eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB

Ini 5 Rekomendasi HP Murah RAM Besar yang Layak Dipertimbangkan

Ini 5 Rekomendasi HP Murah RAM Besar yang Layak Dipertimbangkan - Pernahkah Anda mengalami saat menjalankan banyak aplikasi, HP mengalami penurunan performa atau lemot? Mungkin juga pernah pengalami saat berpindah dari aplikasi satu ke aplikasi lain, kemudian aplikasi malah mengalami reload? Itu adalah tanda bahwa HP kekurangan RAM. Seiring berkembangnya aplikasi dan sistem operasi HP, penggunaan sumber daya RAM terus mengalami peningkatan. Tak heran, HP dengan RAM besar menjadi incaran.

Saat ini HP dengan RAM besar tidak lagi dijual dengan harga yang mahal. Banyak HP dengan harga di bawah Rp 2 juta sudah dibekali RAM berkapasitas besar, performa yang kencang, dan baterai yang tahan lama dari brand ternama seperti Realme, Xiaomi, Tecno, dan bahkan Samsung. Berikut ini adalah 5 rekomendasi HP murah RAM besar yang telah tim Laptophia himpun yang dapat digunakan sebagai referensi sebelum memutuskan untuk membelinya.

Ini 5 Rekomendasi HP Murah RAM Besar yang Layak Dipertimbangkan


Fungsi RAM di HP

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory yang merupakan sebuah komponen pada komputer atau HP berfungsi untuk menyimpan sementara aplikasi beserta data-datanya yang sedang dijalankan oleh pengguna atau sistem. 

Analogi sederhana untuk mengggambarkan fungsi RAM dalam sebuah komputer atau HP adalah layaknya sebuah meja kerja yang di atasnya terdapat banyak dokumen dan berkas yang sedang dikerjakan. Semakin luas mejanya, maka akan dapat menampung banyak pekerjaan. 

Begitu juga dengan RAM di HP, semakin besar kapasitasnya maka akan semakin banyak aplikasi yang dapat dijalankan dalam waktu yang bersamaan tanpa mengurangi performa smartphone.

Berapa RAM yang Dibutuhkan untuk Sebuah HP?

Banyak pembaca Laptophia yang bertanya-tanya, berapa sebenarnya kapasitas RAM yang ideal untuk smartphone atau HP di tahun 2022 ini? Jawaban dari pertanyaan ini sebenarnya relatif dan kembali pada kebutuhan masing-masing konsumen.

Seorang gamer kelas berat yang menjalankan game terkini seperti Call of Duty Mobile, Minecraft, Genshin Impact, PUBG Mobile, dan sebagainya membutuhkan RAM setidaknya 8GB agar game berjalan lancar, meski beberapa aplikasi jalan di latar belakang atau background.

Sedangkan bagi pengguna yang gemar multitasking seperti menjalankan banyak aplikasi sosial media dalam satu waktu seperti Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, TikTok, Instagram, dan kadang bersamaan dengan aplikasi editing seperti Snapseed, InShot, dan sebagainya membutuhkan kapasitas RAM paling tidak 6GB agar dapat berjalan lancar dan tidak ada aplikasi yang di-kill oleh sistem akibat kekurangan RAM.

Sedangkan untuk penggunaan dasar seperti komunikasi standar dan sosial media, HP dengan RAM 4GB sudah memadai menurut Laptophia. Berdasarkan pengalaman mengulas smartphone entry-level dengan RAM 4GB, sebagian besar sudah memberikan pengalaman yang smooth dan cukup responsif. saat multitasking ringan pun, aplikasi tidak perlu mengalami reload. 

Rekomendasi HP Murah RAM Besar

Saat ini ada banyak HP di kelas entry-level yang menawarkan spesifikasi yang cukup menarik. Hal ini tak pelak membuat konsumen bingung memilih mana yang terbaik atau yang cocok dengan kebutuhannya. Berikut ini tim Laptophia rekomendasikan 5 smartphone yang patut dilirik. Anda tak perlu khawatir, harga HP murah RAM besar yang Laptophia sarankan di sini harganya Rp 2 juta ke bawah.

Realme C35

Ini 5 Rekomendasi HP Murah RAM Besar yang Layak Dipertimbangkan


HP murah tak selalu identik dengan desain yang asal-asalan atau seadanya. Seri Realme C35 membuktikan bahwa smartphone dengan harga terjangkau pun dapat tampil stylish dan mewah. Realme C35 ini tampil dengan konsep Ultra Slim Dynamic Glowing Design pada casing belakang. Selain itu, desain housing kameranya menyerupai Realme GT 2 Pro. Tak hanya tampil dengan desain yang mewah, smartphone Realme C35 ini juga tangguh karena memenuhi standar TÜV Rheinland High Reliability.

