eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Asus ROG Zephyrus S GX531GW, Laptop Gaming GeForce RTX Tertipis!

Review Asus ROG Zephyrus S GX531GW, Laptop Gaming GeForce RTX Tertipis! – Asus adalah penguasa pasar laptop gaming yanga terus menghadirkan inovasi dan terobosan yang disematkan dalam lini laptop gaming terbarunya. Salah satu produk andalan Asus adalah ROG Zephyrus S GX531GW yang membidik segmen menengah dan high end. Keunggulan utama Asus ROG Zephyrus S GX531GW ini adalah dimensinya yang ringkas, tipis, dan bobotnya sangat ringan di kelasnya. Bahkan, Asus ROG Zephyrus S GX531GW diklaim sebagai salah satu laptop gaming GeForce RTX tertipis saat ini.

Asus ROG Zephyrus S GX531GW pertama kali diperkenalkan awal 2019 dan menawarkan performa gaming yang kencang di kelasnya. Notebook gaming Asus ROG Zephyrus S GX531GW sendiri menawarkan performa tinggi dengan dukungan duet prosesor Intel Core i7-8750H dengan grafis dari Nvidia GeForce RTX 2070 Max-Q Design. Tak hanya itu, Asus juga membenamkan fitur pendukung gaming yang lengkap. Penasaran? Simak review Asus ROG Zephyrus S GX531GW oleh tim Laptophia kali ini!
Review Asus ROG Zephyrus S GX531GW, Laptop Gaming GeForce RTX Tertipis!

Paket Penjualan Asus ROG Zephyrus S GX531GW

  • Unit Asus ROG Zephyrus S GX531GW
  • Charger
  • Manual
  • Kartu garansi
  • Asus ROG Backpack
Baca juga:Harga dan Spesifikasi Asus M409DA EK302T Bertenaga Ryzen 3 3200U

Desain Asus ROG Zephyrus S GX531GW

Desain Asus ROG Zephyrus S GX531GW

Laptophia melihat Asus ROG Zephyrus S GX531GW masih menggunakan konsep desain yang sama dengan Zephyrus S generasi pertama, yakni tanpa menggunakan palmrest. Keyboard gaming langsung tersaji di bagian paling bawah interiornya dan dilengkapi touchpad berfitur NumberPad pada sisi kirinya. Sementara di atasnya terdapat space untuk solusi pendinginan dengan logo ROG yang terpampang cukup jelas.

Asus ROG Zephyrus S GX531GW dibekali dengan LID cover berbahan metal yang kokoh dengan logo ROG pada sisi kanan jika dilihat dari belakang. Build qualitynya sangat solid dan terkesan kuat, ini relatif sepadan dengan harga yang ditawarkannya. Namun, finishing metal pada body Asus ROG Zephyrus GX701GXR ini ternyata menjadi magnet sidik jari, sehingga mudah kotor.

Pada review Asus ROG Zephyrus S GX531GW kali ini, sisi depan laptop gaming ini tidak terdapat port atau tombol apapun. Sedangkan pada sisi belakang terdapat dua buah lubang exhaust untuk sirkulasi udara, terdapat logo Zephyrus, port HDMI, dan port Kenshington lock. Pada bagian atas pada sisi belakang terdapat indikator power dan baterai.

Sedangkan pada sisi kanan Asus ROG Zephyrus S GX531GW terdapat port USB, port USB Type-C, dan lubang exhaust. Sedangkan pada sisi kiri laptop gaming andalan Asus ini terdapat lubang exhaust, port power, dua buah port USB, port USB Type-C, dan port combo audio.
Baca juga:Asus Zenbook UX433FAC A502T, Ultrabook Super Ringkas Bertenaga Intel Core i5-10210U

Performa Asus ROG Zephyrus S GX531GW

Performa Asus ROG Zephyrus S GX531GW

Performa menjadi keunggulan utama pada review Asus ROG Zephyrus S GX531GW kali ini. Laptop gaming GeForce RTX tertipis andalan Asus ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i7-8750H generasi Coffee Lake hexa-core atau 6-core yang berlari dengan kecepatan 2,2GHz dengan TurboBoost maksimal 4,1GHz dan ditandemkan dengan memori RAM berkapasitas 24GB jenis DDR4 dengan kecepatan 2666MHz.

Sisi grafis, laptop gaming Asus ROG Zephyrus S GX531GW mengandalkan dual graphics yang terdiri dari Intel UHD Graphics 630 dan Nvidia GeForce RTX 2070 yang dapat bekerja bergantian sesuai kebutuhan dengan teknologi Nvidia Optimus.

