eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Huawei Watch GT 3: Desain Mewah, Baterai Tahan Lama

Review Huawei Watch GT 3: Desain Mewah, Baterai Tahan Lama - Huawei adalah salah satu brand asal Tiongkok yang konsisten menghadirkan produk wearable device seperti smartwatch dan smartband. Akhir 2021 lalu, Huawei secara resmi telah meluncurkan jam tangan pintar Watch GT 3 di pasar Indonesia. Smartwatch Huawei Watch GT 3 ini tampil dengan desain yang mewah dan premium dengan dukungan rotatable crown yang inovatif. Huawei Watch GT 3 tersedia dalam dua varian berdasarkan ukurannya, yakni 46mm dan 42mm.

Selain tampil dengan desain mewah, smartwatch Huawei Watch GT 3 ini juga dibekali dengan fitur yang sangat lengkap di kelasnya untu memantau kebugaran pengguna. Jika dibandingkan dengan pendahulunya, Huawei Watch GT3 ini menawarkan pemantauan yang lebih akurat berkat teknologi TruSeenTM 5.0+ untuk detak jantung dan TruSleep 2.0 untuk tidur. Tak hanya itu, Huawei juga menyediakan ruang kosong sebesar 4GB yang memungkinkan pengguna menyimpan musik di dalamnya, penasaran? Berikut review Huawei Watch GT 3 oleh tim Laptophia!

Review Huawei Watch GT 3: Desain Mewah, Baterai Tahan Lama


Paket Pembelian Huawei Watch GT 3

Paket Pembelian Huawei Watch GT 3

  • Unit Huawei Watch GT 3 46mm Classic Edition
  • Charging dock 
  • Buku manual
  • Kartu garansi

Desain Huawei Watch GT 3

Desain Huawei Watch GT 3

Desain yang premium dan mewah menjadi daya tarik utama pada review Huawei Watch GT 3 oleh tim Laptophia kali ini. Smartwatch Huawei Watch GT 3 ini tersedia dalam dua varian, yakni Active Edition dengan strap silicon dan bodi berwarna hitam. Sedangkan yang mendarat di markas Laptophia adalah varian Classic Edition yang tampil mewah dengan bodi stainlesss steel dengan finishing krom yaang dipadukan dengan strap berbahan kulit.

Saat pertama kali melihat jam tangan pintar Huawei Watch GT 3 ini, tim Laptophia langsung jatuh cinta dengan desainnya. Smartwatch besutan Huawei ini benar-benar terlihat seperti sebuah arloji mewah dengan bodi yang mengkilap dan dan dipadukan dengan layar dengan diameter 46mm lengkap dengan bezel berwarna hitam yang tercetak Tachymeter. Sementara pada samping kanan dan kirinya menggunakan finishing brushed metal yang elegan.

Berbeda dengan Huawei Watch GT 2 yang menggunakan dua buah tombol untuk operasional di sisi kanan, pada review Huawei Watch GT 3 kali ini diganti dengan sebuah rotatable crown yang ukurannya cukup besar dan mencolok, serta menambah nilai estetika. Rotatable crown ini akan membawa pengguna ke menu utama ketika dipencet. Ketika crown diputar, maka akan berfungsi untuk zoom-in atau zoom-out pada menu utama dan scroll pada menu lain di dalamnya. Sementara satu tombol yang disediakan berfungsi untuk akses cepat ke mode workout dan fungsinya masih dapat di custom sesuai kebutuhan.