Soal performa, Realme C35 menawarkan peningkatan signifikan dari Realme C series lainnya dengan mengandalkan sokongan SoC Unisoc Tiger T616 octa-core yang powerful di kelasnya ditandemkan RAM 4GB. Stamina smartphone Realme C35 ini tak perlu diragukan lagi berkat dukungan kapasitas baterai besar di kelasnya, yakni 5000mAh yang masih diperkuat dengan fitur fast charge 18W.

Harga HP Realme C35 RAM 4GB ROM 128GB terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 2.399.000 dan Rp 2.199.000 untuk varian RAM 4GB ROM 64GB.

Review Realme C35

Spesifikasi Realme C35

  • Sistem Operasi Android 11 dengan antarmuka Realme UI R Edition
  • Chipset Unisoc Tiger T616 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 2GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 1,8GHz
  • Grafis Mali-G57
  • Tiga kamera belakang, kamera utama 50 megapiksel, sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel, phase-detection autofokus, lensa aperture f/1.8, phase-detection autofokus, LED flash + 2 megapiksel dengan sensor 1/5 inci 1.75um piksel, lensa 27mm aperture f/2.4 (dedicated macro) + 0,3 megapiksel dengan lensa aperture f/2.8 (Depth Sensor)
  • Kamera depan 8 megapiksel fixed focus, sensor Sony IMX355 1/4 inci 1um piksel, lensa 26mm aperture f/2.0
  • Layar sentuh 6,6 inci 2.5D Mini-Drop dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2408 piksel, kerapatan 400 ppi (pixel per inch), 60Hz refresh rate, 16 juta warna, panel IPS
  • Memori RAM 4GB LPDDR4x, ROM 64GB atau 128GB, dilengkapi slot microSD (dedicated)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, USB OTG, fingerprint sensor (side mounted)
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 164.4 x 75.6 x 8.1 mm dengan berat 189 gram
  • Baterai 5000mAh non-removable, fast charging 18W, reverse charging
  • Warna Glowing Green dan Glowing Black

Tecno Spark 7 Pro

Ini 5 Rekomendasi HP Murah RAM Besar yang Layak Dipertimbangkan


Meski sudah diluncurkan di Indonesia sejak pertengahan 2021, Tecno Spark 7 Pro masih merupakan HP murah dengan RAM besar yang patut dipertimbangkan menurut tim Laptophia karena spesifikasinya masih sangat kompeten. Keunggulan utama Tecno Spark 7 Pro adalah dukungan tiga buah kameranya yang ciamik dengan kamera utama berkekuatan 48 megapiksel yang siap membantu Gen-Z untuk brekreasi. Tecno Spark 7 Pro tampil dengan desain yang menarik yang didukung layar Dot-In Display dan tersedia dalam tiga varian warna yang dapat dipilih sesuai selera.

HP Tecno Spark 7 Pro juga didukung performa yang tinggi di kelasnya berkat sokongan SoC MediaTek Helio G80 yang dikawinkan dengan RAM sebesar 6GB. Hal ini membuat Gen-Z dapat lebih leluasa berkarya tanpa terganggu performa lemot atau lag. Selain itu, Tecno Spark 7 Pro juga dibekali dengan baterai berkapasitas 5000mAh guna menunjang mobilitas pengguna.

Tak hanya itu, Tecno Spark 7 Pro dibekali layar sentuh berukuran 6,6 inci yang disematkan teknologi panel IPS (In-Plane Switching) dengan resolusi HD+ 720 x 1640 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 266 piksel per inci yang cemerlang. Meski resolusinya belum mencapai full HD, layar Tecno Spark 7 Pro dilengkapi fitur Ultra Smooth Display dengan refresh rate 90Hz yang membuat animasi dan game berjalan mulus, bebas gejala screen tearing dan screen stuttering. 

