eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Asus ExpertBook B7 Flip B7402, Laptop Bisnis Hybrid Canggih Dukung 5G

Review Asus ExpertBook B7 Flip B7402, Laptop Bisnis Hybrid Canggih Dukung 5G - ASUS resmi memperkenalkan laptop 5G pertama di Indonesia, yaitu Asus ExpertBook B7 Flip B7402. Dalam acara peluncuran bertajuk “Stay Connected, Level Up your Productivity with ASUS ExpertBook”, ASUS ExpertBook B7 Flip diperkenalkan sebagai laptop bisnis yang ditujukan untuk para profesional yang membutuhkan laptop tangguh dan dapat selalu terkoneksi ke internet di manapun serta kapanpun.

Bekerja secara mobile di manapun dan kapanpun saat ini tidak hanya sekadar menjadi sebuah tren, tetapi telah menjelma sebagai sebuah tuntutan apalagi bagi para pekerja profesional. Semakin banyak para profesional kini tidak dituntut lagi untuk terikat dengan absensi dan kewajiban untuk bekerja di dalam ruangan di kantor. Mereka kini diminta untuk selalu produktif di manapun.

Review Asus ExpertBook B7 Flip B7402, Laptop Bisnis Hybrid Canggih Dukung 5G


Bekerja secara mobile bukan hanya sekadar memindahkan lokasi bekerja dari dalam kantor ke luar kantor, namun semua itu dilakukan demi efisiensi. Aktivitas bisnis diharapkan dapat lebih dilakukan secara efisien ketika mobilitas dan produktivitas dihadirkan secara maksimal. Tentunya untuk mencapai hal tersebut diperlukan dukungan perangkat yang mumpuni dan dapat selalu terhubung ke internet sehingga para profesional dapat melakukan tugasnya di manapun dan kapanpun.

Untuk menunjang kebutuhan tersebut, ASUS memiliki solusi yaitu sebuah laptop bisnis yang sudah dilengkapi dengan konektivitas 5G yaitu Asus ExpertBook B7 Flip B7402. Selain dapat terhubung ke jaringan seluler 4G LTE dan 5G, Asus ExpertBook B7 Flip B7402 juga dirancang sangat tangguh, memiliki desain yang ringkas dan ringan, serta dibekali spesifikasi mumpuni untuk menunjang aktivitas para profesional di luar kantor.

Baca juga:Review Huawei Watch GT 3: Desain Mewah, Baterai Tahan Lama

Bagaimanan Asus ExpertBook B7 Flip B7402 dapat membuat para profesional untuk dapat selalu produktif dan mobile? Mari kita ulas.

Mendukung Jaringan Seluler 5G dan 4G LTE

Review Asus ExpertBook B7 Flip B7402, Laptop Bisnis Hybrid Canggih Dukung 5G


Fitur utama yang laing diunggulkan di laptop Asus ExpertBook B7 Flip B7402 adalah konektivitas, yaitu laptop bisnis ini telah dapat terhubung ke jaringan seluler 5G dan 4G LTE. Fitur tersebut membuat Asus ExpertBook B7 Flip B7402 dapat sangat diandalkan setiap saat, khususnya ketika opsi konektivitas ke internet sangta terbatas.

Bagaimana Asus ExpertBook B7 Flip B7402 dapat terhubung ke jaringan seluler 5G dan 4G LTE? Sama seperti telepon seluler dan smartphone, Asus ExpertBook B7 Flip B7402 juga telah dilengkapi modem 5G dan 4G LTE terintegrasi. Cukup pasang kartu SIM ke dalam slot yang disediakan dan laptop ini akan terhubung ke jaringan seluler 5G atau 4G LTE secara otomatis.

Contoh kasus penggunaan Asus ExpertBook B7 Flip B7402 adalah ketika penggunanya sedang berada di dalam kendaraan namun membutuhkan koneksi internet ke laptopnya. Dengan menggunakan ExpertBook B7 Flip B7402, hal tersebut menjadi mudah dilakukan karena laptop bisnis tersebut sudah dapat langsung terhubung ke internet melalui jaringan 5G dan 4G LTE.

Mengapa tidak menggunakan fasilitas hotspot tethering yang tersedia di semua smartphone modern? Berbeda dengan fasilitas hotspot tethering melalui smartphone, menggunakan koneksi 5G atau 4G LTE langsung dari laptop tidak akan "mengusik" baterai smartphone sehingga pengguna laptop Asus ExpertBook B7 Flip B7402 dapat lebih nyaman ketika bekerja tanpa perlu mengkhawatirkan baterai smartphone-nya.