Baca juga:Review Zeblaze Hybrid 2: Smartwatch Keren dengan Desain Rotating Dial

Review Huawei Watch GT 3: Desain Mewah, Baterai Tahan Lama

Review Huawei Watch GT 3: Desain Mewah, Baterai Tahan Lama

Review Huawei Watch GT 3: Desain Mewah, Baterai Tahan Lama

Review Huawei Watch GT 3: Desain Mewah, Baterai Tahan Lama

Pada sisi atas, jam tangan pintar Huawei Watch GT 3 ini terdapat layar sentuh berbentuk bulat atau real round berukuran 1,43 inci AMOLED dengan resolusi 466 x 466 piksel. Sedangkan pada sisi kanan terdapat rotatable crown dan sebuah tombol yang digunakan untuk mengoperasikan smartwatch. Sedangkan pada sisi kiri Huawei Watch GT 3 tidak terdapat port atau tombol apapun. Sedangkan pada sisi bawah terdapat port magnetik untuk wireless charging dan aneka sensor. Huawei Watch GT 3 ini tahan air dengan rating 5 ATM.

Review Huawei Watch GT 3

Review Huawei Watch GT 3

Huawei Watch GT 3 adalah smartwatch penerus Watch GT 2 yang menawarkan desain yang lebih mewah dan premium. Tak hanya itu, Huawei Watch GT 3 ini juga menawarkan fitur yang lebih lengkap dan inovatif, serta performa yang lebih responsif. Pada review Huawei Watch GT 3 kali ini, tim Laptophia sudah menggunakan smartwatch ini sekitar sebulan lebih.

Layar

Layar menjadi salah satu kelebihan dari review Huawei Watch GT 3 kali ini. Smartwatch andalan Huawei ini dibekali dengan layar sentuh berukuran 1,43 inci berteknologi panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emiting Diode) dengan resolusi 466 x 466 piksel, serta menawarkan kerapatan hingga 326 piksel per inci. Layar jam tangan pintar Huawei Watch GT 3 dilengkapi fitur auto brightness dan always on. Tak disebutkan adanya proteksi antigoresi di layarnya, tetapi seharusnya dilengkapi dengan kemampuan tersebut.

Baca juga:Amazfit GTR Review: Smartwatch Mewah dengan Baterai Tahan Lama

Kualitas layar Huawei Watch GT 3 ini merupakan salah satu yang terbaik di kelasnya menurut tim Laptophia. Layar Huawei Watch GT 3 mampu menghasilkan warna yang sangat vivid, colorful dengan warna hitam yang sangat pekat, dan kontras tinggi yang menjadi ciri khas teknologi AMOLED. 

Respon touchscreen jam tangan pintar Huawei Watch GT 3 sangat responsif, dan viewing angle lebar. Meski kadang agak silau karena layarnya menggunakan finshing glossy, layar Huawei Watch GT 3 terbaca dengan baik dan bisa diandalkan saat berada di bawah sinar matahari. Tekologi AMOLED juga membuat konsumsi baterainya lebih efisien dan membuat daya tahannya lebih lama.

Fitur

Review Huawei Watch GT 3: Desain Mewah, Baterai Tahan Lama

Fitur yang lengkap menjadi daya tarik utama pada review Huawei Watch GT 3 oleh tim Laptophia kali ini. Huawei telah mengembangkan banyak fitur inovatif di smartwatch ini yang akan membantu aktivitas pengguna. Hal yang agak aneh di smartwatch mewah ini adalah tidak tersedianya watchface store, sehingga pengguna tidak dapat mengunduh watchface lain selain 14 watchface yang sudah disediakan.

Jam tangan pintar Huawei Watch GT 3 yang tampil dengan desain mewah ini dilengkapi fitur realtime heartrate dengan algoritma TruSeen 5.0+, mengukur saturasi oksigen Sp02, jumlah kalori yang terbakar, jumlah langkah, sleep monitor dengan algoritma TruSleep 2.0 dan TruRelax, Find My Phone, menampilkan notifikasi dari ponsel, weather, stress monitor, pemantauan aktivitas aneka macam olah raga, kontrol musik, flashlight, stopwatch, timer, alarm, dan sebagainya. Smartphone ini pun dapat memantau stress dengan memberikan skor tingkat stress yang dapat dijadikan referensi pengguna

Hal yang menarik adalah smartband Huawei Watch GT 3 ini dilengkapi dengan 100+ jenis workout, sehingga pengguna bebas memilih olahraga apa yang akan dilakukan. Fitur lain yang menarik perhatian tim Laptophia adalah Running Courses dan Fitness Courses. Kedua fitur ini menjadi samacam pelatih virtual yang membantu pengguna pemula untuk memulai fitness atau lari dengan benar.

