eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Realme U1 Review: Smartphone Selfie yang Mumpuni untuk Gaming

Realme U1 Review: Smartphone Selfie yang Mumpuni untuk Gaming - Realme U1 adalah smartphone selfie sentris yang resmi diperkenalkan di Indonesia Desember 2018 lalu. Ponsel ini sejak awal menonjolkan kemampuan kamera depan dengan resolusi 25MP yang diklaim mampu menghasilkan foto selfie ciamik. Smartphone ini hadir dengan gaya desain yang mirip dengan Realme 2 Pro yang mengadopsi dewdrop design atau poni minimalis di atas layar.

Tak hanya soal kamera depan, Realme U1 ini juga merupakan smartphone pertama bertenaga SoC MediaTek Helio P70. Tak heran, performa yang dihasilkan oleh Realme U1 ini sangat tinggi dan mumpui untuk gaming. Sehebat apakah ponsel yang merupakan subbrand dari Oppo ini? Simak Realme U1 review oleh tim Laptophia kali ini!
Realme U1 Review: Smartphone Selfie yang Mumpuni untuk Gaming

Paket Pembelian Realme U1


Paket Pembelian Realme U1
  • Unit Realme U1 RAM 3GB ROM 32GB Fiery Gold
  • Kepala charger
  • Kabel microUSB
  • SIM card ejector
  • Softcase
  • Manual
  • Kartu garansi
Baca juga:Review Xiaomi Redmi S2: Smartphone Selfie Terbaik di Bawah 2 Juta!

Desain Realme U1

Desain Realme U1Desain Realme U1
Realme U1 tampil dengan desain kekinian yang sekilas mirip dengan saudaranya, yakni Realme 2 Pro. Smartphone selfie sentris ini hadir dengan poni minimalis di atas layar atau yang sering disebut dengan teardrop design. Laptophia sendiri melihat teardrop design memang sedang naik daun dan hampir semua ponsel terkini dari berbagai vendor mengusung gaya desain tersebut. Bezel Realme U1 terbilang tipis, meski bukan yang paling tipis di kelasnya.

Hal yang menarik dari Realme U1 review di sektor desain ini menurut Laptophia adalah casing belakangnya. Ponsel ini memang menggunakan balutan casing belakang berbahan plastik, tetapi tampil dengan finishing yang unik. Casing belakang Realme U1 memang hanya mengusung satu warna saja, tidak bergradasi seperti Realme 3. Namun saat terkena pantulan cahaya, casing belakang Realme U1 ini dapat menghadirkan efek gradasi warna yang dinamis dan menarik.

Casing belakang yang glossy ini ternyata tidak membuat ponsel andalan Realme ini terasa licin. Realme U1 menggunakan frame berbahan plastik yang terasa cukup tebal dan kuat. Sementara pada sisi belakang, terdapat kamera ganda yang dipercantik dengan lis krom dan agak menonjol atau protruding. Dimensi ponsel Realme U1 ini terbilang tak jauh berbeda jika dibandingkan dengan ponsel lain dengan layar 6,3 inci. Bobot Realme U1 juga terbilang ringan, meski ditunjang dengan baterai berkapasitas 3500mAh.

Baca juga:Review Realme 2: Pendatang Baru yang Memesona
Pada Realme U1 review kali ini, sisi depan smartphone terdapat lubang kamera depan, proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, layar HD+ 2.5D berukuran 6,2 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Ponsel Realme U1 besutan pabrikan Tiongkok ini sudah mengadopsi on-screen button.

Layar smartphone kekinian Realme U1 sudah berkontur 2.5D dengan lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass 3 dan masih ditambah screenguard yang terpasang dari pabrik.

Tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Realme U1 ini. Sedangkan sisi kiri terdapat volume rocker, tray slot SIM 1, dan SIM 2 atau microSD dengan jenis triple slot atau dedicated slot. Sisi atas ponsel 4G LTE terbaru Realme U1 ini tidak terdapat tombol atau port apapun.