Nvidia GeForce RTX 2070 Max-Q Design yang digunakan oleh Asus ROG Zephyrus S GX531GW berbasis chip TU106 yang menggunakan arsitektur Turing. Grafis Grafis GeForce RTX 2070 Max-Q Design ini mengandalkan 2304 CUDA core berkecepatan 1215MHz dan turbo 1440MHz yang dipadukan dengan 144 TMUs, dan 64 ROPs. Kartu grafis GeForce RTX 2070 Max-Q Design yang diusung oleh laptop gaming Asus ROG Zephyrus S GX531GW ini dikawinkan dengan memori VRAM 8GB GDDR6 berkecepatan 14Gbps dengan antarmuka memori 256-bit.

GeForce RTX yang digunakan di laptop ini dilengkapi Tensor Core yang dapat mengakselerasi performa AI. Gabungan teknologi terbaru tersebut membuat ROG Zephyrus S GX531 mampu menghadirkan sajian visual lebih nyata sekaligus menetapkan standar baru di industri laptop gaming ultra-tipis.
Baca juga:Review Asus Vivobook Ultra A412FA EK303T, Laptop Ringkas Colorful untuk Generasi Muda!

Benchmark Asus ROG Zephyrus S GX531GW

Benchmark 3DMark Fire Strike Asus ROG Zephyrus S GX531GW

Benchmark 3DMark Time Spy Asus ROG Zephyrus S GX531GW

Benchmark Geekbench Asus ROG Zephyrus S GX531GW

Benchmark CrystalDiskMark Asus ROG Zephyrus S GX531GW

Benchmark Cinebench R15 Asus ROG Zephyrus S GX531GW

Review Asus ROG Zephyrus S GX531GW

Review Asus ROG Zephyrus S GX531GW

Asus ROG Zephyrus S GX531GW merupakan salah satu laptop gaming bertenaga Nvidia GeForce RTX tertipis saat ini. Unit Asus ROG Zephyrus S GX531GW yang mendarat di markas Laptophia adalah varian yang menggunakan prosesor Intel Core i7-8750H dan ditandemkan dengan grafis dari Nvidia GeForce RTX 2070 Max-Q Design.

Tak hanya mengandalkan dimensi yang tipis, laptop gaming Asus ROG Zephyrus S GX531GW ini juga menawarkan performa yang kencang di kelasnya. Selain itu, laptop gaming andalan Asus ini hadir dengan konsep desain yang unik tanpa kehadiran palmrest di bawah layar. Selain itu, touchpad yang biasanya di bawah layar juga berpindah ke sisi kanan keyboard.

Layar

Asus mempersenjatai notebook gaming ROG Zephyrus S GX531GW dengan layar berukuran 15,6 inci yang menggunakan panel IPS (In-Plane Switching) dengan resolusi full HD 1920 x 1080 piksel. Tak hanya itu, layar yang diusung oleh Asus ROG Zephyrus S GX531GW ini dilengkapi fasilitas anti-glare dan mampu memancarkan spektrum warna hingga 72% NTSC dan sRGB 100%, serta Pantone Validated untuk pancaran warna yang akurat. Layar laptop gaming ROG Zephyrus S GX531GW sudah menawarkan refresh rate 144hz guna mengurangi screen tearing dan screen shuttering saat bermain game.

Refresh rate tinggi pada review Asus ROG Zephyrus S GX531GW oleh tim Laptophia kali ini sangat penting bagi gamer yang ingin menikmati gerakan mulus dalam game dengan frame rate yang tinggi. Sementara response time yang rendah memungkinkan gamer untuk dapat bereaksi lebih baik di dalam game, serta merasakan bermain game dengan output tampilan yang sangat mendekati real-time.

Sementara untuk menunjang kebutuhan profesional kreatif, ROG Zephyrus S GX531GW dilengkapi dengan layar yang telah tersertifikasi Pantone Validated Display. Artinya, layar ROG Zephyrus S GX531GW tidak hanya sekadar mampu menampilkan frame rate yang tinggi, tetapi juga warna yang sangat akurat. Layar yang mampu menghasilkan warna yang akurat memang sangat penting bagi profesional kreatif agar mereka dapat memastikan karya yang dihasilkan memiliki warna yang sesuai dengan yang diinginkan.
Baca juga:Review Asus ROG Zephyrus GX701GXR, Laptop Gaming 17 Inci Paling Ringkas Bertenaga Intel Core Generasi Ke-9
Tidak hanya itu, layar yang digunakan ROG Zephyrus S GX531GW juga mampu mereproduksi warna lebih banyak daripada laptop gaming pada umumnya. Layar laptop gaming ini memiliki tingkat reproduksi warna hingga 100 persen pada color space sRGB.

