IBX582004D475488 Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi 9A Bertenaga MediaTek Helio G25
Asus ROG Phone 3

Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi 9A Bertenaga MediaTek Helio G25



Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi 9A Bertenaga MediaTek Helio G25 – Setelah sukses menggempur segmen menengah entry-level melalui seri Redmi 9 yang bertenaga Helio G80, Xiaomi Indonesia melanjutkannya dengan menggempur segmen yang lebih murah melalui peluncuran ponsel pintar Xiaomi Redmi 9A melalui sebuah acara live streaming yang digelar hari ini (13/08/2020). Sektor performa, Xiaomi Redmi 9A ini mengalami peningkatan dengan dukungan SoC anyar MediaTek Helio G25.

Ponsel Redmi 9A secara umum  tak epenuhnya upgrade dari Redmi 8A karena beberapa fitur dan kemampuannya dihilangkan. Meski demikian, harga yang ditawarkan oleh Redmi 9A jauh lebih murah dibandingkan dengan harga awal pendahulunya. Xiaomi Redmi 9A mengusung konsep desain yang berbeda dari pendahulunya dengan dukungan casing belakang bertekstur dengan garis memanjang senada dengan kamera belakangnya.

Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi 9A Bertenaga MediaTek Helio G25


"Redmi 9A menjadi ponsel entry-level yang dapat mendukung segala kebutuhan Mi Fans karena didukung oleh chipset Helio G25," kata Alvin Tse, Country Director Xiaomi Indonesia.

Smartphone entry-level Xiaomi Redmi 9A mengusung spesifikasi layar yang kekinian dengan aspek rasio 20:9 dengan dukungan layar sentuh berukuran 6,53 inci yang disematkan teknologi panel IPS (In-Plane Switching) dengan resolusi HD+ 1600 x 720 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 269 piksel per inci dengan kecerahan mencapai 400 nits yang cemerlang.

Baca juga:Xiaomi Mi Note 10 Pro Review: Smartphone Premium Berkamera Terbaik

Layar Xiaomi Redmi 9A ini telah dilengkapi dengan mode baca yang mereduksi cahaya biru dengan sertifikasi dari TUV Rheinland, sehingga membuat mata tak lekas lelah. Sayangnya, layar ponsel murah ini tak dilengkapi proteksi antigores seperti Gorilla Glass atau sejenisnya.

Performa smartphone Xiaomi Redmi 9A ini bisa dikatakan menawarkan peningkatan kinerja dibandingkan Redmi 8A menurut Laptophia, karena mengandalkan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G25 yang mengusung prosesor octa-core ARM Cortex-A53 64-bit yang berlari dengan kecepatan 2GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 2GB atau 3GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) PowerVR Rogue GE8320 dengan kecepatan 650MHz.

Sisi perangkat lunak, smartphone Xiaomi Redmi 9A ini menggunakan OS Android 10 dengan antarmuka MIUI 12 terbaru. MIUI besutan Xiaomi selama ini dikenal menawarkan fitur yang sangat kaya dengan performa yang cukup stabil.

Keunggulan utama Xiaomi Redmi 9A ini adalah diperkuat baterai berkapasitas besar di kelasnya, yakni 5000mAh guna menunjang aktivitas pengguna. Ponsel ini tak dibekali dengan fitur fast charging, sehingga hanya didukung standard charging dengan daya 10W.

Kamera Xiaomi Redmi 9A terbilang cukup bersaing jika dibandingkan dengan para kompetitornya dengan mengandalkan dukungan kamera belakang resolusi 13 megapiksel dengan sensor BSI CMOS berukuran 1/3 inci 1.12um piksel ditandemkan dengan lensa 28mm aperture f/2.2 yang dilengkapi dengan fitur AI, phase-detection autofokus, dan LED flash.

Xiaomi Redmi 9A ini dibekali dengan kamera depan berkekuatan 5 megapiksel dengan sensor BSI CMOS 1/5 inci 1.12um piksel yang dipadukan dengan lensa aperture f/2.2 fixed focus dan diperkuat fitur AI Camera untuk foto selfie yang mumpuni dan efek beautify yang lebih akurat.

Smartphone 4G entry-level Xiaomi Redmi 9A ini dibekali dengan memori internal 32GB yang masih didukung hadirnya slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 256GB dedicated slot, sehingga pengguna dapat menggunakan dual SIM dan microSD secara bersamaan di ponsel ini. Ponsel penerus Redmi 8A ini masih belum dibekali dengan sensor sidik jari, sehingga hanya mengandalkan face unlock.