Baca juga:Review Anker Soundcore Motion Plus: Kualitas Suara Terbaik di Kelasnya

Ukuran Ringkas, Ringan, dan Tangguh dengan Standar Militer

Review Asus ExpertBook B7 Flip B7402, Laptop Bisnis Hybrid Canggih Dukung 5G


Berbicara mengenai produktivitas dan mobilitas tidak mungkin bisa dilepaskan dari desain, ukuran, dan bobot sebuah laptop. Keberadaan fitur konektivitas jaringan seluler 5G dan 4G LTE di Asus ExpertBook B7 Flip B7402 akan menjadi tidak berguna jika laptop tersebut sulit untuk dibawa bepergian. Inilah keunggulan kedua yang dimiliki oleh Asus ExpertBook B7 Flip B7402.

Asus ExpertBook B7 Flip B7402 merupakan laptop modern dengan desain yang tergolong ringkas serta memiliki bobot yang ringan. Mengusung layar 14-inci, laptop ini memiliki ketebalan bodi hanya 1,8cm serta bobot tak lebih dari 1,5Kg. Hal tersebut membuatnya sangat mudah dan nyaman untuk dibawa bepergian. Anda bahkan tidak perlu menggunakan tas khusus berukuran besar untuk membawa laptop ini kemana-mana.

Tidak hanya sekadar ringkas dan ringan, Asus ExpertBook B7 Flip B7402 juga sangat tangguh. Durabilitasnya bahkan jauh lebih tangguh dibandingkan dengan laptop pada umumnya.

Dimulai dari materialnya, bodi Asus ExpertBook B7 Flip B7402 menggunakan bahan magnesium aluminium yang tidak sangat tangguh dan dapat membuat bobot laptop ini menjadi lebih ringan. Di bagian dalam bodi utamanya, Asus ExpertBook B7 Flip B7402 juga dibekali dengan struktur tambahan yang dapat memperkuat integritas bodi dan port secara keseluruhan sehingga tidak mudah rusak meski laptop ini menerima guncangan atau hantaman yang cukup ekstrem.

ASUS bahkan mendesain engsel pada Asus ExpertBook B7 Flip B7402 secara khusus. Engsel tersebut memiliki ketahanan 50% lebih kuat dibandingkan engsel laptop convertible pada umumnya, membuat ExpertBook B7 Flip B7402 lebih tahan banting. 

Baca juga:Review Asus ROG Flow Z13 GZ301ZE, Laptop Gaming Unik Kencang yang Tiada Duanya

Laptop Asus ExpertBook B7 Flip B7402 juga telah mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 810H). Setidaknya ada 30 uji ketahanan ekstrem yang berhasil dilalui oleh laptop bisnis convertible ini, mulai dari getaran, guncangan, hantaman, hingga uji operasional pada suhu dan kelembapan ekstrem.

Siap Dongkrak Produktivitas

Review Asus ExpertBook B7 Flip B7402, Laptop Bisnis Hybrid Canggih Dukung 5G


Keunggulan selanjutnya yang dimiliki oleh Asus ExpertBook B7 Flip B7402 adalah laptop ini telah dirancang secara khusus untuk menunjang prdouktivitas penggunanya. Selain menggunakan desain convertible agar dapat digunakan secara lebih fleksibel, ExpertBook B7 Flip B7402 juga dilengkapi dengan fitur yang dapat membuat penggunanya lebih nyaman saat bekerja.

Dimulai dari keyboard, Asus ExpertBook B7 Flip B7402 hadir dengan keyboard yang dirancang agar penggunanya nyaman ketika mengetik. Keyboard tersebut memiliki key travel sejauh 1,5mm dan hadir dengan jarak antar tombol yang sangat ideal seperti halnya keyboard PC desktop pada umumnya, sehingga penggunanya tidak perlu memakan waktu untuk menyesuaikan diri dengan layout-nya. Tidak hanya itu, ASUS juga memberikan fitur anti-spill pada keyboard ExpertBook B7 Flip B7402 sehingga laptop ini tetap dapat bertahan meski tersiram cairan hingga 330ml.

Selain keyboard, struktur bodi Asus ExpertBook B7 Flip B7402 juga dirancang agar tampil lebih ergonomis dan nyaman untuk penggunanya. Sistem ErgoLift Hinge yang sudah banyak digunakan di berbagai laptop ASUS kini kembali hadir di Asus ExpertBook B7 Flip B7402. ErgoLift Hinge juga akan membuat bodi utama laptop sedikit terangkat ketika digunakan pada mode clamshell. Karena bodi utamanya terangkat, posisi mengetik menjadi lebih nyaman.