Audio

Pada review Asus ROG Zephyrus S GX531GW kali ini, sisi audio menawarkan audio yang mumpuni dengan dukungan dukungan dua speaker stereo 2 x 2W berkualitas tinggi dengan suntikan teknologi ASUS Sonic Studio Premium Technology yang ditandemkan dengan Smart AMP.

Berdasarkan pengalaman tim Laptophia, speaker yang diusung oleh laptop gaming GeForce RTX tertipis Asus ROG Zephyrus S GX531GW ini mampu menghasilkan suara yang kencang di kelasnya. Suara bass memang tidak terlalu kentara, sama seperti kebanyakan speaker bawaan laptop. Meski demikian, kualitas audio Asus ROG Zephyrus S GX531GW secara umum masih cukup baik di kelasnya dan memadai untuk gaming maupun menikmati konten multimedia.

Solusi Pendinginan

Panas tak lagi menjadi masalah bagi laptop gaming tipis Asus ROG Zephyrus S GX531GW. Pabrikan asal Taiwan ini menghadirkan sistem pendingin Hypercool Technology. Sistem pendingin tersebut mengkombinasikan komponen khusus seperti quad heatsink yang memiliki 250 fin, dua kipas 12V yang memiliki 83 fan blades, serta 5 heatpipe yang didesain khusus untuk memastikan suhu pada CPU, GPU dan VRM tetap terjaga.

Sistem pendingin laptop Asus ROG Zephyrus S GX531GW juga tampil lebih optimal berkat Active Aerodynamic System (AAS) yang memiliki mekanisme unik. Laptopphia melihat solusi pendinginan Active Aerodynamic System membuat bagian bawah ROG Zephyrus S GX531GW terbuka dan menghadirkan rongga udara ekstra untuk performa pendingingan yang lebih optimal.

Keyboard Gaming dengan Aura Sync

Keyboard Gaming dengan Aura Sync

Keyboard merupakan perangkat kontrol utama di laptop gaming menurut Laptophia. pada review Asus ROG Zephyrus S GX531GW kali ini, notebook gaming ini dilengkapi dengan keyboard khusus dengan fitur yang dapat meningkatkan pengalaman bermain. Selain tampil dengan layout khusus untuk bermain game, keyboard laptop gaming ini juga menggunakan tombol yang dilengkapi fitur anti-ghosting.  Tak hanya itu, gamer bisa mengatur dan melakukan kostumisasi pada bakclight keyboard RGB yang diusung notebook gaming ini.
Baca juga:Review Asus Pro P5440FA Core i7, Laptop Bisnis Impian Pekerja Profesional
Melalui Armoury Crate, pengguna juga bisa mengatur tampilan RGB backlight pada keyboard di ROG Zephyrus S GX531GW. Terdapat beberapa preset RGB backlight yang sudah disediakan di Armoury Crate dan bisa dapat digunakan langsung oleh pengguna, seperti Static, Strobe, hingga Breathing. Pengguna ROG Zephyrus S GX531GW juga bisa membuat tampilan sendiri sesuai dengan kebutuhan berkat fitur per-key RGB backlight yang ada di laptop gaming ini.

Baterai

Pada review Asus ROG Zephyrus S GX531GW pabrikan asal Taiwan ini membekali laptop gaming andalannya dengan baterai berkapasitas 4 Cells 60 Whrs lithium polymer battery  untuk memenuhi kebutuhan dayanya saat mobile, seperti informasi yang Laptophia terima. Daya tahan baterai Asus ROG Zephyrus S GX531GW ini bisa mencapa 2 – 3 jam untuk kmputasi menengah. Tentunya, daya tahan baterai ini bisa berbeda tergantung pola pemakaian masing-masing pengguna.

ROG Zephyrus S GX531GW andalan Asus juga sudah mendukung fotur USB Power Delivery. Ini berarti laptop ini dapat digunakan dengan adapter 65W yang menggunakan USB Type-C. Adapter tersebut memiliki bentuk dan ukuran yang lebih kecil daripada adapter 120W yang ada di paket penjualannya. Laptop ini bahkan mendukung pengisian daya menggunakan power bank.

Kesimpulan

Asus ROG Zephyrus S GX531GW merupakan sebuah laptop gaming yang sangat ringkas dan ringan, serta memiliki performa yang mumpuni untuk gaming maupun komputasi berat berkat penggunaan prosesor Intel Core i7-8750H yang ditandemkan dengan GeForce RTX 2070 Max-Q Design. ROG Zephyrus S GX531GW tetap merupakan laptop yang sangat powerful untuk bermain game dan bekerja. Laptophia menilai laptop ROG Zephyrus S GX531GW ini adalah laptop yang bisa diandalkan untuk para profesional.