Sedangkan bagian belakang ponsel Realme U1 ini terdapat kamera ganda yang tersusun secara horizontal, LED flash di sisi kanannya, sensor sidik jari, dan logo Realme. Merek asal Tiongkok yang merupakan subbrand atau sub merk Oppo ini menempatkan port microUSB, speaker grill, port audio 3,5mm, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Video Unboxing Realme U1

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Software & Fitur Realme U1

Software & Fitur Realme U1

Realme U1 saat pertama kali diluncurkan menggunakan sistem operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka ColorOS 5.2. Berdasarkan informasi Realme saat presentasi peluncuran smartphone Realme 3, Realme U1 dan seri Realme lawas lainnya akan mendapat jatah upgrade ke Android 9.0 Pie. Ini menjadi salah satu daya tarik atau keunggulan pada Realme U1 review kali ini. Sayangnya, tanggal rilis update tersebut masih belum diketahui.

Penampilan antarmuka ColorOS 5.2 yang diusung oleh smartphone selfie sentris Realme U1 ini cukup menarik dan mudah digunakan. Kita akan disuguhkan tampilan Lockscreen dan Homscreen tanpa kehadiran app drawer, sehingga semua aplikasi yang terinstal langsung tampil di homescreen. Menu kostumisasi yang disediakan oleh Realme U1 ini terbilang cukup lengkap yang memungkinkan kita mengganti wallpaper, mengatur widget, animasi dan sebagainya. Sayangnya, fasilitas theme tidak tersedia di ponsel ini.

Beberapa fitur menonjol yang diusung oleh ColorOS pada ponsel Realme U1 berdasarkan pantauan Laptophia antara lain adalah Night Shield, screen recording, One-Tap Lockscreen, assistive ball, secure keyboard, quiet time, smart driving, fullscreen multitasking, gesture & motion, Game Space, Clone Apps, dan banyak lagi. Tombol navigasi ponsel Realme U1 ini bisa dikostumisasi peletakan Back dan Recent apps. Bahkan, tersedia opsi menggunakan gesture swipe up sebagai pengganti navigasi.

Realme U1 ini dilengkapi dengan fitur yang disebut dengan Smart Assistant yang menampilkan informasi seperti cuaca, shortcut aplikasi yang sering dipakai, step tracker, dan sebagainya. Fitur ini dapat diakses dengan cara swipe dari kiri ke kanan di Homscreen. Fitur Clone Phone memudahkan pengguna untuk migrasi dari smartphone lawas ke smartphone baru. Pabrikan asal Tiongkok ini juga berjanji akan menghadirkan fitur Chrome Boost dan Night Mode untuk semua Realme, termasuk Realme U1 di masa mendatang.
Baca juga:Review Samsung Galaxy A7 2018: Mewah dengan Triple Camera!
Face unlock yang dimiliki oleh Realme U1 cukup menarik, tetapi kurang berguna ketika kondisi cahaya tidak memadai. Sedangkan fingerprint sensor yang diusungnya relatif sensitif saat digunakan untuk membuka lockscreen. Ponsel selfie sentris yang mumpuni untuk gaming besutan subbrand Oppo ini hadir dengan aplikasi bawaan berupa Google Apps, Opera browser, Lazada App, Baca, J&T Express, ORoaming, iReader, UC Browser, dan Babe. Pengguna dapat menghapus aplikasi bawaan tersebut jika tidak dibutuhkan.

Secara umum, ColorOS yang diusung oleh smartphone Realme U1 ini menawarkan antarmuka yang mudah dimengerti, sederhana, dan kaya fitur. Performanya juga terbilang smooth, meski bukan yang paling gegas. Dukungan upgrade ke Android 9.0 Pie menjadi salah satu keunggulan dan daya tarik Realme U1 dan bentuk komitmen dukungan dari Realme terhadap masa depan produknya.

Benchmark Realme U1

CPU-Z Realme U1
CPU-Z Realme U1
Benchmark AnTuTu v7 Realme U1
Benchmark AnTuTu v7 Realme U1
Benchmark Geekbench 4 Realme U1
Benchmark Geekbench 4 Realme U1
Benchmark PCMark Realme U1
Benchmark PCMark Realme U1
Benchmark Vellamo Realme U1
Benchmark Vellamo Realme U1
Benchmark 3DMark Realme U1
Benchmark 3DMark Realme U1
Benchmark Basemark OS II Realme U1
Benchmark Basemark OS II Realme U1
Sensorbox for Android & Multitouch Tester Realme U1
Sensorbox for Android & Multitouch Tester Realme U1

Performa Realme U1

Sebagai smartphone yang dirancang khusus untuk foto selfie atau selfie sentris, tak akan ada yang menyangka bahwa Realme U1 memiliki performa yang mumpuni di kelasnya. Tak heran, Laptophia menilai Realme U1 review kali ini juga mengunggulkan sisi kinerja berkat sokongan SoC (System on Chip) MediaTek Helio P70 yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A73 yang berlari dengan kecepatan 2,1GHz dan quad-core ARM Cortex-53 dengan kecepatan 2GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 3GB atau 4GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G72 MP3.

