari toko-toko online populer di Indonesia adalah Rp 1.299.000. Berdasarkan pantauan Laptophia, ponsel 4G LTE Hisense F20 ini sudah tersedia juga di retail offline, meski belum tersebar merata saat artikel ini ditulis.

Berdasarkan hasil hands on dan unboxing Hisense F20 yang telah Laptophia Blog lakukan, ponsel 4G LTE ini menawarkan desain yang tipis. Build quality ponsel ini memang tidak terlalu wah, tetapi cukup solid.

Salah satu nilai lebih dari smartphone Hisense F20 ini adalah didukung layar berukuran besar dengan resolusi HD dengan kualitas yang cukup baik. Ponsel Hisense F20 ini laik dipertimbangkan bagi konsumen yang mencari ponsel 4G LTE murah menurut Laptophia Blog.
Anda dapat membeli atau sekadar cek harga ponsel 4G Hisense F20 di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Spesifikasi Hisense F20

  • Sistem Operasi Android 5.1 Lollipop dengan antarmuka Hisense Vision UI 2.0
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 210 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A7 32-bit 1,1GHz
  • Grafis Adreno 304
  • Kamera 8 megapiksel autofokus, LED flash. Kamera depan 2 megapiksel fixed focus
  • Layar 5,5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 pixels, kerapatan 267 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS kapasitif LCD
  • Memori RAM 1GB, ROM 8GB, dilengkapi slot microSD maksimal 32GB
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 144.8 mm x 71.8 mm x 7.9 mm dengan berat 149 gram
  • Baterai 2500mAh
  • Warna Black dan White
Anda mungkin suka:Benchmark Hisense F20: AnTuTu, Vellamo, Geekbench, CPU-Z, Sensorbox & Quadrant Standard
;

Artikel Laptophia dot Com Lainnya :

Copyright © 2015 Laptophia dot Com | a Tuxlin Blog Networks