Gratis Game Call of Duty: Modern Warfare

Gratis Game Call of Duty: Modern Warfare

Beli laptop Asus ROG Zephyrus S GX531GW gratis game? Yes! Selama 17 September sampai 18 November 2019, pengguna yang membeli laptop gaming ASUS berbasis chip GPU NVIDIA GeForce RTX akan mendapatkan bundel game terbaru yang sangat populer yakni Call of Duty: Modern Warfare. Kode download yang akan didapat oleh pengguna bisa digunakan paling lambat hingga 18 Desember 2019.

Adapun laptop gaming ASUS yang di-bundel dengan game First Person Shoot paling seru saat ini antara lain adalah ASUS ROG Zephyrus GX502GV atau GX502GW, Zephyrus GU502GV ataupun Zephyrus GX701GV, GW, GX ataupun GXR. Untuk seri Strix, yang mendapatkan bundel adalah seri GX531GV, GW, GX dan GXR, G531GV dan GW, G731GV dan GW, Strix II GL504GV dan GW serta GL704GV dan GW, dan juga seri G703GX serta GXR.

Pembeli notebook gaming ASUS ROG seri Mothership ROG GZ700GX juga akan mendapatkan bundel game yang bersangkutan. Pembeli laptop gaming terjangkau ASUS TUF Gaming FX505DV pun tak ketinggalan akan mendapatkan game di atas. Informasi lebih lengkap terkait redeem game code Call if Duty: Modern Warfare dapat Anda simak di URL berikut: https://www.asus.com/event/2019/nb/The-Rules-Have-Changed.

Kelebihan Asus ROG Zephyrus S GX531GW

  • Performa gaming tinggi di kelasnya
  • Layar responsif dengan refresh rate 144Hz
  • Warna layar akurat dengan Pantone Validated
  • Fitur pendukung gaming lengkap
  • Dimensi tipis, ringkas, dan ringan

Kekurangan Asus ROG Zephyrus S GX531GW

  • Desain tanpa palmrest

Harga Asus ROG Zephyrus S GX531GW

Harga notebook gaming Asus ROG Zephyrus S GX531GW terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 40.999.000. Sebagai sebuah laptop gaming premium dengan dukungan spesifikasi terkini dan performa yang tinggi, harga Asus ROG Zephyrus S GX531GW cukup sepadan. Asus ROG Zephyrus S GX531GW merupakan sebuah laptop gaming kelas atas yang menawarkan performa gaming yang solid di kelasnya berkat dukungan grafis terkini besutan Nvidia GeForce RTX series. Secara umum, Laptophia menilai Asus ROG Zephyrus S GX531GW ini cocok buat gamer yang membutuhkan laptop gaming berkinerja tinggi dengan bodi yang tipis dan ringkas.

Spesifikasi Asus ROG Zephyrus S GX531GW

  • Layar IPS LCD dengan LED backlight 15,6 inci resolusi full HD 1920 x 1080 piksel, Anti-Glare Panel dengan 72% NTSC color gamut, 100%sRGB color gamut, Refresh rate 144Hz, Nvidia GSync, Pantone validated, Asus Splendid
  • Prosesor Intel Core i7-8750H hexa-core 2,2GHz TurboBoost hingga 4,1GHz
  • Chipset Intel
  • Grafis Intel HD Graphics 630 dan Nvidia GeForce RTX 2070 VRAM 6GB GDDR6
  • Memori RAM 24GB DDR4 2666MHz, upgradeable to 24GB
  • Storage SSD 512GB M.2 NVMe PCIe 3x4
  • Konektivitas WiFi, LAN, Bluetooth, Port USB 2.0, Port USB 3.1 Gen2, Port USB 3.1 Gen1 Type-C, Port USB 3.1 Gen2 Type-C, Port HDMI, card reader,
  • Aura RGB Chiclet 4 RGB Lighting Keyboard, marked WSAD keys, Aura sync, VR Ready
  • Dual stereo 2 x 2W speaker dengan teknologi Smart AMP dan ASUS Sonic Studio Premium Technology
  • Kamera HD Webcam 
  • Baterai 4 Cells 60 Whrs 4S1P Polymer Battery
  • Sistem Operasi Microsoft Windows 10 Home x64
  • Dimensi 360 x 268 x 8,95 ~15,75 mm (WxDxH) berat 2,1Kg
  • Warna Metal Black
  • Sertifikat UL, TUV, CE Marking Compliance, FCC Compliance, BSMI, Australia C-TICK / NZ A-Tick Compliance, CCC, GOST-R, CB, Energy star, WEEE, RoHS, MIL-STD-810G
Anda mungkin suka:Review Asus ROG Zephyrus S GX502GW, Laptop Gaming Super dengan Fitur Lengkap