Harga smartphone Tecno Spark 7 Pro terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 1.899.000 untuk varian 6GB/64GB

Review Tecno Spark 7 Pro

Spesifikasi Tecno Spark 7 Pro

  • Sistem Operasi Android 11 dengan antarmuka HiOS 7.5
  • Chipset MediaTek Helio G80 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 2GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 1,8GHz
  • Grafis Mali-G52 2EEMC2
  • Tiga kamera belakang dengan kamera utama 48 megapiksel, phase-detection autofokus, sensor BSI 1/2 inci 0.8um piksel, lensa aperture f/1.8 dilengkapi quad LED flash + kamera 2 megapiksel, lensa f/2.4 depth sensor + kamera AI Lens
  • Kamera depan 8 megapiksel lensa aperture f/2.0 fixed focus, sensor BSI CMOS, dual flash, AI
  • Layar sentuh Dot-In Display 6,6 inci 2.5D aspek rasio 20:9, dengan resolusi HD+ 1600 x 720 pixels, kerapatan 266 ppi (pixel per inch), refresh rate 90Hz, 16 juta warna, panel IPS LCD
  • Memori RAM 6GB, ROM 64GB dilengkapi slot microSD maksimal 256GB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port microUSB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, USB OTG, fingerprint sensor
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 164.9 x 76.2 x 8.8 mm dengan berat 195 gram
  • Baterai 5000mAh non-removable
  • Warna Alps Blue, Spruce Green, dan Magnet Black

Xiaomi Redmi 10C

Ini 5 Rekomendasi HP Murah RAM Besar yang Layak Dipertimbangkan


HP murah dengan RAM besar yang pantas dilirik adalah Xiaomi Redmi 10C. Smartphone ini belum lama hadir di pasar Indonesia dan mengunggulkan performa kencang, serta daya tahan baterai yang cukup andal di kelasnya. Ponsel ini tampil dengan desain stylish dengan casing belakang bertekstur yang tersedia dalam tiga varian warna, yakni Graphite Gray, Ocean Blue, dan Mint Green. 

Daya tarik utama Xiaomi Redmi 10C adalah performanya yang kencang di kelasnya berkat dukungan chipset Qualcomm Snapdragon 680 octa-core yang ditandemkan RAM sebesar 4GB yang cukup memadai untuk menjalankan beberapa aplikasi sosial media sekaligus. Xiaomi Redmi 10C dipersenjatai dengan layar HD+ berukuran besar dan dibekali dengan baterai 5000mAh lengkap dengan fitur fast charge 18W.

Harga smartphone Xiaomi Redmi 10C RAM 4GB ROM 64GB terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia terima dari rilis resmi Xiaomi adalah Rp 1.899.000. Adapun varian Xiaomi Redmi 10C dengan RAM 4GB ROM 128GB dengan harga Rp 2.099.000.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 10C

  • Sistem Operasi Android 11 dengan antarmuka MIUI 13
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 680 SM6225 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core Kryo 265 Gold 2,4GHz dan quad-core Kryo 265 Silver 1,9GHz
  • Grafis Adreno 610
  • Dual kamera belakang dengan kamera utama 50 megapiksel, sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel, lensa aperture f/1.8, phase-detection autofokus dengan dilengkapi LED flash + 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 (depth sensor)
  • Kamera depan 5 megapiksel, sensor BSI CMOS, lensa aperture f/2.2, fixed focus
  • Layar sentuh berponi Dot Drop Display 6,71 inci 2.5D, dengan resolusi HD+ 720 x 1650 pixels, kerapatan 268 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS, Corning Gorilla Glass
  • Memori RAM 4GB LPDDR4X, ROM UFS 2.2 64GB atau 128GB, dilengkapi slot microSD max 512GB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, 3.5mm audio jack, GPS, Dual SIM, fingerprint sensor (side mounted), face unlock
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 169,59 x 76,56 x 8,29 mm dengan berat 190 gram
  • Baterai 5000mAh non-removable, Fast Charging 18W
  • Warna Graphite Gray, Ocean Blue, dan Mint Green

Infinix Hot 12

Ini 5 Rekomendasi HP Murah RAM Besar yang Layak Dipertimbangkan


Jika Anda membutuhkan HP murah dengan RAM besar di atas rata-rata, Infinix Hot 12 adalah salah satu kandidat kuat yang patut dipertimbangkan. Smartphone ini masih sangat fresh dan belum lama diluncurkan di pasar Indonesia. Smartphone Infinix Hot 12 ini tampil dengan desain mewah berkat casing yang menggunakan finishing glossy dipadukan desain housing kamera yang elegan, serta frame flat. Salah satu daya tarik Infinix Hot 12 adalah dibekali dengan fitur speaker stereo dengan dukungan DTS Audio.

Soal performa, smartphone Infinix Hot 12 memang bukan yang paling kencang di kelasnya tetapi masih cukup kompeten dengan dukungan SoC MediaTek Helio G85 yang ditandemkan RAM 6GB yang sanggup menangani multitasking. Tak hanya itu, smartphone harga terjangkau andalan Infinix ini sudah menggunakan sistem operasi Android 12 terbaru dengan antarmuka XOS 10.6 

Harga smartphone Infinix Hot 12 RAM 6GB ROM 128GB terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 2.199.000. Smartphone Infinix Hot 12 mulai digelar flash sale dengan harga lebih murah, yakni Rp 2.099.000.

