eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Harga dan Spesifikasi Realme 1, Smartphone Tangguh Penantang Xiaomi & Asus

Harga dan Spesifikasi Realme 1, Smartphone Tangguh Penantang Xiaomi & Asus – Beberapa waktu lalu muncul nama baru di jagat industri smartphone, yakni Realme. Pabrikan asal Tiongkok yang didirikan oleh mantan petinggi Oppo ini telah meluncurkan smartphone perdananya di India melalui seri Realme 1 dan mendapat sambutan yang sangat positif.

Bahkan, ponsel ini sempat menyabet gelar best seller dan menjadi lawan tangguh bagi brand yang sudah eksis lebih dulu seperti Xiaomi dan Asus. Berdasarkan informasi yang Laptophia terima, tak lama lagi Realme akan menginvasi pasar Indonesia dan membidik segmen kawula muda. Segmen ini biasanya identik dengan kelas menengah yang menawarkan spesifikasi tinggi.


Begitu juga dengan Realme 1, hadir dengan spesifikasi yang terbilang gahar dan harga yang sangat kompetitif. Kehadiran smartphone Realme 1 akan membuat persaingan pasar smartphone tanah air kian ketat. Lalu sehebat apakah spesifikasi smartphone Realme 1 ini?

Smartphone menengah Realme 1 mengusung spesifikasi layar yang kekinian dengan aspek rasio 18:9 dengan dukungan layar sentuh berukuran 6 inci yang disematkan teknologi panel IPS (In-Plane Switching) dengan resolusi full HD+ 2160 x 1080 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 402 piksel per inci yang cemerlang. Sayangnya, tak disebutkan adanya proteksi antigores dari Corning Gorilla Glass atau sejenisnya.
Baca juga:Honor 9 Lite Review Quad Camera Termurah: Redmi 5 Plus Killer?
Kemampuan kamera belakang Realme 1 ini tak bisa dipandang sebelah mata menurut Laptophia dengan mengandalkan kamera belakang berkekuatan 13 megapiksel dengan lensa aperture f/2.2 yang menggunakan sensor BSI CMOS, phase-detection autofokus, dan LED flash. Realme 1 memang belum mengusung konfigurasi kamera ganda seperti pesaingnya, ini dapat dimaklumi mengingat harganya yang terjangkau.

Sektor kamera depan menjadi daya tarik utama Realme 1 dengan dukungan kamera resolusi 8 megapiksel dengan sensor BSI CMOS dengan lensa aperture f/2.2 berukuran ditandemkan dengan fitur canggih AI Beauty 2.0 yang lebih cerdas dalam menerapkan efek beautify sesuai dengan karakter pengguna karena mampu mendeteksi 296 titik wajah.

Performa smartphone Realme 1 ini cukup gahar di kelasnya dan bahkan setara ponsel yang lebih mahal menurut Laptophia, karena mengandalkan SoC (System on Chip) Mediatek Helio P60 MT6771 yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A73 64-bit yang berlari dengan kecepatan 2GHz dan quad-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 2GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 3GB, 4GB atau 6GB serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G72 MP3.

Smartphone menengah kekinian yang bakal dibandrol dengan harga yang sangat kompetitif Realme 1 ini dibekali dengan memori internal 32GB, 64GB atau 128GB yang masih didukung hadirnya slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 256GB tipe dedicated slot. Sayangnya, Realme tidak menyematkan fitur sensor sidik jari pada Realme 1 ini dan menggantinya dengan fitur Face Unlock.
Baca juga:Review Asus Zenfone Max Pro M1: Kinerja Tinggi dengan Baterai Jumbo!
Sisi perangkat lunak, smartphone Realme 1 ini menggunakan OS Android 8.1 Oreo dengan antarmuka Color OS 5.0. Smartphone ini dibekali dengan baterai berkapasitas 3410mAh tanpa kehadiran fitur VOOC fast charging untuk mencukupi kebutuhan dayanya.

Kelebihan Realme 1

  • Desain cantik dan kekinian
  • Kinerja tinggi di kelasnya
  • Harga sangat kompetitif

Kekurangan Realme 1

  • Belum mengadopsi kamera ganda
  • Tidak dilengkapi sensor sidik jari

Harga Realme 1

Realme 1 merupakan salah satu smartphone menengah yang siap menjadi lawan tangguh bagi Xiaomi dan juga Asus. Harga Realme 1 terbaru berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah INR 9000 atau sekitar Rp 1,9 juta untuk varian terendah. Ini adalah harga yang sangat menarik mengingat Realme 1 ini ditenagai oleh SoC yang terbilang powerful di kelasnya, yakni MediaTek Helio P60.

Selain itu, smartphone ini tampil dengan desain yang terbilang menarik dengan casing belakang berfinishing diamond cut seperti ponsel Oppo kelas premium. Realme 1 dipastikan tak akan lama lagi hadir di pasar Indonesia, tetapi masih belum diketahui pasti tanggal rilisnya. Laptophia memperkirakan harga Realme 1 di tanah air tak akan jauh berbeda dengan harganya di India. Jika ini benar, maka smartphone seperti Asus Zenfone Max Pro M1, Redmi 5 Plus, dan Redmi Note 5 patut waspada.

Spesifikasi Realme 1

  • Sistem Operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka Color OS 5.0
  • Chipset MediaTek Helio P60 MT6771 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A73 dengan kecepatan 2GHz dan quad-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 2GHz
  • Grafis Mali-G73 MP3
  • Kamera 13 megapiksel dengan sensor BSI CMOS, lima elemen lensa aperture f/2.2, phase-detection autofokus, LED flash. Kamera depan 8 megapiksel fixed focus dengan sensor BSI CMOS, lensa aperture f/2.2, AI Beauty 2.0
  • Layar sentuh 2.5D berukuran 6 inci, dengan resolusi Full HD+ 2160 x 1080 pixels, kerapatan 405 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS
  • Memori RAM 3GB, 4GB atau 6GB, ROM 32GB, 64GB atau 128GB dilengkapi slot microSD max 256GB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port MicroUSB, USB OTG, GPS, dual SIM, face unlcok, port audio 3,5mm
  • Dimensi 156.5 x 75.2 x 7.8 mm berat 155 gram
  • GSM / 3G HSDPA / 4G LTE
  • Baterai 3410mAh, non-removable
  • Warna Diamond Black, Solar Red, dan Moonlight Silver
Anda mungkin suka:Unboxing Xiaomi Redmi Note 5 RAM 4GB ROM 64GB Lake Blue