Informasi statistik olahraga yang ditampilkan jam tangan pintar Huawei Watch Fit ini cukup lengkap, yakni rute olahraga, durasi, kalori yang terbakar, jarak, kecepatan, pace, heart rate, cadence, skor VO2 Max, dan banyak lagi. Lock GPS cukup cepat dan akurasinya terbilang baik menurut tim Laptophia. Juga tersedia fitur Healthy Living yang mendorong kebiasaan baik untuk mencapai hidup yang lebih sehat seperti minum air putih, senyum, dan sebagainya.

Review Huawei Watch GT 3: Desain Mewah, Baterai Tahan Lama

Salah satu kelebihan smartwatch mewah Huawei Watch GT 3 adalah dibekali dengan memori internal sebesar 4GB yang memungkinkan pengguna menyimpan file musik di dalamnya. Uniknya, tak hanya file MP3 yang dapat dikenali oleh smartwatch ini, tetapi juga format lossless seperti FLAC juga dapat dimainkan. Hanya saja, proses transfer musik hanya dapat dilakukan melalui Bluetooth dan memakan waktu agak lama.

Aplikasi Huawei Health

Review Huawei Watch GT 3

Pada review Huawei Watch GT 3 kali ini, perangkat lunak yang digunakan adalah Huawei Health. Aplikasi ini memang tersedia di Google Play Store, tetapi versi yang disediakan adalah versi lawas. Laptophia harus mengunduh Huawei App Gallery lengkap dengan HMS Core untuk mendapatkan aplikasi Huawei health versi terbaru guna memaksimalkan fitur yang dimiliki jam tangan pintar Watch GT 3 andalan Huawei ini.

Baca juga:Review Huawei Watch Fit: Fitur Lengkap dengan Bobot Ringan

Tampilan antarmuka aplikasi Huawei Health yang ditandemkan dengan Huawei Watch GT 3 ini tampak mudah dimengerti dan intuitif menurut Laptophia. Aplikasi Huawei Health ini menyajikan informasi atau laporan yang sangat lengkap mengenai aktivitas pengguna, seperti statistik jumlah langkah, kalori yang terbakar, detak jantung lengkap dengan analisanya, pelacakan olahraga yang telah dilakukan, jalur lari atau olahraga yang dilakukan pengguna secara akurat berdasarkan GPS, tingkat stres, laporan analisa tidur, dan banyak lagi.


Melalui aplikasi Huawei Health ini, pengguna juga dapat mengatur aplikasi apa saja yang tampil notifikasinya di smartwatch Huawei Watch GT 3. Update firmware juga dilakukan melalui aplikasi ini dan akan muncul notifikasi jika tersedia firmware versi terbaru. Tak hanya itu, Laptophia juga dapat mengatur quick replies atau template balasan untuk membalas chat dari WhatsApp di Huawei Watch GT 3 melalu aplikasi Huawei Health.

Sayangnya, aplikasi Huawei Health pada review Huawei Watch GT 3 kali ini tidak menyediakan opsi untuk menambah watchface karena tidak tersedia store di dalamnya. Praktis, Laptophia hanya dapat menggunakan watchface bawaan yang berjumlah 14 buah. Sebagai tambahan informasi, tim Laptophia menyambungkan smartwatch Huawei Watch GT 3 ini dengan smartphone Samsung Galaxy S20 FE. Mungkin akan lebih maksimal jika disandingkan dengan smartphone besutan Huawei juga.