Spesifikasi Infinix Hot 12

  • Sistem Operasi Android 12 dengan antarmuka XOS 10.6
  • Chipset MediaTek Helio G85 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 2GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 1,8GHz
  • Grafis Mali-G52 2EEMC2 1GHz
  • Triple atau tiga kamera belakang dengan kamera utama 13 megapiksel, autofokus, sensor BSI 1/3 inci 1.12um piksel, lensa aperture f/1.8 dengan dilengkapi dual LED flash, AI + kamera QVGA AI Lens + kamera QVGA depth sensor
  • Kamera depan 8 megapiksel lensa aperture f/2.0 fixed focus, sensor BSI CMOS, AI
  • Layar sentuh 6,82 inci 2.5D aspek rasio 20:9, dengan resolusi HD+ 1612 x 720 pixels, kerapatan 259 ppi (pixel per inch), 90Hz refresh rate, 16 juta warna, panel IPS LCD
  • Memori RAM 6GB, ROM 128GB dilengkapi slot microSD maksimal 128GB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port microUSB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, USB OTG
  • Fitur keamanan fingerprint sensor dan face unlock
  • Dual stereo speaker, DTS Audio
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 170.5 x 77.6 x 8.3 mm dengan berat 195 gram
  • Baterai 5000mAh non-removable, fast charge 18W
  • Warna Racing Black, Legend White, Origin Blue, dan Lucky Green

Samsung Galaxy A03

Ini 5 Rekomendasi HP Murah RAM Besar yang Layak Dipertimbangkan


HP murah dengan RAM besar yang juga patut pembaca pertimbangkan adalah Galaxy A03 besutan brand ternama asal Korea Selatan, Samsung. Selain kapasitas RAM yang besar, keunggulan Samsung Galaxy A03 adalah mengandalklan kapasitas baterainya yang besar, yakni 5000mAh. 

Ponsel Samsung Galaxy A03 tampil dengan desain yang cukup menarik berkat dukungan casing belakang yang bertekstur dan dipadukan dengan desain housing kamera yang elegan. Samsung Galaxy A03 tersedia dalam tiga varian warna, yakni Blue, Black, dan Red.

Soal performa, Samsung Galaxy A03 bisa dikatakan salah satu yang paling powerful di kelasnya karena ditenagai SoC Unisoc Tiger T606 octa-core dengan RAM 3GB atau 4GB. Sektor fotografi, Samsung Galaxy A03s dipersenjatai dengan dua buah kamera belakang dengan kamera utama yang cukup superior, yakni berkekuatan 48MP.

Harga smartphone Samsung Galaxy A03 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 1.799.000 dengan RAM 4GB dan memori internal 64GB. Sedangkan harga Samsung Galaxy A03 RAM 3GB ROM 32GB lebih murah, yakni Rp 1.599.000.

Spesifikasi Samsung Galaxy A03

  • Sistem Operasi Android 11 dengan antarmuka One UI 3.1 Core
  • Chipset Unisoc Tiger T606 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 1,6GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 1,6GHz
  • Grafis Mali-G57 650Mhz
  • Dua kamera belakang dengan kamera utama 48 megapiksel dengan sensor Samsung ISOCELL GM5 1/2.55 inci 0.7um piksel, lima elemen lensa 27mm aperture f/1.8, phase-detection autofokus, LED flash + 2 megapiksel lensa f/2.4 sebagai depth sensor
  • Kamera depan 5 megapiksel fixed focus dengan sensor BSI 1/4 inci 1.12um piksel, lensa aperture f/2.2
  • Layar sentuh 2.5D Infinity-V berukuran 6,5 inci, dengan resolusi HD+ 1600 x 720 pixels, kerapatan 270 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel PLS IPS
  • Memori RAM 3GB atau 4GB, ROM 32GB atau 64GB, dilengkapi slot microSD max 1TB (dediated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, USB OTG, GPS, dual SIM, port audio 3,5mm, Dolby Atmos
  • Dimensi 164.2 x 75.9 x 9.1 mm berat 196 gram
  • GSM / 3G HSDPA / 4G LTE
  • Baterai lithium polymer 5000mAh, non-removable, standard charging 7.75W
  • Warna Blue, Black, dan Red
Referensi: ceklist.id
Anda mungkin suka:Review Realme Narzo 50 5G: Smartphone 5G Kompeten dengan Harga Terjangkau
Related Posts
Laptophia Blog
Suka review laptop dan gadget.

Related Posts

Posting Komentar