Review Asus ExpertBook B7 Flip B7402, Laptop Bisnis Hybrid Canggih Dukung 5G


Laptop Asus ExpertBook B7 Flip B7402 juga dilengkapi fitur khusus di touch-ad-nya. Fitur tersebut adalah NumberPad 2.0 yang memungkinkan touchpad untuk diubah fungsinya menjadi numpad melalui satu tombol. NumberPad 2.0 merupakan fitur yang dapat dimanfaatkan oleh para profesional yang sering mengandalkan numpad untuk melakukan input angka. Karena Asus ExpertBook B7 Flip B7402 merupakan laptop 14-inci, numpad fisik tidak dapat dihadirkan dan NumberPad 2.0 merupakan solusi terbaik yang dapat dimanfaatkan.

Layar ExpertBook B7 Flip B7402 juga merupakan aspek penting yang tidak dapat ditinggalkan. Laptop bisnis convertible ini dibekali dengan layar yang nyaman untuk bekerja. Tidak hanya sekadar memiliki ukuran 14-inci, layar ExpertBook B7 Flip B7402 juga aman untuk kesehatan mata. 

Mengantongi sertifikasi low-blue light dan anti-flicker dari TÃœV Rheinland, layar Asus ExpertBook B7 Flip B7402 sangat cocok untuk para profesional yang sering menggunakan laptop dalam jangka waktu panjang. Sertifikasi tersebut membuktikan layar Asus ExpertBook B7 Flip B7402 memiliki tingkat radiasi sinar biru yang jauh lebih rendah ketimbang layar laptop pada umumnya sehingga lebih aman untuk kesehatan mata.

Bagi para profesional yang sering melakukan panggilan konferensi atau video secara online, ExpertBook B7 Flip B7402 adalah laptop yang paling tepat. Asus ExpertBook B7 Flip B7402 telah dilengkapi dengan teknologi AI Noise-Cancelling yang membuat suara bising di sekitar pengguna laptop bisnis ini dapat diredam. Melalui teknologi ini pengguna ExpertBook B7 Flip B7402 dapat melakukan panggilan konferensi atau panggilan video bahkan di tempat yang bising seperti bandara dan lokasi proyek.

Baca juga:Review Asus Vivobook Pro 16X OLED N7600PC, Layar Besar Resolusi 4K untuk Manjakan Kreator Konten

Konektivitas Lengkap

Review Asus ExpertBook B7 Flip B7402, Laptop Bisnis Hybrid Canggih Dukung 5G

Review Asus ExpertBook B7 Flip B7402, Laptop Bisnis Hybrid Canggih Dukung 5G


Selain dapat terhubung ke jaringan seluler 5G dan 4G LTE, ExpertBook B7 Flip B7402 juga hadir dengan konektivitas yang sangat lengkap. Mulai dari port, ExpertBook B7 Flip B7402 memiliki port Thunderbolt 4 USB Type-C yang dapat digunakan untuk mengisi daya serta fasilitas untuk menghubungkan monitor eksternal.

Selain itu, Asus ExpertBook B7 Flip B7402 juga masih dilengkapi dengan port HDMI, USB Type-A, combo audio jack, dan sebuah Micro HDMI. ASUS bahkan masih memberikan port gigabit ethernet namun dengan interface mini display port dan dapat diekstensi ke port LAN dengan konektor RJ45. Hal tersebut sengaja dilakukan agar ExpertBook B7 Flip B7402 dapat tetap tampil tipis sekaligus memiliki MAC adress permanen.

Bagi perusahaan, Asus ExpertBook B7 Flip B7402 juga mempermudah proses dan keamanan bisnis. Laptop ini telah dilengkapi dengan smart card reader yang bisa digunakan sebagai fasilitas keamanan ekstra selain menggunakan kamera infra merah dengan teknologi facial recognition yang terintegrasi dengan Windows Hello.

Performa Powerful

Laptop Asus ExpertBook B7 Flip B7402 ditenagai oleh CPU 11th Gen Intel Core yang juga telah dilengkapi GPU terintegrasi Intel Iris Xe Graphics. Kombinasi CPU dan GPU tersebut tidak hanya membuat ExpertBook B7 Flip B7402 dapat diandalkan untuk mengerjakan beragam tugas dan pekerjaan kantoran dengan sangat baik, tetapi juga membuat laptop ini cocok untuk multitasking apalagi ia sudah dibekali dengan memori yang sangat mumpuni.