Performa Huawei Watch GT 3

Review Huawei Watch GT 3: Desain Mewah, Baterai Tahan Lama

Pada review Huawei Watch GT 3 kali ini, Huawei tidak menyebutkan chipset apa yang digunakan di smartwatch canggih ini. Sebelumnya, Huawei menggunakan Kirin A1 untuk seri pendahulunya. Berdasarkan informasi yang Laptophia himpun, Huawei Watch GT 3 konon menggunakan dukungan dual chipset Huawei HiSilicon Hi1132a + Kirin710L dipadukan denhan sistem operasi HarmonyOS 2.0.

Kinerja smartwatch Huawei Watch GT 3 ini sangat responsif dan tidak pernah lag. Saat Laptophia menjelajah fitur dan menu-menu yang tersedia di dalamnya dengan bantuan rotatable crown dan touchscreen, juga terasa sangat nyaman. 

Laptophia menjajal Huawei Watch GT 3 untuk berolahraga dan mampu memberikan data yang sangat lengkap. Tak hanya itu, rute yang Laptophia lewati juga terekam dengan akurat dan menyediakan rute untuk kembali ke titik awal. Pada review Huawei Watch GT 3 kali ini, Laptophia juga menjajalnya untuk menganalisa tidur dan data analisa yang diberikan cukup memuaskan dan lengkap. 

Smartwatch mewah Huawei Watch GT 3 ini dibekali dengan louspeaker yang memungkinkan pengguna langsung memainkan musik yang tersimpan di smartwatch untuk menemani berolahraga. Volume suara yang dihasilkan speaker Huawei Watch GT 3 cukup nyaring, tetapi kurang bertenaga. Smartwatch andalan Huawei ini dapat disambungkan ke headset TWS dan memutar lagu yang tersimpan di dalamnya. 

Baca juga:Review Xiaomi Mi Band 5: Layar Lebih Besar, Fitur Lebih Lengkap

Kenyamanan

Kebetulan unit smartwatch Huawei Watch GT 3 yang menadarat di markas Laptophia adalah varian Classic Edition yang menggunakan strap berbahan kulit yang mewah. Ketika digunakan dalam waktu lama, smartwatch Huawei Watch GT 3 ini cukup nyaman dan tidak terasa panas. Strap terasa lentur dan lembut ketika menempel di kulit.

Tentunya dengan material kulit, sebaiknya tidak sering-sering kena air karena mungkin akan cepat rusak. Solusinya adalah membeli strap karet ketika digunakan untuk berolahraga yang terkena air seperti berenang atau beraktivitas saat hujan.

Baterai

Daya tahan baterai yang panjang menjadi salah satu daya tarik pada review Huawei Watch GT 3 kali ini menurut tim Laptophia. Berbekal baterai berkapasitas 455mAh, jam tangan pintar ini diklaim mampu bertahan hingga 14 hari. 

Berdasarkan pengalaman tim Laptophia, daya tahan baterai Huawei Watch GT 3 ini rata-rata mampu bertahan 9 - 12 hari untuk penggunaan kasual, tetapi jarang menggunakan fitur olahraga. Pengisian daya menggunakan wireles charging bawaan membutuhkan waktu hampir 3 jam untuk menguisi daya baterai smartwatch Huawei Watch GT 3 ini hingga penuh.

Kesimpulan

Secara umum, Huawei Watch GT 3 adalah sebuah smartwatch canggih yang tampil dengan desain mewah dan dipadukan dengan build quality premium yang dapat menyatu dengan berbagai gaya dan lifestyle pengguna. Fitur yang tersedia didalamnya sangat lengkap dan inovatif, serta kemampuan untuk memantau kesehatan dan olahraga yang mumpuni. Selain itu, daya tahan baterai smartwatch andalan Huawei ini juga mengagumkan.

Sayangnya, opsi watchface terbatas karena saat ini belum tersedia opsi untuk menambah koleksi watchface di smartwatch ini. Meski demikian, Huawei Watch GT 3 tetap merupakan sebuah smartwatch mewah dan kaya fitur yang layak dipertimbangkan di kelas harga Rp 3 juta-an.