SoC MediaTek Helio P70 yang bersarang di tubuh Realme U1 ini sama sekali tak bisa dipandang remeh dengan teknologi 12nm FinFET dari TSMC yaang diklaim 15% lebih hemat daya ketimbang teknologi 14nm yang digunakan kompetitor terdekatnya seperti Samsung Exynos 7904, Qualcomm Snapdragon 660 AIE, dan Snapdragon 636. Performa chipset ini bahkan diklaim berada di kelas yang sama dengan Snapdragon 660 AIE.

Pada Realme U1 review kali ini, skor benchmark yang dihasilkan memang tak jauh berbeda dengan pesaingnya dengan SoC Snapdragon 660. Skor AnTuTu Realme U1 mencapai 130 ribu-an dan skor 3DMark yang tinggi membuatnya cocok untuk gaming dan sanggup memainkan game Android terkini tanpa kendala.

Selama Laptophia menggunakan Realme U1, ponsel ini memang menunjukkan performa real-world yang senada dengan skor benchmarknya. Buka tutup aplikasi dan perpindahan menu di ponsel selfie ini terasa smooth dan responsif. Game-game terbaru Android seperti Free Fire, PUBG Mobile, AOV, Mobile Legends, dan sebagainya mampu dimainkan oleh Realme U1 tanpa kendala.
Baca juga:Samsung Galaxy M20 Review: Baterai Jumbo dengan Kamera Wide Angle
Saat digunakan dalam waktu yang lama dan intensif, Realme U1 tidak menunjukkan tanda-tanda overheat. Ponsel ini hanya terasa hangat wajar pada sisi belakang sekitar sensor sidik jari dan kamera. Ini menunjukkan SoC MediaTek Helio P70 dapat berlari kencang dengan suhu yang tetap terkendali.

Hasil Foto Kamera Realme U1

Hasil Foto Kamera Realme U1Hasil Foto Kamera Realme U1 
Foto selfie kamera depan
Hasil Foto Kamera Realme U1Foto selfie dengan mode portrait (Bokeh)
Hasil Foto Kamera Realme U1Foto siang hari
Hasil Foto Kamera Realme U1Foto mode portrait (bokeh)
Foto macro
Foto malam hari
Foto malam hari dengan LED flash

Review Kamera Realme U1

Review Kamera Realme U1
Kemampuan fotografi memang salah satu yang ditonjolkan pada Realme U1 review kali ini, terutama kamera depan untuk berfoto selfie. Realme U1 mengandalkan dukungan kamera resolusi 25 megapiksel dengan sensor Sony IMX576 berukuran 1/2.78 inci 0,9um piksel ditandemkan dengan fitur canggih AI Beauty+ yang lebih cerdas dalam menerapkan efek beautify sesuai dengan karakter pengguna karena mampu mendeteksi 296 titik wajah. Selain itu, kamera depan Realme U1 mendukung fitur 4 in 1 pixel binning dan Screen Flash untuk foto selfie di tempat kurang cahaya.

Kemampuan kamera belakang Realme U1 ini bisa dikatakan standar dan setara dengan Realme 2 menurut Laptophia dengan mengandalkan kamera belakang ganda berkekuatan 13 megapiksel + 2 megapiksel (depth sensor) dengan lensa aperture f/2.2 yang menggunakan sensor BSI CMOS 1/3.06 inci 1.12um piksel, phase-detection autofokus, dan LED flash. Kombinasi kedua kamera belakangnya mampu menghasilkan foto bokeh yang menawan.

Aplikasi kamera bawaan Realme U1 ini serupa dengan milik Realme 2 yang cukup intuitif dan mudah digunakan. Ada beberapa mode yang tersedia, yakni Time-Lapse, Slo-Mo, Video, Photo, Portrait, Sticker, Pano, dan Expert. Pada Mode Expert, kita bisa atur White Balance, EV, ISO, Shutter Speed (hingga 16s), dan fokus.

