eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review MiniTool Partition Wizard, Kelola Partisi Data dengan Mudah dan Kaya Fitur

Review MiniTool Partition Wizard, Kelola Partisi Data dengan Mudah dan Kaya Fitur - Ketika merakit sebuah PC desktop baru, kita membutuhkan aplikasi untuk melakukan partisi pada hard disk atau SSD yang terpasang di dalamnya untuk memudahkan proses instalasi sistem operasi. Hal ini berlaku juga ketika membeli laptop baru karena secara default, SSD atau hard disk-nya hanya terdiri dari satu partisi saja. Jika menggunakan aplikasi Disk Management bawaan Windows dirasa kurang powerful, maka pembaca Laptophia perlu mencoba aplikasi MiniTool Partition Wizard untuk melaksanakan tugas tersebut.

Sesuai namanya, aplikasi MiniTool Partition Wizard ini menawarkan kemapuan mengelola partisi dan data di storage hard disk maupun SSD. Selain kemampuan dasar seperti menghapus dan membuat partisi, aplikasi besutan MiniTool ini memiliki fitur tambahan yang membuat pekerjaan menjadi lebih mudah seperti menggabungkan atau me-resize ukuran partisi hanya dalam beberapa kali klik saja. Menariknya, aplikasi MiniTool Partition Wizard tersedia versi gratis. Penasaran? Simak review MiniTool Partition Wizard oleh tim Laptophia kali ini!

Review MiniTool Partition Wizard, Kelola Partisi Data dengan Mudah dan Kaya Fitur


Download MiniTool Partition Wizard

Bagi pembaca laptophia yang berminat atau membutuhkan aplikasi MiniTool Partition Wizard ini dapat mengunduh versi Free-nya di Sini (Klik). Aplikasi pengelola partisi data MiniTool Partition Wizard memang tersedia dalam beberapa varian berdasarkan lisensinya, yakni Free, Pro, Pro Deluxe, Pro Platinum, dan banyak lagi. Perbandingan antar versi aplikasi MiniTool Partition Wizard ini bisa disimak di sini.

System Testbed

Laptophia melakukan pengujian atau review MiniTool Partition Wizard ini menggunakan laptop Asus ExpertBook P2 yang telah menggunakan sistem operasi Microsoft Windows 11 Home.

Review MiniTool Partition Wizard

Review MiniTool Partition Wizard oleh tim Laptophia kali ini menggunakan versi gratis atau Free version. Beberapa fitur penting yang mungkin dibutuhkan oleh pengguna hanya tersedia di versi berbayar seperti mengganti ukuran cluster, konversi file sistem dari NTFS ke FAT, copy disk sistem, dan sebagainya.

Baca juga:Review Seagate One Touch 4TB, Hard Disk Eksternal Berkapasitas Besar Dilengkapi Password

Proses instalasi MiniTool Partition Wizard ini cukup mudah menurut Laptophia karena pada dasarnya pengguna hanya cukup mengunduh file instaler Partition Wizard di situs resmi MiniTool dan menjalankannya. Saat proses instalasi, MiniTool Partition Wizard ini mencoba turut serta menginstal aplikasi lain yakni MiniTool ShadowMaker. Jika tidak membutuhkan, klik uncheck agar tidak turut terinstal.

Antarmuka Mudah Digunakan

Review MiniTool Partition Wizard, Kelola Partisi Data dengan Mudah dan Kaya Fitur

Tampilan antarmuka aplikasi MiniTool Partition Wizard ini cukup rapi dan mudah dimengerti. Bagian atasnya terdapat deretan ikon untuk mengakses aneka fungsi tambahan di luar tugasnya mengelola partisi storage, mulai dari Data Backup, Data Recovery, Partition Recovery, dan Space Analyzer.

Sementara pada sisi kiri aplikasi MiniTool Partition Wizard ini terdapat deretan menu untuk mengakses fungsi-fungsi utama dalam mengelola partisi seperti Wizard, Change Partition, dan sebagainya. Sementara pada bagian segmen utama menampilkan daftar Drive dan Partisi yang terdapat di sistem, lengkap dengan kapasitas, ruang kosong, jenis file sistem, dan sebagainya. laptophia juga dapat mengakses fungsi dan fitur MiniTool Partition Wizard ini dengan cara klik kanan pada drive yang dikehendaki.