Kelebihan Huawei Watch GT 3

  • Desain mewah dan premium
  • Build quality mantap
  • Baterai tahan lama
  • Model olahraga lengkap
  • Fitur lengkap dan inovatif
  • Layar AMOLED berkualitas

Kekurangan Huawei Watch GT 3

  • Ketersediaan watchface terbatas
  • Instal Huawei Health terbaru harus melalui App Gallery
  • Fitur lebih maksimal di ekosistem Huawei

Harga Huawei Watch GT 3

Harga Huawei Watch GT 3 46 mm Classic Edition dengan strap kulit coklat dibandrol dengan harga Rp3.499.000 dan Huawei Watch GT 3 46mm Active Edition dengan strap fluoroelastomer hitam seharga Rp3.399.000 dengan gratis strap fluoroelastomer senilai Rp299.000. Berdasarkan review Huawei Watch GT 3 oleh tim Laptophia di atas, smartwatch satu ini memang layak dipertimbangkan.

Sedangkan harga Huawei Watch GT 3 42mm Elegant Edition dengan strap kulit putih dibanderol dengan harga Rp 3.499.000 dan Huawei Watch GT 3 42mm Active Edition dengan strap fluoroelastomer hitam dengan harga Rp 3.399.000 dengan gratis strap kulit putih senilai Rp 399.000.

Anda dapat membeli smartwatch Huawei Watch GT 3 dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Huawei Watch GT 3

  • Product Model: Watch GT 3
  • Chipset: Dual chipset Huawei HiSilicon Hi1132a + Kirin710L
  • RAM 16MB dengan ROM 4GB
  • Sistem operasi HarmonyOS 2.0
  • Compatible System: Android 6.0 atau lebih baru, iOS 9 atau lebih baru
  • Sensor: Accelerometer sensor, Gyroscope sensor, Sp02, optical heart rate sensor, Ambient light sensor, capacitive sensor, thermometer, air pressure sensor,
  • Dilengkapi GPS dengan dual-band A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS
  • Fitur andalan: sport tracking, realtime heart rate, Sp02 monitoring, 100+ workout mode, Huawei TruSeen 5.0+, Huawei TruRelax, Huawei TruSleep 2.0
  • Aplikasi: Huawei Health
  • Fitur lain: Pelacakan dan pemantauan aktivitas harian, Langkah, kalori, intensitas aktivitas, statistik tegakan, pemantauan detak jantung 24 jam, Pengenalan latihan dalam dan luar ruangan yang beragam, fitness courses, running courses
  • Screen Size: 1,43 inci 466 x 466 piksel, 326 piksel per inci
  • Screen Type: AMOLED
  • Bluetooth: 2.4 GHz, Bluetooth 5.0 BLE
  • Loudspeaker
  • Kapasitas baterai: lithium polymer 455mAh, tahan hingga 14 hari, wireless charging
  • Manipulation Mode: touchscreen, button control, dan mobile phone APP control
  • Waterproof 5ATM
  • Dimensi 45,9 mm x 45,9 mm x 11 mm berat 42,6 gram
  • Warna Black dan Steel
Anda mungkin suka:Review Apple Macbook Air M1 2020 A2337: Powerful, Ringkas, dan Baterai Tahan Lama
2 komentar

2 komentar

  • Tuxlin
    Tuxlin
    12 Juni 2022 pukul 10.56
    Jujur, ini desainnya mewah dan kece banget!!! Sayang nih nggak ada opsi buat nambah watchface ya... Sudah dicoba dipairing sama smartphone lain?
    • Tuxlin
      Laptophia Blog
      12 Juni 2022 pukul 23.54
      Sejauh ini belum coba dipairing ke smartphone lain. Nanti kalau ada waktu mau dicoba, barangkali bisa keluar watchface di Watch GT 3 ini hehehe
    Reply