Hasil foto selfie kamera depan Realme U1 ini sangat memuaskan dan bisa diandalkan di segala kondisi cahaya. Resolusi tinggi yang diusung kamera depan Realme U1 mampu menghasilkan foto dengan detail yang tinggi, dynamic range yang baik, kontras dan ketajaman yang oke, serta tone warna yang baik. Fitur AI membuat hasil foto selfie kian memukau dengan efek beautify yang mantap. Tersedia fitur screenflash untuk selfie di tempat gelap. Laptophia menilai Realme U1 salah satu smartphone dengan kamera depan terbaik dikelas menengah saat ini.

Kamera belakang ganda Realme U1 ini juga mampu menghasilkan foto yang memuaskan saat siang hari. Foto jepretan Realme U1 ini mampu menghasilkan warna yang cukup punchy, meski ketajamannya masih perlu ditingkatkan. Dynamic range yang dihasilkan Realme U1 relatif standar dan bahkan ketika mode HDR diaktifkan

Mode portrait yang dihasilkan kamera depan maupun belakang Realme U1 ini relatif standar saja. Kadang separasi antara background dengan subyek masih kurang rapi. Saat digunakan untuk foto macro, Realme U1 ini menawarkan kecepatan fokus yang gegas dan akurat. Foto macro yang dihasilkan juga memuaskan Laptophia dengan warna dan detail sesuai ekspektasi.
Baca juga:Review Pocophone F1 by Xiaomi: Smartphone Flagship Killer Terbaik 2018?
Saat malam hari, performa kamera Realme U1 ini ternyata kurang memuaskan. Kecepatan fokus kameranya lambat. Foto malam hari yang dihasilkan oleh Realme U1 menghasilkan cukup banyak noise dan detailnya merosot. Hal ini tak lepas dari sensor berukuran kecil yang ditandemkan lensa f2.2 yang memang kurang andal saat kondisi cahaya kurang. Beruntung, LED flash yang diusung Realme U1 ini terbilang sangat terang dan membantu saat memotret dalam kondisi low-light.

Realme U1 Review

Realme U1 Review
Realme U1 merupakan smartphone selfie sentris yang tak hanya fokus menghadirkan kamera depan yang ciamik, tetapi juga kinerja yang tinggi. Tak hanya itu, Realme U1 ini merupakan smartphone pertama yang ditenagai SoC MediaTek Helio P70 yang kompeten menangani kebutuhan komunikasi saat ini dan sanggup meladeni game terkini.

Sayangnya, kamera depan yang cemerlang di Realme U1 ini tidak dibarengi dengan kamera belakang yang tergolong pas-pasan. Terlepas dari hal tersebut, Realme U1 ini merupakan smarphone selfie yang mumpuni untuk bermain game. Realme U1 ini tampil dengan desain kekinian dengan build quality yang solid, meski saat digenggam tidak terasa mewah.

Layar

Realme U1 ini dibekali layar sentuh 6,3 inci dengan resolusi full HD+ berteknologi panel IPS. Spesifikasi layar yang ditawarkan ponsel ini setara dengan Realme 2 Pro dan Laptophia melihat kualitasnya tak jauh berbeda. Layar Realme U1 mampu menghasilkan tampilan visual yang tajam, padat, dan warna yang memanjakan mata.

Viewing angle-nya luas dan respon touchscren gegas. Saat digunakan di bawah sinar matahari, performa layar Realme U1 ini tergolong biasa saja. Tulisan yang tampil di layar masih dapat dibaca dengan baik. Layar Realme U1 sudah dilindungi antigores dari Corning Gorilla Glass dan ditambah screenguard yang terpasang dari pabrik.

Audio

Realme U1 di bekali dengan speaker pada bagia bawah dan mampu menghasilkan suara yang cukup kencang. Saat laptophia menjajalnya untuk mendengarkan musik, suara memang didominasi oleh treble dan vokal, meski bass cukup terdengar. Pada Realme U1 review kali ini, Laptophia juga menjajalnya mendengarkan musik melalui headphone Sennheiser HD 202 II dan hasilnya cukup memuaskan, meski bukan yang terbaik di kelasnya.

Baterai

Daya tahan baterai menjadi salah satu daya tarik bagi Realme U1. Ponsel selfie sentris yang mumpuni untuk gaming ini didukung baterai 3500mAh tanpa kehadiran fitur fast charging. Berdasarkan pengalaman Realme U1 review yang dilakukan oleh tim Laptophia, daya tahan baterainya cukup untuk sehari penuh dengan intensitas penggunaan cukup intensif di sosial media. Jika digunakan untuk gaming, daya tahan baterai bisa lenih singkat.