Baca juga:Review Xiaomi Redmi Note 9 Pro: Smartphone Terbaik di Kelas 3 Juta-an

Alasan Redmi 9A Tak Dukung USB Type-C dan NFC

Hal yang aneh dari Xiaomi Redmi 9A ini adalah tidak lagi menggunakan port USB Type-C seperti Redmi 8A atau Redmi 8A Pro, melainkan kembali ke microUSB yang mulai ketinggalan. Alasan utama Xiaomi beralih ke jenis port yang lebih lawas adalah untuk memangkas biaya, sehingga harganya lebih murah. Alvin Tse mengatakan bahwa Redmi 9A ini fokus pada harga yang semurah mungkin untuk segmen entry-level.

"Kami perlu memutuskan apakah pengguna Redmi (A) lebih memilih fitur ekstra atau harga. Untuk penguna Redmi A, kami sadar bahwa harga yang murah adalah segalanya. Ada beberapa kompetitor yang menawarakan produknya di harga Rp 2 juta, namun masih memakai micro USB," kata Alvin Tse.

Absennya fitur NFC di Xiaomi Redmi 9A versi Indonesia ini menurut Alvin Tse juga tak lepas dari konsep awal produk yang memang mengedepankan harga yang murah. Kehadiran NFC akan menambah biaya dan tidak semua pengguna ponsel di Indonesia menggunakan fitur tersebut. Redmi 9A versi China memang dilengkapi NFC, tetapi harganya pun lebih mahal.

Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi 9A Bertenaga MediaTek Helio G25

Kelebihan Xiaomi Redmi 9A

  • Harga murah meriah
  • Kinerja memadai dengan Helio G25
  • Baterai berkapasitas besar

Kekurangan Xiaomi Redmi 9A

  • -

Harga Xiaomi Redmi 9A

Xiaomi Redmi 9A merupakan smartphone murah meriah yang cukup menarik dengan kinerja bersaing dari Helio G25 dan baterai berkapasitas besar. Harga Xiaomi Redmi 9A RAM 2GB ROM 32GB terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 1.199.000 untuk varian 2GB/32GB dan 1.299.000 untuk varian 3GB/32GB. Penjualan perdana smartphone Xiaomi Redmi 9A ini digelar melalui Lazada Indonesia, Mi Store, dan Mi Authorized Shop pada 17 Agustus 2020 mendatang.

Dukungan kinerja yang solid dari SoC MediaTek Helio G25 octa-core dengan fitur Hyper Engine, kamera yang memadai dengan fitur AI, layar berukuran besar dengan aspek rasio 20:9, baterai berkapasitas besar, dan harga yang terjangkau menjadi daya tarik utama Xiaomi Redmi 9A menurut Laptophia. Secara umum, Xiaomi Redmi 9A laik dipertimbangkan bagi konsumen yang membutuhkan smartphone entry-level dengan kinerja yang bisa diandalkan dan daya tahan baterai yang mantap.

Anda dapat membeli atau cek promo Xiaomi Redmi 9A di Sini (Klik)

Spesifikasi Xiaomi Redmi 9A

  • Sistem Operasi Android 10 dengan antarmuka MIUI 12
  • Chipset MediaTek Helio G25 dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 2GHz
  • Grafis PowerVR GE8320 650MHz
  • Kamera belakang 13 megapiksel, sensor BSI CMOS 1/3 inci 1,12um piksel, lensa 28mm aperture f/2.2, phase-detection autofokus dengan dilengkapi LED flash. Kamera depan 5 megapiksel aperture f/2.2, sensor BSI 1/5 inci 1.12um piksel, fixed focus
  • Layar sentuh 6,53 inci 2.5D, aspek rasio 20:9 dengan resolusi HD+ 720 x 1600 pixels, kerapatan 269 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS, 400 nits
  • Memori RAM 2GB atau 3GB LPDDR4X, ROM 32GB eMMC 5.1, dilengkapi slot microSD max 256GB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port microUSB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 164.9 x 77 x 9 mm dengan berat 196 gram
  • Baterai 5000mAh non-removable, standard charge 10W
  • Warna Granite Grey, Sky Blue, dan Peacock Green

Anda mungkin suka:Xiaomi Redmi Note 9 Review: Performa Memuaskan, Baterai Bisa Diandalkan


Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :


Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!