Fitur Sangat Lengkap

Salah satu kelebihan pada review MiniTool Partition Wizard oleh tim Laptophia kali ini adalah fitur yang terbilang sangat lengkap, termasuk operasi dasar sepertu hapus dan membuat partisi, resize dan merge partisi, dan mengonversi file sistem partisi. Tak hanya itu, MiniTool Partition Wizard tentu saja dapat melakukan format partisi dan mendukung beberapa file sistem seperti NTFS, FAT, exFAT, EXT1, EXT2, EXT3, dan juga Linux Swap.

Aplikasi MiniTool Partition Wizard ini dapat melakukan operasi lain seperti mengganti ukuran cluster, konversi dari GPT ke MBR atau sebaliknya, menyembunyikan partisi, mengganti label sebua partisi sesuai keinginan, mengatur parameter Set Active, Partition as Logical, dan banyak lagi. 

MiniTool Partition Wizard


Bagi pengguna tingkat lanjut yang melakukan upgrade atau ganti SSD dan hard disk, dapat memanfaatkan aplikasi MiniTool Partition Wizard ini untuk memindahkan sistem operasi melalui fitur wizard untuk memudahkan proses migrasi. Aplikasi besutan MiniTool ini juga dapat melakukan copy partisi, copy disk, dan bahkan data recovery. Namun tak semua fitur canggih tadi tersedia MiniTool Partition Wizard versi gratis. Beberapa fungsi untuk pengguna tingkat lanjut hanya tersedia di versi berbayar.

Baca juga:Review VGen Platinum 512GB SSD, Merk Lokal dengan Kinerja Kencang

Review MiniTool Partition Wizard, Kelola Partisi Data dengan Mudah dan Kaya Fitur

Salah satu fitur tambahan yang Laptophia sukai pada review MiniTool Partition Wizard kali ini adalah fasilitas Space Analyzer. Fitur ini membantu pengguna menganalisa file apa saja yang memenuhi sebuah drive, mulai dari jenis atau format file hingga ukurannya. Hal ini memudahkan pengguna untuk memilah file mana yang akan dihapus atau dipindahkan agar drive tidak penuh.


Uniknya, MiniTool Partition Wizard ini juga menyediakan fasilitas Disk benchmark yang memungkinkan laptophia untuk menguji seperapa cepat performa baca dan tulis tiap drive atau partisi yang terpasang di sistem. 

Performa Memuaskan



Laptophia mencoba menguji performa aplikasi MiniTool Partition Wizard ini untuk melakukan operasi dasar seperti hapus dan buat partisi, format, dan sebagainya. Proses berlangsung cepat dan tanpa kendala. Kemudian Laptophia menjajal melakukan Merge Partition pada hard disk eksternal dengan menggabungkan dua partisi yang berukuran 500MB dan 100GB. Proses berlangsung agak lama, tetapi dapat selesai tanpa masalah.
Baca juga:Cara Upgrade SSD Apple Macbook Air dan Macbook Pro 2020 atau Lebih Lama



Berikutnya, Laptophia mencoba melakukan proses resize partisi menggunakan MiniTool Partition Wizard ini menggunakan hard disk eksternal yang sama. Hasilnya? Proses berjalan cukup cepat dan tidak mengalami masalah. Secara umum, performa aplikasi MiniTool Partition Wizard ini cukup memuaskan.


Hal yang menarik dari MiniTool Partition Wizard ini menurut Laptophia adalah semua operasi yang dilakukan oleh pengguna akan disimpan dalam daftar Operations Pending yang ditampilkan pada sudut kiri bawah aplikasi. Nantinya, pengguna perlu klik tombol Apply terlebih dahulu agar proses berjalan. mekanisme ini sangat baik untuk mencegah kesalahan operasi dan memungkinkan pengguna mengecek operasi apa saja yang akan dilakukan dan memastikan hal tersebut tidak ada kesalahan.

Kesimpulan

Secara umum, MiniTool Partition Wizard ini merupakan salah satu aplikasi pengelola partisi dan data yang cukup powerful dan dibekali dengan fitur yang sangat kaya. Beberapa fitur memang hanya tersedia di versi berbayar, tetapi jika pembaca Laptophia hanya membutuhkan operasi dasar pengelolaan partisi, maka MiniTool Partition Wizard versi gratis sudah mencukupi.

Kelebihan MiniTool Partition Wizard

  • Tersedia versi gratis yang cukup powerful
  • Mudah digunakan
  • Kaya akan fitur

Kekurangan MiniTool Partition Wizard

  • Beberapa fitur hanya tersedia di versi berbayar

Anda mungkin suka:Review Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon: Ringkas, Kencang, dan Nyaris Sempurna!
Posting Komentar

Posting Komentar