Memori

Smartphone menengah yang andal untuk gaming dan selfie Realme U1 ini menyisakan memori internal sekitar 19,7GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 1,1GB – 1,3GB. Smartphone ini telah mendukung fitur USB OTG melalui port microUSB yang diusungnya.
Baca juga:Review Asus Zenfone Max M2 ZB633KL: Debut Snapdragon 632, Ternyata Kencang!

Kesimpulan

Secara umum, Realme U1 merupakan salah satu smartphone selfie terbaik di kelas menengah, khususnya harga di bawah Rp 3 juta. Ponsel ini tampil dengan desain kekinian dengan finishing casing belakang yang menarik. Meski diklaim sebagai smartphone selfie, performa Realme U1 ini terbilang kencang di kelasnya dan cocok untuk gaming berkat sokongan SoC Helio P70. Daya tahan baterainya pun tak mengecewakan.

Sayangnya, kemampuan kamera belakang ganda Realme U1 ini cenderung sama dengan Realme 2 yang bisa dikatakam standar. Kamera belakangnya kurang bisa diandalkan saat kondisi kurang cahaya atau malam hari. Tak hanya itu, Realme masih mempertahankan penggunaan port microUSB yang saat ini sudah mulai ditinggalkan dan beralih ke port USB Type-C.

Kelebihan Realme U1

  • Kamera selfie terbaik di kelasnya
  • Kinerja salah satu yang paling kencang, cocok untuk gaming
  • Harga bersaing
  • Triple slot

Kekurangan Realme U1

  • Kamera belakang kurang mumpuni saat low-light
  • Masih menggunakan port microUSB

Harga Realme U1

Realme U1 merupakan salah satu smartphone selfie terbaik di kelasnya dengan kemampuan gaming yang terbilang mumpuni. Harga Realme U1 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 2.299.000 untuk varian 3GB/32GB. Adapun Realme U1 varian dengan RAM 4GB dan ROM 64GB yang dijual dengan harga yang lebih mahal, yakni Rp 2.699.000. Berdasarkan hasil Realme U1 review yang dilakukan oleh tim Laptophia, ponsel ini mampu menunjukkan hasil yang mengesankan.

Ada dua hal yang menjadi keunggulan Realme U1 ini, yakni kamera selfie terbaik dan performa yang terbilang kencang di kelasnya. Daya tahan baterai Realme U1 juga tidak mengecewakan. Secara umum, Realme U1 ini cocok bagi konsumen yang membutuhkan ponsel dengan kamera depan mumpuni untuk selfie. Bagi gamer, Realme U1 merupakan salah satu ponsel gaming paling kencang di kelasnya.
Anda dapat membeli atau cek promo Realme U1 di Sini (Klik)

Spesifikasi Realme U1

  • Sistem Operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka Color OS 5.2
  • Chipset MediaTek Helio P70 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A73 2,1GHz dan quad-core ARM Cortex-A53 2GHz
  • Grafis Mali-G72 MP3
  • Kamera belakang ganda 13 megapiksel + 2 megapiksel (depth sensor) dengan sensor BSI 1/3.06 inci 1.12um piksel, lima elemen lensa aperture f/2.2, phase-detection autofokus, LED flash
  • Kamera depan 25 megapiksel fixed focus dengan sensor Sony IMX576 1/2.78 inci 0.9um piksel, 4 in 1 pixel binning, lensa aperture f/2.0, AI Beauty+
  • Layar sentuh 2.5D berukuran 6,3 inci, dengan resolusi Full HD+ 2340 x 1080 pixels, kerapatan 409 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel LTPS IPS, Corning Gorilla Glass 3
  • Memori RAM 4GB, ROM 64GB, dilengkapi slot microSD max 256GB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port MicroUSB, USB OTG, GPS, dual SIM, fingerprint sensor, port audio 3,5mm, AI Face Unlock
  • Dimensi 157 x 74 x 8 mm berat 168 gram
  • GSM / 3G HSDPA / 4G LTE
  • Baterai 3500mAh, non-removable
  • Warna Ambitious Black, Fiery Gold, dan Brave Blue
Anda mungkin suka:Review Xiaomi Redmi Note 6 Pro: Kamera Mantap, Cocok untuk Selfie!