ExpertBook B7 Flip B7402 dibekali dengan memori DDR4 3200MHz berkapasitas 16GB dan masih dapat di-upgrade. Memori tersebut juga didukung dengan media penyimpanan berupa PCIe SSD Gen3 berkapasitas hingga 1TB. Penyimpanan tersebut memiliki kecepatan baca dan tulis yang jauh lebih kencang dari HDD sehingga membuat ExpertBook B7 Flip B7402 tampil dengan performa yang sangat gesit.

Benchmark Asus ExpertBook B7 Flip B7402

Benchmark Asus ExpertBook B7 Flip B7402

Benchmark Asus ExpertBook B7 Flip B7402

Benchmark Asus ExpertBook B7 Flip B7402

Benchmark Asus ExpertBook B7 Flip B7402


Agar performa laptop Asus ExpertBook B7 Flip B7402 dapat selalu diandalkan, ASUS menghadirkan sistem pendingin khusus bernama Advance Hybrid Cooling System. Sistem pendingin ini memanfaatkan tiga heatpipe yang terhubung ke sebuah kipas dengan struktur khusus. 

Advance Hybrid Cooling System memungkinkan ExpertBook B7 Flip B7402 dapat tampil dengan performa 55% lebih kencang berkat aliran udara hingga 17% lebih baik dibandingkan jika menggunakan sistem pendingin biasa.

Lebih menariknya lagi, ExpertBook B7 Flip B7402 dibekali dengan garansi selama 3 tahun yang dapat diperpanjang hingga 5 tahun. ASUS juga memberikan layanan on-site service bagi pengguna ExpertBook B7 Flip B7402 dengan syarat dan ketentuan khusus.

Harga Asus ExpertBook B7 Flip B7402

  • Start from Rp22.xxx.xxx (without 5G and 4G LTE)
  • Start from Rp31.xxx.xxx (with 5G and 4G LTE)

Spesifikasi Asus ExpertBook B7 Flip B7402

  • Layar sentuh IPS-Level LCD dengan LED backlight 14 inci resolusi WQXGA 2560 x 1600 piksel, aspek rasio 16:10, 400 nits, 100% sRGB color gamut, Asus Splendid, Asus Eye Care, NanoEdge Display, 178° wide-view, bisa diputar 360 derajat, mendukung stylus Asus Pen
  • Prosesor Intel Core i7-1195G7 quad-core (8 thread) 2.9 GHz TurboBoost 5GHz
  • Prosesor Intel Core i5-1155G7 quad-core (8 thread) 2,5 GHz TurboBoost 4,5GHz
  • Chipset Intel
  • Grafis Intel Iris Xe Graphics G7 (96 EUs) -- Core i7
  • Grafis Intel Iris Xe Graphics G7 (80 EUs) -- Core i5
  • Memori RAM 8GB atau 16GB DDR4-3200MHz, upgradeable to 64GB DDR4
  • Storage SSD 512GB atau 1TB PCIe 3.0 x4 M.2 NVMe 
  • Konektifitas 4G LTE/5G, WiFi 6 802.11ax, Bluetooth 5.1, Port USB 3.2 Gen 2, Port Thunderbolt 4 Type-C (support data transfer, display port, power delivery), Port micro HDMI (RJ45 lan), Port HDMI, combo audio jack, smart card reader
  • Chiclet Keyboard, Spill resistant, NumberPad 2.0, ASUS Antibacterial Guard 
  • Fitur keamanan fingerprint sensor dengan Windows Hello, Trusted Platform Module (TPM) 2.0, Kensington Lock, BIOS Booting User Password Protection, Protection, Computrace ready from BIOS
  • Dual speaker stereo, DTS Audio, SonicMaster Audio
  • Kamera Webcam IR Camera dengan Windows Hello
  • Baterai 3 Cell 3S1P 63WHr lithium-ion Battery, fast charging 60% dalam 49 menit
  • Sistem Operasi Microsoft Windows 11 Home atau Windows 10 Pro Asli pre-installed
  • MIL-STD 810H military-grade standard
  • Dimensi 32.00 x 23.42 x 1.80 ~ 1.89 cm berat 1,44 kilogram
  • Warna Black
*Featured review by Asus Indonesia, disunting dan disesuaikan oleh tim Laptophia
Posting Komentar

Posting Komentar